0 items in your shopping cart

No products in the cart.

6 Penggunaan Kain Twiscone Sebagai Pakaian

Penggunaan kain twiscone menjadi salah satu bahan dasar pembuatan pakaian mampu bersaing dengan jenis bahan lainnya dipasaran. Kain yang tergolong tebal dan memiliki bobot sedikit berat ini berasal dari bahan serat pilihan terbaik. Sehingga penggunaan kain twiscone sebagai bahan pakaian sangat disukai oleh banyak kalangan, baik itu dari pihak produsen maupun konsumen.

Sebelum menggunakan sebagai bahan pakaian, biasanya para produsen atau desainer fashion mengetahui dan memahami karekteristik dari jenis kain yang akan digunakan sebagai bahan pakaian. Karena dari karakteristik yang dimiliki oleh kain tersebut, maka para desainer fashion mudah membuat desain pakaian sesuai dengan karakteristik kaian yang akan digunakannya supaya fungsi penggunaannya bisa tepat.

Jadi sebelum membahas tentang penggunaan kain twiscone sebagai bahan pakaian, kami akan membahas tentang karakteristik kain twiscone terlebih dahulu supaya menjadi pengetahuan pembaca dan bisa menjadi pertimbangan dalam memilih bahan pakaian yang tepat untuk digunakan beraktivitas sehari-hari.

Karakteristik Kain Twiscone

Penggunaan Kain Twiscone

sumber : https://masnid.com/

Dalam karakteristik salah satu jenis kain, disana sudah terdapat apa saja kelemahan dan keunggulan dari jenis kain tersebut, begitu juga pada karakteristik yang dimiliki kain twiscone juga sudah ada kelemahan dan keunggulannya. Sehingga dengan mengenal karakteristik kain twiscone, maka penggunaan kain twiscone sebagai bahan pakaian juga akan memiliki karakteristik yang sama sesuai bahan dasar pakaian tersebut.

  • Tekstur Licin dan Tipis

Salah satu karakteristik yang dimiliki kain ini adalah licin. Tekstur kain yang licin ini memang banyak dimiliki oleh jenis kain lainnya selain kain twiscone. Namun, supaya lebih mengenal karakteristik dari kain ini adalah kain ini juga masuk kategori kain yang tipis, tetapi sedikit tebal daripada kain sifon. Ketebalan yang dimiliki kain ini masih mampu memberikan kenyamanan jika penggunaan kain twiscone ini dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian.

  • Lembut dan Jatuh

Karakteristik selanjutnya yang dimiliki oleh kain ini adalah kain lembut dan memiliki sifat jatuh. Kelembutan kain ini mampu dirasakan saat penggunaan kain twiscone ini dijadikan sebagai pakaian yang langsung bersentuhan dengan kulit. Kain yang lembut ini semakin nyaman saat kain ini tidak mudah diterpa angin karena memiliki sifat jatuh.

  • Serat Kain Rapat

Kemudian kain twiscone juga memiliki karakteristik serat kain padat dan juga rapat. Sehingga karakteristik ini membuat kain tidak menerawang atau tidak transparan. Dari karakteristik yang dimiliki ini, maka penggunaan kain twiscone ini juga dimanfaatkan sebagai bahan tambahan untuk furing dalam sebuah pakaian.

  • Tidak Gampang Melar

Pakaian dengan daya tahan yang lama alias awet biasanya salah satu karakteristik yang dimilikinya adalah tidak gampang melar. Untuk mengetahui pakaian gampang dan tidaknya melar, cukup dengan melakukan pencucian beberapa kali saja. Nah, untuk bahan twiscone ini tidak mudah melar, sehingga penggunaan kain twiscone untuk bahan pakaian banyak yang menyukainya karena pakaian berbahan twiscone bisa dipastikan lebih awet.

  • Daya Serap Keringat Buruk

Karakteristik yang satu ini mungkin salah satu kelemahan dari bahan twiscone, yaitu daya serap keringat buruk. Sehingga penggunaan kain twiscone sebaiknya digunakan pada pakaian dalam ruangan atau pakaian untuk aktivitas yang tidak begitu tinggi.

Penggunaan Kain Twiscone Sebagai Pakaian

sumber : https://shanehijab.com/

Setelah mengetahui beberapa karakteristik dari kain twiscone, kini saatnya jenis pakaian apa saja yang cocok menggunakan bahan twiscone sebagai bahan dasar pembuatannya. Ada beberapa penggunaan kain twiscone sebagai bahan pakaian pada umumnya dipasaran. Untuk selengkapanya jenis pakaian apa saja, mari kita simak ulasan dibawah ini.

Gamis Syar’i

Trend busana muslim akhir-akhir ini sangat luar biasa. Salah satu jenis pakaian muslim yang banyak dicari dan banyak digunakan adalah gamis syar’i. Salah satu busana muslim ini cukup digemari dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Nah, tidak sekedar modelnya saja, tetapi pengguna akan nyaman dan suka juga disebabkan oleh bahan dasar pembuatannya. Penggunaan kain twiscone merupakan salah satu bahan yang banyak juga digunakan sebagai bahan pembuatan gamis syar’i.

Jilbab

Jilbab merupakan salah satu item pakaian sebagai pelengkap pakaian dan penampilan juga sangat trending akhir-akhir ini. Berbagai jenis bahan jilbab cukup ramai dipasaran, mulai dari harga yang murah hingga harga premium. Salah satu jenis bahan jilbab yang ramai dipasaran adalah penggunaan kain twiscone sebagai bahan jilbab. Jenis kain ini dipasaran harganya cukup terjangkau dan memiliki kualitas bahan yang cukup baik sehingga banyak peminatnya.

Kemeja

Penggunaan kain twiscone ternyata juga cocok sebagai kemeja. Meskipun kaun adam yang biasa memiliki aktivitas fisik yag lebih, namun bahan twiscone juga tidak menghalangi aktivitas mereka saat digunakan sebagai pakaian kemeja. Namun, sebaiknya kemeja twiscone digunakan dalam aktivitas diruangan yang dingin ber AC supaya lebih nyaman.

Celana

Kain yang tergolong tipis ini juga tidak menjadi halangan untuk dijadikan sebagai celana. Pada umumnya bahan celana adalah kain denga ketebalan yang bagus supaya tdak mudah sobek. Tetapi penggunaan kain twiscone untuk celana juga mampu bertahan lama selama perawatan yang dilakukan tepat dan benar.

Dress

Jenis pakaian dress saat ini juga banyak menggunakan bahan twiscone sebagai bahan dasar utamanya. Karena penggunaan kain twiscone sebagai dress mampu memberikan kesan flowly sehingga menambah penampilan menjadi menarik.

Blus

Jika kemeja untuk kaum adam, maka blus untuk pakaian kaum hawa. Blus yang hit dipasaran adalah blus polos dengan beragam pilihan warna. Penggunaan kain twiscone sebagai blus juga sangat disukai oleh kalangan wanita muda karena memiliki tekstur kain yang licin sehingga tidak mudah lecek.

Perbedaan Twiscone dengan Sifon

sumber : https://shanehijab.com/

Kedua bahan ini memiliki penampilan yang mirip, sehingga tidak sedikit orang keliru dalam memilih kain twiscone. Supaya lebih memahami karateristik kain twiscone, salah satu caranya adalah mengetahui perbedaan kedua kain ini yaitu twiscone dengan sifon.

Kain Twiscone memiliki serat kain yang lebih rapat dan kain tidak menerawang.
Kain Sifon memiliki serat kain renggang sehingga kain menerawang.

Kain Twiscone memiliki ketebalan yang cukup sehingga tidak transparan
Kain Sifon memiliki ketebalan yang kurang sehingga transparan.

Pengguanaan Kain Twiscone sebagai bahan pakaian kemeja, hem, celana, gamis syar’i dan hijab.
Pengguanaan Kain Sifon sebagai syal, rok, gaun, ikat pinggang dan aksen.

Perawatan Kain Twiscone

sumber : https://aminama.com/

Perawatan dengan baik dan benar adalah salah satu penentu sebuah pakaian bisa menjadi awet dan tahan lama. Dalam hal ini bahan twiscone merupakan salah satu bahan pakaian yang cukup mudah dalam perawatannya.

Proses Pencucian

Proses pencucian adalah salah satu perawatan yang setiap pakaian selalu mengalaminya. Untuk pakaian bahan twiscone, proses pencuciannya bisa menggunakan tangan maupun mesin cuci. Namun, jika menggunakan mesin cuci sebaiknya di setel pada putaran yang rendah atau soft supaya tidak mudah merusak serat kain.

Proses Penjemuran

Setelah pakain berbahan twiscone dicuci dan dibilas sampai bersih, maka selanjutnya diperas menggunakan tangan saja supaya bahan bisa bertahan lama. Kemudian jemur pakaian berbagahn twiscone pada tempat yang tidak langsung terpapar sinar matahari, dan jangan lupa membalik sisi dalam pakaian berada diluar supaya warna tidak pudar.

Proses Menyetrika

Gunakan setrika otomatis dan set pada suhu yang tepat untuk kain twiscone supaya tekstur kain bisa bertahan lama.

Leave a response

sixteen − twelve =