0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kain Twiscone

Kain twiscone merupakan salah satu varian dari jenis kain yang banyak digunakan sebagai bahan dasar berbagai macam pakaian saat ini seperti jaket, baju, blazer, dan gamis. Kain twiscon merupakan kaian yang berasal dari bahan serat alami dan sintetis. Sehingga kain twiscone memiliki sifat adem, ringan, lembut dan membuat nyaman saat digunakan. Penyebab kain twiscone disukai oleh banyak kalangan karena memiliki beberapa karakteristik kain yang disenangi oleh pengguna.

Karakteristik Kain Twiscone

Kain Twiscone

sumber : https://masnid.com/

Dengan mengenal karakteristik kain maka dalam memilih bahan pakaian yang tepat bisa dilakukan. Begitu juga kain twiscone ini, apakah kain ini bisa menjadi bahan yang bagus untuk dijadikan pakaian atau tidak, cukup dengan mengenal karakteristik kain satu ini.

Tekstur Licin

Kain twiscone memiliki tekstur cenderung licin sehingga bahan ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jaket dan blazer karena memiliki kain sedikit lebih tebal daripada kain sifon. Namun, kain ini tidak saja dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket dan blazer saja, tepai juga sering digunakan sebagai bahan pakaian lainnya seperti gamis dan lain-lainnya.

Lembut

Selain licin, kain twiscone juga lembut sehingga nyaman saat digunakan. Karakteristik lembut dan memiliki sifat jatuh, kain ini juga sering dijadikan bahan dasar pembutan kaos oblong dan juga digunakan sebagai bahan pembuatan gamis syar’i karena kain ini ringan dan tidak menerawang.

Daya Serap Keringat Buruk

Daya serap keringat yang buruk merupakan kekurangan dari kain ini. Sehingga bahan ini sering dijadikan bahan untuk pembuatan pakaian untuk diruangan atau daerah dingin seperti pakaian untuk digunakan diruangan ber AC, atau pakaian yang digunakan di daerah yang dingin seperti pegunungan. Maka dari itu, kain twiscone sering digunakan sebagai bahan pembuatan jaket.

Tidak Melar

Kain yang tidak melar biasanya cenderung lebih awet, meskipun bahan ini sudah mengalami berkali-kali pencucian. Namun, dalam perawatannya juga harus dijaga supaya kualitas tekstur kain bisa terjaga dan kualitas warnanya bisa bertahan lama meskipun sudah sering digunakan.

Tidak Gampang Bau

Meskipun kain ini memiliki daya serap keringat yang buruk, tetapi bahan ini memiliki kelebihan tidak gampang bau akibat keringat. Sehingga kain twiscone juga disukai untuk dijadikan bahan pembuatan gamis dan juga menjadi bahan pakaian-pakaian lainnya.

Tidak Menerawang

Serat kain yang padat membuat jenis kain ini cenderung tidak menerawang. Sehingga bahan ini disukai untuk digunakan sebagi bahan pembuatan gamis supaya bentuk tubuh tidak tampak dan membuat nyaman saat digunakan.

Proses Pembuatan Kain Twiscone

sumber : https://www.nurulshop.com/

Bahan yang sama dengan proses berbeda juga akan menghasilkan kualitas bahan yang berbeda. Sehingga proses dalam pembuatan kain juga sangat penting untuk menentukan kualitas kain. Meskipun bahan dari kualitas yang baik, namun prosesnya tidak sebaik kualitas bahannya, maka akan dihasilkan kain yang memiliki kualitas rendah maupun sedang.

Nah, dalam proses pembuatan kain twiscone, bahan yang digunakan adalah dari bahan serat pilihan terbaik. Namun dalam prose pembuatan kain ini tidak sebagus dari kualitas bahan yang digunakan sehingga masih menyisakan beberapa kekurangan seperti daya serap keringat yang buruk.

Perbedaan Kain Twiscone dengan Sifon

sumber : https://olympics30.com/

Kain twiscone dengan kain sifon memiliki beberapa kemiripan. Sehingga sangat penting untuk mengetahui beberapa perbedaan keduannya supaya tidak salah memilih saat membelinya. Perbedaan kedua kain tersebut bisa dikenali mulai dari karakteristik masing-masing kedua bahan tersebut. Jika kain sifon berasal dari bahan kapas, sutra dan serat sintetis ini menghasilkan kain yang licin tipis dan cenderung panas saat digunakan.

Sedangkan kain twiscone juga memiliki kemiripan karakteristiknya, namun kain twiscone cenderung lebih tebal dan memiliki serat yang lebih padat daripada kain sifon sehingga kain twiscone tidak menerawang

Penggunaan Kain Twiscone

sumber : https://gamisjilbabsyari.com/

Setelah mengenal kain twiscone, kemudian mengenal penggunaan bahan ini dalam penggunaan sebagai bahan pakaian yang lagi trend saat ini. Beberapa penggunaan bahan twiscone dalam berbagai macam busana bisa di cek selengkapnya di bawah ini.

Gamis Syar’i

Gamis merupakan salah satu item busana muslim yang sedang trend. Model baju ala Timur Tengah ini sudah menjadi trend baju muslim dunia dengan berbagai macam inovasi mulai dari model dan bahan yang digunkannya. Di Indonesia baju gamis syar’i salah satunya juga sering menggunakan bahan twiscone sebagai bahan dasarnya karena memiliki karakteristik yang disukai oleh pengguna.

Jilbab

Selain baju gamis, kain twiscone ini juga sering dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan jilbab. Harga yang terjangkau dan kesan yang diberikan dari bahan ini yang mampu menambah penampilan menarik, menjadi salah satu bahan jilbab yang sangat disukai oleh kalangan hijaber.

Kemeja

Kemeja yang merupakan model pakaian yang sudah sangat populer juga banyak menggunakan bahan twiscone. Kain twiscone yang dijadikan sebagai bahan kemeja mampu memberikan kesan keren dan elegan. Kemeja twiscone juga mudah dalam perawatannya karena bahan ini memiliki tekstur yang licin sehingga bahan tidak gampang kusut.

Celana

Tidak hanya menjadi bahan item busana atasan saja, bahan twiscone juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan celana. Celana bahan twiscone ini mampu memberikan kesan modern saat digunakan. Celan bahan twiscone sangat cocok dipadukan dengan pakaian kemeja sebagai pakaian yang cocok untuk menghadiri acara-acara formal.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Twiscone

Kelebihan dan kekurangan kain twiscone sudah bisa dilihat pada karakteristik kain ini. Namun supaya megenal jenis kain ini lebih mudah, maka mengenal kelebihan dan kekurangan kaian lebih detail akan mempermudah dalam mengenal kain ini. Apa saja kelebihan dan kekurangan kaian twiscone ini ? Selengkapnya kita cek di bawah ini.

Kelebihan

  • Lembut dan Ringan

Kain twiscone memiliki tekstur kain yang lembut dan ringan. Sehingga kain ini disukai bayak kalangan karena mampu memberikan kenyamanan saat digunakan, meskipun masih memiliki beberapa kekurangan.

  • Tidak Mudah Melar

Selain adem dan nyaman saat digunakan, pakaian dipilih karena memiliki bahan yang tidak gampang melar akibat proses pencucian dan akibat seringnya digunakan. Bahan yang mudah melar bisa dipastikan pakaian tidak akan bisa bertahan lama karena pengguna akan tidak senang dengan pakaian yang sudah melar yang mengurangi penampilannya.

Kekurangan

  • Daya Serap Keringat Sangat Rendah

Kain twiscone yang bayak disukai ini ternyata memiliki kelemahan, yaitu kain sangat sulit menyerap keringat sehingga kain cenderung panas dan sangat tidak cocok untuk dijadikan pakaian yang dipakai di iklim tropis. Kain yang cenderung panas ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jaket dan blazer.

  • Tidak Cocok Digunakan Pada Iklim Tropis

Kain yang cendrung panas ini biasanya digunakan sebagai bahan pakaian yang digunakan di daerah dingin seperti pegunungan atau pakaian yang digunakan diruangan yang ber AC, Jika pakaian bahan twiskon digunakan di cuaca panas akan sangat mudah membuat gerah dan membuat tidak nyaman.

Leave a response

fifteen − fourteen =