0 items in your shopping cart

No products in the cart.

3 Jenis Kain Baby Terry

Jenis kain baby terry dikategorikan berdasarkan bahan utama pembuatan kain. Jenis kain baby terry pada umumnya adalah berbahan katun 100 %, namun seiring perkembangan dunia garmen, maka jenis kain baby terry juga bisa dibuat dari bahan serat lainnya seperti polyester dan combed.

Bahan Dasar Jenis Kain Baby Terry

Jenis Kain Baby Terry

sumber : https://bukabukumu.com/

Saat ini perkembangan kain baby terry yang sudah sering digunakan sebagai bahan pakaian dan keperluan lainnya masih berasal dari 3 bahan dasar utama dalam pembuatannya. Tiga bahan dasar pembuatan kain baby terry ini juga merupakan jenis kain baby terry. Apa saja bahan dasar itu ? Selengkapnya mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Katun

sumber : https://kaospabrik.com/

Jenis kain baby terry katun ini memiliki karakteristik seperti kain katun pada umumnya. Tetapi ada sedikit perbedaan, yaitu jenis kain baby terry katun lebih tebal dibandingkan dengan kain katun pada umumnya. Ketebalan jenis kain ini disebabkan oleh proses atau teknik pembuatan kain baby terry yang sisi dalamnya terdapat loop yang saling berkaitan. Jenis kain baby terry katun pada umumnya juga sangat nyaman digunakan karena bahan ini memiliki sifat adem dan lembut dikulit.

Polyester

Ternyata bahan dasar utama kain baby terry tidak hanya dari katun saja, tetapi juga bisa berasal dari bahan polyester. Jenis kain baby terry ini berasal dari bahan biji plastik yang diproses dengan teknik polimerisasi. Ciri dari jenis kain baby terry polyester adalah kain lebih tipis tetapi mampu menahan panas cukup baik sehingga jenis kain baby terry ini kelemahannya daya serap keringatnya buruk.

Combed

Jenis kain baby terry yang paling bagus adalah jenis baby terry combed. Kain combed sendiri merupakan salah satu jenis kain premium karena berasal dari bahan katun pilihan terbaik 100 %. Jenis baby terry ini sangat nyaman saat digunakan karena memiliki daya serap keringat yang sangat baik, adem, halus. Namun, harga jenis kain baby terry combed cukup mahal dipasaran.

Penggunaan 3 Jenis Kain Baby Terry

sumber : https://aminama.com/

Dalam dunia fashion, 3 jenis kain baby terry di atas sering digunakan sebagai bahan dasar beberapa bahan pakaian dan keperluan rumah. Apa saja penggunaan 3 jenis kain babay terry ? Ayo kita cek selengkapnya di bawah ini.

  • Jaket

Penggunaan kain baby terry yang sering ditemui salah satunya adalah sebagai bahan pembuatan jaket. Bahan jaket bisa berasal dari tiga jenis kain baby terry mulai katun, polyester, dan combed. Sehingga harga jaket nantinya juga berdasarkan bahan yang digunakannya. Jika menggunakan jenis kain baby terry combed, maka harga jaket juga lebih mahal. Alasan kain baby terry dijadikan bahan pembuatan jaket karena bahan ini memiliki sifat hangat dan lembut.

  • Jumper

Item busana jumper sebenarnya mirip dengan jaket, karena memiliki fungsi yang sama, hanya model dan tipenya saja yang berbeda. Nah, jumper ternyata juga banyak dibuat berasal dari bahan baby terry. Penggunaan bahan untuk jumper juga bisa dari ketiga jenis kain baby terry.

  • Keset

Tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian saja, jenis kain baby terry juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan keset. Fungsi keset yang menyerap air dengan baik dan lembut di kulit, maka bahan kain baby terry sangat cocok di jadikan bahan utamanya.

  • Hoodie

Item yang populer dan masih menjadi trend hingga saat ini salah satunya adalah hoodie. Salah satu item pakaian ini ternyata banyak dibikin dari bahan jenis kain baby terry. Bahan ini digunakan sebagai pembuatan hoodie karena memiliki tekstur kain yang lembut dan mampu memberikan kenyamanan saat digunakan.

  • Blazer

Blazer yang banyak digunakan sebagai item pakaian tambahan supaya menambah penampilan menjadi stylish ini juga banyak dibuat dari bahan baby terry. Blazer pada umumnya digunakan pada musim dingin atau di saat cuaca dingin, dan kain baby terry sangat cocok dijadikan bahan untuk blazer karena memiliki sifat hangat dan nyaman.

  • Sweater

Sweater dari bahan dasar kain baby terry biasanya memiliki ciri kain yang lembut dan halus sehingga nyaman saat digunakan. Bahan baby terry yang cocok digunakan dicuaca panas, ternyata juga cocok digunakan sebagai pakaian untuk cuaca dingin. Sehingga banyak produsen pakaian menggunakan jenis kain baby terry sebagai bahan pembuatan sweater.

  • Pakaian Bayi

Kulit bayi yang masih sensitif dengan gesekan atau bahan non alami, maka kain baby terry menjadi salah satu pilihan dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian bayi. Jenis kain baby terry ini memiliki kelebihan bahan yang halus dan lembut. Selain itu bahan juga mudah menyerap keringat dengan baik dan kain adem.

  • Bahan Pelapis Sandal Indoor

Jenis kain baby terry sebagai keperluan lainnya salah satunya digunakan sebagai bahan pelapis sandal indoor yang sering digunakan di hotel. Fungsi pelapis sandal ini supaya telapak kaki tetap hangat dan tidak dingin akibat lantai yang dingin.

  • Handuk

Kain baby terry juga biasa digunakan sebagai bahan handuk, karena kain babay terry memiliki daya serap air yang cukup bagus selain itu juga jenis kain ini memiliki tekstur kain yang lembut sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan handuk.

Perawatan Kain Baby Terry

sumber : https://bukabukumu.com/

Setelah mengetahui jenis kain baby terry dan mengenal fungsi bahan tersebut, maka hal yang penting selanjutnya yang perlu kita ketahui juga adalah cara merawat kain baby terry supaya bahan bisa awet dan bertahan lama.

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pencucian adalah memisahkan pakaian berbahan bay terry dengan pakaian bahan lainnya yang berpotensi mengalami luntur. Jika memungkinkan lakukan pemisahan pakaian kotor berdasarkan jenis bahan dasar yang digunakan.

Langkah kedua adalah melakukan perendaman pakaian berbahan baby terry dengan durasi yang tidak terlalu lama, maksimal 30 menit. Saat merendam gunakanlah air dingin supaya serat kain tidak rusak dan sablon yang ada pada pakaian tidak rusah serta warna tidak pudar.

Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah mencuci menggunakan deterjen yang ramah lingkungan sehingga serat alami bahan pakaian ini tidak rusak akibat zat kimia deterjen.

Langkah keempat sebaiknya mencuci dengan menggunakan tangan, karena jika menggunakan mesin cuci rentan serat kain akan rusak akibat putaran dari mensin cuci. Kemudian setelah mencuci bersih pakaian bahan baby terry pastikan membilasnya dengan air dingin sampai benar-benar bersih.

Langkah kelima adalah menjemur pakaian bahan baby terry ditempat yang tidak langsung terpapar oleh sinar matahari supaya warna tidak pudar sehingga kualitas pakaian bahan baby terry bisa tahan lama.

Langkah keenam adalah menyetrika pakaian bahan baby terry dengan suhu yang sesuai supaya pakaian menjadi rapi dan serat kain tetap terjaga. Dengan menyetrika juga bisa membunuh bakteri atau kuman yang masih menempel di pakaian meskipun sudah mengalami proses pencucian.

Leave a response

one × five =