0 items in your shopping cart

No products in the cart.

6 Jenis Kain Rayon Populer

Jenis kain rayon populer terdiri dari 6 jenis yang populer dipasaran. 6 jenis kain rayon populer ini biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam pakaian dan keperluan sehari-hari. Kain yang berasal dari bahan serat selulosa ini merupakan bahan alami, namun proses pembentukan menjadi kain melalui proses kimia sehingga bahan rayon masuk kategori kain berbaghan semi alami atau semi sintetis.

Kain rayon pertama kali ditemukan pada tahun 1884 di Perancis oleh Hilaire de Chardonnet. Sebenarnya, kain rayon merupakan alternatif pengganti kain sutra yang berharga sangat mahal. Sehingga dilakukan riset dan ditemukanlah kain rayon ini dengan karakteristik kain yang mirip dengan kain sutra namun berharga murah dan terjangkau. Sehingga kain rayon juga disebut KW nya kain sutra. Bahan rayon yang paling sering digunakan adalah tumbuhan pinus, hemlock dan cemara.

Namun, seiring perkembangan dunia garmen, maka kain rayon memiliki beberapa jenis dipasaran dengan kualitas dan karakteristik berbeda-beda sesuai dengan bahan dasar pembuatannya. Karena awalnya kain rayon tidak memiliki kekuatan kain seperti sutra, maka dalam proses pembuatannya di tambahakan bahan kimia berupa serat spandek atau poliester supaya menghasilkan kain yang kuat.

Karakteristik Kain Rayon

Jenis Kain Rayon populer

sumber : https://www.bahankain.com/

Sebelum membahas jenis kain rayon populer dipasaran, sebaiknya mengenal terlebih dahulu beberapa karakteristik umum jenis kain rayon populer ini supaya tidak salah pilih dalam membeli pakaian dan perabot yang berbahan kain rayon. Beberapa karakteristik jenis kain rayon populer ini salah satunya bahannya adem saat digunakan. Tetapi jenis kain rayon populer ini juga memiliki karakteristik yang juga termasuk kelemahan dari kain rayon, yaitu mudah menyusut dan mudah sobek.

Supaya jenis kain rayon populer ini tidak gampang rusak, makan harus lebih baik dalam merawatnya, seperti tidak boleh terkena sinar matahari yang terlalu sering, dan tidak boleh kain ini kondisi basah terlalu lama karena berakibat kain mudah lapuk.

Jenis Kain Rayon Populer Dipasaran

sumber : https://www.shalyschan.com/

Masih bingung memilih bahan pakaian yang cocok ? Pilih saja pakaian bahan rayon karena bahan ini merupakan bahan KW dari kain sutra. Tetapi masih bingung memilih jenis kain rayon populer yang tepat untk bahan pakaian ? Supaya tidak bingung lagi, di bawah ini akan kami jelaskan lengkap dan detail jenis kain rayon populer yang ada dipasaran.

Kain Rayon Viscose

Jenis kain rayon populer pertama yang menjadi favorit di kalangan para wanita adalah jenis rayon viscose atau raon viscosa. Kualitas jenis kain rayon populer ini sangat baik, salah satunya memiliki pilihan warna yang beragam dan harganya cukup terjangkau sesuai dengan isi kantong. Jenis kain rayon viscose merupakan kain yang berkualitas dan pada umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam jenis pakaian, mulai dari tunik, gamis, blus, dan rok wanita..

Kain Rayon Uniqlo

Jenis kain rayon populer satu ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis kaian rayon populer lainnya, yaitu memiliki tekstur kain yang paling halus dan dingin sehingga nyaman saat digunakan. Penggunaan jenis kain rayon populer ini pada umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan tunik, dress, baju, dan mukena premium. Perbedaan jenis rayon ini dengan rayon lainnya adalah tingkat kerapatan yang dimilikinya. Jenis rayon uniqlo memiliki kerapatan benang yang bagus sehingga menghasilkan kualitas kain yang bagus.

Kain Rayon Spandek

Jenis kain rayon populer satu ini berasal dari bahan kombinasi antara serat rayon dengan bahan spandek. Jenis rayon spandek memiliki ciri yang gampang dikenali, yaitu halus, warna ceria, mudah melar, dan fleksibel. Penggunaan jenis rayon ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan baju olahraga, kaos dan jenis pakaian lainnya.

Jenis kain rayon populer ini yang paling cocok dalam penggunaannya adalah sebagai bahan baju olahraga. Karena jenis kain ini memiliki karakteristik bahan yang mudah menyerap keringat, halus dan lentur. Sehingga penggunaan bahan ini sebagai bahan baju olahraga akan mempermudah pergerakan saat melakukan olahraga. Dipasaran jenis kain ini biasa digunakan untuk bahan kaos

Kain Rayon Jersey

Jenis kain rayon populer berikutnya adalah rayon jersey. Jenis kain ini terbuat dari kombinasi antara benang serat rayon dan serat jersey. Jenis kain rayon populer ini memiliki kerapatan benang yang bagus tetapi harganya lebih ekonomis. Penggunaan sehari-hari, bahan rayon ini biasan digunakan sebagai bahan berbagai keperluan mulai dari bahan dasar gamis, rok wanita hingga bahan pembuatan pashmina.

Jenis kain rayon populer ini dalam dunia fashion muslim lebih sering digunakan sebagai bahan pembuatan gamis wanita karena memiliki kerapatan kain yang sangat bagus sehingga bahan tidak menerawang. Selain itu, jenis rayon jersey juga sering dijadikan bahan pashmina karena mampu memberikan kesan mewah dan mudah dikreasikan dengan padupadan busana apapun.

Kain Rayon Crinkle

sumber : https://shopee.co.id/

Jenis kain rayon populer yang unik adalah kain rayon crinkle. Jenis rayon ini memiliki struktur permukaan sisi luarnya tidak rata dan berkerut seperti kulit jeruk. Jenis kain rayon populer ini memiliki karakteristik bahan yang halus, dingin dan lembut. Penggunaan jenis bahan ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar dress.

Kain Rayon PE

Jenis kain rayon populer terakhir adalah kain rayon PE. Jenis kain ini berasal dari bahan campuran serat poliester dengan serat rayon. Penggunaan jenis rayon PE dalam sehari-hari pada umumnya sering dipakai sebagai bahan dasar mukena. Salah satu item pakaian untuk beribadah sholat ini sangat populer di Asia Tenggara.

Perawatan Jenis Kain Rayon Populer

sumber : https://konveksihasan.com/

Memiliki koleksi busana atau perabot berbahan kain rayon supaya kualitas bahan rayon bisa tahan lama, maka ada beberapa cara yang harus dilakukan dalam perawatannya.

  • Cara Mencuci

Jenis kain rayon populer ini memiliki sifat yang tidak konstan, sehingga mudah melar dan mennyusut. Supaya bahan rayon awet maka cuci pakaian bahan rayon menggunakan tangan dan air hangat. Setelah dicuci bersih, selanjutnya peras pakaian bahan rayon secara perlahan dan tidak perlu kuat-kuat spaya serat tidak rusak. Hindari merendam pakaian bahan rayon cukup lama karena bahan akan menyusut.

  • Cara Menjemur

Agar baju bahan rayon bisa bertahan lama dengan kualitas yang tetap baik, maka setelah melakukan pencucian selanjutnya jemur pakaian bahan rayon ini di tempat yang teduh yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Dan penjemuran dilakukan dengan cara menggantungnya dengan hanger yang berbahan empuk yang berasal dari kayu jika ada.

  • Cara Menyetrika

Untuk menghilangkan kusut setelah mengalami proses pencucian dan penjemuran, maka lagkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan cara menyetrikanya. Dalam proses menyetrika supaya kualitas pakaian bahan rayon tetap baik adalah dengan menyetrika di sisi dalam pakaian.

  • Cara Menyimpan

Sesudah disetrika, jangan lupa untuk menyimpan pakaian berbahan rayon dengan benar, yaitu di taruh dalam lemari dengan cara digantung dengan hanger. Hindari melipat pakain bahan rayon kerena akan timbul bekas lipatan saat digunakan. Selain itu pastikan dalam lemari keadaan kering yang tidak menimbulkan jamur.

Leave a response

13 + 19 =