0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kelebihan Kain Torino

Kelebihan kain torino memiliki beberapa kelebihan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam pakaian. Dipasaran kelebihan kain torino ini menjadi penyebab dijadikan sebagai bahan pembuatan gamis. Kain torino ini juga populer dengan nama kain yoris.

Perkembangan fashion muslim berdampak positif semakin banyaknya permintaan bahan dasar untuk pembuatan busana muslim salah satunya adalah baju gamis. Bahan dasar baju gamis bisa berasal dari berbagai macam jenis kain, namun di wilayah dengan iklim tropis, maka bahan dasar baju gamis harus memiliki kelebiha mampu memberikan rasa adem dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Nah, salah satu bahan dasar dari pembuatan gamis yaitu kain torino. Kelebihan kain torino ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai bahan gamis khususnya di iklim tropis seperti di Indonesia. Selain dijadikan bahan gamis, kelebihan kain torino ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jilbab karena semakin hari tren hijab terus meningkat.

Di Indonesia penduduk mayoritasnya beragama Islam menjadi pasar yang sangat potensial fashion muslim. Apalagi di era saat ini kecepatan informasi yang bisa diakses didalam rumah-rumah hanya lewat internet membuat para wanita muslim bisa melihat trend fashion muslim terkini dengan cepat dan mudah. Sehingga informasi kelebihan kain torino sebagai bahan dasar gamis atau jilbab dengan mudah dikenal dan menjadi daya tarik untuk membeli dan memakainya.

Meskipun bahan gamis berasal dari berbagai macam jenis kain, tidak membuat jenis kain torino kalah dengan bahan lainnya karena kelebihan kain torino mampu memberikan kesan feminin dan kekinian. Selain itu kelebihan kain torino untuk dijadikan bahan gamis bisa memberikan kenyamanan saat digunakan.

Karakteristik Kain Torino

Kelebihan Kain Torino

sumber : https://www.tokopedia.com/

Kain Torino menjadi salah satu jenis kain yang disukai oleh para produsen pakaian muslim karena kelebihan kain torino mampu memenuhi syarat-syarat sebagai bahan dasar gamis dan jilbab. Meskipun jenis kain ini memiliki beberapa kelebihan sebagai bahan gamis, tetapi jenis kain ini masih kalah kualitasnya dengan kain wolfis.

Salah satu kelebihan kain torino yaitumemiliki ketebalan kain yang cukup baik dan memiliki serat kain yang cukup bagus juga. Untuk mengenal lebih jauh tentang kain torino ini, mari kita baca uraian tetang karakeristik kain torino di bawah ini.

Dingin atau Adem

Karakteristik yang menjadi salah satu kelebihan kain torino adalah kain memiliki sifat dingin atau adem saat digunakan. Meskipun jenis kain lainnya seperti sutra, katun, dll juga memiliki sifat adem namun kelebihan kain torino ini menjadi salah satu alasan untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan gamis dan jilbab. Jenis kain torino ini termasuk kategori kain premium sehingga jika dijadikan pakaian akan memberikan kenyamanan lebih.

Model pakaian gamis yang tertutup rapat ini harus berbahan dasar kain yang bagus yang salah satunya memiliki sifat adem atau dingin saat digunakan,. Nah, kelebihan kain torino masuk dalam kategori ini, karena sifat adem kain tidak akan membuat cepat gerah saat digunakan.

Lembut

Karakteristik berikutnya kain torino adalah memiliki tekstur lembut meskipun kelembutan kaian ini masih jauh dibawah kain sutra. Kelembutan yang dimilikinya ini juga merupakan kelebihan kain torino yang bisa membuat nyaman dikulit saat digunakan.

Sifat Jatuh

Selain lembut karakteristik kain torino memiliki sifat jatuh yang tidak membentuk lekuk tubuh. Pada umumnya sifat jatuh kain bisa berakibat membentuk lekuk tubuh yang membuat tidak nyaman bagi penggunanya. Dan syarat yang benar untuk bahan gamis salah satunya tidak membentuk lekuk tubuh.

Tidak Menerawang

Karakteristik sekaligus kelebihan kain torino yaitu memiliki kerapatan serat kain yang bagus sehingga kain ini lebih tebal dari kaian wolfis yang membuat kain ini tidak menerawang. Salah satu karakteristik ini menjadi syarat yang benar sebagai bahan dasar gamis karena tubuh akan tertutup sempurna menggunakan gamis bahan kain torino. Selain serat kain yang rapat, jenis kain ini juga memiliki serat yang sedikit timbul sehingga akan terasa sekali tekstur sedikit timbul ini saat diraba.

Tidak kaku

Kain yang tebal pada umumnya memiliki sifat kaku. Namun karakteristik kain Torino meskipun kain lebih tebal kelebihan kain torino tidak kaku. Bahkan kain torino lebih mudah dibentuk sehingga jenis kain ini juga sering digunakan sebagai bahan jilbab.

Warna Beragam

Kain torino memiliki warna yang variatif, sehingga sangat disukai oleh produsen pakaian. Bahkan para pengguna juga sangat menyukainya karena bisa memilih warna yang mereka suaki dengan mudah. Warna yang dimiliki oleh kain torino ada ciri yang khas yang disebabkan oleh kerapatan serat kainnya sehingga mampu membuat tampilan kain ini cerah dan segar.

Kelebihan Kain Torino

sumber : https://id.carousell.com/

Kelebihan kain torino sebagiannya sudah dibahas dan masuk dalam karakteristik dari kain torino di atas. Kain torino merupakan salah satu jenis kain premium yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam pakaian. Tetapi jenis kain ini di Indonesia lebih sering dijadikan sebagai bahan pembuatan gamis dan jilbab.

Kelebihan-kelebihan kain torino dimanfaatkan oleh para produsen pakaian untuk dijadikan bahan gamis dan jilbab yang sangat digandrungi oleh para wanita muslim karena mampu memberikan kesan modis dan stylish dengan kenyamanan yang bagus. Apa saja sih kelebihan-kelebihan kain torino ini ? Selengkapnya ayo kita baca ulasan di bawah ini.

Nyaman Digunakan

Kelebihan kain torino yang pertama adalah nyaman saat digunakan untuk bahan gamis. Selain gamis dan jilbab, pakaian-pakaian lainnya yang dibuat dari bahan torino selalu memiliki kenyamanan yang bagus saat digunakan. Di Indonesia dengan cuaca tropis sangat cocok bahan torino dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian karena saat digunakan tidak gampang gerah dan berasa adem.

Serat Rapat

Kelebihan kain torino memiliki kerapatan serat kain yang sangat bagus sehingga kain ini lebih tebal dan tidak menerawang. Kelebihan ini membuat nyaman saat digunakan sebagai bahan gamis dan jilbab karena ketebalan kain mampu menutupi bentuk tubuh dan aurat dapat tertutup dengan sempurna.

Sejuk

Memakai Ggamis dan hijab dicuaca panas biasanya mudah membuat pengguna akan gerah dan merasa panas. Tetapi dengan menggunakan bahan torino, maka gamis dan jilbab akan terasa sejuk dan aktivitas menjadi lancar tidak terganggu oleh cuaca yang panas. Meskipun jenis kain ini sedikit tebal, tetapi kain ini terasa sejuk saat digunakan. Sehingga jenis kain torino ini sangat cocok sebagai bahan pakaian di iklim tropis.

Warna Keren dan Tidak Gampang Luntur

Kelebihan berikutnya jenis kain satu ini adalah memiliki warna yang keren seperti warna pastel dengan varian warna yang banyak. Selain itu kelebihan warna kain torino adalah tidak mudah luntur karena kain ini memiliki kerapatan yang bagus pada serat kainnya. Varian warna yang banyak memudahkan memilih warna yang disukai.

Tidak Mudah Kusut

Kelebihan lainnya kain ini adalah tidak mudah kusut. Sehingga perawatan jenis kain ini lebih mudah. Pakaian berbahan torino lebih banyak dipilih karena mampu memberikan penampilan yang rapi sepanjang hari. Bukti kain apapun mudah dan tidaknya kusut ketika setelah mengalami proses pencucian. Jadi pakaian bahan torino bisa dipakai setelah dicuci tanpa perlu menyetrika untuk merapikan. Tetapi jika ingin penampilan semaikin rapi bisa menyetrikannya juga.

Harga Terjangkau

Harga terjangkau masuk dalam katagori kelebihan jenis kain ini. Meskipun jenis kain ini kategori premium, namun memiliki harga yang masih terjangkau oleh banyak kalangan. Meskipun harga terjangkau, bahan torino memiliki kualitas yang bagus dengan beberapa kelebihan saat digunakan sebagai bahan pakaian.

Sangat Cocok Untuk Bahan Gamis

Gamis sudah menjadi fakta salah satu item pakaian yang populer dan masih menjadi trend hingga saat ini. Selain gamis, jilbab juga terus mengalami perkembangan yang luar biasan di Indonesia. Berbagai macam model dan bahan jilbab terus mewarnai dalam fashion muslim di Indonesia.

Gamis sebenarnya tidak hanya digunakan oleh wanita muslim saja, tetapi gamis pria juga banyak digunakan oleh kalangan pria muslim saat melakukan ibadah sholat. Awalnya jenis pakaian dari Timur Tengah ini, sekarang sudah menjadi salah satu tred pakain muslim yang mendunia.

Nah, bahan yang cocok untuk pakain gamis dan jilbab, salah satunya adalah kain torino. Kelebihan dari jenis kain ini mampu memberikan penampilan gamis yang keren dan mampu memberikan kenyamanan saat digunakan di cuaca tropis seperti di Indonesia.

Dipasaran memang banyak beredar berbagai macam gamis dengan bahan berbagai macam jenis kain, Namun jangan sampai salah memilih bahan gamis karena akan tidak nyaman saat digunakan jika bahan gamis berkualitas buruk dan karakteristik kain tidak cocok dengan cuaca di Indonesia.

Perbedaan Kain Torino dengan Kain Wolfis

sumber : https://belanjakainonline.wordpress.com/

Dua jenis kain ini antara kain torino dan kain wolfis merupakan dua jenis kain yang sering dijadikan sebgai bahan pembuatan gamis dan jilbab. Jika masih awam dengan kedua jenis kain ini sebaiknya mencari tahu apa-apa perbedaan dari kedua jenis kain ini supaya menjadi pengetahuan yang bisa memberikan informasi pada kita agar bisa memilih bahan gamis atau jilbab dengan tepat sesuai keinginan kita.

Segi Kualitas

Dilihat dari sisi kualitas kain, keduanya memiliki kualitas yang seimbang. Namun jenis kain torino masih memiliki kualitas dibawah kain wolfis. Perbedaan yang mencolok sehingga kualitas kain torino masih dibawah kain wolfis adalah dari tekstur kainnya. Meskipun kaian torino lembut tetapi masih bisa dirasakan sedikit kasar saat diraba. Berbeda dengan kain wolfis yang memiliki tekstur lebih lembut dibanding kain torino. Sealain itu warna yang dimiliki kain wolfis lebih cerah dan menarik dibandingkan kain torino.

Segi Ketebalan

Dari sisi ketebalan kain juga ada perbedaan antara kedua jenis kain, yaitu kain torino memiliki kain yang lebih tebal dibandingkan kain wolfis. Ketebalan dari kaian torino ini lebih cocok digunakan sebagai bahan gamis karena memiliki sifat adem dan kain tidak menerawang sehingga aurat tertutup dengan sempurna dan membuat pengguna semakin nyaman.

Dari sisi kualitas kain wolfis memang lebih baik, tetapi jika dijadika bahan gamis atau jilbab, kain torino tentunya yang lebih baik. Namun kembali lagi pada konsumen atau pengguna, kesukaan tidak bisa menipu dan kecenderungan setiap konsumen juga beda-beda sehingga dari sisi kualitas bisa dikatakan relatif dari kedua jenis kain ini. Namun yang bisa dipastikan adalah ketebalan kain torino lebih bagus daripada kain wolfis.

Segi Corak

Kedua jenis kain ini antara kain torino dan kain wolfis kainnya tidak memiliki corak alias polos. Namun corak keduanya bisa dibedakan melalui perbedaan corak serat kainnya. Kain torino memiliki corak pada serat kainnya yang tampak lebih terlihat, sedangkan pada kain wolfis corak serat kainnya tidak begitu terlihat. Sehingga setelah mengenal keduanya, maka keduanya dengan mudah dibedakan hanya dengan merabanya. Kain torino lebih terasa seratnya saat diraba sedangkan kain wolfis tidak begitu terasa seratnya saat diraba.

Segi Kenyamanan

Segi kenyamanan ini juga sifatnya relatif yaitu sesuai dengan yang dirasakan oleh pengguna. Karena kedua jenis kain antara kaian torino dan kain wolfis memiliki kelebihan masih-masin, maka setiap pengguna juga merasakan hal yang berbeda beda saat menggunakan kedua jenis kain tersebut. Tetapi yang bisa dipastikan adalah kedua jenis kain ini mampu memberikan kenyamanan kepada penggunannya karena kedua jenis kain ini memiliki kualitas yang hampir sama dan cocok digunakan di cuaca yang panas.

Cara Merawat Gamis Bahan Torino

sumber : https://id.seetracker.com/

Kain torino yang sering digunakan sebagai bahan gamis dan jilbab memiliki karakteristik mirip kain wolfis sehingga dalam perawatannya juga tidak jauh beda dengan kain wolfis. Supaya gamis bahan torino bisa bertahan lama dan awet, apa saja yang harus dilakukan dalam perawatannya ? Selengkapnya cara perawatan kaian torino sebagai bahan gamis bisa di cek di bawah ini.

Cara Mencuci

Sebelum melakukan pencucian gamis bahan torino, sebaiknya memisahkan pakaian kotor lainnya yang berpotensi mengalami luntur warnanya. Kemudian pisahkan juga warna pakaian yang gelap dan terang, misalkan jika warna pakaian putih sebaiknya disendirikan supaya kualitas warna putih tetap terjaga.

Setelah memisah pakaian kotor dengan gamis bahan torino, selanjutnya lakukan perendaman gamis denagn air dingin dalam waktu maksimal 15 menit dengan sedikit deterjen. Kemudian lakukan pencucian gamis torino dengan cara manual menggunakan tangan dengan menguceknya secara perlahan supaya serat kainnya tidak rusak. Jika menggunakan mesin cuci lakukan dalam mode soft supaya putaran mensin cuci tidak merusak serat kain.

Cara Menjemur

Sebelum melakukan penjemuran pastikan gamis yang sudah dicuci dibilas dengan bersih tanpa ada lagi busa sabun yang menempel. Karena membilas gamis torino tidak bersih berakibat sisa sabun bisa merusak serat kaian dan gamis bisa tidak bertahan lama. Kemudian jemur gamis bahan torino ini bisa dengan paparan sinar matahari langsung, tetapi saat menjemurnya sisi dalam kain taruh diluar supaya warna bisa tetap terjaga.

Dalam menjemur gamis bahan torino juga bisa menggunakan hanger (gantungan baju) supaya gamis bisa cepat kering dengan sempurna oleh paparan sinar matahari langsung.

Cara Menyetrika

Meskipun gamis bahan torino tidak mudah kusut setelah dicuci, supaya serat bisa tetap rapi sebaiknya dilakukan penyetrikaan. Pada proses ini seting panas setrika sesuai dengan bahan gamis supaya tidak terjadi kerusakan serat kain karena panas setrika yang terlalu tinggi.

Cara Menyimpan

Penyimpanan gamis bahan torino sebaiknya menggunakan hanger dengan cara digantung di dalam lemari. Meskipun dengan cara melipat gamis juga tidak mengapa, tetapi akan menimbulkan bekas lipatan saat digunakan. Kemudian pastikan kondisi dalam lemari kering dan tidak lembab. Karena jika lembab rentan menimbulkan jamur pada gamis.

Leave a response

19 + 11 =