0 items in your shopping cart

No products in the cart.

7 Penggunaan Kain Drill

Penggunaan kain drill dalam dunia fashion sudah sangat populer. Kain drill yang memiliki banyak keunggulan sehingga banyak disukai banyak kalangan mulai dari produsen pakaian dan para konsumen. Namun, penggunaan kain drill lebih banyak digunakan untuk pakaian seragam seperti seragam pabrik, jas almamater kampus, seragam kantor, seragam TNI, Polri, dll.

Kain drill sendiri merupakan jenis kain yang ditenun dengan sebuah teknik yang menghasilkan kain dengan tekstur bergaris-garis miring atau berbentuk diagonal sehingga kain ini memiliki serat yang kuat. Karena memiliki serat kain yang kuat, maka penggunaan kain drill sering dipakai sebagai bahan dasar pakaian militer. Bagi para desainer pakaian, penggunaan kain drill sering dijadikan untuk bahan pakaian casual. Jadi, untuk bahan pakaian apa saja penggunaan kain drill ? Selengkapanya, bisa kita cek ulasan di bawah ini.

Jas Almamater Kampus

penggunaan kain drill

sumber : https://inkuiri.com/

Penggunaan kain drill sering dimanfaatkan oleh konveksi seragam sebagai bahan jas almamater kampus. Pada jas almamater kampus biasanya memiliki kualitas bahan yang berbeda. Pada penggunaan kain drill untuk bahan jas almamater kampus ditentukan oleh konsumen untuk pilihan jenis bahannya. Namun pada umumnya konveksi produsen jas almamater kampus menggunakan tiga jenis kain drill, yaitu :

  • Jenis Kain American Drill

Penggunaan kain drill memang sangat banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jas almamater kampus. Salah satunya jenis kain American drill. Konsumen banyak memilih jenis satu ini karena memiliki tingkat kekakuan bahan sedang, tidak licin, tidak lembek, sehingga bagi produsen juga akan memudahkan pembuatannya. Penggunaan kain drill jenis ini juga karena kain memiliki karakteristik lembut sehingga memberikan kenyamanan ketika digunakan.

Pilihan kain American drill digunakan sebagai bahan jas almamater kampus karena jenis kain ini juga memiliki varian warna mulai dari gradasi soft sampai warna solid. Sehingga konsumen bisa menyesuaikan warna bahan drill sesuai dengan warna kebanggan kampusnya.

  • Jenis Kain Nagata Drill

Pilihan kedua sebagai bahan jas almamater adalah jenis kain nagata drill. Penggunaan kain drill ini juga sangat bagus untuk bahan jas almamater kampus karena bahan ini memiliki kualitas di atas jenis American drill. Penggunaan kain drill jenis ini untuk jas almamater kampus sangat tepat, karena bahan ini memiliki tekstur kain dengan serat diagonal yang besar sehingga memberikan kesan berkelas. Kualitas kain yang bagus ini memiliki permukaan kain yang lembut, dan memiliki ketebalan kain yang cukup untuk memudahkan dalam pembuatan jas almamater kampus.

  • Jenis Kain Japan Drill Original

Penggunaan kain drill jenis ini banyak digunakan oleh kampus-kampus terkenal dan terfavorit. Bahan drill jenis ini memiliki karakteristik kain tebal, lembut, dan lentur. Penggunaan kain drill jenis ini biasanya dilakukan oleh kampus yang memiliki budget tinggi karena kain ini salah satu jenis kain dengan kualitas terbaik dijenisnya. Namun, pilihan bahan drill untuk pembuatan jas almamater kampus semua tergantung dari budget yang dimiliki kampus .

Kemeja PDL

sumber : https://shopee.co.id/

Penggunaan kain drill berikutnya adalah sebagai bahan dasar kemeja PDL. PDL sendiri memiliki kepanjangan Pakaian Dinas Lapangan. Kemeja PDL dari bahan drill sangat nyaman digunakan saat ugas-tugas lapangan di luar kantor. Karena kemeja PDL berbhaan kain drill ini memiliki kelebihan kain yang sesuai dengan desain kemeja. Kelebihan bahan drill pada kemeja PDL adalah kain tebal dan kuat, cocok dipadupadankan dengan pakaian jenis lainnya seperti batik, dll. Kemeja PDL bahan drill memilki desain lencana dipundak, memiliki tali pengait di lengan, memiliki kantong, dan memiliki ventilasi di bagian belakang kemeja.

Kemeja PDH

sumber : https://garmenesia.co.id/

Untuk pakaian dinas harian, seperti seragam pegawai PNS, POLRI, Dishub, Linmas, dan Damkar, biasanya juga dari bahan drill. Sebenarnya dari bahan dan desain kemeja PDL dan PDH hampir mirip. Penggunaan kain drill jenis apa saja yang biasanya digunakan sebagai bahan kemeja PDL dan PDH ? jenis-jenis kain drill tersebut adalah :

  • Japan Drill

Jenis kain Japan drill yang biasanya digunakan untuk bahan kemeja PDL dan PDH. Kain yang kuat dan tebal sangat cocok untuk pakaian dinas di dalam ruangan, dan juga cocok untuk pakaian dinas di lapangan. Kain drill jenis ini berasal dari serat katun dan polyster, namun, memiliki serat katun yang lebih banyak sehingga lebih nyaman dipakai.

  • American drill

Kemeja PDL dan PDH juga banyak bersala dari bahan American drill yang berasal dari serat campuran polyster dan katun. Penggunaan kain drill jenis ini yang paling banyak digunakan sebagai seragam PDL dan PDH.

  • Taipan Drill

Penggunaan kain drill jenis ini memeiliki kelebihan teksturnya yang lentur dan tidak mudah kusut. Seragam PNS dan juga seragam dinas pemerintah hingga seragam swasta banyak memilih jenis kain ini sebagai pilihan bahannya karena juga memiliki varian warna.

Jaket Safari

sumber : https://id.carousell.com/

Jaket safari adalah model busana seperti jas yang dilengkapi dengan saku dibagian depannya. Jaket safari ini pada desainnya juga menggunakan kerah. Jaket safari ini memiliki model sederhana dan high tailoring dan saat ini penggunaan bisa sebagai oter untuk busana wanita dan sebagai jaket untuk pria. Jaket safari juga banyak menggunakan bahan drill dalam pembuatannya. Dan bahan drill yang digunakan adalah Nagata drill karena bahan ini memiliki serat yang besar sehaingg kain tebal dan kuat. Selain itu bahan lembut sehingga nyaman digunakan.

Rok Celana

sumber : https://www.blibli.com/

Model pakaian rok celana pernah populer akhir-akhir ini. Model rok celana ini merupakan solusi bagi para hijaber dalam penggunaan pakaian lapangan khususnya untuk aktivitas olahraga. Karena rok celana ini berfungsi untuk aktivitas lapangan dan digunakan untuk aktivitas dengan pergerakan yang banyak, maka diperlukan bahan yang kuat dalam pembuatan rok celana ini. Pilihan tepat untuk bahan rok celana adalah kain drill. Karena penggunaan kain drill untuk aktivitas lapangan sangat direkomendasikan, selain bahan kain kuat, bahan juga nyaman digunakan.

Blazer

sumber : https://shopee.co.id/

Jenis pakaian blazer ini sangat mirip dengan jas, namun desain blazer lebih sederhana dan memiliki kesan casual dibandingkan dengan jas yang memiliki kesan formal. Penggunaan blazer di Indonesia awalnya banyak digunakan sebagai seragam kerja para wanita. Namun seiring perkembangan jaman blazer sudah banyak digunakan oleh kalangan pria dengan desain yang beragam. Nah, bahan yang digunakan untuk blazer salah satunya adalah kain drill jenis american drill. Penggunaan kain drill jenis ini karena memiliki kualitas baik dan harga yang terjangkau.

Tote Bag

sumber : https://www.tokopedia.com/

Tote bag adalah sebuah tas dengan desain terbuka yang menggunakan tali melengkung di kedua sisi bagian tengahnya. Sisi atas tote bag terbuka suapaya memudahkan dalam memasukkan dan mengambil barang. Namun desain terbaru tote bag di bagian atasnya sudah ada yang diberikan resleting supaya barang-barang yang dibawa tidak mudah jatuh.Tas jinjing ini banyak digunakan, baik oleh wanita maupun pria. Ternyata, bahan tas ini salah satunya adalah kain drill. Penggunaan kain drill untuk tote bag sangat tepat karena kain drill memiliki kelebihan kain yang kuat dan tebal.

Leave a response

sixteen + four =