0 items in your shopping cart

No products in the cart.

KAIN DRILL : Karakteristik, Jenis, Penggunaan, Perawatan

Kain Drill merupakan salah satu jenis kain yang mudah ditemui dipasaran. Karena bahan drill banyak digunakan sebagai bahan bermacam- macam pakaian. Kain drill juga memiliki karakteristik yang khas sehingga kain ini mudah dikenali. Salah satu karakteristik yang dimiliki kain ini adalah memiliki ketebalan kain yang bagus dibandingkan dengan jenis kain lainnya.

Namun, beberapa karakteristik yang dimilikinya tidak lantas menjadikan kain ini memiliki harga yang mahal. Harga yang terjangkau menjadi salah satu penyebab kain ini sering digunakan oleh produsen pakaian. Bahan drill yang memiliki tekstur benang berbentuk garis-garis miring atau diagonal pada umumnya berasal dari bahan katun. Tetapi, ada juga yang berasal dari baghan lainnya seperti polyester.

Bahan drill juga terbagi beberapa jenis drill dengan karakateristik dan penggunaan yang berbeda. Pada umumnya kain drill memang digunakan sebagai berbagai macam jenis pakaian. Kain ini memiliki sifat jatuh dan tampak kuat sehingga kain drill memiliki daya tahan lama. Kain drill juga mampu bertahan dalam kondisi panas dan dingin, serta memiliki warna yang tidak mudah luntur.

Karakteristik Kain Drill

KAIN DRILL

sumber : https://masnid.com/

Sebelum membeli atau menggunakan pakaian, biasanya pertama yang harus dilakukan adalah mengenal karakteristik bahan pakaian tersebut. Jika kamu memiliki pengetahuan lebih tentang jenis kain, itu bisa membantu kamu untuk memilih bahan pakaian sesuai dengan fungsinya. Kali ini kami akan mengulas tentang karakteristik yang dimiliki bahan drill supaya bisa menambah pengetahuan kamu tentang kain ini.

  • Kain Tebal

Ketebalan bahan drill sudah tidak diragukan lagi, sehingga kain tidak menerawang. Ketebalan bahan drill terbagi dalam 3 jenis yang berbeda. Ketebalan kain drill disebabkan oleh besar dan kecilnya serat bahan pada kain tersebut. Pertama, kain drill dengan serat kecil akan menghasilkan kain yang paling tipis diantara jenis drill. Dan kain ini biasa disebut Twist Drill. Kemudian, kedua adalah bahan drill dengan serat yang sedang akan memiliki ketebalan sedang dari jenis drill. Dan kain ini disebut American drill. Dan yang terakhir adalah Japan drill, kain drill ini memiliki serat yang tebal yang menghasikan kain paling tebal dari jenis drill.

  • Warna Khaki (seperti warna debu)

Kain ini memang memiliki varian warna yang sedikit. Pilihan warna pada umumnya adalah warna khaki atau seperti warna debu. Namun beberapa jenis kain drill sudah memiliki ragam warna yang lebih variatif sehingga bisa memilih warna sesuai dengan kesukaan kamu.

  • Tekstur Diagonal

Ciri khas kain ini memiliki tekstur garis-garis miring seperti bentuk diagonal. Teknik tenun ini memiliki kelebihan, yaitu kain menjadi kuat dan serat benang tidak mudah lepas. Selain itu tekstur diagonal ini memberikan kesan pada kain tampak sangat kuat meskipun sebenarnya kain ini juga memiliki daya tahan yang kuat.

  • Permukaan Kain Halus

Kain drill memiliki permukaan kain halus ketika disentuh, dan ini sangat berbeda dengan sisi dalam kain yang cenderung agak kasar. Selain itu perbedaan warna juga tampak terlihat antara sisi luar kain dengan sisi dalam kain. Di sisi permukaan luar warna lebih kuat daripada warna di sisi dalam kain. Hal inilah yang memudahkan untuk mengenali kain drill.

  • Lembut dan Nyaman

Kain drill ketika disentuh akan terasa lembut dan kain ini ketika digunakan juga memberikan kenyamanan. Meskipun kain ini tebal, tetapi tetap cocok digunakan untuk di daerah tropis seperti di Indonesia.

  • Kain Kuat

Kekuatan kain ini disebabkan oleh proses pembuatan kain dengan teknik khusus sehingga kain ini selain tebal juga tidak gampang sobek meskipun kecantol atau tergores benda tajam.

  • Tidak Mudah Kusut

Kain yang tidak mudah kusut akan memberikan kemudahan dalam perawatannya. Karena ketika mau digunakan bahan ini tidak harus merapikan dulu dengan cara menyetrika. Sehingga dalam penggunaan juga bisa digunakan sepanjang waktu dalam sehari tanpa perlu kuatir kusut yang bisa mengurangi percaya diri kamu.

Kelebihan Kain Drill

sumber : https://seragamfirst.com/

Selain mengetahui karakteristik kain drill, kamu harus mengenal lebih detail tentang kain drill ini dengan cara mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kain drill. Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenal kelebihan kain ini, dan hal ini kan kami kupas di bawah ini kelebihan bahan drill.

Daya Tahan Kuat

Teknik pembuatan kain drill memberikan kelebihan kain ini memiliki daya tahan yang kuat. Tekstur kain yang berbentuk diagonal membuat kain menjadi kokoh. Sehingga kain ini tidak gampang robek, selain itu kain ini juga awet meskipun sudah berkali kali dicuci dan dijemur. Sehingga bahn drill ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian seragam lapangan.

Tekstur Unik

Tekstur unik pada kain drill adalah berbentuk garis-garis diagonal. Dan tekstur diagonal ini tampak sekali dilihat dengan mata telanjang. Sehingga jika menemukan jenis kain yang memiliki tekstur diagonal yang jelas, maka bisa dipastikan kain tersebut adalah kain drill.

Warnanya Tidak Gampang Pudar

Kekuatan kain drill tidak hanya kainnya saja yang kuat tidak gampang robek. Tetapi warna kain drill juga tahan lama tidak gampang pudar meskipun sudah melewati pencucian dan penjemuran berkali kali. Kelebihan kain drill yang membuat disukai oleh banyak kalangan terutama para produsen pakaian.

Tidak Gampang Kusut

Kain drill yang tak gampang kusut menjadi kelebihan kain ini karena akan memudahkan perawatan kain ini. Meskipun kain ini mudah disetrika, kain ini tidak gampang kusut sehingga bisa langsung digunakan dan tidak harus menyetrika dahulu dalam pemakaiannya.

Memiliki 3 Tingkat Ketebalan

Pilihan 3 tingkat ketebalan kain drill bisa menjadi pilihan untuk disesuaikan dengan fungsi pemakaiannya.Jika untuk dijadikan bahan pakaian atasan, bisa memilih tipe ketebalan yang rendah, sedangkan jika digunakan sebagai pakaian bawahan seperti celana bisa menggunakan bahan drill dengan ketebalan yang tinggi.

Memberikan Kesan Formal Dan Casual

Pada penggunaan pakaian, kain drill juga bisa untuk digunkan sebagai bahan pakaian formal seperti seragam. Dan kain ini juga digunakan untuk bahan pakaian casual yang digunakan pada suasana santai seperti jenis pakaiankemeja atau blouse.

Sifat Adem

Kain drill juga memiliki sifat adem jika digunakan. Karena pada umumnya kain ini berasal dari bahan katun yang memiliki karekteristik adem juga. Sehingga kain ini sangat disukai untuk penggunaan pakaian oleh banyak kalangan. Meskipun kain drill juga ada yang berbahan selain katun, tetapi sifat ademnya masih didapatkan.

Daya Serap Keringat Bagus

Sudah menjadi satu paket karakteristik kain jika berasal dari bahan katun., yaitu salah satunya memiliki daya serap keringat yang bagus. Kain drill yang berbahan katun ini juga otomatis memiliki daya serap keringat yang terbaik. Sehingga kain drill sangat cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Kekurangan Kain Drill

Kain drill juga memiliki kekurangannya yang harus kamu ketahui, supaya kamu bisa menggunakan kain ini sesuai dengan fungsinya yang sesuai dengan kelebihan kain dan menghindari pakaian drill sesuai dengan kekurangan yang dimilikinya.

Jenis Drill Tertentu Ada Yang Gampang Pudar

Pada umumnya kain drill memilki kain yang kuat sehingga warna kain juga tidak gampang pudar setelah mengalami pencucian berkali kali. Namun, ada jenis tertentu drill yang memiliki kekurangan warna kainnya gampang pudar. Maskipun ini sebagai kelemahan, tetapi tidak menjadi kelemahan keseluruhan jenis kain drill. Warna kain yang gampang pudar sebenarnya bisa diantisipasi dengan perawatan yang baik, salah satunya adalah cara mencuci yang benar dan teknik penjemuran pakaian drill yang benar.

Kain Drill Cukup Berat

Ketebalan kain yang di atas rata-rata ketebalan kain pada umumnya membuat kain ini sedikit berat. Apalagi kain ini akan lebih terasa berat lagi jika saat mencuci. Kain berasal dari bahan katun ini akan menyerap kain dengan baik sehingga masa kain akan bertambah bobotnya karena kandungan airnya tinggi. Namun, ketika kain ini sudah kering berat kain akan kembali seoerti semula.

Jenis Tertentu Harganya Cukup Mahal

Jenis drill premium yang berbahan katun memiliki harga yang cukup mahal dipasaran. Karena memiliki kelebihan dan kualitas kain yang lebih bagus dibanding jenis drill lainnya. Namun kain ini masih bisa dikatakan terjangkau.

Jenis Kain Drill

sumber : https://www.spiritgarment.com/

  • Twist Drill atau Twill Drill

Jenis pertama kain drill adalah Twist Drill atau Twill Drill. Jenis kain drill satu ini sudah cukup populer di pasaran. Sehingga banyak masyarakat menganggap hanya ada satu jenis drill yaitu jenis twill drill. Keunggulan dari jenis kain adalah memiliki sifat water repellent alias tahan air karena memiliki serat yang kecil. Dalam pengguanan jenis twill drill biasanya digunkan sebagai bahan jaket almamater.

  • American Drill

American Drill merupakan jenis bahan drill yang memiliki ukuran serat sedang. Sehingga kain ini memeiliki ketebalan sedang juga. Namun, kain ini juga memiliki tekstur kain yang lembut. American Drill memiliki dua jenis kain yang berbeda karena berasal dari bahan yang berbeda, yaitu American Drill dengan bahan katun dan American Drill dengan bahan polyester.

  • Japan Drill

Japan Drill tergolong dril yang paling tebal karena memiliki serat yang lebih besar. Sehingga membuat japan drill kuat dan kokoh. Meskipun tebal kain ini mampu memberikan kenyamanan saat digunakan, yaitu adem di kulit dan lembut. Karena bahan ini berasal dari bahan katun yang berkualitas, maka harga kain ini juga tergolong sedikit mahal.

  • Hisofy Drill

Hisofy Drill memiliki kualitas diatas Japan drill. Jenis hisofy drill merupakan kain premium drill sehingga harganya lebih mahal. Secara umum kain jenis ini memiliki tekstur kain hampir sama dengan Japan drill. Tetapi hisofy drill memiliki karakteristik kain lebih lemas dan sangat lembut. Sehingga, kain ini sangat nyaman dan sejuk ketika dipakai, dan memiliki kekuatan terbaik.

  • Castilo Drill

Castilo Drill merupakan kain drill kelas ekonomi sehingga harga kain ini cukup terjangkau. Meskipun harganya ekonomis, kaian ini memiliki karakteristik pada umumnya kain drill. Yang membedakan dengan kelas premium mungkin level dari sifat yang dimiliki kain.

Penggunaan Kain Drill

sumber : https://aminama.com/

Kain yang memiliki beberapa jenis kain juga memiliki kualitas kain yang berbeda beda sehingga jenis jenis drill tersebut juga dimanfaatkan sebagai bahan dari berbagai macam pakaian.

Kain Drill Tebal

Pada umumnya kain drill tebal digunakan sebagai bahan untuk seragam militer, baju koki. Kedua jenis pakaian ini membutuhkan bahan yang kuat, seragam militer digunakan di area terbuka dengan kondisi yang tidak menentu, seperti dihutan, padang pasir, pehgunungan, dll. Sehingga pakaian seragam militer harus kuat, dan bahan yang cocok adalah dari kain drill yang tebal. Berikutnya pakaian koki juga demikian, harus dari bahan yang tebal. Bekerja di dapur juga penuh dengan resiko baju akan terkena api, kecantol benda tajam. Sehingga kain drill tebal sangat cocok sebagai bahan pakain koki.

Kain Drill Tipis

Kain drill tipis banyak digunakan sebagai baha pakaian seperti seragam olahraga, karena kain ini kuat terhadap gesekan pada saat melakukan pergerakan olahraga. Selain itu kain drill ini mampu menyerap keringat dengan baik sehingga aktivitas olahraga menjadi nyaman.

Kain Drill Tipis Bahan Katun

Kain drill tipis dengan bahan katun sangat cocok digunakan sebagai bahan pakain seperti blouse. Karena kain ini tergolong kain premiumdrill sehingga harganya juga cukup mahal. Penggunaan lainnya bahn drill adalah sebgaai bahan jaket almamater, safari, kemeja, blazer, tote bag, rompi, baggy pants, dan lain sebagainya.

Cara Merawat Pakaian Berbahan Drill

Perawatan pakaian yang berbahan drill cukup mudah jika dibandingkan jenis kain lainnya. Perawatan yang utama sebuah pakaian adalah pada cara mencuci menjemur dan menyetrika pakaian. Asalakan caranya benar maka akan berdampak kain bisa menjadi awet.

  • Cara Mencuci Pakaian Berbahan Drill

Pencucian semua jenis pakaian adalah perawatan yang paling mendasar. Sehingga setiap jenis kain memiliki cara yang tepat dalam proses pencuciannya. Di jenis kain lainnya, supaya bahan pakaian menjadi awet tidak disarankan untuk mencuci di mesin cuci. Namun pada pakaian berbahan drill ini dibolehkan untuk mencuci dengan mesin cuci. Selain mempermudah pekerjaan perawatan bahan drill sangat mudah sekali. Kalaupun mencuci dengan tangan jangan sampai menyikat pakaian berbahan drill terlalu keras. Apapun jenis kainnya dengan menyikat terlalu keras bisa merusak tekstur kain. Sealin tekstru rusak, warna kain juga pudar akibat menyikat terlalu keras.

  • Cara Menjemur Pakaian Berbahan Drill

Sesudah melakukan pencucian pakaian berbahan drill dengan benar, langkah selanjutnya adalahmelakukan penjemuran pakaian. Agar warna pakaian berbahan drill ini tidak mengalami pudar, maka langkah yang harus dilakukan adalah jangan menjemur langsung dibawah terik matahari, bahan drill bisa dijemur di tempat yang terhindar dari terik matahari langsung. Sebelum menjemur posisikan sisi dalam pakain berada diluar supaya warna tetap awet.

  • Cara Menyetrika Pakaian Berbahan Drill

Menyetrika pakain berbahan dril bukan keharusan, karena bahan drill memiliki kelebihan tidak gampang kusut meskipun setelah mengalami pencucian. Namun untuk memperhalus dan melembutkan kain supaya kain menjadi rapi, maka aktivitas menyetrika bisa dilakukan pada pakaian berbahan drill. Pada proses menyetrika tetap mengikuti panduan yang benar supaya bahan drill ini tidak rusak akibat setrika yang terlalu panas. seperti kain tampak gosong dan meninggalkan bekas permukaan setrika. Hal ini akan merusak tekstur pakaian kamu.

Saran dalam menyetrika adalah menggunakan setrika uap. Kelebihan menggunakan setrika uap, kain bisa halus lembut tanpa meninggalkan efek mengkilap pada kain karena terlalu panas. Selain itu setrika uap mampu mempertahankan warna kain. Jadi, dalam perawatan pakaian berbahan drill ini lebih gampang daripada merawat pakaian dari bahan jenis kain lainnya.

Leave a response

5 × three =