0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Pemanfaatan Jenis Katun Rayon

Pemanfaatan Jenis Katun Rayon bisa digunakan sebagai bahan berbagai item pakaian. Kain katun rayon merupakan salah satu jenis kain yang sudah cukup dikenal oleh khalayak umum karena jenis kain ini dengan mudah banyak ditemukan dipasaran. Kain katun rayon sendiri merupakan jenis kain yang berasal dari campuran serat kapas dengan serat rayon. Untuk serat kapas sendiri merupakan serat alami, sedangkan serat rayon merupakan serat semi sintetis.

Jadi sudah bisa diperkirakan percampuran dua serat tadi akan menghasilkan jenis kain dengan beberapa karakter yang dimiliki kedua kain tersebut dan menghasilkan karakter baru akibat dari percampuran kedua serat tadi. Sebelum lebih jauh membahas tentang pemanfaatan jenis katun rayon, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis katun rayon yang sudah beredar dipasaran agar pemanfaatan jenis katun rayon bisa tepat dengan penggunaannya.

Jenis Katun Rayon Dan Pemanfatannya

Katun Rayon Spandek

pemanfaatan jenis katun rayon

sumber : https://shanehijab.com/

Kain rayon spandek merupakan jenis kain yang berasal dari campuran bahan rayon dengan spandek. Kedua bahan ini akan menghasilkan jenis kain dengan karakteristik lembut, daya serap air cukup baik, elastis, dan halus. Sehingga pemanfaatan jenis katun rayon spandek ini mampu memberikan kenyamanan saat digunakan sebagai bahan pakaian. Kain katun rayon spandek sendiri memiliki dua jenis yang beredar dipasaran, yaitu rayon spandek super dan semi rayon spandek.

Pemanfaatan Katun Rayon Spandek

Karakteristik jenis kain ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan berbagai macam pakaian, seperti kaos olahraga karena sifat lentur dan mudah menyerap keringat mampu memberikan kenyamanan saat digunakan untuk olahraga. Pemanfaatan katun rayon spandek juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan gamis dan jilbab karena pakaian yang menutup tubuh ini sangat penting menggunakan bahan dengan karakteristik mudah menyerap keringat dan lembut supaya nyaman saat digunakan.

Katun Rayon Jersey

Bahan jersey merupakan jenis kain yang berasal dari sebuah rajutan benang campuran antara katun, wool dan bahan sintetis. Sehingga katun rayon jersey memiliki karakteristik dari beberapa bahan dasarnya. Katun rayon jersey memiliki beberapa karakterers seperti bahan yang melar, mengkilap, halus, daya serap air rendah, dan kain lembut.

Pemanfaatan Jenis Katun Rayon Jersey

Jenis kain ini dalam pemanfaatannya banyak digunakan sebagai bahan pakaian bawahan karena bahan ini memiliki karakteristik yang membuat tidak nyaman saat digunkan sebagai bahan pakaian atasan yaitu bahan agak panas. Jadi bahan ini sangat cocok untuk dijadikan bahan pakaian bawahan karena memiliki sifat jatuh dan bahan tidak gampang kusut.

Katun Rayon Polyester

sumber : https://www.dekoruma.com/

Katun rayon polyester merupakan jenis kain yang berasal dari campuran antara serat rayon dengan serat polyester. Harga dan kualitas jenis kain ini tergantung dari prosentase campuran bahan polyesternya. Jika semakin tinggi prosentase polyesternya maka kualitas kain menjadi semakin rendah dan harganya juga semakin murah dan sebaliknya, jika prosentase polyesternya semakin rendah maka kualitas kainnya semakin baik dan harganya semakin mahal.

Katun rayon polyester dengan kualitas rendah bisa diketahui dengan ciri-ciri seperti kainnya kasar, agak panas, dan kainnya mudah robek. Namun jika katun rayon polyester in memiliki kualitas baik maka karakteristik rayonnya akan menonjol seperti bahan halus agak licin, lembut, dan bahan adem, dan bahan mudah menyerap keringat.

Pemanfaatan Jenis Katun Rayon Polyester

Pemanfaatan jenis kain ini bisa digunakan sebagai bahan pembuatan bermacam jenis pakaian. Tetapi untuk memilih bahan yang berkualitas dipasaran harus hati-hati dan teliti supaya tidak salah pilih dengan kualitas yang rendah.

Katun Rayon Crinkle

Katun rayon crinkle merupakan jenis kain yang memiliki permukaan yang unik yaitu memiliki tekstur permukaan kusut, tidak rata, dan berkerut seperti kulit jeruk. Untuk menghasilkan jenis kain ini bahan katun dan rayon diproses dengan cara crinkle. Jenis kain ini juga memiliki beberapa jenis kain berkualitas yang berdasarkan bahannya. Jika jenis kain ini berkualitas baik maka bahan yang digunakannya adalah dari bahan katun yang murni dengan bahan rayon.

Katun rayon crinkle dengan kualitas yang baik memiliki tekstur yang berkerut dengan kain yang lembut, adem saat digunakan sehingga nyaman saat digunakan sebagai bahan pakaian.

Pemanfaatan Jenis Katun Rayon Crinkle

Pemanfaatan jenis kain ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan dress dan sebagai bahan outfit karena bahan yang lembut dan adem saat digunakan ini sangat cocok untuk dipakai di wilayah tropis.

Katun Rayon Premium

sumber : https://gamisjilbabsyari.com/

Katun rayon premium sama dengan katun rayon pada umumnya, yang membedakannya adalah bahannya yang memiliki kualitas terbaik seperti dari bahan katun murni dengan rayon yang terbaik. Sehingga kedua bahan ini mampu menciptakan jenis kain dengan kualitas terbaik dengan karakteristik yang sangat disukai banyak kalangan seperti memiliki sifat adem saat menyentuh kulit, daya serap yang tinggi, tekstur yang tampak elegan, dan lain-lainnya.

Pemanfaatan Jenis Katun Rayon Premium

Pemanfaatan katun rayon ini pada umumnya digunkan sebagai bahan pembuatan mukena. Karena sifat yang adem dan memiliki daya serap keringat yang baik maka mukena yang digunakan untuk ibadah ini mampu memberikan kenyamanan dan ibadah menjadi semakin khusyuk.

Katun Rayon Motif

Katun rayon motif adalah jenis katun rayon dengan berbagai macam motif. Jenis kain ini pada dasarnya memiliki karakteristik katun rayon pada umumnya, tetapi motif yang dimilikinya mampu memberikan penampilan semakin fresh dan anggun. Pilihan motif juga sangat beragam mulai dari motif floral hingga motif garis-garis.

Pemanfaatan Jenis Katun Rayon Motif

Pemanfaatan jenis kain ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian seperti gamis syari, jilbab segi empat, mukena, dress, dan lain-lainnya. Jenis kain bermotif ini dalam pemanfaatannya banyak digunakan sebagai bahan pakaian wanita karena mampu memberikan kesan feminin.

Katun Rayon Viscose

sumber : https://pusathijabterbaru.com/

Rayon sendiri merupakan jenis kain yang berasal dari serat semi sintetis sedangkan viscose sendiri adalah sebuah cara dalam dunia tekstil untuk menghasilkan sebuah serat, sehingga viscose adalah metode yang digunakan untuk menghasilkan serat sintetis yang mirip dengan serat katun. Keuntungan menggunakan bahan rayon viscose adalah bahan harganya murah dan bahan dapat dengan mudah terurai.

Pemanfaatan Jenis Katun Rayon Viscose

Pemanfaatan jenis rayon ini sudah sering dijadikan bahan pakaian dari brand ternama. Jenis kain ini sering dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket, jas, kaos dan lain-lainnya karena bahan ini memiliki karakteristik yang membuat nyaman penggunanya dan mampu memberikan kesan modis dan keren.

Katun Rayon Jepang

Jenis katun rayon Jepang juga memiliki kualitas kain yang baik seperti jenis katun rayon pada umumnya. Namun katun rayon Jepang yang banyak dikenal adalah kain dengan motif yang beragam mulai dari motif floral dan garis-garis.

Pemanfaatan Jenis Katun Rayon Jepang

Pemanfaatan jenis kain ini sering dijadikan sebagai bahan mukena, gamis syar’i, jilbab dan lain-lain. Jenis katun rayon Jepang dalam penggunaannya mampu memberikan kenyamanan dan kesan modis dan feminin.

Leave a response

eighteen − 15 =