0 items in your shopping cart

No products in the cart.

6 Jenis Kain Ceruti Dan Pemanfaatannya

Jenis kain ceruti hadir karena kain ini terus mengalami perkembangan dalam teknologi tekstil. Sehingga hadirnya jenis kain ceruti bisa menjadi pilihan para pecinta fashion dalam mempersembahkan penampilan yang terbaru dan penuh gaya. Dalam dunia garmen dan dunia fashion kain ceruti sudah sangat populer dan dipasaran jenis kain ini juga banyak ditemui dengan mudah.

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis kain ceruti, sebaiknya kita harus mengenal kain ceruti terlebih dahulu. Kain ceruti ini merupakan salah satu jenis kain yang berasal dari bahan campuran diantaranya serat poliyester, sifon, dan crepe. Beberapa bahan dasar pembuatan kain ceruti ini menciptakan jenis kain yang memiliki karakteristik yang unik. Di antara karakteristik yang dimilikinya adalah permukaan kain seperti tekstur kulit jeruk sehingga jenis kain ini mirip dengan tekstur yang dimiliki kain sifon. Karakteristik berikutnya adalah kainnya elastis sehingga mampu memberikan kenyamanan ketika digunakan sebagai pakaian atau jilbab.

Kemudian jenis kain ceruti ini kainnya juga halus meskipun secara tampilan permukaannya seperti kulit jeruk. Hal ini bisa dibuktikan dengan merabanya. Kain ceruti juga memiliki sifat jatuh sehingga terasa nyaman saat digunakan karena ketika diterpa angin maka kain ini akan dengan cepat jatuh sehingga pakaian atau jilbab tidak tersingkap. Dan yang terakhir jenis kain ceruti memiliki banyak varian warna yang bisa menjadi pilihan pengguna sesuai dengan warna yang disukainya.

6 Jenis Kain Ceruti

Di bawah ini akan kami bahas tentang 6 jenis kain ceruti yang bisa menjadi informasi yang baik tentang kain ceruti sehingga para pembaca bisa menganal kain ceruti lebih jauh. Apa saja jenis kain ceruti yang biasa digunakan sebagai bahan pakaian modern ? Selengkapnya berikut ini pembahasannya.

Kain Ceruti Georgette

jenis kain ceruti

sumber : https://www.tokopedia.com/

Kain ceruti georgette merupakan jenis kain ceruti premium. Dikatakan sebagai kain premium karena jenis kain ini memiliki tekstur kain yang lembut sehingga sangat nyaman di kulit saat digunakan. Jenis kain ceruti ini juga memiliki sifat jatuh, namun sifat jatuh ini tidak mengikuti bentuk tubuh. Namun, perlu juga diperhatikan dan harus teliti saat membeli jenis kain ini dipasaran karena banyak jenis Kwnya.

Kain Ceruti Amunzen

sumber : https://shopee.co.id/

Jenis kain ceruti ini sudah cukup populer di kalangan para hijaber. Jenis kain ini dalam penggunaannya sering dijadikan sebagai bahan pembuatan cadar. Para hijaber memilih jenis kain ceruti ini karena memiliki daya serap air yang baik sehingga baik digunakan di cuaca panas. Para hijaber sangat menyukai kain ini juga disebabkan kain ini memiliki sifat jatuh dan adem. Sayangnya jenis kain ini sedikit menerawang sehingga dalam aplikasinya harus menggunakan pelapis supaya tidak tembus pandang.

Kain Ceruti Premium

sumber : https://shopee.co.id/

Kain ceruti ini sesuai dengan namanya yaitu jenis kategori ceruti premium karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis ceruti lainnya. Di anatara kelebihan kain ceruti premium ini adalah tidak mudah rusak saat dijahit karena beberapa jenis ceruti kainnya gampang rusak jika sudah terkena tusukan jarum jahit. Jnis kain ini tampak memiliki permukaan kain yang berserat, tetapi jika diraba terasa halus. Kelemahan kain ini sama seperti jenis ceruti pada umumnya yaitu kainnya menerawang. Tetapi jenis kain ini tidak menjadi halangan untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan jilbab dan gamis.

Kain Ceruti Ultimate

sumber : https://olympics30.com/

Jenis kain ceruti ini memiliki karakteristik kaian seperti jenis ceruti pada umumnya. Tetapi jenis ceruti ini kelebihannya memiliki harga yang terjangkau dan lebih ekonomis. Sehingga para produsen pakaian banyak menyukai jenis kain ini karena harganya murah. Bagi produsen jenis kain ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jilbab, pashmina, rok, dan gamis.

Kain Ceruti Diamond

sumber : https://www.bukalapak.com/

Karakteristik berbeda yang dimiliki oleh jenis kain ceruti ini adalah memiliki bobot yang sangat ringan jika dibandingkan dengan jenis ceruti pada umumnya. Kemudian jenis kain ini juga mudah di bentuk dengan memiliki sifat bahan elastis dan memiliki sifat sejuk saat digunakan. Tekstur kain yang tidak rata membuat kain ini tidak licin dan kain tetap lembut saat diraba.

Kain Ceruti Babydoll

sumber : https://shopee.co.id/

Jenis kain ceruti ini memiliki kelemahan dan kelebihan sehingga pemanfaatan jenis kain ini harus tepat supaya aktivitas saat menggunakan pakaian berbahan ceruti babydoll bisa tetap nyaman. Kelebihan kain ini adalah kaiannya tidak mudah kusut sehingga cocok dijadikan sebagai bahan pakaian yang digunakan untuk aktivitas dlam ruangan. Sedangkan kelemahan jenis kain ini yaitu daya serap keringat sangat buruk sehingga tidak cocok dijadikan bahan pakaian untuk aktivitas di luar ruangan.

Pemanfaatan Jenis Kain Ceruti

Kain ceruti yang sangat populer dikalangan wanita ini memang selama ini pemanfaatannya masih sebagai bahan pembuatan pakaian wanita saja. Tampilan yang unik dan mampu memberikan kesan modis, maka jenis kain ceruti ini menjadi salah satu pilihan yang disukai untuk dijadikan sebagai bahan pembauatan berbagai jenis pakaian wanita.

Dari sisi harga pun jenis kain ini juga sangat terjangkau, sehingga para produsen pakaian dan para pengguna juga sangat menyukainnya karena tidak perlu mahal untuk tampil cantik, cukup dengan penampilan pakaian yang elegan dan stylish dari bahan ceruti. Nah, ddisebabkan banyak kelebihan dari jenis kain ini maka banyak produsen pakaian dan desainer fashion memanfaatkan jenis kain ini untuk dijadikan bahan beberapa item pakaian, diantaranya :

Baju Gamis

Baju gamis yang berasal dari Timur Tengah ini awalnya berbahan dari jenis kain yang memiliki sifat adem dan hangat. Karena di negar asal gamis ini memiliki suhu yang panas saat disiang hari sedangkan dimalam hari suhunya juga cukup dingin. Namun
di negara tropis bahan baju gamis diganti dengan bahan yang lebih sesuai dengan suhu tropis. Salah satu jenis kain yang sering dijadikan bahan baju gamis adalah kain ceruti. Jenis kain ini meskipun menerawang namun memiliki tampilan yang elegan dan modis.

Jilbab

Jilbab yang semakin marak di era modern ini membuat banyak produsen jilbab memanfaatkan berbagai macam jenis kain sebagai bahan pembuatannya. Namun ada salah satu jenis kain yang sering juga dijadikan sebagai bahan jilbab karena jenis kain ini memiliki tampilan yang memberikan kesan keren dan anggun. Jenis kain itu adalah kain ceruti. Selain harganya murah, kain ceruti juga nyaman digunakan.

Rok Panjang

Kain ceruti juga sangat cocok dijadikan sebagai item pakaian bawahan seperti rok panjang. Namun dalam pembuatannya jenis kain yang menerawang ini perlu ditambahkan furing agar tidak menerawang. Tampilan yang diberikan jenis kain ini tidak kalah dengan jenis kain premium lainnya, yaitu mampu memnerikan kesan anggun dan elegan.

Baju

Bahan ceruti untuk pembuatan baju saat memang hanya dikhusukan untuk baju wanita karena selama ini jenis kain ini memang masih memberikan kesan feminin sehingga belum ada bahan baju pria yang berbahan ceruti.

Leave a response

nineteen − 8 =