0 items in your shopping cart

No products in the cart.

6 Jenis Kain Katun Populer

6 Jenis kain katun ini sudah cukup dikenal di pasaran. Meskipun jenis kain katun memiliki jenis yang lebih banyak, 6 jenis kain katun ini juga sudah mewakili dari banyaknya jenis kain katun yang ada. Kain katun sendiri merupakan kain yang sudah dikenal sejak lama yang berasal dari bahan serat kapas. Kain katun memiliki banyak keunggulan sehingga jenis kain ini banyak digunakan sebagai bahan berbagai macam pakaian. Kain katun palingsering digunakan oleh masyarakat yang berada di wilayah tropis karena daya serap airnya yang bagus dan memiliki sifat adem saat digunakan.

Tetapi dari banyaknya jenis kain katun, ada 6 jenis kain katun yang banyak sekali beredar di pasaran dan paling banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian dan bahan keperluan sehari-hari lainnya. Ke 6 jenis kain katun itu akan kami bahas selengkapnya di bawah ini.

Kain Katun Carded

6 jenis kain katun

sumber : https://shopee.co.id/

Kain katun carded merupakan salah satu jenis dari 6 jenis katun yang populer di pasaran. Karena jenis katun ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. Kain katun carded juga berasal dari bahan katun seperti pada umumnya jenis katun lainnya. Tetapi kain katun carded memiliki ciri serat benang yang lebih kasar karena serat kain ini masuk kategori serat katun pendek yang dalam proses pembuatannya tanpa melalui penyisiran. Sehingga tekstur kain katun ini tampak kasar dan tidak rata.

Dari sisi harga jenis kain katun combed ini harganya terjangkau. Salah satu dari 6 jenis kain katun ini juga memiliki beberapa tipe yang berdasarkan ketebalan kainnya. Sehingga kain berbahan 100% katun ini bisa menjadi pilihan sesuai dengan keinginan para produsesn pakaian dan para penggunanya.

Jenis katun carded ini paling sering digunakan sebagai bahan pembuatan kaos karena karakter kainnya sangat cocok dengan fungsi penggunaannya. Bisanya kaos dipakai untuk acara santai dan olahraga. Biasanya juga kaos dipakai di luar ruangan dengan cuaca panas. Sehingga fungsi bahan ini sangat tepat yaitu mampu menyerap keringat dengan baik dan memiliki sifat adem yang bisa memberikan kenyamanan para penggunanya.

Kain Katun Combed

sumber : https://knitto.co.id/

Kain katun combed tidak beda jauh dengan jenis katun carded. Tetapi katun combed memiliki kualitas di atas kain katun carded, karena satu dari 6 jenis kain katun populer ini memiliki tekstur kain yang halus yang disebabkan proses pembuatan kainnya yang melalui proses penyisiran sehingga jenis katun ini dinamakan combed. Jenis katun ini juga berasal dari serat katun 100% yang banyak beredar di pasaran. Katun combed juga memiliki beberapa tipe dengan dibedakan dari ketebalan kainnya. Semaikin tebal kainnya maka harganya pun semakin mahal.

Salah satu dari 6 jenis kain katun ini juga memiliki fungsi yang sama dengan kain katun carded yaitu sering dijadikan sebagai bahan pembuatan kaos. Jenis kain ini masuk kategori kain premium karena memiliki kerapatan kain yang bagus dan tekstur kain yang halus dan lembut.

Kain Katun Bamboo

sumber : https://www.bikin.co/

Salah satu dari 6 jenis kain katun populer berikutnya adalah kain katun bamboo. Jenis kain katun ini tidak murni berasal dari bahan serat kapas tetapi jenis kain ini ada campuran bahan lainnya yaitu serat bambu sehingga jenis kain ini dinamakan kain katun bamboo. Jenis katun bamboo ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis katun pada umumnya, yaitu kainnya tahan dengan jamur karena ada campuran serat bambu yang mengandung bahan anti jamur.

Sedangkan jenis katun pada umumnya sangat mudah jamuran jika berada ditempat lembab. Jadi karena jenis katun bamboo ini memiliki kelebihan unik, maka harga dari katun bamboo juga termasuk kategori mahal. Sehingga penggunaan jenis katun ini sebagai bahan pembuatan pakaian yang sudah memiliki brand terkenal. Secara umum katun bamboo memeiliki karakteristik kain yang lembut, adem, mudah menyerap keringat, anti jamur, dan lain-lain.

Kain Katun Supima

sumber : https://www.bahankain.com/

Bagi pemerhati fashion pasti mengenal bahan satu ini. Kain katun dari salah satu di antara 6 jenis kain katun populer ini merupakan kain katun yang tergolong kelas premium. Menjadi kain kelas premium disebabkan oleh bahan pembuatan kain ini yang mahal dan memiliki kualitas unggul dibandingkan dengan jenis katun pada umumnya.

Katun Supima merupakan nama salah satu jenis tanaman kapas yang hanya ada di sebuah perkebunan di Amerika Serikat. Jenis katun ini memang ditaman dengan perawatan yang menggunakan alat modern sehingga hasil serat kapasnya memiliki jenis yang unggul dan berkualitas terbaik. Bahan katun ini termasuk jenis langka sehingga harga kain katun supima sangat mahal. Keunggulan katun supima ini memiliki serat katun yang panjang, halus dan kuat sehingg ketika menjadi kain memiliki tekstur halus dan lembut.

Ada jenis lainnya yang mirip dengan Katun Supima, namanya Pima. Jenis ini kualitasnya masih di bawah katun Supima karena jenis Pima dibudidayakan di negara selain Amerika serikat juga seperti di Australia, Israel, dan Peru. Jadi untuk memilih jenis katun Supima juga harus teliti agar tidak salah memilih dengan katun Pima.

Kain Katun Supernova

sumber : https://www.garudaprint.com/

Kain katun Supernova merupakan salah satu dari 6 jenis kain katun yang populer di pasaran. Jenis katun ini memiliki karakteristik kain yang halus, lembut, adem dan tidak menerawang. Salah satu dari 6 jenis kain katun ini dipasaran juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan gamis wanita karena memiliki beberapa kelebihan kain yang bisa dilihat dari beberapa karakteristikkain yang dimilikinya.

Penggunaan jenis katun ini tidak hanya sebagai bahan pembuatan gamis wanita saja, tetapi bahan ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan baju pesta, baju keluarga, dan berbagai macam baju lainnya. Di pasaran jenis katun ini juga menawarkan jenis kain yang bermotif sehingga dalam penggunaan sebagai pakaian bisa memberikan kesan modis dan nyaman.

Kain Katun Jepang

sumber : https://www.kaos-kerah.com/

Katun Jepang juga merupakan salah satu dari 6 jenis kain katun yang cukup populer dipasaran. Katun Jepang menjadi jenis kain yang cukup favorit yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian wanita seperti gamis, jilbab, dan lain-lainnya. Jenis katun import ini memang memiliki kelebihan yang membuat nyaman saat digunakan sebagai bahan pakaian. Karena jenis katun ini terbuata dari 100% katun dengan tekstur kain yang halus dan lembut dengan sifat adem saat menyentuh kulit.

Kain yan tergolong kelas premium ini memang harganya sedikit mahal dengan jenis katun pada umumnya. Kain katun Jepang memiliki ciri khus pada kainnya. Ada dua jenis katun Jepang, yaitu polos dan motif. Jika kaian bermotif, katun Jepang pada umumnya memiliki motif floral yang menarik dan memiliki berbagai macam varian seperti bahan kimono yang biasa digunakan di Jepang. Sehingga penggunaan katun Jepang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam pakaian dan keperluan rumah tangga seperti sprei, badcover, mukena dan juga hand craft.

Leave a response

ten + three =