0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Mengenal Kain Ceruti

Kain ceruti merupakan turunan dari kain sifon, yaitu kain yang sudah populer sejak abad ke 19. Namun ceruti memiliki ciri khusus sehingga sangat berbeda dengan kain sifon.

sumber : ethica-collection.com

Ciri-ciri khusus kain ceruti diantaranya memiliki permukaan seperti kulit jeruk, meskipun permukaan yang seperti kulit jeruk, kain ceruti akan terasa halus jika diraba. Ciri berikutnya adalah kain terdapat serat yang bergelombang, gelombang seperti awan atau kabut akan tampak jelas ketika kain diterawang. Ciri ketiga, kain ceruti berasal dari bahan yang lembut dan cenderung elastis sehingga nyaman ketika dipakai dan kain gampang sekali dikreasikan atau dibentuk. Kemudian ciri yang terakhir, kain ceruti memiliki masa sedikit berat sehingga kain jatuh.

Dewasa ini ada beberapa jenis dan macam kain ceruti, sehingga bisa menjadi pilihan bagi pecinta kain ceruti.

Berikut ini beberapa jenis dan macam kain ceruti yang bisa menjadi pilihan :

1.Ceruti Georgette

sumber : bukalapak.com

Ceruti Georgette memilki tekstur paling halus seperti Ceruti Premium yang sering dipakai sebagai bahan jilbab. Sehingga akan nyaman jika dipakai dalam aktifitas sehari-hari. Seperti ciri kain ceruti pada umumnya, Ceruti Georgette juga lentur dan jatuh, namun kain ini tidak mengikuti bentuk tubuh sehingga nyaman dipakai.

2.Ceruti Premium

sumber : olympics30.com

Ceruti Premium memiliki serat yang halus dan halus ketika di pegang. Kain yang sering dibuat gamis dan jilbab ini tidak rusak ketika dijahit. Seperti pada umumnya ceruti, Ceruti Premium juga menerawang sehingga penggunaanya harus model rangkap.

3.Ceruty Baby Doll

sumber : tokopedia.com

Ceruti Baby Doll memiliki ciri khas tidak gampang kusut dan lentur dan sangat nyaman ketika dipakai. Kain yang sulit menyerap keringat ini memiliki kelebihan sangat lembut dan tidak mengkilap.

4.Ceruti Diamond

sumber : tokokaintextileonline.com

Ceruti Diamond memiliki nama lain yaitu Diamond Italiano. Ceruti Diamond cenderung ringan dan mudah dikreasikan, namun sedikit melar, adem dan tidak licin. Sayangnya, jCeruti Diamond memiliki permukaan yang tidak rata.

5.Ceruti Ultimate

sumber : mensamco.com

Ceruti Ultimate berbeda jauh dengan jenis kain Ceruti lainnya. Ceruti Ultimate umum digunakan untuk jilbab ataupun pashmina, rok dan juga ganis.

6.Ceruti Amunzen

sumber : olympics30.com

Ceruti Amunzen banyak digunakan sebagai cadar. Kain yang sangat mudah menyerap keringat sehingga memberikan rasa sejuk meski kondisi sekitar panas. Namun, kain jatuh dan sedikit menerawang.

Dari jenis dan macam ceruti diatas selanjutnya yang perlu dikenal dari kain ceruti adalah kelebihan dan kekurangan dari kain tersebut.

Kelebihan :

– Tampilan Kain Elegan
– Harga terjangkau
– Gampang dicuci dan tidak melar
– Kuat meskipun tipis
– Kain tidak panas

Kekurangan :

– Gampang terbawa angin
– Gampang mengkerut jika distrika
– Harus model rangkap untuk baju

Leave a response

15 − 8 =