0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Katun China Atau Katun Twill

Katun China atau katun twill merupakan salah satu jenis kain katun import yang sudah banyak dikenali oleh berbagai kalangan, termasuk kalangan produsen pakaian. Katun China atau katun twill secara umum juga berbahan dari serat alami kapas sehingga jenis kain ini banyak disukai konsumen di wilayah tropis karena memiliki salah satu karakteristik adem saat digunakan.

Katun China atau katun twill memiliki kualitas di bawah kain katun Jepang. Kedua jenis kain katun ini merupakan jenis kain katun import yang sama-sama populer dan disukai oleh banyak kalangan seperti produsen pakaian dan kalangan konsumen atau pengguna pakaian berbahan katun. Katun China atau katun twill tidak murni berasal dari bahan alami kapas, tetapi katun China atau katun twill ini ada bahan campuran lainnya yaitu serat spandeks sehingga dalam salah satu karakteristiknya kain ini sedikit lentur.

Perbedaan Katun China atau Katun Twill dengan Katun Jepang

Katun China Atau Katun Twill

sumber : https://hot.liputan6.com/

Kedua jenis katun ini sama-sama jenis kain katun import, namun asal produksi kedua jenis kain ini berbeda, yaitu dari negara Jepang dan negara China. Kualitas kedua kain ini memang hampir sama, tetapi jika disandingkan keduanya memiliki beberapa perbedaan diantaranya :

  • Katun China atau katun twill memiliki ketebalan kain lebih tipis daripada kain katun Jepang.
  • Katun China atau katun twill memiliki warna kurang mencolok jika dibandingkan dengan kain katun Jepang.
  • Katun China atau katun twill berasala dari serat katun dan serat spandeks 2% yang berfungsi menahan warna supaya tidak gampang pudar.

Karakteristik Katun China Atau Katun Twill

sumber : http://m.id.dchometextile.com/

Pengetahuan tentang karakteristik atau ciri-ciri katun China atau katun twill ini sangat penting sekali supaya dalam memilih jenis kain ini tidak keliru dengan jenis lainnya. Beberapa karakteristik kain ini akan kami informasikan di bawah ini.

Tekstur Diagonal

Kain katun China atau katun twill memiliki serat jahitan pada permukaan kainnya sama seperti pola diagonal seperti yang dimiliki oleh kain drill. Namun, katun China atau katun twill kainnya lebih tipis.

Adem

Kain katun import ini memiliki sifat adem seperti yang dimiliki oleh kain katun Jepang, sehingga kain ini memiliki kualitas kain seperti kain katun Jepang.

Kain Tipis

Ketebalan kain katun China atau katun twill ini kalah dengan ketebalan yang dimiliki katun Jepang dan kain drill. Namun kain yang tipis ini memiliki sifat tidak menerawang dan memiliki ketahanan yang cukup baik sehingga jenis kain ini sering dijadikan bahan pembuatan celana dan jaket.

Warna Kurang Mencolok

Warna katun China memiliki kelemahan yaitu warnanya tidak mencolok seperti kain katun Jepang. Tetapi warna yang kurang mencolok ini bisa bertahan lama, artinya warnanya tidak gampang pudar karena katun China atau katun twill ini ada campuran bahan spandeksnya.

Kuat

Katun China atau katun twill merupakan jenis kain yang memiliki serat kain kuat, terlihat serat yang berbentuk diagonal ini mampu memberikan ketahanan kain. Sehingga jenis kain ini juga banyak digunakan sebagai bahan sprei karena kainnya kuat dan memiliki sifat adem.

Daya Serap Air Bagus

Meskipun tidak sebagus katun Jepang, katun China atau katun twill ini juga memiliki daya serap air yang baik sehingga nyaman digunakan sebagai pakaian ataupun perabot atau perlengkapan rumah tangga seperti bahan sprei dan lain-;lainnya.

Tekstur Kasar

Tekstur kain yang tampak kasar tidaklah mencerminkan kain ini sebenarnya. Faktanya kain ini cukup lembut saat disentuh atau diraba.

Mudah Perawatannya

Mudah perawatannya ini maksudnya tidak memerlukan trik khusus agar kain ini bisa bertahan lama dan kualitasnya tetap bertahan. Mencuci menggunakan mesin cuci juga tidak akan merusak tekstur kain., jadi perawatannya sangat mudah.

Jenis Katun China atau Katun Twill

sumber : https://www.bahankain.com/

Jenis katun import ini ternyata memiliki dua jenis yang beredar dipasaran. Berikut ini beberapa penjelasan tentang dua jenis katun China atau katun twill.

Katun China atau Katun Twill Stretch

Jenis katun stretch ini ketebalan kainnya sedang dan memiliki sifat melar. Kain yang agak melar ini mampu memberikan kenyamanan saat digunakan sebagai bahan pakaian. Sehingga jenis katun ini banyak digunakan sebagai bahan pakan dengan model yang press body karena kain ini memiliki sifat melar dan mengikuti bentuk tubuh.

Katun China atau Katun Twill No Stretch

Ketebalan kain katun China ini seperti pada umumnya katun China yaitu ketebalan sedang. Perbedaan katun jenis kain ini adalah tidak melar dibandingkan twill stretch. Jenis katun ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam pakaian.

Pemanfaatan Katun China atau Katun Twill

Bahan Celana

Bahan celana pria yang banyak digunakan salah satunya adalah katun China ini. Meskipun kain celana juga banyak yang menggunakan kain drill, tetapi katun china ini lebih memiliki penampilan yang tampak lebih modis. Sehingga dipasaran jenis katun ini digunakan sebagai bahan pembuatan celana Chinos.

Tidak hanya untuk bahan pembuatan celan pria saja, jenis kain ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kulot wanita. Warnanya yang tidak mencolok jika dipadankan dengan atasan yang tepat maka akan menampilkan kesan feminin dan modis.

Jaket

Katun China atau katun twill banyak juga yang memanfaatkan sebagai bahan pembuatan jaket, meskipun kainnya tidak setebal kain drill namun jenis kain ini memiliki kekuatan yang sangat bagus sehingga mampu bertahan lama. Selain itu warna yang buram pada jenis kain ini sangat cocok sekali menjadi bahan jaket dengan sifat yang adem saat digunakan di cuaca panas dan mampu menghangatkan badan saat cuaca dingin.

Rompi

Tidak hanya sebagai bahan jaket saja, katun China atau katun twill ini juga banyak digunakan sebagai rompi. Pakaian outer ini bisa menambah penampilan berkesan lebih gagah dan berkarakter.

Jas

Pakaian atasan yang berbahan jenis katun ini tidak hanya jaket dan rompi saja tetapi jas juga banyak menggunakan bahan katun ini. Kain yang lembut ini mampu bertahan lama dan sangat cocok digunakan sebagai bahan jas, baik itu jas kantor maupun jas almamater.

Baju Muslim

Baju muslim berbahan katun China saat ini sangat populer seiring dengan berkembangnya dunia fashion muslim di tanah air. Mulai dari bahan gamis. baju koko, celana setelan baju koko, jilbab, dan item yang berkaitan dengan hijab. Penggunaan bahan katun ini karena memiliki sifat adem yang sangat cocok digunakan di wilayah tropis.

Kemudian jenis katun ini memiliki warna yang tidak mencolok sehingga sangat nyaman untuk dijadikan bahan gamis. Warna yang tidak mencolok ini juga mampu memberikan kesan anggun dan modis saat digunakan sebagai bahan gamis. Katun ini juga memiliki daya tahan yang kuat sehingga baju muslim bahan katun ini bisa digunakan lama dengan kualitas bahan yang stabil sehingga pengguna tidak bosan mamakai baju muslim berbahan katun China atau katun twill.

Leave a response

one × 5 =