0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kain Taiga

Kain Taiga merupakan jenis kain yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam aksesoris seperti sabuk, tas, jaket, dompet, dan lain-lainnya. Aksesoris-aksesoris tadi biasanya juga berbahan dari kulit hewan sehingga harganya sangat mahal. Penggunaan bahan kulit hewan untuk berbagai macam produk aksesoris tadi membuat beberapa jenis hewan populasinya menjadi menurun dan semakin langka di dunia.

Sehingga para produsen tadi berupaya untuk mengganti bahan pembuatan brand mewah dan terkenal tersebut dengan kulit sintetis. Kulit sintetis akhirnya banyak beredar dipasaran dengan berbagai macam kualitas. Salah satu kulit sintetis ini adalah kain taiga. Kain taiga tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dengan kulit sintetis lainnya yang beredar di pasaran. Pada umumnya kain taiga memiliki tekstur serat yang bergaris yang dengan mudah diamati oleh mata kita.

Tekstur bergaris ini secara tidak langsung menampilkan kesan elegan karena selain serat yang bergaris, kain taiga juga memiliki permukaan yang berkilau dan mengkilat. Sehingga dalam penggunaan sebagai bahan aksesoris seperti sabuk, tas, dompet dan lain-lainnya akan memberikan penampilan yang menarik setiap mata yang memandang.

Keistimewaan Kain Taiga

Kain Taiga

sumber : https://olympics30.com/

  • Jika bahan kulit asli hewan pada perawatannya biasanya memerlukan cara yang khusus supaya bahan kulit hewan bisa awet dan penampilan tetap berkualitas. Tetapi pada kain taiga dalam perawatannya cukup mudah yaitu tidak perlu tips khusus atau biaya yang mahal dalam perawatannya.
  • Kain taiga juga memiliki daya tahan yang kuat sehingga mampu bertahan lama dan tahan dengan gesekan benda -benda keras.
  • Selain memiliki kekuatan yang baik, kain taiga juga kedap air dan sangat mudah dibersihkan dari noda yang menempel pada kainnya.
  • Kain taiga juga memmiliki daya tahan terhadap minyak,artinya kedap terhadap minyak sehingga juga mudah dalam membersihkan dari noda minyak dengan kain lap atau tisu kering.
  • Jika ada noda membandel yang menempel di kain taiga, cara menghilangkannya cukup dengan menggunakan tisu yang diolesi minyak kayu putih saja.

Pemanfaatan Kain Taiga

sumber : http://fashionoid.net/

Kain taiga yang merupakan salah satu jenis kain kulit sintetis ini dalam pemanfaatannya banyak digunakan sebagai bahan berbagai produk mulai dari tas, sepatu, dompet, sabuk dan lain-lainnya. Bahkan brand internasional ternama seperti Louis Vuitton juga memanfaatkan kain taiga sebagai bahan pembuatan produknya.

Di antara produk Louis Vuitton yang menggunakan kain taiga sebagai bahan produknya adalah LV Taiga Leather Moskova Briefcase RI0052. Produk ini dihargai sekitar €995 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 17.000.000,00. Kain taiga tidak hanya digunakan oleh brand ternama Louis Vuitton saja, tetapi brand ternama dunia lainnya seperti Hermes juga memanfaatkan kaian kulit sintetis ini sebagai bahan produknya.

Kain taiga sendiri memiliki beberapa jenis dengan kualitas yang berbeda-beda sehingga harganyapun juga berbeda-beda. Di antara beberapa jenis kain taiga didasarkan pada kualitasnya diantaranya adalah kualitas super, semi original, original, semi premium, dan juga premium. Di Indonesia sendiri jenis kain taiga yang banyak beredar adalah grade semi original.

Asal-Usul Kain Taiga

sumber : https://sumbercenel.com/

Kain kulit sintetis ini memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut. Kain taiga dibuat dari bahan Polivinil Klorida (PVC) atau polyurethane (PU). Polivinil klorida sendiri merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat polimer. Sehingga kain taiga ini merupakan sejenis polimer dengan karakteristik kain yang kaku tetapi memiliki kelenturan. Sehingga kain kulit sintetis ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan tas.

Bahan kimia pembuat kain kulit sintetis ini memiliki kelebihan mudah diwarnai dengan bermacam warna. Bahn kimia pembuat kain taiga ini juga sering dimanfaatkan dalam penggunaan bahan tas dengan model tote bag ataupun Neverfull. Kemudian bahan kimia lainnya seperti polyurethane memiliki kelebihan tidak gampang melelh meskipun dipanaskan.

Bahan polyurethane juga banayk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pakaian karena memiliki karakteristik kain yang berongga. Bahan ini untuk menciptakan kulit hewan tiruan yang mirip maka perlu dilakukan proses selanjutnya hingga rongga yang dimilikinya menjadi rapat.

Dalam pembuatan kulit hewan sintetis juga bisa diatur ketebalan kainnya. Dan ketebalan kainnya bergantung pada penggunaannya atau kebutuhannya. Jika kain kulit hewan sintetis ini dibuat tebal maka cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan tas sehingga tas bisa bertahan lama.

Hadirnya kain taiga merupakan solusi dari eksploitasi hewan yang di ambil kulitnya sebagai bahan produk fashion. Sehingga dunia bisnis fashion dan para pencintanya tetap bisa menikmati produk-produk berkelas dengan kualitas yang terbaik dengan daya tahan yang kuat. Hadirnya kain kulit sintetis ini dimulai pada abad ke 20 kira-kira di tahun 1940an. Dan popularitas kain kulit sintetis ini pada akhir abad ke 20.

Produk yang menggunakan kain kulit hewan sintetis awalnya adalah untuk bahan tas saja. Namun perkembangan pemanfaatan kain ini seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia, sehingga kain taiga ini digunakan sebagai bahan pembuatan perabot rumah tangga seperti bahan kursi sofa dan desain interior rumah.

Kain Taiga Di Indonesia

sumber : https://shopee.co.id/

Di pasaran Indonesia banyak beredar berbagai macam jenis kain ini. Harga yang paling murah jenis kain taiga ini mulai dari kisaran 35 ribu per meternya. Harga yang murah ini tentunya juga memiliki kualitas kain yang rendah seperti memiliki ketebalan yang rendah. Jenis kain taiga yang mahal bisa dilihat dari tingkat ketebalan kainnya, semakin tebal kainnya maka harganyapun juga mahal.

Jenis taiga yang tebal pada umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan tas ransel atau tas tote bag. Tote bag merupakan tas yang banyak digunakan sebagai tas kantor dengan desain bisa membawa peralatan kantor lebih banyak sehingga bahannya harus kuat dan tebal dan kain taigalah yang cocok sebagai bahan pembuatannya. Untuk taiga dengan ketebalan yang rendah biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan dompet.

Negara Produsen Kain Taiga

Tidak banyak negara-negara di dunia ini memproduksi kaian taiga, sehingga hanya beberapa negara saja yang memproduksi bahan taiga ini. Negara-negara di dunia ini yang memproduksi dan sebagai pemasok kain taiga di antaranya :

China

Negara yang memiliki daratan terluas di dunia ini memiliki julukan negara tirai bambu. Di negara ini memiliki banayak kelebihannya salah satu dalam bidang perdagangannya. Jika kita lihat mayoritas produk yang berbahan plastik bisa dipastikan berasal dari China. Sehingga di China pun juga banyak perusahaan yang memproduksi kain kulit sintetis yaitu kain taiga.

Perusahaan di China juga memproduksi berbagai macam jenis kain taiga. Sehingga pilihan yang variatif ini ada di China mulai dari ketebalan, tekstur, dan warna.Perusahaan penghasil kain taiga salah satunya Anli Corporation dan Guangzhou He Xing Leather Co., Ltd.

Perusahaan kain kulit sintetis ini jugamemproduksi berbagai macam kualitas kain taiga yang sesuai dengan harga permeternya. Sehingga para produsen dengan mudah untuk memilih kualitas kain taiga sesuai dengan yang dibutuhkannya, dan istimewanya biasanya harganya lebih murah daripada harga kain yang berasal dari negara lainnya seperti negara-negara Eropa.

Kain taiga berasal dari China ini menawarkan beberapa karakteristik sebagai daya tarik konsumen diantaranya tahan terhadap gesekan, tidak mudah jamuran, lembut, anti air, dan elastis. Jenis kain taiga buatan China banyak berasal dari bahan polyurethane.

Kain kulit sintetis dari China ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan jok mobil, kemudian juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan bola sepak. Untuk pemanfaatan dalam rumah tangga kain ini digunakan sebagai bahan pembuatan sofa dan berbagai macam furnitur lainnya.

Italia

Salah satu negara Eropa ini juga memproduksi kain taiga. Jenis kain kulit hewan sintetis ini sangat populer sekali di dunia dengan ciri khas ada logo cap kaki harimau. Perusahaan kain kulit sintetis di negara Italia ini bernama Taiga Trading International. Pada perusahaan ini beberapa produk taiga ditawarkan mulai dari yang masih setengah jadi hingga produk taiga yang sudah jadi.

Jenis barang yang setengah jadi seperti termoplastik, kulit sintetis, bahan sintetis lainnya, kulit hewan asli, material teknis, dan juga berbagai macam benang juga disediakan oleh Perusahaan Taiga Trading International. Sedangkan barang jadi seperti berbagai macam peralatan bengkel, peralatan aksesoris, dan mesin yang berbahan taiga tentunya memiliki kualitas yang lebih bagus dari buatan China sehingga harganya juga lebih mahal.

Perawatan Kain Taiga

Kain ini yang sudah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan tas, jaket, jok mobil, dan furnitur rumah. Maka penggunaan jenis kain ini terus mengalami perkembangan karena kain ini mampu memberikan kesan elegan dan mewah. Walaupun kain ini tiruan dari kulit hewan asli, di masyarakat Indonesia melihat bahan ini masih tergolong bahan yang sangat mahal sehingga siapapun yang memiliki produk berbahan taiga ini maka pasti ingin barang yang dimilikinya tetap awet.

Agar barang yang berbahan taiga ini bisa awet maka sebaiknya mengetahui cara dalam perawatannya. Karena dengan merawat dengan benar maka barang berbahan taiga yang dimiliki bisa awet dan kualitas tetap terjaga. Ada beberapa penyebab yang bisa menurunkan kualitas bahan taiga yang perlu kita ketahui diantaranya :

Cuaca

Cuaca sangat berpengaruh dengan keawetan barang berbahan taiga. Barang berbahan taiga akan mengalami penurrunan kualitas barang jika terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Karena pada siang hari biasanya sinar UV B sangat berefek pada perubahan struktur yang permanen pada barang yang berbahan taiga.

Perubahan kualitas tersebut terjadi pada tingkatan molekuler karena kelembaban kulit sintetis ini secara tidak langsung terus mengalami penurunan dan pada akhirnya jika kelembaban ini hilang maka bahan taiga akan gampang pecah tau retak dan terjadi pengelupasan. Sehingga kualitas barang tidak lagi menurun tetapi malah menjadi rusak.

Bahan Kimia

Bahan kimia yang berpotensi bisa merusak bahan taiga sebaiknya dijauhkan dari barang berbahan taiga. Caranya dengan menyimpan barang berbahan taiga di tempat yang aman dan terhindar dari faktor-faktor yang menyebabkan rusaknya bahan taiga.

Jenis Kain Taiga

Jenis kain Taiga sendiri menjadi salah satu faktor penyebab awet dan tidaknya barang berbahan taiga. Kain Taiga dengan jenis premium sudah bisa dipastikan akan memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan taiga kualitas semi original dan juga taiga jenis super. Namun faktor ini berdasarkan kantong yang dimiliki konsumen. Semakin tebal kantong yang dimiliki maka mereka mampu membeli taiga dengan kualitas terbaik seperti produk papan tas dunia yaitu Louis Vuitton atau Hermes.

Namun faktor-faktor di atas tidak mutlak yang membuat penurunan barang berbahan kain taiga. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika memiliki barang berbahan taiga

  • Bahan Taiga jenis semi-original bisa dibersihkan dengan menggunakan kain kering atau tisu kering. Caranya usaplah barang berbahan taiga dengan kain kering secara perlahan-lahan supaya permukaannya tetap baik.
  • Untuk bahan taiga dengan jenis lainnya cara membersihkannya bisa menggunakan kain basah kemudian ditambahkan dengan sabun bayi. Caranya usapkan kain basah pada permuakan bahan taiga. Dan jangan sampai mencoba membersihkan noda yang membandel menggunakan cairan pemutih ataupun detergen karena justru akan merusak tekstur kain.

Perbedaan Kulit Hewan Asli Dengan Kain Kulit Hewan Sintetis

Jika kamu pecinta tas kulit maka sebaiknya belajar tentang bahan-bahan yang diguakannya agar tidak salah memilih. Di pasaran ada berbagai macam jenis bahan yang digunakan, jika kamu tidak paham dan tidak teliti maka akan menyesal karena mendapatkan tas dengan kualitas rendah atau kw.

Mengenal karakteristik kulit asli bisa dengan cara mengenal aromanya. Karena aroma kulit hewan asli tidak dapat ditiru dengan jenis kulit sintetis apapun. Bahkan setiap jenis hewan memiliki aroma kulitnya yang berbeda-beda. Untuk mengetahui perbedaan ini pastinya adlah harus ahli dahulu. Namun para pecinta seperti produk berbahan kulit sepeti kita kita ini jarang yang menjadi ahli. Maka solusinya adalah dengan membeli produk dari brand ternama yang sudah terjamin kualitasnya.

Sampai saat ini aroma khas kulit hewan asli tidak bisa di tiru ataupun dimanipulasi dengan alat canggih apapun. Selain aroma khas kulit hewan asli yang tidak dapat ditiru, tekstur kulit hewan asli juga tidak dapat ditiru karena kulit hewan asli memiliki struktur yang kuat dan jika semakin sering digunakan maka tekstur kulit hewan asli ini akan semakin lembut.

Namun, keistimewaan kulit hewan asli ternyata juga memiliki kelemahan. Di antara kelemahan kulit hewan asli adalah warnanya gampang pudar jika sering terpapar sinar matahari secara langsung. Selain itu kulit hewan asli memiliki kelemahan yaitu berpori-pori besar sehingga mudah sekali menyerap noda.Sehingga barang berbahan kulit hewan asli dalam penggunaannya harus berhati-hati.

Kelemahan yang dimiliki kulit hewan asli sangat berbanding terbalik dengan kain Taiga. Kelemahan kulit sintetis adalah kurang dapat bertahan lama jika dibandingkan dengan kulit hewan asli. Kekuatan usia kain taiga adalah kira-kira sepertiga dari kulit asli. Sehingga pada perawatannya harus sering diolesi body lotion untuk menjaga kelembapan dari kain kulit sintetis ini. Kelembaban ini sangat penting agar kain hewan sintetis ini tidak mengalami pecah-pecah hingga mengelupas.

Nah, membahas tentang kain taiga ini sangat menyenangkan namun di sisi lain juga membuat prihatin karena banyak masyarakat yang tidak mampu membeli kain ini karena harganya yang selangit. Namun sebagai khazanah pengetahuan tentang jenis kain sangat perlu diketahui supaya kita tidak menjadi orang yang kurang update alias jadul yang tidak tahu perkembangan zaman terutama tentang manfaat kain taiga dalam dunia modern ini.

Siapa tau kain taiga ini bisa menjadi inspirasi kita menciptakan produk-produk alternatif yang bisa menyaingi dari segi kualitas juga dari sisi harga yang bisa dijangkau oleh kalayak umum.

Leave a response

five × five =