0 items in your shopping cart

No products in the cart.

KAIN KATUN RAYON : Karakteristik, Kelebihan, Penggunaan

Kain katun rayon merupakan salah satu jenis dari kain rayon dengan memiliki karakteristik dan kelebihan kain tersendiri. Bahan katun rayon berasal dari campuran bahan katun dan bahan rayon. Bahan katun berasal dari serat kapas sedangkan bahan rayon berasal dari serat selulosa tumbuhan. Perpaduan kedua bahan tersebut menghasilkan bahan katun rayon.

Kain ini sangat mudah dijumpai dipasaran. Bahkan kain katun rayon banyak digunakan sebagai bahan untuk berbagai macam pakaian dan perabot rumah tangga. Bahan katun rayon cukup populer karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Selain itu, kain ini juga memiliki harga yang murah dan terjangkau oleh banyak kalangan, baik kalangan produsen dan konsumen. Pada bahasan kali ini, kami akan menguraikan seputar kain katun rayon.

Karakteristik Kain Katun Rayon

sumber : https://wevatextile.com/

Kain katun rayon memiliki karakteristik mirip dengan kain rayon pada umumnya. Namun, ada beberapa karakteristik khusus yang dimiliki oleh kain katun rayon. Untuk selengkapnya, silahkan cek beberapa karakteristik kain ini di bawah ini.

  • Tidak Mudah Kusut

Kain rayon jenis ini memiliki ciri kain tidak mudah kusut. Sehingga lebih nyaman dipakai seharian dalam aktivitas tinggi. Selain itu, bahan ini bisa langsung digunakan setelah di cuci, sehingga menyetrika tidak begitu diperlukan.

  • Kain Berkilau Alami

Kilau pada permukaan kain didapatkan dari serat bahan yang digunakan. Selain itu, kilau permukaan kain juga bisa didapatkan karena teknik tenun yang digunakan. Sehingga bahan ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pakaian untuk acara-acara formal.

  • Licin Mirip Bahan Sutra

Karena kain katun rayon merupakan kain tiruan sutra, sehingga beberapa karakteristik kain sutra juga dimiliki oleh kain jenis rayon ini, namun kualitas kain masih di bawah kain sutra. Salah satu kemiripannya adalah kain licin.

  • Daya Serap Air Tinggi

Bahan rayon saja memiliki daya serap air tinggi, apalagi ini adlah jenis katun rayon yang sama-sama memiliki daya serap air tinggi. Sehingga jenis kain satu ini tidak mudah gerah jika digunakan.

  • Tekstur Lembut dan Halus

Tekstur permukaan jenis kain katun rayon lembut dan halus. Sehingga akan memberikan kenyamanan kulit jika digunakan sebagai bahan pakaian.

  • Kaya Dengan Pilihan Warna

Serat kain yang mudah diwarnai, membuat kain katun rayon memiliki beraneka macam pilihan warna. Sehingga produsen dan konsumen pakaian dimudahkan dalam pemilihan warna sesuai yang diinginkan.

Kelebihan Kain Katun Rayon

sumber : https://gamisjilbabsyari.com/

Jenis kain katun rayon memiliki beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbanagn kita dalam memilih bahan pakaian yang akan kita gunakan dalam aktivitas kita sehari-hari. Kelebihan bahan jenis ini diantaranya.

Bercahaya dan Berkilau

Sifat kain bercahaya dan berkilau menjadi kelebihan kain yang bisa menjadi bahan untuk pakaian yang mampu memberikan kesan mewah dan elegan, sehingga cocok digunakan dalam acara-acara formal.

Lembut dan Halus

Kelembutan dan kehalusan kain katun rayon bisa memberikan kenyamanan kulit pengguna. Sehingga bahan jenis ini sangat cocok untuk pengguna yang memiliki masalah alergi kulit.

Daya Tahan Baik

Dibandingkan jenis bahan rayon alami, maka jenis kain katun rayon lebih memilki daya tahan yang baik. Kekuatan kain diperoleh dari pencampuran bahan rayon dengan bahan katun, sehingga kain ini lebih awet selama perawatan baik dan benar.

Memiliki Varian Warna

Bahan yang mudah diwarnai sehingga bisa menghadirkan aneka warna pada kain katun rayon yang bisa menjadi salah satu pilihan kita dalam menggunakan bahan ini.

Kekurangan Kain Katun Rayon

Kain katun rayon

sumber : https://gamisjilbabsyari.com/

Retensi Serat Rayon Rendah

Meskipun kelebihan jenis rayon ini kain tidak mudah kusut, namun jika kain mengalami kusut maka akan sulit untuk mengembalikan pada posisi semula.

Mudah Lapuk

Jika perwatan tidak benar, seperti merendam kain jenis ini terlalu lama, maka berakibat kain akan menjadi mudah lapuk dan sobek.

Mudah Terbakar

Mudah terbakar jika ketika menyetrika pada suhu panas tinggi. Sehingga ketika menyetrika, cukup setting pada level panas terendah.

Penggunaan Kain Katun Rayon

sumber : https://www.blibli.com/

Penggunaan kain katun rayon sangat beragam, mulai dari gamis,rok, dress, blous wanita, dll. Para produsen pakaian sangat sengan mengguanakan bahan ini karena memiliki harga terjangkau dan segmen pasar bisa lebih luas. Sedangkan, untuk konsumen juga suka dengan bahan ini karena harga murah dan memiliki kualitas kain yang baik.

Rok Wanita

Rok wanita yang baik adalah bisa menutupi bagain kaki hingga mata kaki. Dari kenyamanan bahan katun rayon bisa memenuhinya. Sedangkan dari sisi penampilan, kain katun rayon juga memberikan kesan elegan dan feminin pada aplikasi rok wanita.

Gamis

Gamis merupakan baju terusan yang longgar dari leher hingga mata kaki yang sekarang sangat populer dengan berbagai macam desain yang menarik. Salah satu bahan pembuatan gamis yang cocok adalah dari kain katun rayon. Selain mampu memberikan kenyamanan juga bisa memberikan kesan mewah dan modis.

Blus Wanita

Blus wanita merupakan jenis baju atasan. Seiring perkembangan dunia fashion, maka desain blus wanita juga bermacam-macam tidak harus sesuai dengan pakem asal-usul pakaian blus. Pakaian jenis ini juga sangat cocok dibuat dari bahan katun rayon.

Dress

Pakaian terusan wanita ini memiliki beberapa jenis model. Namun, secara umum busana dress ini juga cocok dibuat dengan kain katun rayon.

Tips Perawatan Kain Katun Rayon

  • Cek Label Pakaian

Setiap pakaian biasanya ada sebuah label untuk perawatan. Misalanya cara mencuci, dilabel sudah ada rekomendasi harus pada tingkat suhu tertentu

  • Cuci Manual

Mencuci pakaian diluar bahan kain yang tebal sebaiknya dicuci secara manual, termasuk bahan pakain dari kain katun rayon. Pencucian manual bisa membuat kain awet dan warna kain tidak gampang pudar.

  • Jangan Menggunakan Pemutih Pakaian

Kandungan pemutih pakaian yang berakibat panas pada pakaian, cenderung merusak warna dan bahan pakaian menjadi gampang lapuk atau midah sobek.

  • Setrika Pakaian Pada Kondisi Sedikit Basah

Untuk menghilangkan kerutan bisa dilakukan dengan menyetrika pakaian dalam kondisi sedikit basah supaya kain tidak terbakar.

  • Hindari Perasan Yang Kuat

Setelah mencuci hindari perasan yang kuat, atau jika didalam mesin cuci hindari putaran yang kuat supaya kain tidak mudah rusak dan sobek.

  • Simpan Pakaian dengan Cara Menggantung di Lemari

Usahakan pakaian dari bahan kain katun rayon disimpan dalam lemari tidak dilipat. Tetapi, digantung supaya tidak kusut dan tekstur kain tetap lurus. Kemudian tambahkan kapur barus agar lemari tidak lembab yang menyebabkan kain berjamur.

Demikian beberapa uraian tentang kain katun rayon yang singkat ini. Koleksi baju berbahan jenis rayon yang kita miliki dapat kita rawat dengan baik sesuai rekomendasi yang telah diuraikan di atas. Selain itu, karakteristik, kelebihan dan kelemahan, serta penggunaan bahan jenis rayon ini bisa juga menjadi informasi penting ketika akan membeli pakaian tertutama pakaian yang berbahan dari kain katun rayon.

Leave a response

one × 4 =