0 items in your shopping cart

No products in the cart.

5 Jenis Kain Rayon, Karakteristik, dan Penggunaannya

Jenis kain rayon merupakan kain yang berasal dari campuran bahan rayon dengan bahan lainnya. Teknik pencampuran beberapa bahan berbeda dengan bahan rayon akan menciptakan jenis kain rayon baru. Jenis kain rayon ini memiliki karakteristik baru yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat pakaian atau perabot rumah tangga sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya.

Jenis kain rayon ini diciptakan untuk mendapatkan kualitas kain yang lebih baik daripada kualitas kain rayon itu sendiri. Sehingga jenis kain bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lebih luas. Meskipun bahan rayon ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan perabot rumah tangga, namun keperluan pemanfaatan cenderung sebagai bahan pakaian. Jadi, apa saja jenis-jenis kain rayon yang bisa di manfaatkan sebagai pakaian ? Selengkapnya bisa di simak penjelasan di bawah ini.

Jenis Kain Rayon Spandex

Jenis Kain Rayon

sumber : https://www.bukalapak.com/

Kain rayon spandex dibuat dari bahan campuran antara serat rayon dan serat spandex. Kedua bahan ini merupakan serat buatan, namun serat rayon bukanlah murni serat buatan tetapi semi sintetis. Sedangkan serat spandex yang berar-benar murni serat sintetis. Perpaduan kedua serat rayon dan serat spandex menghasilkan jenis kain rayon spandex dengan karakteristik baru.

Karakteristik Jenis Kain Rayon spandex

  • Warna Lebih Cerah

Pada umumnya kain rayon memiliki beraneka macam warna yang cerah. Namun, pada jenis kain rayon spandex memiliki warna yang cenderung lebih cerah.

  • Membentuk Lekuk Badan

Bagi kamu yang tidak suka bentuk badan kamu terlihat, maka tidak disarankan untuk memakai pakaian yang berbahan rayon spandex. Karena bahan ini memiiliki karakteristik mengikuti bentuk tubuh yang tidak bisa membuat percaya diri dalam beraktivitas.

  • Tekstur Kain Lembut

Kain yang lembut akan mampu memberikan kenyamanan ketika digunakan. Sehingga kain rayon spandex banyak yang menyukainya sebagai bahan pakaian untuk beraktivitas sehari-hari.

  • Lentur

Bahan yang lentur tidak akan menyiksa kulit, sehingga sirkulasi peredaran darah lancar karena tubuh tidak mendapatkan tekanan dari pakaian yang digunakan. Namun, karakteristik ini bisa membuat kain gampang melar.

Penggunaan Jenis Kain Rayon Spandex

Penggunaan bahan rayon spandex tidak hanya sebagai pakaian saja. Tetapi bahan untuk keperluan yang lebih luas juga. Namun, pada umumnya rayon spandex digunakan sebagai bahan pakaian seperti kaos, pakaian olahraga, jilbab, dress, dll. Pada penggunaan pakaian juga berasal dari turunan jenis rayon spandex, yaitu rayon spandex super, dan kain semi rayon spandex. Perbedaan kedua jenis ini adalah pada komposisinya saja. Jika semakain besar kandungan spandex maka kain semakin lentur.

  • Kaos

Jenis kain rayon spandex biasa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kaos jenis manset, yaitu kaos dalam untuk melapisi busana agar tidak tampak menerawang. Selain itu kaos rayon spandex ini akan menjaga baju luar yang dikenakannya agar lebih awet karena kaos ini mampu menyerap keringat dengan baik.

  • Pakaian Olahraga

Beberapa karakteristik rayon spandex menjadi rekomendasi yang sering digunakan sebagai bahan pakaian olahraga. Kelenturan kain ini bisa memberikan kemudahan bergerak saat berolahraga. Bahan ini telah terbukti bisa memberikan kelembaban kulit tetap terjaga saat dipakai untuk olahraga. Dan rayon spandex merupakan salah satu bahan pakaian olahraga terbaik.

  • Jilbab

Untuk aplikasi jilbab biasanya digunakan sebagai bahan ciput, atau jilbab instan. Karakteristik kaian ini mampu memberikan kenyamanan saat digunakan pada cuaca panas.

  • Dress

Di luar negeri bahan rayon spandex juga banyak digunakan sebagai bahan dres dengan desain yang menarik. Warna yang cerah membuat penampilan dress berkesan modis.

Jenis Kain Rayon Jersey

sumber : https://gamisjilbabsyari.com/

Kain satu ini dihasilkan dari pencampuran dua bahan, yaitu serat rayon dengan serat jersey. Kain Jersey sendiri merupakan jenis baru dari kombinasi beberapa bahan, yaitu katun, wol dan bahan sintetis. Sehingga kain rayon jersey merupakan turunan panjang dari beberapa bahan kain. Kain rayon jersey banyak digunakan sebagai bahan pakaian bawahan, seperti rok, gamis, dll. Hal ini digunakan karena memiliki sifat kain jatuh dan tidak mudah kusut.

Karakteristik Jenis Kain Rayon Jersey

  • Sedikit Mengkilap

Tekstur mengkilap didapatkan dari bahan rayon yang digunakan. Sehingga kesan formal masih ada pada bahan satu ini.

  • Melar

Melar merupakan kelemahan dari kain tersebut, disebabkan perawatan yang kurang baik.

  • Daya Serap Air Rendah

Bahan ini agak panas jika digunakan sebagai pakaian apalagi untuk pakaian atasan.

  • Lembut

Kelembutan kain ini menjadi kelebihan kain yang menyeimbangakan kelemahan dari kain ini sehingga bisa membuat nyaman pengguna.

Penggunaan Jenis Kain Rayon Jersey

  • Rok Wanita

Kelebihan kain tidak gampang kusut menjadi alasan bahan ini digunakan sebagai rok wanita. Pakaian bawahan memang cenderung sering menghadapi lekukan dan tekanan sehingga bahan ini sangat cocok sebagai pakaian bawahan.

  • Gamis Wanita

Kain rayon jersey pantas digunakan sebagai bahan gamis wanita karena memiliki kerapatan pada serat kainnya sehingga kain tidak menerawang dan aurat bisa terjaga dengan baik.

Jenis Kain Rayon PE / Polyester

sumber : https://wevatextile.com/

Jenis kain rayon pe berasal dari campuran antara serat rayon dengan serat polyester. Komposisi bahan yang bisa membuat kualitas dan harga kain tinggi. Seperti jika Kain Rayon PE kandungan polyester tinggi maka kualitas kain semakin rendah dan harga menjadi murah, begitupun sebaliknya.

Karakteristik Jenis Kain Rayon PE

  • Tekstur Kasar

Dipasaran harga jenis kain ini murah karena kain kasar tidak seperti umumnya bahan rayon.

  • Mudah Robek

Penggunaannya harus sedikit hati-hati jangan sampai kecantol benda keras atau terkena tekanan yang kuat.

  • Agak Panas

Wajar jika murah harganya, karena kualitas bahan tidak sebagau yang dimiliki kain rayon pada umumnya.

Penggunaan Jenis Kain Rayon PE

Bahan ini umumnya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan mukena.

Jenis Kain Rayon Crinkle

sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Jenis rayon satu ini belum jelas bahan pembuatannya, yang jelas kain rayon crinkle memiliki ciri khas kain berkerup pada permukaannya, mirip kain crepe.

Karakteristik Jenis Kain Rayon Crinkle

  • Tekstur Berkerut

Bahan rayon dengan permukaan berkerut hanya dimiliki oleh jenis ini. Padahal ciri khas tekstur berkeut adalah karakteristik yang dimiliki oleh kain crepe.

  • Lembut dan Dingin

Meskipun berkerut, kain ini jika diraba terasa lembut, selain itu jika digunakan akan memberikan rasa dingin pada kulit.

Penggunaan Jenis Kain Rayon Crinkle

  • Dress

Dress wanita dengan bahan adem lembut akan mampu memberikan kenyamanan saat digunakan.

  • Jilbab

Bahan adem dan memilki tekstur berkerut membuat penampilan jilbab memiliki kesan modis.

Jenis Kain Rayon Janger

sumber : https://www.tokopedia.com/

Bahan rayon ini juga belum diketahui oleh penulis berasal dari campuran serat rayon dan serat apa. Namun jenis kain ini yang sering digunakan sebagai pembuatan mukena. Karena bahan ini memiliki beberapa karakteristik yang baik seperti kain adem, Kain lebih tebal daripada jenis rayon pada umumnya, tekstur kain lembut dan halus, dan daya serap air yang tinggi. Untuk penggunaan jelas sebagai bahan mukena premium.

Leave a response

thirteen − 3 =