0 items in your shopping cart

No products in the cart.

MENGENAL KATUN JEPANG

Kain katun Jepang merupakan salah satu jenis dari kain katun. Kain katun merupakan kain yang sangat populer sebagai bahan berbagai pakaian ini berasal dari bahan serat serat alami kapas. Sehingga kain katun memiliki kelebihan-kelebihan jika dijadikan sebagai pakaian. Untuk menghasilikan kualitas kain yang terbaik maka kain katun melalui proses dengan teknologi tinggi.

Dipasaran ada salah satu jenis kain katun yang sangat disukai oleh kalangan wanita, yaitu kain katun Jepang. Kain katun ini sudah sangat umum dipakai sebagai bahan gamis, sehingga kain katun Jepang sudah tidak asing lagi digunakan untuk berbagai pembuatan pakaian terutama pakaian wanita muslim. Kain katun ini merupakan salah satu jenis kain premium, namun memiliki harga yang cukup terjangkau dipasaran. Kain katun ini memiliki beberapa kelebihan salah satunya cara merawatnya mudah sehingga memudahkan dalam penggunaannya.

Apa Kain Katun Jepang Itu ?

KATUN JEPANG

sumber : https://gamisjilbabsyari.com/

Kain katun Jepang adalah salah satu jenis kain katun yang di produksi di Jepang, artinya kain ini merupakan kain import. Sebenarnya jenis kain katun ini memliki karakteristik umum seperti karakteristik yang dimiliki pada jenis-jenis katun lainnya. Namun ada beberapa kelebihan kain katun ini yang tidak dimiliki oleh jenis katun lainnya.

Kain katun Jepang menjadi salah satu jenis katun yang favorit sebagai bahan pembuatan gamis. Kain katun yang berasal dari bahan serat kapas 100% ini memiliki ciri khas pada permukaannya yang penuh dengan corak atau motif. Sehingga jenis kain katun ini juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan blous wanita, sprei, badcover, dan juga hand craft. Di Indonesia, jenis kain katun ini juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mukena.

Karakteristik Kain Katun Jepang

sumber : https://www.bukalapak.com/

Mengenal karakteristik kain katun Jepang sangat diperlukan sebagai pengetahuan tentang jenis kain katun ini. Dipasaran berbagai jenis katun yang mirip dengan kain katun Jepang juga banyak beredar. Supaya tidak salah pilih sebaiknya mengenal satu per satu karakteristik dari kain katun ini.

Terdapat Watermark

Kain katun Jepang dengan kualitas terbaik pada umumnya memiliki watermark pada kainnya dengan tulisan ‘Japan Design’ dan ada kode warna kain yang berada di sisi ujung kain katun ini. Kode warna ini selalu ada dan merupakan bagian dari watermark kain supaya kain tidak mudah dipalsukan.

Permukaan Halus

Banyak jenis kain juga memiliki permukaan kain yang halus. Namun jika dibandingkan dengan katun lokal, jenis kain katun ini memiliki permukaan kain yang paling halus. Salah satu karakteristik ini menandakan jenis kain ini berkualitas terbaik. Kain yang berbahan 100% dari serat kapas ini juga memiliki harga di atas harga kain katun lokal.

Daya Serap Air Bagus

Karakteristik satu ini merupakan salah satu karakteristik umum dari kain katun. Namun, pada kain katun Jepang juga memiliki daya serap air yang cukup baik, sehingga digunakan di cuaca panas, bahan ini akan menyerap keringat dengan baik. Karakteristik kain ini sangat cocok sekali untuk di wilayah tropis seperti di Indonesia.

Warna Kain Awet

Warna yang awet pada kain katun Jepang ini juga menjadi salah satu kelebihan dari kain ini meskipun bahan ini sudah mengalami berkali-kali proses pencucian.

Fleksibel

Kain katun Jepang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam pakaian dan keperluan perabot rumah tangga seperti baju, sprei, blus, gamis, mukena, dll.

Adem

Serat alami kapas mampu memberikan sifat adem saat digunakan dicuaca panas, sehingga untuk melakukan aktivitas sehari-hari menjadi nyaman.

Keunggulan Katun Katun Jepang

sumber : https://wevatextile.com/

Kesukaan kalangan wanita dengan kain katun Jepang berdasarkan beberapa keunggulan jenis kain ini yang sesuai dengan keinginan mereka. Beberapa keunggulan jenis kain ini selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini.

  • Kaya Dengan Motif

Jenis kain katun ini memiliki keunggulan utama yaitu kain yang kaya dengan beragam dan keindahan motifnya. Motif yang variatif ini bisa menjadi salah satu pilihan para pencinta kain katun Jepang sesuai dengan motif yang mereka sukai untuk menambah keindahan dari penampilan mereka.

  • Sangat Lembut

Kelembutan kain ini sudah sangat populer, karena setiap jawaban para pecinta memilih kain katun ini disebabkan oleh kelembutan kainnya. Kelembuatan kain ini berasal dari bahan yang digunakannya, yaitu serat alami kapas dengan komposisi 100%. Sedangkan jenis kain lainnya berasal dari bahan campuran sehingga dapat mengurangi kelembutan kainnya.

  • Tebal dan Berat

Ketebalan kain menjadi nilai postih untuk digunakan sebagai bahan pakaian khususnya pakaian wanita karena akan menutup aurat dengan baik. Ketebalan kain katun ini secara otomatis akan menambah bobot dari kain katun Jepang. Bobot kain menjadi berguna ketika sudah menjadi bahan pakaian jika digunakan angin tidak gampang menyingkapkannya.

  • Nyaman Digunakan

Kain katun Jepang dengan beberapa karakteristinya membuat bahan ini sangat nyaman digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Kenyamanan kain ini ketika digunakan disebabkan memiliki daya serap keringat yang baik, adem, dan tidak menimbulkan alergi kulit karena berbahan serat alami kapas.

  • Anyaman Unik

Kain katun ini memilki keunikan pada anyaman kainnya, yaitu antar benang saling silang dengan 4/7 bagian benang lainnya. Sehingga kelembutan dan kehalusan kain katun ini salah satunya dipengaruhi oleh banyaknya jumlah benang yang saling menyilang satu sama lain.

Kelemahan Kain Katun Jepang

Keunggulan yang dimiliki kaian ini tidak mutlak, artinya jenis kain katun Jepang ini juga memiliki kelemahan. Apa saja kelemahan dari kaian katun ini ? Selengkapnya bisa di simak di bawah ini.

  • Rentan Terhadap Asam Mineral dan Organik

Asam mineral dan asam organik merupakan bahan yang biasa digunakan untuk memperindah tenunan kain. Sehingga dalam pembuatan kain katun Jepang tidak diberikan asam mineral maupun asam organik supaya kain tidak rusak.

  • Mudah Kusut

Serat kain yang lembut dan kurang padat membuat kain katun ini mudah kusut. Sehingga untuk mendapatkan penampilan yang bagus dan rapi harus dilakukan perawatan yang lebih intensif.

  • Mudah Menyusut

Selain mudah kusut, kain katun ini juga mudah menyusut setelah mengalami proses pencucian. Sehingga dalam membeli pakaian berbahan kaian katun Jepang sebaiknya membeli dengan ukuran yang agak besar sedikit. Hal ini dilakukan jika terjadi penyusutan maka pakaian bahan katun ini masih pas untuk digunakan.

  • Gampang Jamuran

Serat kapas alami bahan katun ini sangat mudah menjadi tempat jamur atau bakteri jika disimpan dalam lemari yang lembab. Maka untuk menghindari jamur sebaiknya disimpan dalam kondisi kering dan ditempat yang kering.

Penggunaan Kain Katun Jepang

sumber : https://fasnina.com/

Ciri khas dan kelebihan kain katun ini menjadi daya tarik untuk dijadigan sebagai bahan pakaian wanita, terutama pakaian gamis. Gamis bahan katun Jepang mampu memberikan kesan feminin dan modis meskipun dengan berbagai macam model gamis yang digunakan. Selain kesan yang ditampilan menarik, penggunaan katun Jepang ini mampu memberikan kenyamanan saat digunakan dalam beraktivitas terutama di cuaca panas.

Leave a response

sixteen − 1 =