0 items in your shopping cart

No products in the cart.

MENGENAL KAIN KATUN TWILL

Kain katun twill merupakan salah satu jenis dari kain katun. Di negara beriklim tropis kain katun menjadi bahan yang sangat populer dan disukai sebagai bahan pembuatan berbagai macam busana. Seperti di Indonesia, kain katun sangat disukai karena memiliki karakteristik kain yang membuat nyaman ketika digunakan.

Perkembangan teknologi tenun modern menemukan banyak teknik dalam pembuatan kain, salah satunya adalah teknik ‘Twill’. Akhirnya diproduksilah bahan katun yang berasal dari kapas dengan teknik tenun twill sehingga menghasilkan kain dengan pola baru pada teksturnya. Kain katun twill ternyata sangat disukai dipasaran sehingga popularitas kain ini cukup tinggi.

Apa Itu Twill ?

KAIN KATUN TWILL

sumber : https://www.yabatex.com/

Twill adalah nama sebuah teknik tenun modern yang menghasilkan sebuah kain dengan pola garis diagonal searah atau sejajar. Pola garis-garis diagonal tampak pada permukaan kain dengan posisi miring atau melintang pada sebuah kain. Pola diagonal yang ada pada kain twill ada dua jenis pola yang banyak di kenal yaitu diagonal wale dan diagonal rib.

Pola khas pada kain twill didapatkan dari teknik tenun dengan melewatkan benang pakan di atas benang lungsin lalu masuk ke bawah dua atau lebih benang lungsin. Pola ini terus diulang hingga menjadi sebuah lembaran kain yang panjang dan lebar. Contoh pola diagonal wale pada teknik tenun twill yang mudah untuk dilihat adalah terdapat pada pola kain denim atau jeans yang mudah kita temui.

Bahan Twill

Bahan twill sebenarnya ada banyak, karena teknik tenun twill ini tidak saja berasal dari bahan kapas saja, tetapi bisa berasal dari wol dan serat-serat lainnya sehingga menghasilkan berbagai jenis kain twill. Kain twill yang paling populer adalah kain untuk bahan celana Chinos yang digunakan untuk kaum laki-laki. Kualitas kain twill tergantung dari bahan pembuatannya, jika bahan dasar pembuatan kain twill bagus maka akan menghasilkan sebuah kain yang berkualitas bagus juga. Kain twill memiliki ketebalan yang bagus dan ringan, sehingga kain ini banyak digunakan dalam bentuk berbagai macam model busana seperti jaket, celana, baju, dll.

Namun, bahan twill yang sudah banyak orang persepsikan sekarang ini pada umumnya adalah kain katun twill. Kain katun twill memiliki sebutan lain yang populer yaitu kain katun Cina. Kain katun twill sendiri memilki beberapa jenis dengan kualitas yang berbeda-beda. Sehingga juga memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam penggunaannya. Perbedaan kualitas dihasilkan dari perbedaaan kualitas bahan juga. Jika kain katun twill kualitas premium tentu dari bahan kapas 100 %, sedangkan kualitas dibawahnya dari bahan kaps campuran dengan serat sintetis.

Kain Katun Twill

Setelah mengenal tentang ‘Twill’ sebagai salah satu teknik tenun modern. Kemudian bahan twill sebagai bahan dasar dari kain twill, dan sekarang saatnya kita mengenal tentang kain katun twill. Kain katun twill adalah kain yang berasal dari olahan kapas dengan teknik tenun twill.

Karakteristik Kain Katun Twill

sumber : https://shopee.co.id/

Setiap kain memiliki dua sisi pada kainnya, yaitu sisi depan atau muka dengan sisi belakang atau bawah. Pada kain katun twill memiliki karakteristik yang khas dengan sisi permukaan begitu tampak pola garis-garis diagonalnya yang lebih menarik dan memiliki daya tahan yang kuat. Sedangkan sisi bawahnya polanya tidak menonjol sehingga mudah untuk membedakan sisi depan dan dan belakang. Untuk karakteristik selengkapnya kain katun twill bisa di simak di bawah ini.

Pola Diagonal

Permukaan kain dengan garis-garis pola diagonal menjadi ciri khas kain katun twill. Pola yang dimiliki kain ini sama dengan pola yang dimiliki kain drill. Namun keduanya memiliki perbedaan, dan selengkapnya akan kita bahas nanti di bawah.

Adem

Sifat kain yang adem ini sebenarnya dimiliki sifat dari kain katun. Karena kain twill ini berasal dari katun, maka otomatis kain ini juga memiliki karakteristik adem saat digunakan. Sehingga kain katun twill sangat cocok sebagai busana yang digunakan di daerah iklim tropis seperti di Indonesia. Apalagi kain ini juga sangat cocok sebagai busana hijab seperti gamis sehingga pengguna tidak gampang merasa gerah karena cuaca panas.

Tekstur Tipis

Dibandingkan dengan kain twill jenis lainnya, kain katun twill cenderung memiliki tekstur lebih tipis. Namun, tekstur yang tipis ini tidak membuat kain menjadi menerawang. Teknik tenun yang baik menghasilkan kain berkualitas dengan kerapatan benang, sehingga kain tidak menerawang. Dalam penggunaan, kain ini banyak menjadi pilihan sebagai bahan busana di daerah yang beriklim tropis.

Warna Tidak Mencolok

Teknik tenun twill membuat serat bahan katun tidak mampu memberikan warna yang kuat. Sehingga mayoritas kain katun twill memiliki warna yang tidak mencolok. Karakteristik satu ini juga menjadi salah satu kelemahan dari bahan katun twill. Warna yang lemah pada kain ini bisa dibuktikan dengan menyandingkan bahan kain dari senis lainnya dengan warna yang sama.

Kuat

Pola diagonal pada teknik tenun twill menghasilkan sebuah kain katun twill yang memiliki kekuatan kain yang bagus. Bagi yang memiliki aktivitas di luar ruangan, kain ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai bahan busana karena memiliki kain yang kuat yang tidak gampang robek ataupun gampang lapuk ketika sering di cuci.

Mudah Perawatannya

Kain yang memiliki kekuatan kain yang baik biasanya juga mudah dalam perawatannya. Jika kotor, kain ini dengan mudah di cuci dan dicampur dengan baju kotor lainnya di dalam mesin cuci. Deterjen yang digunakanpun juga tidak ada yang khusus, cukup memilih deterjen yang disukai dipasaran dan busana yang berbahan kain katun twill tidak berkurang kualitasnya.

Mudah Menyerap Keringat

Bahan katun sudah populer memiliki ciri khas mudah menyerap keringat. Sehingga sifat yang dimiliki kain katun twill juga mudah menyerap keringat. Serat kapas alami yang di tenun dengan teknik twill membuat kain semakin mudah untuk menyerap keringat. Dalam dunia fashion modern, bahan katun twill sangat disukai oleh fashion desainer dan user karena karakteristik dan kelebihan yang dimilikinya.

Lembut

Meskipun tampilan tekstur kain ini kasar, sebenarnya ketika di raba adalah lembut. Kelembutan kain ini disebabkan oleh serat kapas alami yang memiliki sifat lembut. Sehingga kain ini akan nyaman pada kulit ketika digunakan.

Kelebihan Kain Katun Twill

sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Kelebihan kain katun twill sebenarnya sedikit banyak bagian dari karakteristik kain yang dimilikinya. Namun kelebihan bahn katun twill ini biasanya berdasarkan bahan yang sudah menjadi sebuah pakaian karena akan dirasakan langsung oleh pengguna pakaian tersebut. Terus, apa saja kelebihan bahan katun twill tersebut, mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

  • Elastis

Bahan katun twill sebenarnya tidak murni 100 % dari serat kapas alami. Tetapi kain ini memiliki campuran bahan spandex dengan kandungan sekitar 2 %. Sehingga kain yang dihasilkan memiliki sifat lentur / elastis yang menjadi salah satu kelebihan dari kain ini. Pada busana dalam pemakaian bahan ini akan memberikan kenyamanan.

  • Warna Tahan Lama

Walaupun kain twill memiliki warna yang tidak kuat, tetapi kain ini memiliki kelebihan warna kain yang tahan lama meskipun kain sering di cuci. Keawetan warna yang dimilikinya disebabkan oleh bahan spandex yang mampu menahan warna pada kain menjadi awet.

  • Daya Serap Keringat Baik

Semua bahan dari katun rata-rata memiliki daya serap keringat yang baik, meskipun masing-masing jenis kain katun memiliki kadar berbeda dalam menyerap keringat. Untuk kain katun twill sudah cukup baik daya serap keringatnya. Sehingga pakaian berbahan katun twill sangat cocok di pakai di cuaca panas.

  • Efek Dingin

Busana yang berbahan katun twill akan terasa efek dingin ketika digunakan. Efek dingin pada kain membuat bahan satu ini tidak hanya digunakan sebagai bahan pakaian saja, tetapi juga digunakan sebagai sprei.

  • Awet

Karakteristik kain yang kuat, sehingga sangat bagus digunakan sebagai pakaian lapangan khususnya. Pola teknik tenun twill membuat kain menjadi kuat sehingga kain lebih awet meskipun sering dipakai dan di cuci.

Kekurangan Kain Katun Twill

Kekurangan kain twill ini tidak sebanyak kelebihan yang dimilikinya. Jika memilih pakaian yang berbahan katun twill, maka juga harus mengetahui kekurangan bahan satu ini.

  • Warna

Meskipun warna tidah gampang pudar ketika di cuci, kain satu ini memang sudah memiliki warna yang tidak begitu kuat. Sehingga untuk tampilan berpakaian yang memberikan kesan ceria memang kurang cocok jika menggunakan bahan dari katun twill.

  • Agak Tipis

Dibandingkan dengan katun jepang, katun twill memiliki kain yang cenderung agak tipis. Namun, katun twill masih tidak menerawang sehingga masih populer sebagai bahan baju muslim.

  • Kualitas Sedang

Kualitas sedang katun twill karena kualitas kain masih di bawah kain katun jepang. Dari sisi tekstur, kelebihan kain seperti kelembutan, daya serap keringat, dan lain-lainnya, kain katun twill masih di bawah katun jepang. Selain itu kualitas warna dan ketebalan kain juga masih di bawah katun jepang.

Perbedaan Kain Katun Twill Dengan Kain Drill

Faktanya dilapangan, masih banyak orang menyebut kain katun twill sama dengan kain drill. Padahal keduanya memiliki perbedaan. Kain drill keistimewaanya memiliki ketebalan lebih baik dibanding jenis kain yang lainnya. Sehingga mempengaruhi kualitas kain dan sisi harga. Tetapi, kali ini bagaimana membedakan antara kain twill dengan kain drill yang cenderung memiliki kemiripan Berikut ini beberapa perbedaan keduanya.

Kain Katun Twiil

  • Permukaan kain twill dengan kain drill cenderung sama yang memiliki pola garis miring diagonal. Namun kain twill ketebalan kain agak tipis.
  • Bahan campurak kain katun twill berasal dari kapas dan spandex sehingga menghasilkan efek lentur.
  • Tektur kain twill cenderung lebih kasar, tetapi saat disentuh cenderung lebih lembut.
  • Kelenturan katun twill lebih bagus daripada kain drill.
  • Warna kain katun twill lebih awet daripada warna kain drill.

Kain Drill

  • Kain dril juga memiliki permukaan diagonal tetapi kain drill berbahan campuran polyester dan katun.
  • Permukaan kain sisi belakang dan depan memiliki perbedaan yang sangat mencolok.
  • Kain drill memiliki 3 jenis serat, yaitu kecil, sedang dan besar.
  • Kain drill cocok digunakan sebagai pakaian lapangan atau out door.
  • Tekstur kain lembut, tidak mudah kusut, kuat.

Penggunaan Kain Katun Twill

sumber : https://gamisjilbabsyari.com/

Penggunaan kain ini banyak digunakan sebagai bahan berbagai jenis pakaian. Kelebihan kain katun twill sangat cocok untuk pakaian pria dan wanita. Berikut ini beberapa penggunaan kain katun twill sebagai pakaian.

Gamis Syar’i

Trend busana muslim semakin hari semakin berkembang. Berbagai macam model baru gamis syar’i terus mengalami inovasi dari sisi desain maupun bahan yang digunakan. Gamis syar’i menjadi trend busana hijab yang disukai oleh kalangan wanita dari anak-anak hingga dewasa sehingga desain baru yang lebih modis kekinian menjadi incaran dipasaran.

Gamis syar’i katun twill menjadi salah satu pilihan para muslimah yang ingin tampil lebih feminin dan modis. Menutup aurat sempurna dengan gamis syar’i ternyata juga bisa dengan tampilan kekinian bersama balutan gamis syar’i katun twill. Bahan yang adem akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Gamis Pria

Katun twill ternyata tidak hanya cocok sebagai bahan gamis untuk wanita saja. Tetapi bahan satu ini juga cocok digunakan sebagai bahan gamis pria. Meskipun model gamis pria tidak sekeren gamis wanita, namun bahan yang adem dan mudah menyerap keringat akan sangat memberikan kenyamanan.

Gamis Nabawi

Gamis Nabawi juga tampak lebih keren dengan bahan katun twill. Gamis model ini cocok sekali digunakan saat lebaran untuk sholat ied dan silahturahmi ke sodara dan kerabat.

Kulot

Busana hijab atasan dan bawahan juga sangat trending di kalangan hijaber muda. Kain katun twill bisa menjadi rekomendasi sebagai bahan bawahan kulot dengan model stylish dan modis.

Baju Koko Motif Batik

Baju koko lengan pendek berbahan katun twill dan batik sangat keren sebagai seragam kantor selain juga sebagai busana untuk ibadah di masjid.

Celana Chinos

Untuk aplikasi pria, katun twill sangat populer sebagai bahan celana chinos. Bahan kain ini memberikan kesan kalem dan tampak segar. Warna katun twill yang tidak mencolok menjadi kelebihan sebagai bahan untuk celana chinos.

Collar Dress

Collar dress atau gamis dengan aksen kerah bisa dibuat dengan katun twill. Kesan yang mampu diberikan oleh gamis collar dress adalah simpel, chic dan cantik.

Cara Merawat Kain Katun Twill

Meskipun kain ini punya kelebihan pada kekuatan kain. Namun tetap saja agar kain bisa berumur panjang dengan penampilan yang prima, maka harus tepat dalam perwatannya. Ada beberapa cara perawatan yang bisa menjadi rekomendasi buat kamu semua untuk yang memiliki busana berbahan katun twill. Silahkan simak caranya di bawah ini.

  • Jemur Pakaian Posisi Terbalik

Posisi terbalik maksudnya adalah sisi dalam kain atau pakaian di taruh di luar yang terkena sinar matahari langsung. Agar warna katun twill yang redup tidak semakin pudar. Sehingga kualitas warna tetap terjaga.

  • Jangan Disikat Saat Mencuci

Untuk menghilangkan noda membandel sebaiknya dengan cara merendam pakaian dalam waktu tertentu kemudian di cuci seperti biasa supaya tekstur kain tidak rusak. Usahakan tidak menyikat kain ketika menghilangkan noda, karena dengan menyikat akan merusak tekstur kain bahwan warna juga semakin pudar.

  • Setrika Dengan Suhu Yang Tepat

Katun twill jika saat menyetrika juga harus pada suhu panas yang pas agar kain tidak rusak. Jika suhu terlalu panas biasanya permukaan kain menjadi mengkilap dan tekstur kain akan hilang. Agar mendapatkan suhu panas yang pas sebaiknya memakai setrika otomatis. Karena setrika otomatis terdapat pilihan level suhu panas.

Leave a response

4 × 1 =