0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Keunggulan Kain Linen

Keunggulan kain linen sudah terbukti memiliki kualitas kain yang sangat bagus berdasarkan temuan mumi yang umurnya ribuan tahun ternyata menggunakan kain linen untuk membalut tubuh mayat. Artinya keunggulan kain linen ini bisa dirasakan secara langsung sebagai bahan dasar pakaian maupun keperluaan sehari-hari seperti bahan dasar perabot rumah diantaranya adalah bahan pembuatan tirai, dll. Keunggulan kain linen juga bisa diketahui menjadi bahan yang awet selama perawatannya dilakukan dengan benar.

Mengenal Kain Linen

Keunggulan Kain Linen

sumber : https://www.bahankain.com/

Kain linen merupakan jenis kain yang berasal dari bahan serat alami tumbuhan rami. Keunggulan kain linen yang terbuat dari serat alami rami ini mampu tahan terhadap bakteri dan jamur. Kain Linne ini juga termasuk salah satu jenis kain yang tertua karena jenis kain ini di zaman mesir kuno oleh suku Mesopotamia sudah digunakan salah satunya untuk membungkus mayat yang biasa kita sebut mumi.

Kain yang kaku ini cenderung memiliki ketebalan kain yang bagus. Namun kain ini jika disentuh akan terasa halus tetapi kain ini tidak memiliki sifat lentur. Keunggulan kain linen ini penggunaanya bisa menjadi bahan dasar banyak jenis kebutuhan manusia seperti bahan pakaian, bahan seprei, serbet, kertas, handuk, dll.

Keunggulan Kain Linen Dengan Jenis Kain Lainnya

sumber : https://www.bahankain.com/

Lebih Kuat Dari Serat Kapas

Kain yang cukup populer selain kain linen saat ini adalah kain katun. Namun keduanya ini memiliki beberapa perbedaan kualitas kainnya meskipun keduanya berasal dari serat alami tumbuhan. Keunggulan kain lien dengan kain katun salah satunya adalah serat kain linen memiliki 30% lebih kuat daripada serat kain katun. Sehingga serat kain linen bisa bertahan lebih lama tau lebih awet dari kain katun.

Daya Serap Tinggi

Kain yang berasal dari serat rami ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian yang biasa digunakan di iklim tropis karena keunggulan kain linen ini memiliki daya serap keringat yang tinggi sehingga bisa memberikan kenyamanan saat digunkan beraktivitas sehari-hari.

Cocok Di Semua Iklim

Tidak hanya cocok digunakan di iklim tropis saja, keunggulan kain linen ini banyak dimanfaatkan sebagai pakaian di iklim dingin juga. Pasalnya banyak orang Eropa yang menyukai bahan linen sebagai bahan pembuatan pakaian karena kain linen mampu memberikan kehangatan saat cuaca dingin dan mampu memberikan rasa dingin jika cuaca panas.

Ramah Lingkungan

Kain yang berasal dari serat alami ini sangat ramah lingkungan, karena tumbuhan rami untuk bisa tumbuh hanya memerlukan sedikit air saja sehingga pemanfaatan air bisa digunakan hal penting lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Anti Alergi

Sebagian orang memiliki masalah dengan kulitnya yang mudah alergi saat bersentuhan dengan benda atau bahan pakaian yang mengandung bahan kimia. Namun keunggulan kaian linen ini memiliki sifat Hypo-allergenic sehingga sangat cocok bagi siapapun yang memiliki masalah dengan alergi kulit.

Kelemahan Kain Linen

Mudah Kusut

Meskipun memiliki banyak keunggulan jenis kain linen juga memiliki kelemahan yang harus kita ketahui supaya kita bisa merawatnya dengan benar. Di antara kelemahannya adalah kainnya mudah kusut, sehingga setelah melalui proses pencucian sebelum menggunakan harus merapikan terlebih dahulu dengan cara menyetrikannya. Selain itu jika digunakan untuk aktivitas seharian bahan yang mudah kusut ini akan merubah kualitas penampilan menjadi turun.

Bahan Berat

Karena kain linen yang memiliki sifat kain tebal maka sangat berpengaruh pada bobot kain linen yang cuckup berat. Meskipun kainnya nyaman, ada beberapa orang merasa terganngu dengan berat kain dari bahan linen ini.

Perawatan Ekstra

Perawatan ekstra wajar dilakukan karena bahan linen berasal dari serat alami sebagaimana kain sutra dan kain katun. Sehingga perwatan yang ekstra ini menjadi salah satu kelemahan dari kaian linen. Proses pencucian yang menggunakan bahan kimia harus dilakukan dengan cara hati-hati supaya tidak merusak serat kainnya.

Proses Pembuatan Kain Lama

Kain linen untuk menjadi kain, mulai dari awal prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Pertama serat linen ini harus didiamkan beberapa bulan untuk melunakkannya. Kemudian setelah lunak baru bisa diproses hingga menjadi kain linen yang berkualitas.

Karakteristik Umum Kain Linen

sumber : https://hanan.id/

Bahan rami ini menjadikan kain linen memiliki karakteristik yang khas meskipun karakteristik khas ini mirip dengan karakteristik jenis kain lainnya seperti kain balotelli. Karakteristik umum kain linen memiliki tekstur dengan serat yang kasar dengan serat-serat kainnya yang besar. Tekstur kain yang tampak kasar ini sebenarnya memiliki nilai classy dan estetis saat digunkan sebagai bahan pakaian.

Namun, tekstur yang tampak kasar tadi sangat berbeda saat kain ini di raba, yaitu kain akan terasa halus dan lembut. Dari fakta ini maka keunggulan kain linen sangat disukai oleh para produsen pakaian sebagai bahan yang mampu menambah citarasa desain pakaian yang dihadirkan.

Penggunaan Kain Linen

sumber : http://plazakain.com/

Keunggulan kain linen banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakaian dengan kualitas yang tinggi. Sehingga sangat wajar jika harga pakaian berbahan linen lebih mahal. Nah, keunggulan kain linen ini dimanfaatkan untuk menjadi bahan pembuatan beberapa jenis pakaian diantaranya.

Gamis

Trend fashion muslim saat ini cukup tinggi sehingga beberapa pakaian muslim menggunakan bahan yang berkualitas agar penampilan lebih modern dan penggunaannya bisa nyaman. Salah satu bahan yang sering digunkan untuk pembuatan gamis adalah kain linen. Keunggulan kain linen ini dimanfaatkan sebagai bahan gamis karena mampu memberikan kesan unik dengan sifat kain yang tebal mampu memberikan kenyamanan saat digunakan.

Kemeja

Keunggulan kain linen selanjutnya digunkan sebagai bahan pembuatan kemeja. Kemeja yang biasa digunakan sebagai pakaian formal ini memang sangat cocok menggunkan bahan yang berkualitas salah satunya bahan linen. Tampilan kemeja yang berbahan linen memberikan kesan elegan dan vintage.

Jilbab

Jilbab yang semakin besar permintaannya saat ini banyak dibuat dengan berbagai macam jenis kain sebagai bahan dasarnya. Namun, bagi sebagian orang memakai jilbab tidak hanya sekedar model dan warnanya saja tetapi bahan yang digunakannya harus bagus kualitasnya juga. Salah satu bahan yang bagus kualitasnya sebagai bahan jilbab adalah kain linen, karena mampu memberikan rasa adem saat cuaca panas. Selain itu bahan linen juga tebal sehingga tidak menerawang.

Rok

Tidak hanya sebagai bahan pakaian atasan saja, keunggulan kain linen juga dimanfaatkan sebagai bahan pakaian bawahan yaitu sebagai bahan rok. Keunggulan kain linen sebagai bahan rok adalah tidak perlu memberikan tambahan aksesoris karena bahan linen sudah sangat cantik dan elegan.

Tirai

Selain sebagai bahan pakaian, keunggulan kain linen juga dimanfaatkan sebagai keperluan perabot rumah tangga yaitu sebagai bahan tirai. Namun linen yang digunakan sebagai tirai ini berbeda dengan linen yang digunakan sebagai bahan pakaian. Jenis linen yang biasa digunakan sebagai tirai adalah jenis linen holland karena linen ini ditenun dengan serat yang longgar.

Leave a response

5 × 4 =