0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Keunggulan Bahan Rayon

Keunggulan Bahan Rayon menjadi beberapa faktor banyak produsen pakaian menyukai dan menggunakannya sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam pakaian. Beberapa faktor tersebut diantaranya bahan rayon cocok dengan iklim tropis dan harganya juga terjangkau. Keunggulan bahan rayon juga memiliki beberapa jenis sehingga produsen dan pengguna bisa memilih sesuai dengan selera mereka.

Alasan Memilih Bahan Rayon

Keunggulan Bahan Rayon

sumber : https://anafashirt.wordpress.com/

Alasan banyak para produsen pakaian dan konsumen memilih bahan rayon salah satunya berdasarkan keunggulan bahan rayon yang merupakan kain pengganti sutra. Keunggulan bahan rayon ini bisa dilihat dari sejarah dibuatnya kain ini. Dulu bahan rayon ini dibuat saat kain sutra memiliki harga yang sangat mahal disebabkan terjadinya wabah ulat sutra yang mengalami kematian. Sehingga bahan dasar pembuatan kain sutra sulit sekali didapatkan yang berakibat langkanya dan mahalnya kain sutra.

Kemudian ada beberapa ahli tekstil yang mencoba mencari alternatif membuat kain yang mirip dengan kain sutra. Akhirnya ditemukannya bahan semi sintetis dalam pembuatannya, dan hari ini dinamakan kain rayon. Karena kain rayon merupakan tiruan kain sutra maka sedikit banyak memiliki karakteristik yang hampir mirip juga. Di antara karakteristik yang dimiliki bahan rayon adalah bahan adem meskipun tidak seadem kain sutra.

Jenis Bahan Rayon Dan Keunggulannya

sumber : http://adhiputrabusana.com/

Seiring dengan perkembangan teknologi tekstil dan perkembangan zaman, maka bahan rayon juga mengalami perkembangan dengan menghadirkan beberapa jenis varian yang peruntukannya bisa disesuaikan dengan karakteristik yang dimiliki jenis varian rayon tersebut. Di antara jenis varian bahan rayon selengkapnya bisa di lihat di bawah ini.

Bahan Rayon PE (Polyester)

Bahan Rayon PE (Polyester) merupakan kain dengan bahan campuran antara serat polyester dan serat rayon. Sehingga bahan rayon PE (Polyester) memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan bahan rayon asli. Pada bahan rayon PE ini juga memiliki beberapa jenis berdasarkan prosentase kandungan polyester didalamnya. Jika prosentase kandungan serat poliester lebih tinggi, maka harganya cenderung lebih murah karena memiliki kualitas biasa yang sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya seperti kain mudah sobek, kasar, dan agak panas saat digunakan.

Bahan Rayon Jersey

Rayon jersey merupakan jenis kain rayon yang terbuat dari serat campuran antara serat rayon dan serat jersey. Jadi jenis varian rayon ini juga bukan murni dari bahan serat rayon. Sehingga karakteristik yang dimiliki bahan ini sesuai dengan karakteristik yang dimiliki dua bahan dasarnya.

Bahan Rayon Spandek

Bahan rayon spandek memiliki beberapa karakteristik yang dimilikinya seperti teksturnya lembut, bahan cukup fleksibel dan mudah diregangkan. Sehingga untuk pemanfaatan jenis rayon ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan jilbab, baju, dan pakaian olahraga.

Bahan Rayon Rotary

Rayon rotary merupakan jenis bahan rayon motif atau printing. Motif atau printing bahan ini dilakukan menggunakan mesin rotary print. Sehingga jenis ini dinamakan rayon rotary. Beberapa keunggulan bahan rayon rotary diantaranya memiliki kain jatuh, lentur dan sedikit mengkilap. Jenis rayon ini juga memiliki tekstur lembut dan halus sehingga motif lebih bersih dan perawatannya cukup mudah.

Namun jenis rayon ini juga memiliki kelemahan, diantaranya kain mudah kusut, warna mudah pudar, kain juga gampang lapuk jika sering terpapar sinar matahari langsung. Jenis kain ini juga mengalami penyusutan setelah proses pencucian. Tetapi, beberapa kelemahan ini tidak menjadi hambatan para produsen pakaian menggunakannya sebagai bahan dasar pembuatan pakaian seperti gamis, rok, mukena, jilbab dan berbagai jenis pakaian lainnya.

Keunggulan bahan rayon ini juga sangat mudah dikreasikan menjadi berbagai macam busana. Karena kualitas yang dimilikinya bagus, maka keunggulan bahan rayon ini sangat disukai oleh produsen pakaian dan konsumen.

Keunggulan Bahan Rayon Secara Umum

sumber : http://adhiputrabusana.com/

Dari banyaknya jenis kain rayon, kita bisa mengenal keunggulan bahan rayon secara umum supaya menjadi referinsi dalam memilih kain khususnya kain rayon.

Adem

Sifat adem merupakan salah satu ciri dari bahan rayon karena berasal dari bahan semi sintetis. Kemudian sifat adem ini sangat cocok digunakan di wilayah tropis yang suhu udaranya cenderung panas.

Ringan

Keunggulan bahan raton berikutnya adalah bahan yang ringan sehingga sangat simpel sekali saat di bawa. Keunggulan ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan mukena karena mudah dilipat menjadi kecil sehingga mudah membawanya. Keunggulannya juga bisa dirasakan saat mencucinya, yaitu bahan rayon akan tetap terasa ringan meskipun dalam kondisi basah.

Cepat Kering

Keunggulan bahan rayon berikutnya adalah cepat kering, yaitu saat menjemur setelah mencucinya cukup dijemur ditempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung sudah bisa cepat kering. Justru jika terpapar sinar matahari langsung, kain akan cepat rusak.

Tekstur Berkilau

Tekstur berkilau ini mirip dengan kain sutra meskipun kilaunya tidak seindah kain sutra. Sehingga keunggulan bahan rayon ini sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian formal seperti pakaian pesta karena memiliki kesan mewah dari kilauannya.

Daya Serap Cukup Bagus

Di wilayah tropis selain adem, pakaian juga harus mudah menyerap keringat dengan baik. Dan keunggulan bahan rayon juga cukup baik daya serap keringatnya. Sehingga saat digunakan beraktivitas akan membuat cukup nyaman.

Cara Merawat Yang Benar Pakaian Bahan Rayon

sumber : https://www.klikdokter.com/

Keawetan bahan rayon pada pakaian bisa dilakukan dengan cara merawat atau mencuci kain ini secara benar. Kelemahan yang sangat rentan dari bahan rayon adalah jika dalam keadaan basah terlalu lama karena kekuatannya akan melemah. Sehingga bahan rayon yang basah terlalu lama akan mudah rusak dan kain juga cenderung mudah mengerut. Jadi pakaian berbahan rayon agar bisa bertahan lama di bawah ini akan kami berikan tips yang tepat dan benar dalam merawatnya.

  • Mencuci Menggunakan Tangan

Mesin cuci yang semakin canggih membuat banyak orang malas mencuci pakaian dengan menggunakan tangan. Padahal tidak semua jenis bahan pakaian tahan dengan putaran mesin cuci. Sehingga mencuci menggunakan tangan secara manual masih diperlukan meskipun tidak harus menggunakan tenaga yang cukup besar dalam mencuci. Salah satu bahan pakaian yang harus menggunakan tangan dalam mencucinya adalah bahan rayon, Supaya pakaian yang berbahan rayon bisa awet dan bertahan lama.

  • Mencuci Pakaian Bahan Rayon Dengan Air Dingin

Mencuci pakaian berbahan rayon yang benar adalah menggunakan air dingin. Selain itu gunakan deterjen yang memiliki kandungan bahan yang tidak panas supaya tidak merusak serat pakaian rayon.

  • Kucek Secara Lembut Saat Mencuci

Terlalu kuat dalam mengucek atau meremas pakaian bahan rayon akan berakibat rentan rusaknya pakaian rayon. Maka langkah yang tepat saat mencuci yaitu dengan mengucek dan meremas pakaian bahan rayon dengan lembut.

  • Jemur Pada Rak Pengering Datar

Agar pakaian bahan rayon tidak berubah bentuk maka langkah yang tepat saat menjemur adalah dengan menjemurnya pada rak pengering datar.

  • Seterika Dalam Keadaan Sedikit Basah

Menyetrika dalam keadaan sedikit basah akan mempermudah untuk menghilangkan kerutan akibat proses pencucian. Selain itu untuk menghindari terlalu panasnya setrika yang rentan merusak bahan rayon, sebaiknya melapisi menggunakan kain diatasnya.

Leave a response

1 + 19 =