0 items in your shopping cart

No products in the cart.

6 Kain Termahal Di Dunia

Kain Termahal di dunia menjadi barang yang istimewa dan mewah sebagai gaya hidup bagi orang-orang yang kaya. Kain termahal di dunia ada beberapa jenis dengan kualitas bahan yang berbeda-beda. Biasanya kain termahal di dunia ini menjadi barang yang sangat mahal harganya disebabkan oleh bahan pembuatannya yang sedikit dan langka.

Penggunaan kain termahal di dunia pada umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. Trend perkembangan dunia fashion juga mempengaruhi diciptakan jenis kain termahal di dunia sebagai penyempurna desain pakaian yang akan ditampilkan. Langsung saja, apa saja kain termahal di dunia itu ? Selengkapnya akan kami jelaskan di bawah ini.

Kain Batik Tiga Negeri

kain termahal di dunia

sumber : https://lifestyle.kompas.com/

Kain Batik merupakan salah satu jenis kain yang menjadi warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2009. Di Indonesia ini berasal di Pulau Jawa tepatnya di sentra batik yang sudah sangat terkenal yaitu di Lasem. Lasem yang berada di pesisir utara Jawa sudah dikenal dengan karya Batik Tiga Negeri. Batik Tiga Negeri ini menjadi salah satu kain termahal di dunia karena memiliki kualitas desain dan warna yang sangat indah dan artistik.

Arti dari nama Batik Tiga Negeri ini adalah desain pewarnaan dari kain batik ini. Proses pertama pewarnaan batik ini berada di Lasem dengan warna merah, kemudian warna biru adalh Pekalongan, dan Solo warnanya cokelat soga. Tiga warna pada kain termahal di dunia ini juga memiliki makna yang berbeda-beda. Untuk warna merah memiliki makna wujud dari rasa bahagia, dan biasanya warna merah banyak digunkan dalam acara-acara pesta. Kemudian warna biru memiliki makna pengaruh budaya Eropa, dan warna cokelat soga memiliki makna untuk budaya Jawa.

Batik Tiga Negeri ini awalnya dikenalkan pada tahun 1910 oleh Ny. Tjoa Giok Tjiam. Proses pembuatan kain termahal di dunia ini secara tradisional membuat baitk tiga negeri ini memiliki kualitas batik indah sehingga kain batik ini harganya menjadi sangat mahal, per meternya batik tiga negeri ini di bandrol 100 juta. Dalam motif batik tiga negeri ini menggambarkan tiga budaya yaitu budaya Cina, Jawa, dan Eropa. Nah, ternyata Indonesia menjadi salah satu negara yang memproduksi salah satu kain termahal di dunia.

Kain Wol Vikuna

sumber : https://merahputih.com/

Kain wol sudah sangat dikenal di negara atau wilayah yang memiliki iklim dingin, karena saat muslim salju kain wol bisa menjadi pakaian penghangat tubuh yang sangat nyaman. Popularitas kain wol adalah kain yang berasal dari bulu domba, namun kain wol yang menjadi salah satu jenis kain termahal di dunia ini bukan dari bulu domba melainkan berasal dari bulu hewan vikuna, sehingga kain wol ini dinamakan wol vikuna.

Hewan vikuna merupakan jenis hewan yang langka yang hidupnya berada di pegunungan Alpen. Keunggulan serat bulu hewan vikuna ini mampu memberikan kehangatan pada tubuh sehingga suhu tubuh tetap stabil dan selain itu wol vikuna ini memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga sangat nyaman di kulit pengguna. Penggunaan kain wol vikuna pada umumnya sebagai bahan pembuatan kaos kaki, mantel olahraga, dan pakaian lainnya.

Kain termahal di dunia ini memiliki harga yang selangit karena beberapa faktor, diantaranya bahan baku yang sedikit dan sulit didapatkan, kualitas yang terbaik. Di tambah lagi populasi hewan vikuna yang semakin menurun hingga ribuan ekor. Apalagi ada manusia yang tidak bertanggungjawab demi kepentingan pribadinya melakukan perburuan liar hewan vikuna sehingga mengakibatkan jenis hewan ini terancam dari kepunahan.

Kain Sutra Mulberry

sumber : https://m.riau1.com/

Kain sutra merupakan jenis kain yang sudah ribuan tahun yang lalu sudah digunakan. Jadi mengenal kain sutera sangat penting sebelum membelinya. Kain sutera merupakan kain yang berasal dari kepompong ulat sutra ini memiliki kualitas kain yang terbaik dengan karakteristik kain yang unggul. Kain sutra yang berasal dari Cina dulu hanya digunakan oleh kerajaan saja karena kainnya yang sangat mahal. Jadi kain sutra mulberrry tidak hanya dulu saja harganya mahal tetapi sekarang juga harganya masih sangat mahal.

Setelah Eropa mengetahui cara pembuatan kain sutra ini maka lambat laun kain sutra ini juga menyebar ke penjuru dunia karena kain sutra menjadi barang mahal yang diperjualbelikan sebagai pendapatan sebuah negara. Kain termahal di dunia ini memiliki beberapa karakteristik yang sangat cocok digunakan di daerah manapun di dunia ini kecuali di daerah kutub. Sehingga harga kain sutra menjadi sangat mahal. Berikut ini beberapa karakteristik kain sutra yang bisa menjadi informasi bagi kita semua.

  • Kain sutra mulberry memiliki serat benang yang kuat sehingga tidak mudah putus. Kekuatan serat benang ini menjadikan kain sutra menjadi kain yang awet dan tahan lama selama perawatannya baik dan benar.
  • Kain termahal di dunia ini memiliki daya serap air yang sangat bagus sehingga kain sutra menjadi kain yang sangat nyaman digunakan di cuaca yang panas.
  • Kain sutra memiliki kandungan kimia yang mampu membuat tekstur bahan sutra sangat lembut saat menyentuh kulit. Sehingga kain termahal di dunia ini juga bisa menjadi terapi untuk yang memiliki masalah dengan kulit.
  • Kain sutra memancarkan kilauan pada permukaannya sehingga tampak indah dan mampu memberikan kesan mewah. Sehingga kain termahal di dunia ini umumnya digunkan sebagai bahan pembuatan pakaian pesta atau pakaian untuk menghadiri acara-acara formal.
  • Kain sutra memiliki kandungan serat alami yang mampu melindungi kulit penggunannya dari bahaya paparan sinar ultraviolet matahari.

Kain Shahtoosh

sumber : https://akurat.co/

Kain Shahtoosh adalah salah satu kain termahal di dunia yang berasal dari Nepal dan India. Kain termahal ini berasal dari bulu hewan antelop khas Tibet yang bernama Chiru. Penyebab mahalnya kain ini karena hewan ini adalah hewan liar yang sulit mendapatkan bulunya. Menurunnya hewan antelop Chiru di alam liar karena perburuan liar menambah mahalnya kain yang dihasilkan dari bulunya.

Kain Cashmere

Kain cashmere sudah sangat populer tergolong kain yang memiliki harga sangat mahal. Dahulu kain cashmere ini menjadi pakaian para raja, bahkan saat ini masih digunakan oleh para raja saat ini. Kain termahal di dunia ini memiliki karakteristik yang sangat lembut karena berasal dari serat alami bulu domba chasmere.

Pada umumnya kain cashmere ini digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian musim dingin seperti jaket, mantel dan berbagai macam pakaian untuk musim dingin lainnya.

Kain Guanaco Wool

Kain termahal di dunia ini juga berasal dari bulu hewan yang berada di Amerika Selatan, yaitu hewan ilama. Kain ini juga merupakan kain yang langka sehingga jarang ada di pasaran sehingga jenis kain ini harganya sangat mahal sekali. Proses pembuatan kain yang menghabiskan banyak waktu yang lama juga menjadi salah satu faktor kain ini menjadi sangat mahal.

Nah, dari 6 jenis kain termahal di dunia diatas bisa menjadi pelajaran betapa tubuh kita ini sangat berharga dan sangat mahal sekali. Karena untuk melindungi tubuh kita sampai perlu menggunakan pakaian yang berharga sangat makah sekali.

Leave a response

16 + thirteen =