0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Jenis Kain Polyester Untuk Kaos Olahraga

Kain polyester untuk kaos olahraga juga bisa memberikan kenyamanan. Tidak hanya kaos olahraga yang berbahan combed, carded, CVC, dan katun bamboo saja yang bisa memberikan kenyamanan, tetapi kaos olahraga yang berbahan polyester juga bisa nyaman digunakan saat olahraga.

Jenis kain untuk pembuatan kaos olahraga memang banyak jenisnya dipasaran. Namun, kali ini kami akan membahas kain polyester unuk kaos olahraga. Sebelum membahas tentang kain tersebut, kami akan mengulas dahulu tentang bahan polyester dan karakteristiknya dahulu supaya pengetahuan tentang kain polyester untuk kaos olahraga bisa lebih luas. Sehingga pengetahuan tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan bahan kaos untuk olahraga.

Kain Polyester

Kain Polyester Untuk Kaos Olahraga

sumber : https://www.dutakonveksi.com/

Kain polyester merupakan salah satu jenis dari kain yang meramaikan dunia tekstil sebagai salah satu varian yang bisa digunakan sebagai bahan pakaian, salah satunya adalah sebagai bahan kaos olahraga. Kain polyester untuk kaos olahraga ini berasal dari biji plastik yang mengalami proses kimia yang bernama polimerisasi. Serat polyester bisa juga di campur dengan serat lainnya supaya menghasilkan jenis kain baru dengan karakteristik yang dimiliki dua serat gabungan tadi.

Karakteristik Kain Polyester :

  • Tekstur kain mengkilap dan terasa licin saat di sentuh, namun kain juga terasa halus.
  • Kain terasa panas saat digunakan sehingga tidak membuat nyaman dan tidak cocok digunakan pada cuaca panas.
  • Daya serap keringat yang rendah sehingga akan gampang terasa gerah saat digunakan.
  • Gampang memicu iritasi kulit bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif, karena kain polyester berasal dari bahan kimia.

Bahan pembuatan kaos biasanya menggunakan kain yang memiliki karakteristik salah satunya gampang menyerap keringat. Namun, pada karakteristik yang dimiliki oleh kain polyester pada umumnya tidak terdapat hal tersebut. Sehingga kain polyester tidak direkomendasikan sebagai bahan pembuatan kaos olahraga.

Kain Polyester Untuk Kaos Olahraga Yang Nyaman

sumber : https://www.blibli.com/

Ternyata ada jenis kain polyester yang nyaman digunakan sebagai bahan pembuatan kaos olahraga, yaitu jenis kain polyester activedry. Polyester Activedry merupakan kain polyester untuk kaos olahraga yang berbahan 100% dari serat polyester. Kenapa kain yang berbahan 100% serat polyester ini direkomendasikan menjadi bahan kaos olahraga ? Karena kain polyester activedry. diproses dengan menggunakan teknologi khusus sehingga kain jenis ini mampu menyerap keringat dengan baik. Kain jenis ini pada umumnya memiliki gramasi 150-160 gsm dan lebar kainnya adalah 198 cm atau sekitar 78”,

Ciri-Ciri Kain Polyester Activedry

sumber : https://www.ghlaha.com/

Daya Serapnya Baik

Ciri-ciri kain polyester untuk kaos olahraga yang harus dimiliki salah satunya adalah memiliki daya serap keringat yang baik. Meskipun jenis kain polyester activedry berasal dari serat polyester 100%, namun jenis kain ini mampu memberikan kenyamanan dengan memiliki daya serap keringat yang baik. Hal ini disebabkan oleh proses pembuatan kain ini dengan menggunakan teknologi khusus dan berbeda dengan teknologi yang digunakan untuk proses pembuatan kain polyester pada umumnya. Jika jenis kain ini digunakan sebagai kain polyester untuk kaos olahraga, maka akan bisa memberikan kenyamanan.

Cepat Kering

Ciri kedua dari kain polyester untuk kaos olahraga adalah bahan yang cepat kering. Ciri kedua ini adalah salah satu yang dimiliki oleh karakteristik kain polyester pada umumnya. Keunggulan ciri kedua jenis kain ini membuat kain tidak gampang jamuran dan membuat nyaman ketika digunakan saat berolahraga yang banyak mengeluarkan keringat. Selain keringat mudah diserap kain, kain juga cepat kering. Keunggulan berikutnya untuk jenis kain ini adalah mudah dalam pencuciannya. Tidak harus dijemur di bawah terik matahari langsung, cukup diangin-anginkan saja sudah bisa cepat kering.

Lembut Dan Ringan

Ciri ketiga dari kain polyester untuk kaos olahraga adalah bahan yang lembut dan ringan. Kelembutan kain akan memberikan kenyamanan pada kulit dan kain yang ringan akan memudahkan dalam pergerakan saat melakukan olahraga. Meskipun jenis kain ini bukan dari serat alami, namun kain ini memiliki sifat lembut sehingga tidak memicu iritasi pada kulit dan aktivitas menjadi nyaman.

Lentur

Ciri keempat dari kain polyester untuk kaos olahraga yang harus dimiliki adalah kelenturan bahan. Kelenturan bahan akan memberikan keuntungan ketika digunakan untuk berolahraga, yaitu kain tidak mudah sobek karena pergerakan yang menyebabkan tarikan kain. Sehingga dalam aktivitas olahraga lebih leluasa karena bahan kaos lentur.

Awet dan Tidak Mudah Berkerut

Ciri kelima dari kain polyester untuk kaos olahraga yaitu kain awet dan tifdak gampang berkerut. Pada umumnya, kain polyester memiliki sifat tidak gampang berkerut sehingga aktivitas sepanjang hari lebih percaya diri. Selain itu memudahkan dalam perawatan, yaitu tidak perlu sering disetrika kain sudah rapi meskipun setelah dalam pencucian. Awet ini merupakan salah satu ciri dari kain polyester juga karena bahan ini memiliki serat yang kuat.

Penggunaan Kain Polyester Activedry

sumber : https://towamatano.co.id/

Setelah mengetahui ciri-ciri kain polyester activedry, maka jenis kain yang berasal dari serat polyester 100% ini ternyata bisa menjadi salah satu bahan kaos olahraga yang nyaman. Faktanya, kain jenis ini tidak sekedar sebagai kain polyester untuk kaos olahraga saja. Tetapi jenis kain ini juga dimanfaatkan sebagai bahan keperluan lainnya, seperti bahan jaket, tas, sepatu, dll.

Perawatan Kain Polyester Untuk Kaos Olahraga

Pada umumnya jenis kain polyester memiliki perawatan yang mudah, apalagi jenis kain ini. Namun, supaya bahan kaos dari polyester ini bisa lebih awet dan tetap memiliki kualitas baik, maka sebaiknya dilakukan beberapa cara di bawah ini.

  • Gunakan Air Dingin Pada Pencucian. Kelemahan dari kain berbahan polyester adalah sering berhadapannya pada suhu yang tinggi. Sehingga supaya kain lebih awet dengan kualitas yang bagus, maka lakukan pencucian kaos berbahan jenis kain ini menggunakan air dingin. Air dengan suhu panas akan menyebabkan kain mengalami penyusutan dan akhirnya kain menjadi rusak.
  • Untuk mempertahankan tekstur kain, maka pencucian manual sangat disarankan, yaitu mencuci menggunakan tangan dengan cara dikucek. Kemudian gunakan deterjen yang berbahan campuran pelembut pakaian supaya tekstru kain tetap menjadi lembut.
  • Jika melakukan aktivitas menyetrika maka atur suhu dibawah 120°C. Karena jenis kain ini rentan dengan suhu panas, maka gunakan kain pelapis pada saat proses menyetrika, agar lebih aman.

Nah, setelah mengetahui beberapa poin dari uraian di atas tentang kain polyester untuk kaos olahraga. Maka secara umum kain polyester memang tidak cocok sebagai bahan kaos untuk olahraga. Namun, adanya jenis kain polyester khusus yang memiliki kelebihan kaian salah satunya memiliki daya serat air yang baik, maka jenis kain ini layak menjadi bahan untuk pembuatan kaos olahraga. Bahkan jenis kain ini memiliki harga yang cukup mahal karena jarang ada dipasaran. Selain itu jenis kain ini memiliki keunggulan ketika diaplikasikan sablon, yaitu mampu memberikan gambar tiga dimensi yang kuat. Demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat.

Leave a response

twelve + 19 =