0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Keunggulan Kain Polyester Activedry

Kain Polyester Activedry merupakan jenis kain polyester yang dihasilkan dari sebuah proses pembuatan kain dengan teknologi khusus sehingga jenis kain polyester activedry ini memiliki daya serap air yang baik. Karena pada umumnya kain polyester adalah kain yang sangat buruk dalam penyerapan air. Sehingga tidak nyaman digunakan dalam cuaca panas. Sebelum berbicara tentang jenis kain polyester activedry dan keunggulannya dari jenis polyester lainnya. Kami akan mengupas sedikit tentang bahan polyester supaya pemahaman tentang kain ini bisa utuh.

Tentang Kain Polyester

sumber : https://sintesakonveksi.com/

Kain polyester merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari serat sintetis. Serat sintetis bahan polyester ini berasal dari biji plastik yang melalui proses kimia dengan cara dipolimerisasi. Sehingga serat polyester sangat kuat, namun kekuatan ini memiliki kelemahan dengan suhu panas yang tinggi sebagaimana plastik yang mudah terbakar dengan api. Pada penggunaan pakaian tidak hanya kain polyester yang berbahan murni saja, tetapi ada juga yang berbahan campuran antara serat polyester dengan serat katun seperti Kain TC dan kain CVC.

Kain Polyester pertama kali diproduksi oleh J.R Whinfield dan J.T. Dickson pada bulan Juli 1941, tepatnya di Manchester, Inggris. Kain polyester jika digunakan sebagai bahan pakaian masih memiliki beberapa kelemahan, salah satunya tidak begitu nyaman karena memiliki daya serat air yang buruk sehingga membuat gampang gerah. Wajar saja jika kain polyester tidak begitu nyaman digunakan, karena kain ini berasal dari bahan biji plastik yang tidak bisa menyerap air. Namun akhir-akhir ini dikembangkan teknologi canggih yang bisa menciptakan bahan polyester bisa menyerap air dengan baik, jenis kain tersebut adalah kain polyester activedry.

Kain Polyester Activedry

Kain Polyester Activedry

sumber : https://sintesakonveksi.com/

Kain polyester activedry juga terbuat dari serat polyester 100% sama seperti jenis kai polyester lainnya. Namun, perbedaan kain polyester biasa dengan jenis kain polyester activedry adalah pada proses pembuatan kain. Kain polyester activedry pembuatan kainnya melalui proses khusus menggunakan teknologi canggih sehingga menghasilkan kain yang berkualitas dengan karakteristik kain salah satunya mampu menyerap air dengan baik. Karakter ini menjadi keunggulan dari jenis kain polyester activedry. Sehingga jenis kain banyak digunakan sebagai bahan pakaian olahraga.

Karakteristik Kain Polyester Activedry

sumber : https://aminama.com/

Pada umumnya kain polyester yang memiliki kelemahan daya serap air yang buruk, menjadi permasalahan sendiri jika digunakan sebagai bahan pakaian. Namun, salah satu jenis kain polyester ini memiliki keunggulannya yaitu memiliki daya serap air yang baik. Jenis kain tersebut adalah bahan polyester activedry. Untuk mengetahui karakteristik kain tersebut, kami ulas selengkapnya di bawah ini.

Bahan Lentur

Kain polyester activedry memiliki kain yang sangat lentur. Sehingga bahan ini sangat cocok digunakan sebagai pakaian olahraga. Kelenturan bahan polyester activedry membuat unik kain ini, karena pada umumnya kain polyester tidak memiliki sifat elastis karena terbuat dari biji plastik. Sifat kain yang lentur ini membuat kain polyester activedry bisa awet dan memiliki daya tahan yang lama.

Tidak Mudah Berkerut

Tidak mudah berkerut ini menjadi karakteristik kain polyester pada umumnya. Selain itu kain yang tidak mudah berkerut ini juga menjadi keunggulan kain polyester. Memiliki kekuatan kain yang baik dan kain tidak mudah berkerut menjadikan kain polyester activedry memiliki kualitas yang baik. Sehingga pakaian yang dibuat dari bahan ini juga akan menghasilkan pakaian dengan kualaitas yang baik juga.

Mudah Kering

Serat sintetis membuat bahan polyester Activedry mudah kering jika terkena air. Sehingga kain ini lebih mudah dalam pencuciannya. Penjemuran pakaian juga tidak perlu memakan waktu yang lama karena mudah kering. Dalam penggunaan pakaian, jenis kain polyester Activedry memiliki keunggulan selain mudah menyerap keringat juga pakaian ini mudah kering.
Dengan beberapa keunggulan kain tersebut banyak produsen pakaian menjadikan kain ini sebagai pakaian olahraga.

Mampu Menahan Panas

Mampu menahan panas untuk bahan polyester Activedry maksudnya panas yang bukan dari luar pakaian., tetapi panas dari dalam tubuh. Sehingga jenis kain ini juga cocok digunakan sebagai pakaian untuk pakaian di cuaca dingin seperti pada ruangan ber AC atau di daerah pegunungan.

Memiliki Corak Dot

Kain polyester activedry pada umumnya mempunyai corak dot dengan nama lain Evolt. Selain itu kain polyester activedry, dibuat dengan gramasi 158 gsm dan lebar kainnya adalah 198 cm. Jadi kain ini dibuat dengan setting Open Finish atau sudah dibelah.

Tekstur Lembut dan Ringan

Tekstur kain polyester activedry adalah lembut dan ringan sehingga bisa membuat nyaman dikulit saat digunakan.

Anti Jamur atau Bakteri

Keunggulan kain ini juga anti jamur dan bakteri. Bahan dari serat sintetis menjadikan jamur dan bakteri enggan bermukim disana. Selain itu proses pembuatan kain dengan cara kimia ini mengandung senyawa kimia yang membuat jamur dan bakteri tidak bisa hidup di kain ini.

Penggunaan Kain Polyester Activedry

sumber : https://aminama.com/

Penggunaan bahan polyester activedry tidak hanya sekedar sebagai bahan kaos olahraga saja. Tetapi, kain polyester activedry juga dimanfaatkan sebagai bahan dari beberapa jenis pakaian. Di antara jenis pakaian yang biasa menggunakan bahan polyester activedry, yaitu :

  • Kaos

Kaos berbahan kain polyester activedry adalah sudah umum, karena penggunaan utama bahan ini memang sebagai bahan kaos olahraga. Bisa juga sebagai bahan kaos yang digunakan sehari-hari. Namun para produsen pakaian lebih sering menjadikan bahan polyester activedry sebagai bahan untuk kaos olahraga, mungkin penjualannya lebih memudahkan karena dalam olahraga biasanya beregu seperti sepakbola, basket, futsal, voly, dll.

  • Celana Olahraga

Celana olahraga juga banyak menggunakan kain polyester activedry sebagai bahannya. Kenyamanan bahan ini didapatkan ketika melakukan olahraga, kain satu ini memiliki sifat sangat lentur dan mudah menyerap keringat dengan baik. Sehingga dalam olahraga pergerakan menjadi mudah dan nyaman.

  • Jaket

Ternyata kain ini juga biasa digunakan sebgai bahan jaket. Kain polyester activedry dalam penggunaan sebagai jaket biasanya digunakan sebagai lapisan luar dari jaket. Pada penggunaan jaket, jenis kain ini sangat cocok karena mampu menahan panas tubuh supaya tubuh tetap hangat di dalam cuaca dingin.

  • Tas

Kain polyester activedry tidak hanya digunakan sebagai bahan pakaian saja. Tetapi, bahan satu ini juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan tas. Model tas yang menggunakan jenis kain ini adalah tas backpack atau tas selempang biasa. Pada penggunaan tas, kain ini juga sering digunakan sebagai lapisan luar tas.

Kain Polyester Activedry Mudah Di Sablon

Jenis sablon digital dengan metode sublimation atau sublimasi sangat cocok digunakan pada kain dengan bahan 100% polyester karena bisa mendapatkan hasil yang sempurna. Salah satunya kain polyester activedry yang berbahan polyester 100% menjadi mudah untuk aplikasi sablon. Selain cocok sebagai bahan kaos, jenis kain ini ternyata juga mudah disablon sehingga kain ini sangat disukai oleh kalangan produsen pakaian olahraga.

Leave a response

9 − 4 =