0 items in your shopping cart

No products in the cart.

8 Penggunaan Jenis Kain Polyester

Penggunaan jenis kain polyester bisa sebagai bahan pembuatan berbagai macam jenis pakaian seperti jaket, seragam, kaos, dll. Penggunaan jenis kain polyester sebagai pakaian harus disesuaikan dengan bahan dasar kain polyester tersebut. Jenis-jenis kain polyester berasal dari berbagai macam bahan serat campuran selain serat polyester, seperti katun, sutra, dll.

Penggunaan jenis kain polyester karena bahan satu ini memiliki salah satu kelebihan kain yang kuat. Selain itu kelebihan kain ini tidak gampang kusut sehingga disukai banyak kalangan. Nah, sebelum kami mengupas tentang penggunaan jenis kain polyester sebagai bahan pakaian, sebaiknya kami uraikan secara singkat tentang kain polyester.

Kain Polyester

penggunaan jenis kain polyester

sumber : https://www.garudaprint.com/

Kain polyester berasal dari hasil proses kimia polimerisasi ethylene glycol dengan asam tereflatat. Hasil proses kimia ini menghasilkan serat kain yang kuat namun mudah terbakar dalam suhu yang tinggi. Sebenarnya penggunaan serat polyester sangat luas tidak hanya sebagai bahan pakaian saja. Namun, guna menciptakan jenis kain polyester dengan karakteristik baru, maka serat polyester dicampur dengan berbagai bahan serat lainnya.

Jenis Kain Polyester dan Penggunaannya

Jenis kain polyester sebagai bahan pakaian banyak ditemui dipasaran. Bermacam jenis kain polyester ini bisa anda gunakan sebagai bahan pakaian sesuai dengan karakteristik kain yang anda inginkan. Untuk selengkapnya tentang jenis kain polyester dan penggunaannya bisa anda cek di bawah ini.

Kain PE

sumber : https://www.tokopedia.com/

Kain PE merupakan jenis kain polyester dengan bahan murni seratus persen serat polyester. Jika membeli kain ini biasanya ada sebuah label dengan tulisan 100 % Polyester. Jenis kain ini juga banyak dimanfaatkan oleh para produsen pakaian karena memiliki beberapa kelebihan kain yang cocok sebagai jenis pakaian tertentu. Jenis kain ini untuk menghasilkan bahan yang lebih berkualitas, maka diperlukan proses selanjutnya agar memiliki kain yang unggul dengan sifat kain yang unggul juga.

Penggunaan Jenis Kain Polyester PE

Penggunaan jenis kain polyester PE pada umumnya digunkan sebagai bahan dari pakaian jaket celana, kaos, kemeja, seragam, jilbab, seragam kerja, dasi, jas, dan lain sebagainya.

Kain Lacoste

sumber : https://www.bahankain.com/

Sebenarnya kain lacoste sendiri memiliki beberapa jenis kain yang berdasarkan bahan pembuatannya. Namun kali ini yang kita bahas adalah kain lacoste yang berbahan dengan kandungan serat polyester. Pada kain jenis ini memiliki permukaan kain dengan pori-pori yang lebar dibandingkan dengan jenis kain lacoste jenis katun.Kain lacoste memiliki kualitas yang bagus karena memilki beberapa kelebihan dari kain salah satunya cocok digunakan sebagai pakaian formal.

Penggunaan Jenis Kain Polyester Lacoste

Kain yang memiliki permukaan berpori ini sangat umum digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian Polo T-shirt. Penggunaan jenis kain polyester lacoste biasanya digunakan sebagai bahan kaos berkerah untuk baju formal outdoor yang dipakai untuk mempromosikan produk dari sebuah perusahaan.

Kain Spandek

sumber : https://aminama.com/

Kain spandek juga merupakan jenis kain yang berasal dari bahan serat polyester sehingga kain spandek menjadi salah satu jenis dari kain polyester. Namun, kain spandek tidak berbahan murni polyester saja, tetapi hasil dari campuran serat polyester dengan serat lainnya seperti katun, rayon, dll. Sehingga jenis kain ini memilki sifat lentur yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan beberapa jenis pakaian. Kelebihan kain ini menjadi rekomendasi penggunaan jenis kain polyester ini sebagai bahan pakaian diluar ruangan dalam aktivitas sehari-hari.

Penggunaan Jenis Kain Polyester Spandek

Penggunaan jenis kain polyester spandek pada umumnya digunakan sebagai bahan pakaian olah raga, karena bahan satu ini mampu mempertahankan ukuran aslinya meskipun sudah direnggangkan. Penggunaan jenis kain polyester ini sebagai bahan pakaian juga disebabkan bahan satu ini tahan terhadap sinar UV, alkali, asam, keringat, dll.

Kain Paragon

Kain paragon merupakan jenis kain dari turunan polyester. Beberapa karakteristik kain paragon diantaranya, daya serap keringat rendah, kain sedikit tebal, lentur, sedikit mengkilat, dll. Meskipun demikian, jenis kain paragon termasuk kategori jenis kain yang sedikit mahal karena memiliki tampilan lebih elegan. Kain ini juga memiliki sifat yang halus dan lembut seperti kapas.

Penggunaan Jenis Kain Polyester Paragon

Penggunaan jenis kain polyester paragon banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian olahraga terutama untuk pakaian seragam olahraga basket. Bahan paragon sulit ditemui di pasaran sehingga jenis kain ini menjadi mahal harganya.

Kain Satin

Kain satin merupakan kain yang diproses dari teknik tenun khusus sehingga menghasilkan kain dengan sisi satunya mengkilap dan sisi satunya buram. Kain sendiri juga berasal dari beberapa bahan dasar untuk membuatanya diantaranya adalah sutra, polyester, atau nilon. Kain satin ini banyak disukai sebagai bahan pembuatan pakaian karena jenis kain ini bisa memberikan kesan mewah dan elegan. Sehingga banyak digunakan sebagai bahan pakaian untuk menghadiri acara-acara formal.

Penggunaan Jenis Kain Polyester Satin

Penggunaan jenis kain polyester satin biasa digunakan sebagai kemeja, blouse, jaket, dasi, gaun pengantin, hingga sebagai jilbab. Kain satin sendiri terdiri dari berbagai macam jenis satin yang memiliki kelebihan dan kelemahan sesuai dengan jenisnya.

Kain TC

Kain TC adalah salah satu jenis kain yang banyak digunakan sebagai bahan seragam sekolah. Kain TC berasal dari bahan campuran serat polyester 65% dengan bahan katun 35%. Jenis kain TC juga masih memiliki jenis turunannya, diantaranya TC Nyonya, TC Golden, TC Dakron dan TC Kijang.

Penggunaan Jenis Kain Polyester TC

Penggunaan jenis kain polyester TC (teteron cotton) biasa digunakan sebagai bahan pembuatan seragam sekolah. Di antara beberapa jenis TC, TC Dakron yang memiliki kain yang halus sehingga paling nyaman digunakan. Penggunaan jenis kain polyester TC ini juga sebagai bahan pembuatan rompi sekolah.

Kain Sifon

Kain sifon salah satunya terbuat dari bahan sintetis yaitu poliester. Sehingga kain sifon ini juga masuk dalam jenis kain polyester. Kain yang tipis dari hasil teknik tenun khas ini sangat populer karena memiliki beberapa kelebihan kain yang disukai oleh banyak kalangan termasuk produsen pakaian dan konsumen.

Penggunaan Jenis Kain Polyester Sifon

Penggunaan jenis kain polyester sifon banyak digunakan sebagai pelapis pakaian karena jenis kain ini tipis. Meskipun kain ini digunakan sebagai pakaian tetap harus ada kain yang melapisi didalamnya supaya tidak menerawang. Penggunaan kain ini juga sebagai bahan jilbab, namun harus menggunakan inner atau ciput dalam aplikasinya.

Kain Hyget

Kain hyget merupakan salah satu jenis kain yang sering digunakan sebagai pembuatan pakaian. Kain hyget berasal dari bahan campuran antara katun dan polyester. Sehingga kain hyget memiliki karakteristik kain dengan daya serap kain yang baik. Sehingga kain ini nyaman digunakan sebagai pakaian, selain itu kain ini tidak gampang kusut.

Penggunaan Jenis Kain Polyester Hyget

Penggunaan jenis kain polyester hyget pada umumnya digunakan sebagai bahan pakaian kaos olahraga. Jenis kain ini memang sangat cocok sekali untuk bahan pakaian untuk outdoor.

Leave a response

three × five =