0 items in your shopping cart

No products in the cart.

MENGENAL KAIN LACOSTE

Kain lacoste merupakan jenis kain yang digunakan sebagai bahan pembuatan kaos polo. Kain ini merupakan bahan rajutan dengan ciri-ciri memiliki tekstur kain yang berpori-pori dengan beberapa pola seperti bentuk kotak, segitiga dan bentuk bintik-bintik. Pertama kali muncul kaos polo dengan bahan lacoste dipopulerkan oleh atlet tenis yang berasal dari Perancis. Kain lacoste juga memiliki beberapa varian jenis dengan kualitas yang berbeda. Bahan pembuatan kaos polo ini juga disebut pique dengan memiliki rajutan yang padat. Nah, supaya mengenal lebih jauh tentang kain lacoste, maka kami akan memaparkan secara jelas dalam tulisan di bawah ini.

Sejarah Kain Lacoste

Kain Lacoste

sumber : https://www.icon-icon.com/

Di masa transisi antara abad ke-19 dan abad ke-20 pakaian olahraga seperti tenis menggunakan kaos warna putih lengan panjang dengan desain kancing di bagian dada. Dalam pemakaiannya kedua lengan kaos digulung dan menggunakan dasi. Pakaian atasan ini dipadukan dengan celana flanel. Sehingga pakaian olahraga tenis ini tidak bisa memberikan kenyamanan atlet tenis ketika bermanuver dalam permainannya.

Kemudian atlet tenis yang berasal dari perancis yang bernama Rene Lacoste yang telah menjuarai sekitar 7 kali Grand Slam Prancis, memutuskan untuk merancang pakaian olahraga tenis yang nyaman. Pakaian yang dirancangnya adalah berupa kaos putih lengan pendek yang dibuat dari bahan katun rajutan yang letur (Jersey Pique). Rancangan ini digunakan oleh Rene Lacoste pertama kalinya dalam kejuaraan terbuka Amerika Serika pada tahun 1926. Selang satu tahun berikutnya Rene Lacoste menambah lambang buaya di bagian dada kiri kaos yang didesainnya.

Di masa pensiunnya pada tahun 1933, Rene Lacoste bersama temannya seorang merchandiser pakaian yang bernama Andre Gillier memasarkan kaos polo di negara-negara Eropa dan Amerika Utara. Sebelumnya mereka berdua mendirikan perusahaan yang bernama Kamisol Lacoste kemudian mulai menjual desain kaos untuk olahraga tenis yang memiliki logo bordir buaya di bagian dada kiri.

Desain kaos Lacoste ini kemudian diadopsi sebagai kaos olahraga polo. Seorang atlet olahraga polo sekaligus seorang pedagang kelontong yang berasal dari Kanada yaitu Montreal Quebec selanjutnya memproduksi pakaian dengan logo seorang atlet polo yang didesain oleh Hurlingham Polo Club yang berlokasi di dekat Buenos Aires. Kemudian kaos polo ini menjadi popoler di seluruh dunia atas jasa dari Ralph Lauren.

Secara singkat penjelasan sejarah kaos polo hingga menjadi populer ini awalnya kaos yang diperuntukkan sebagai pakaian olahraga tenis. Namun, olahraga polo justru yang mampu menjadikan desain kaos polo ini terkenal di seantero dunia. Sehingga kain lacoste ini sangat identik sebagai bahan pembuatan kaos polo. Kain lacoste yang memiliki ciri khusu kain dengan permukaan berpori ini biasanya sering dipadukan dengan bentuk bordiran pada logonya.

Jenis Kain Lacoste

sumber : https://shopee.co.id/

Dewasa ini seiring perkembangan dunia garmen, maka kain lacoste terbagi menjadi beberapa jenis dengan kualitas kain yang berbeda-beda. Kualitas kain yang berbeda-beda karena memiliki bahan pembuatan yang berbeda pula. Untuk mengenal selangkapnya jenis-jenis kain lacoste, di bawah penjelasannya.

Kain Lacoste PE

Kain Lacoste PE adalah kain rajutan yang berasal dari bahan polyester. Jenis kain lacoste PE memiliki ciri pori-pori yang lebih besar dibandingakn pori-pori yang dimiliki jenis lacoste lainnya. Bahan polyester yang buruk dalam mentyerap keringat, maka pada kain lacoste PE juga sangat buruk dalam menyerap keringat sehingga bahan ini mudah membuat gerah dan kurang nyaman digunakan.

Namun, jenis lacoste ini memiliki kelebihannya, yaitu harga kainnya murah sehingga digunakan sebagai bahan pembuatan kaos polo dalam bentuk masal untuk penggunaan promosi. Kelebian berikutnya adalah bahan ini tidak gampang kusut dan tidak menyusut.

Kain Lacoste Pique

Kain lacoste pique memiliki ciri rajutan padat dengan corak yang berbentuk segiemapat atau segienam. Lacoste pique ini berasal dari bahan katun sehingga nyaman saat digunakan untuk olahraga.

Kain Lacoste CVC

Kain laoste ini memiliki kandungan bahan polyester dan katun. Namun kandungan bahan katunnya lebih dominan sehingga jenis lacoste ini memiliki daya serap keringat dengan baik. Jenis kain lacoste ini juga memiliki kedua karakteristik dari bahan polyester dan katun sehingga jenis kain lacoste ini memiliki kualitas sedang dengan harga yang terjangkau dipasaran.

Kain Lacoste Cotton

Jenis kain lacoste cotton memiliki karakteristik kain yang lembut dan memiliki daya serap keringat yang sangat baik karena berbahan dari serat alami cotton. Cir khas dari kain lacoste ini adalah memiliki tekstur berpori pada sisi luar kainnya saja, sedangkan sisi dalam kain tidak memiliki tekstur berpori. Bahan ini sering dijadikan sebagai bahan kaos polo premium karena mampu memberikan kenyamanan saat digunakan.

Karakteristik Bahan Dari Kain Lacoste

sumber : https://suhekonveksi.com/

Semi Katun

Jenis bahan ini biaanya digunakan oleh jenis lacoste cvc, sehingga memiliki karakteristik sedikit panas karena mengandung bahan polyester. Selain itu daya serap keringatnya juga belum maksimal sehingga kain ini dipasaran dibandrol dengan harga murah.

Katun

Jenis lacoste bahan ini memiliki karakteristik kain yang sangat lembut dan memiliki daya serap keringat yang sangat baik. Sehingga jenis lacoste ini sangat nyaman saat digunakan. Jenis lacoste ini biasanya menjadi bahan untuk pembuatan kaos polo.

VIP

Jenis kain lacoste terbaik dengan kualitas bahan yang tebal dengan kandungan katun 100% tanpa ada campuran bahan lainnya. Sehingga jenis lacoste ini memiliki karakteristik dengan daya serap keringat yang tinggi dan jenis kain ini memiliki tekstur kain yang sangat lembut sehingga sangat nyaman saat digunakan dalam cuaca panas ataupun digunakan untuk berolahraga. Kualitas bahan terbaik membuat jenis lacoste ini memiliki harga yang lebih mahal dipasaran.

Penggunaan Kain Lacoste

sumber : https://www.garudaprint.com/

Kaos Polo

Penggunaan umum bahan lacoste adalah sebagai bahan pembuatan kaos polo atau kaos wangki. Kaos dengan model berkerah dengan kancing pada bagian dada ini sangat populer dan mampu memberikan penampilan yang kasual dan semi formal. Sehingga kaos polo ini banayk disukai oleh kalangan pria.

Kaos Polo Lengan Panjang

Kaos polo pada awalnya adalah memiliki lengan pendek, seiring perkembangan desain maka kaos polo juga ada yang memiliki lengan panjang. Kaos polo dengan lengan panjang juga mampu memberikan penampilan yang kokoh dan elegan.

Seragam

Tekstur kaian lacoste yang unik ini menjadi bahan yang disukai oleh produsen konveksi dalam pembuatan seragam. Pakaian seragam yang biasa digunakan adalah dari bahan drill, twill, canvas, dll. Kain lacoste sebagai bahan seragam mampu memberikan penampilan yang semi formal dengan kenyamanan yang baik saat digunakan.

Kemeja

Kemeja dari bahan lacoste juga bisa berfungsi sebagai seragam kantor. Kemeja berbahan lacoste memiliki kesan formal sehingga baik untuk dipakai dalam acara-acara formal lainnya. Tidak hanya untuk dipakai diacara formal saja, kemeja lacoste juga bisa digunakan untuk dipakai pada adara santai dan semi formal. Pada umumnya penggunakan untuk kemeja berasal dari bahan lacoste premium supaya nyaman saat digunakan.

Leave a response

20 + fifteen =