0 items in your shopping cart

No products in the cart.

7 Kain Terbaik Untuk Bahan Kaos

Kain terbaik untuk bahan kaos saat ini semakin beragam jenisnya, mulai dari yang bermotif dan varian warna kain terbaik untuk bahan kaos yang semakin banyak. Jenis-jenis kain terbaik untuk bahan kaos ini juga cocok sebagai bahan pakaian lainnya sesuai dengan karakteristik kain yang dimilikinya. Di bawah ini kami akan mengulas beberapa jenis kain terbaik untuk bahan kaos sebagai pengetahuan untuk kamu semua agar menjadi pertimbangan dalam memutuskan dalam memilih bahan pembuatan kaos terbaik.

Jenis Kain Terbaik Untuk Bahan Kaos

Ada beberapa jenis kain terbaik untuk bahan kaos yang bisa menjadi rekomendasi sebelum membeli atau memproduksi kaos berkualitas bagus supaya nyaman digunakan dalam beraktivitas.

Kain Cotton Combed

kain terbaik untuk bahan kaos

sumber : https://blog.porinto.com/

Kain cotton combed merupakan salah satu jenis kain katun terbaik untuk bahan kaos yang sudah paling dikenal. Meskipun populer sebagai bahan pembuatan kaos terbaik, cotton combed juga biasa digunkan sebagai bahan pembuatan pakaian lainnya. Cotton combed menjadi salah satu jenis kain terbaik karena bahan ini memiliki beberapa kelebihan pada kainnya seperti kain halus dan lembut, tekstur kain yang rata, memiliki sifat adem saat digunakan, dan mudah menyerap keringat dengan baik.

Kain U.S. Pima Cotton

sumber : https://www.bukalapak.com/

Jenis kain terbaik untuk bahan kaos berikutnya adalah kain U.S. Pima Cotton. Jenis cotton ini termasuk kategori kain premium dengan harga yang mahal. Kain terbaik untuk bahan kaos ini juga memiliki kandungan serat kapas 100%, namun serat kapas yang digunakan adalah jenis yang langka, yaitu total produksi serat kapas ini hanya 1% dari seluruh produksi kapas di dunia. Selain memiliki karakteristik kain cotton pada umumnya, U.S. Pima Cotton juga memiliki warna yang lebih cerah dan serat kainnya lebih kuat dan lebih panjang sehingga jenis kain ini bisa bertahan lama.

Kain Cotton Modal

sumber : https://kaospabrik.com/

Jenis kain terbaik untuk bahan kaos dengan kategori premium lainnya adalah kain cotton modal. Jenis kain ini berasal dari bahan serat cotton dengan serat modal (serat kayu / beechwood) sehingga dinamakan ‘Cotton Modal’. Kelebihan dari kain ini adalah memiliki kelembutan dan kehalusan yang terbaik, selain itu kain ini memiliki sifata jatuh dan ringan. Ciri khas dari kain ini adalah kaian akan berkilau jika terkena sinar matahari dan kain tidak mudah kusut. Cotton modal tidak hanya digunkan sebagai bahan kaos saja, tetapi bahan ini juga sering digunakan untuk pembuatan dress.

Kain Cotton Bamboo

sumber : https://greengarment.id/

Kain cotton bamboo memiliki sifat adem dan berkualitas tinggi. Kain cotton bamboo berasal dari campuran dari serat katun dan serat bambu. Sehingga kain cotton bamboo memiliki kandungan anti bakteri didalam kainnya, yaitu zat alami penny quinone dan zat anti jamur bio-agent Bamboo Kun. Jadi tidak salah lagi jika cotton bamboo merupakan salah satu kain terbaik untuk bahan kaos dewasa dan anak-anak.

Kain Cotton Combed Stripes

Kain terbaik untuk bahan kaos selanjutnya adalah kain cotton combed stripes. Kain ini memiliki ciri khas corak garis dengan kombinasi dua warna pada satu kain yang berbentuk garis vertikal memanjang. Jenis kain ini juga masuk kategori kain jenis premium dengan harga yang mahal.

Kain Cotton Galaxy

Kain cotton galaxy memiliki ciri khusus yaitu terdapat bintik warna-warni pada permukaan kainnya. Jenis kain ini memiliki 4 varian corak warna yaitu White, Black, Rainbow dan Scotlight. Perlu juga kamu ketahui bahwa bintik warna-warni pada permukaan kain tidak memicu gatal-gatal pada kulit karena bahan ini terbuat dari serat alami yang juga aman digunakan sebagai bahan pakaian anak-anak. Jadi kain cotton galaxy juga termasuk jenis kain terbaik untuk bahan kaos.

Kain Polyester Activedry

Jenis kain ini mungkin masih asing ditelinga kamu semua. Selain itu kamu mungkin juga heran kenapa bahan polyester bisa menjadi salah satu kain terbaik untuk bahan kaos. Nah, penjelasan kali ini mungkin bisa membuat kamu paham tentang kain polyester activedry. Jenis kain ini memiliki kelebihan menyerap keringat dengan baik padahal kandungan bahan ini adalah polyester 100%.

Penyebab kain ini memiliki daya serap air yang baik karena bahan ini diproses menggunakan teknik khusus sehingga selain memiliki daya serap air yang baik, jenis kain ini juga memiliki kelebihan kain cepat kering sehingga sangat nyaman digunakan sebagai pakaian olahraga.

Nah, setelah menbahas tentang kain terbaik untuk bahan kaos, tidak lengkap jika tidak membahas tentang sablon terbaik yang digunakan pada kaos. Karena pada umumnya kaos akan semakin menarik dan tampak bagus jika diberikan sablonan.

Jenis Sablon Terbaik Untuk Kaos

Beberapa jenis sablon yang ada seperti rubber, llastisol, discharge, dan jenis sablon lainnya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Supaya sablonan pada kaos kamu bisa awet, maka sablon jenis apa sebaiknya yang digunakan ? Jawaban dari pertanyaan itu bisa diketahui dari mengenal tentang jenis-jenis sablon di bawah ini.

Sablon Manual

Sablon manual merupakan teknik sablon dengan menggunakan peralatan sablon dengan pengerjaan oleh tenaga manusia. Meskipun masih menggunakan teknik manual, jenis sablon ini memiliki keunggulan harga yang terjangkau sehingga masih banyak digunakan oleh produsen kaos pemula. Selain itu sablon manual bisa bertahan lama sehingga tampilan kaos tetap bagus jika digunaan.

Keunggulan lainnya adalah warna sablon tidak mudah luntur dan hasil sablon manual lebih sempurna. Sablon manual juga sangat cocok digunakan dalam produksi masal karena biaya murah sehingga cost produksi sedikit dan kaos bisa dijual dengan harga terjangkau. Hasil warna dari sablon manual sekitar 80-95% sama dengan desain yang dibuat. Sablon manual juga lebih variatif diantaranya seperti rubber, plastisol, superwhite atau discharge.

Namun, sablon manual juga memiliki kekurangannya yaitu pengerjaan harus masal karena jika satuan akan rugi pada ongkos pengerjaan film sablon. Kekurangan berikutnya sablon manual adalah mengkombinasikan warna lebih dari satu sangat rumit, kemudia pengerjaan sablon manual membutuhkan waktu yang lama karena banyak tahapan prosesnya sampai menjadi hasil sablon. Pengrjaan sablon juga harus dilakukan yang sudah berpengalaman supaya tidak terjadi retak atau pecah pada sablonan kaos.

Sablon Digital Printing

Sablon digital printing juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan sablon digital printing ini dilakukan oleh mesin yang dikendalikan dari komputer sehingga desain bisa langsung dicetak pada kaos. Keunggulan sablon ini mampu menghasilkan gambar tiga dimensi dan pengerjaan cepat tidak membutuhkan waktu yang lama. Pengerjaan bisa dilakukan satuan dengan harga yang murah.

Untuk kekurangan sablon digital printing antara lain, gambar yang tiga dimensi tidak mampu menghasilkan warna yang kuat dan tahan lama. Kemudian kekurangan berikutnya adalah sablon hanya bisa dilakuakan pada kaos dengan bahan tertentu saja. Dan kekurangan yang terakhir adalah peralatan sangat mahal selain itu untuk servis peralatan jika mengalami kerusakan juga sulit ditemukan.

Leave a response

five × 1 =