0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kain Katun Ima

Kain katun ima merupakan salah satu jenis kain katun import yang cukup populer dipasaran. Kepopuleran kain katun ima masih di bawah kepopuleran kain katun Jepang dan kain katun Cina. Kain katun ima ini mulai cukup populer setelah dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan busana muslim seperti jilbab, rok, dress, dan gamis syar’i. Selain digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian kain katun ima juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan perlengkapan rumah tangga seperti bahan seprei. Nah untuk mengetahui dan lebih mengenal tentang kain katun ima, di bawah ini akan kami jelaskan selengkapnya tentang kain ini.

Mengenal Kain Katun Ima

Kain Katun Ima

sumber : https://gamisjilbabsyari.com/

Kain katun ima dibuat dari serat kapas seperti jenis kain katun pada umumnya. Namun, perbedaan dari jenis kain katun pada umumnya dengan kain katun ima adalah proses pembuatannya. Dalam proses pembuatan kain katun ima menghasilkan kain dengan sifat dingin, halus, rapi. Kain katun ima jika diperhatikan memiliki permukaan garis-garis kecil dengan warna yang serupa warna kain.

Karakteristik Kain Katun Ima

sumber : https://shopee.co.id/

Wilayah tropis dengan cuaca yang hangat seperti Indonesia, banyak masyarakatnya menggunakan pakaian dengan bahan yang mampu memberikan sifat adem dan mudah menyerap keringat dengan baik supaya aktivitas sehari-hari mereka bisa nyaman. Salah satu jenis kain yang memiliki karakteristik tersebut adalah kain katun. Namun kain katun juga memiliki beberapa macam jenis dengan kualitas yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, jika masih bingung memilih kain katun yang tepat sebaiknya pilih kain katun ima saja. Salah satu jenis kain katun ini memiliki beberapa ciri yang mudah untuk diketahui secara kasat mata. Sehingga jika ingin membeli dipasaran cukup mengetahui beberapa ciri atau karakteristik yang kami sebutkan di bawah ini.

  • Kain katun import yang berasal dari negara Jepang ini bisa dengan mudah dikenali pada ujung kainnya selalu ada tulisan ‘ Pure Cotton Japanes ‘. Tulisan ini memiliki arti bahwa kain katun ini berasal dari serat katun murni 100% tanpa adanya campuran bahan serat sintetis.
  • Sebagian jenis kain katun memiliki tekstur yang berbulu pada permukaan kainnya. Namun pada bahan katun ima tidak memiliki tekstur berbulu dan kain ini memiliki bobot lebih ringan, kemudian kain ini lebih lembut daripada jenis kain katun lainnya.
  • Serat alami dari kapas 100% ini mampu menyerap keringat dengan sangat baik sehingga sangat layak digunakan sebagai bahan pakaian di wilayah tropis.
  • Kualitas kain yang baik sehingga jenis kain katun ini masuk kategori kain premium dan ini berpengaruh pada sisi harga kain yang cenderung lebih mahal daripada jenis katun biasanya.
  • Kain katun ini tidak memiliki tampilan yang mengkilap karena sangat berbeda dengan proses pembuatan kain satin. Kain katun ini memiliki karakteristik garis-garis pada permukaannya dengan warna yang senada dengan warna kainnya.

Keunggulan dan Kelemahan Kain Katun Ima

sumber : https://www.lunartextile.com/

Setelah mengetahui karakteristik kain katun ini, selanjutnya yang perlu diketahui lagi adalah keunggulan dan kelemahan kain katun ima agar bisa menjadi informasi valid sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan katun ima sebagai bahan pakaian.

Keunggulan

  • Kain katun ini memiliki daya serap air yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan pakaian di daerah tropis seperti di Indonesia.
  • Tekstur bahan katun ima lebih halus dari jenis kain katun pada umumnya karena jenis katun ini tidak berbulu sehingga penampilan kain ini juga lebih menarik dari jenis katun lainnya.
  • Kain ini memiliki warna yang tidak gampang pudar sehingga warnanya cenderung awet dalam waktu jangkap panjang.
  • Bahan serat katun murni membuat kain ini tidak memicu alergi pada kulit.
  • Tidak gampang kusut meskipun setelah mengalami proses pencucian sehingga mempermudah perawatannya.

Kelemahan

  • Bahan katun ima cenderung lebih cepat rusak jika direndam dalam waktu yang cukup lama sebelum melakukan pencucian.
  • Mudah jamuran jika berada atau disimpan di tempat yang lembab, maka untuk menyimpan pakaian bahan katun ima sebaiknya di tempat yang benar-benar kering.

Jenis Kain Katun Ima

sumber : https://www.tokopedia.com/

Kain Katun Ima Slub

Kain katun ima slub adalah jenis katun ima yang pertama dengan ciri khusus yang bisa dikenali pada permukaan kainnya terdapat serat yang bergaris saling silang terlihat sangat jelas oleh mata telanjang. Jenis ima slub ini pada umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan hijab dengan model pashmina dan jilbab segi empat. Kain yang unik ini mampu memberikan kesan modis dan feminin.

Kain Katun Ima Polos

Jenis kedua katun ima adalah katun ima polos. Sangat berbeda dengan katun ima slub, jenis ima polos tidak memiliki tekstur garis-garis pada permukaan kainnya, tetapi kualitas kainnya sama dengan kain ima slub. Jenis ima polos banyak digunakan sebagai bahan pembuatan hem, baju, kemeja, gamis, rok dan lain-lainnya. Dalam memilih katun ima polos harus benar-benar jeli karena jenis kain ini memiliki kembaran yang memiliki karakteristik hampir sama pada tekstur kainnya. Kembaran ima polos adalah kain katun toyobo.

Cara Membedakan Katun Ima Polos Dengan Katun Toyobo

  • Kain katun ima polos memilki ketebalan kain sedikit lebih tipis dan memiliki bobot lebih ringan daripada kain katun toyobo.
  • Kain katun ima polos memiliki serat kain yang lebih kecil daripada serat kain yang dimiliki kain katun toyobo.
  • Kain ima polos jika dipegang lebih halus daripada katun toyobo.

Cara Mengenal Kain Katun Ima KW

Kain premium dengan kualitas terbaik dipasaran pasti ada tiruannya. Karena banyak pengguna jarang mempermasalahkan kain tersebut asli atau tiruan, tetapi mereka membeli karena harganya yang murah dengan penampilan mirip aslinya. Nah jika kita ingin memilih katun ima yang asli maka cara yang tepat supaya tidak salah dalam memilih pertama sentuh permukaan kainnya, jika kainnya lembut dan memiliki daya serap keringat yang baik maka bisa dipastikan kain tersebut katun ima asli.

Kemudian kain katun ima yang asli kainnya tidak mudah kusut meskipun sudah dicuci berkali-kali. Sedangkan kain katun ima kw akan tampak kusut setelah mengalami pencucian berkali-kali.

Motif, Corak, Dan Warna

Pilihan motif, corak dan warna kain katun ima sangat beragam. Pada umumnya katun ini memiliki motif yang lucu, floral dan ceria dengan corak cerah dan full color. Kain katun import ini hadir terinspirasi dari kain yang dijadikan bahan kimono yang memiliki warna-warna cerah dengan motif floral yang ceria.

Demikian beberapa penjelasan tentang kain katun import yaitu kain katun ima yang berasal dari negeri Sakura Jepang. Semoga beberapa penjelasan tentang katun ima di atas bisa menambah pemgetahuan kita tentang jenis kain katun dan khusus tentang jenis kain katun import. Sehingga pengetahuan ini bisa menjadi pertimbangan dalam memilih bahan untuk membuat pakaian, hijab dan perabot keperluan rumah tangga.

Leave a response

3 × 1 =