0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Jenis Kain Katun Twill

Jenis kain katun twill dalam dunia fashion sering digunakan sebagai bahan pembuatan celana. Jenis kain katun twill memiliki ciri yang sama pada permukaan kaiannya dengan kain drill, yaitu memiliki permukaan dengan pola garis garis diagonal. Namun jenis kain katun twill memiliki kain yang lebih tebal dari kain drill. Selain itu jenis kain katun twill juga memiliki kerapatan anyaman benangnya sehingga jenis kain katun ini lebih kuat daripada kain drill.

Fakta dipasaran, jenis kain katun twill ini juga memiliki beberapa jenis kain dengan karakter yang sedikit berbeda, mulai dari ketebalan kain dan kerapatan susunan benang pada tenunan kain ini. Perkembangan dunia garmen juga menciptakan jenis baru dari kain katun twill, seperti jenis kain katun twill stretch.

Ciri-Ciri Kain Katun Twill

jenis kain katun twill

sumber : https://shopee.co.id/

Pada umumnya jenis kain katun twill memiliki ciri-ciri diantaranya, memiliki tenunan kain berbentuk garis garis diagonal. Jenis kain ini memiliki bobot yang cukup ringan. Kualitas jenis kain katun twill ditentukan oleh bahan dasar untuk pembuatan kain. Seperti bahan wol akan menghasilkan jenis kain katun twill dengan kualitas yang sangat baik. Namun, jenis kain ini tidak cocok digunakan di cuaca tropis seperti Indonesia. Dibandingkan dengan kain drill, jenis kain katun twill memiliki ketebalan kain di atas kain drill.

Penggunaan Jenis kain Katun Twill

sumber : https://shopee.co.id/

Penggunaan jenis kain katun ini tidak hanya sebagai bahan pembuatan celana chino saja tetapi juga digunakan sebagai bahan pembuatan jaket. Karena jenis kain katun ini memiliki kualitas kain sepadan dengan jenis kain katun Jepang. Namun dipasaran ada jenis kain katun twill dengan kualitas yang rendah, yaitu kain tipis dan warna kain tidak mencolok. Sehingga jenis kain katun ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan sprei.

Selain untuk bahan pembuatan sprei, jenis kain katun twill juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan busana muslim seperti gamis, baju koko, dll. Jenis kain katun ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan jaket lapangan, jaket kantor, kemeja lapangan, celana kargo.

Jenis kain katun twill memiliki beraneka ragam warna, mulai dari warna hitam, cream, blue navy, abu monyet, dan coklat. Aneka warna jenis kain katun will sangat disukai oleh produsen pakaian karena aneka warna yang banyak menjadi pilihan yang beragam yang bisa menarik konsumen untuk membeli sesuai dengan warna yang disukainya.

Kelebihan Jenis Kain Katun Twill

sumber : https://shanehijab.com/

Supaya pengetahuan tentang jenis kain katun twill lengkap maka sebaiknya mengenal kelebihan dan kekuarangan jenis kain katun ini. Informasi yang lengkap bisa memberikan rekomendasi yang tepat saat memilih pakaian yang berbahan kain katun twill.

Pola Garis Diagonal Pada Permuakaan Kain

Rajutan kain berbentuk garis diagonal ini memiliki kelebihan daripada jenis kain lainnya. Permukaan kain berbentuk diagonal membuat anyaman menjadi rapat sehingga menghasilkan kaian yang kuat yang tidak gampang sobek. Selain itu pola garis diagonal ini juga memberikan kesan pada pakaian tampak lebih ekseklusif. Meskipun ciri ini mirip dengan kain drill, tetapi kualitas jenis kain katun twill masih lebih unggul.

Bahan Adem

Sudah sangat populer jika kain berbahan katun akan memiliki karakteristik atau kelebihan kain adem saat digunakan. Karena bahan katun berasal dari serat alami. Sehingga jenis kain katun twill ini memiliki kualitas yang cukup baik dengan harga yang mudah dijangkau oleh semua kalangan.

Warna Tidak Mencolok

Warna yang tidak mencolok sebagian orang menganggap ini salah satu kelemahan. Tetapi kali ini warna kain yang tidak mencoloh menjadi kelebihan dari jenis kain katun twill. Bahan twill yang sering dijadikan pembuatan pakaian pria dan wanita ini sangat laris dipasaran karena jenis kain katun ini memiliki harga terjangkau. Selain itu warna yang tidak mencolok mampu memberikan kesan ceria dan segar.

Lembut

Kain jenis ini memiliki permukaan yang lembut sehingga jenis kain katun ini aman untuk yang memiliki masalah dengan kulit karena tidak memicu alergi. Kain yang lembut menjadikan bahan ini digunakan tidak sebatas sebagai bahan pakaian saja, tetapi juga digunakan sebagai bahan sprei karena mampu memberikan kenyamanan saat tidur.

Tidak Gampang Luntur

Warna kain jenis kain katun twill tidak gampang luntur. Karena jenis kain katun ini memiliki campuran bahan spandex dalam pembuatan kain sehingga kain lebih lentur, kuat, dan warna tidak gampang luntur. Salah satu kelebihan dari kain ini membuat disukai oleh banyak kalangan.

Daya Serap Air Baik

Kemampuan dalam meyerap air cukup baik, sehingga dalam pembuatan bahan pakaian, jenis kain katun ini memiliki daya serap keringat cukup baik juga sehingga membuat nyaman saat melakukan aktivitas di cuaca panas.

Kekurangan Jenis Kain Katun Twill

sumber : https://shanehijab.com/

Warna Muda

Jenis kain katun twill hanya memiliki varian warna muda saja. Sehingga ini menjadi salah satu kekurangan kain katun twill karena tidak memiliki varian warna tua. Sehingga bahan twill ini hanya dijadikan bahan pakaian sesuai dengan kebutuhan saja yang sesuai dengan warna yang dimilikinya.

Kualitas Dibawah Katun Jepang

Harga kain katun twill yang cukup terjangkau menggambarkan bahawa kualitas kain ini masih kurang baik. Faktanya jenis kain katun twill kualitasnya masih di bawah kain katun Jepang yang memiliki harga lebih mahal.

Busana Pria Bahan Katun Twill

Celana Sirwal

Celana sirwal yang memiliki berbagai macam desain sekarang banyak disukai oleh kaum pria. Celana dengan panjang di atas mata kaki banyak disukai oleh kalangan pria muslim. Karena model celana sirwal sesuai kaidah syar’i. Selain itu celana panjang di atas mata kaki mampu memberikan kemudahan dalam melakukan pergerakan. Kemudian pemakaian celana sirwal juga lebih terjaga dari najis. Sehingga sirwal nyaman digunakan untuk sholat dan biasa digunakan dalaman sarung. Produsen pakaian banyak menggunakan bahan katun twill untuk pembuatan celana sirwal. Warna celana yang tidak mencolok sangat cocok digunakan bahan pembuatan celana pria.

Kemeja Koko

Warna bahan twill yang redup disukai oleh kalangan pria karena mampu memberikan kesan modern dan macho. Sehingga busana berbahan katun twill ini sangat diminati kaum pria sebagai busana sehari-hari.

Busana wanita Bahan Katun Twill

Gamis

Gamis wanita sering menggunakan bahan katun twill sebagai bahan pembuatan gamis. Kelebihan bahan katun twill sebagai bahan gamis diantaranya kain tidak menerawang sehingga mampu menutup aurat dengan sempurna dan memberikan kenyamanan penggunanya. Apalagi kain katun twill, mampu memberikan rasa adem ketika dipakai.

Dress Wanita Muslim

Dress wanita muslim memiliki model desain pada bagian bawah cenderung melebar, sedangkan gamis ukuran sisi atas dan bawah hampir sama. Sehingga penggunaan dress memang lebih memberikan tampilan feminin dan elegan. Bahan dress wanita muslim yang sering digunakan oleh para produsen pakaian salah satunya adalah kain katun twill.

Leave a response

3 + eighteen =