0 items in your shopping cart

No products in the cart.

6 Jenis Kain Crepe Terbaik

Jenis kain crepe terbaik banyak di cari di pasaran oleh para fashion desainer untuk dijadikan bahan busana populer yang bisa digunakan sehari-hari. Dalam dunia fashion muslim, jenis kain crepe terbaik banyak digunakan sebagai hijab dan busana gamis. Kain yang memiliki keunikan pada teksturnya mampu memberikan kesan modis dan modern bagi penggunannya.

Jenis kain crepe pada umumnya memiliki tekstur kerutan pada permukaan kain. Kain keren ini ada bermacam-macam jenisnya dan masing-masing jenis kain ini memiliki level keunggulan sendiri. Kelebihan dan kekurangan kain crepe memberikan pengaruh harga dipasaran. Jika jenis kain crepe terbaik akan di bandrol dengan harga agak mahal, sedangkan jenis kain crepe yang biasa-biasa harga relatif murah.

Kelebihan Jenis Kain Crepe Terbaik

Jenis Kain Crepe Terbaik

sumber : https://jumi.store/

Jenis kain crepe terbaik tentunya memiliki kelebihan kualitas kain yang terbaik juga. Secara umum untuk menilai suatu jenis kain itu berkualitas baik atau tidak dengan cara berikut ini. Pertama, kamu bisa mengamati susunan serat pada kain akan tampak rapi jika kain itu baik. Kemudian yang kedua, kondisi kain tampak kokoh dan selanjutnya kain kuat tidak mudah robek, karena memiliki kerapatan benang yang tinggi. Adapun kelebihan jenis kain crepe terbaik juga bisa diketahui ketika kain digunakan.

Adem

Busana bahan crepe terbaik akan memberikan kenyamanan penggunanya. Karena kain satu ini memiliki sifat adem yang cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Sifat adem kain bisa mengurangi intensitas keluarnya keringat sehingga ketika beraktivitas tidak mudah gerah dan kain tidak mudah apek.

Elastis

Kain yang elastis akan membuat lebih nyaman jika digunakan karena akan mengurangi gesekan dengan kulit. Sifat lentur kain memberikan manfaat mudah dibentuk sehingga berdandan lebih mudah dengan menggunakan jenis kain crepe terbaik. Kain juga memiliki sifat jatuh saat digunakan sehingga tidak mudah tersingkap jika terhembus angin.

Tekstur Unik

Tekstur unik berupa kerutan pada permukaan kain tidak berarti kain ini kasar ketika bersentuhan dengan kulit. Faktanya, kain ini cukup lembut jika di pegang sehingga kulit menjadi nyaman. Justru tekstur unik yang dimilikinya bisa menambah kesan berkelas dan modis.

Tidak Menerawang

Kerapatan susunan serat kain membuat kain ini tidak menerawang saat dipakai meskipun ketika terkena sinar matahari langsung. Jika ada jenis kain crepe yang masih menerawang ketika terkena sinar matahari langsung, bisa dipastikan jenis kain tersebut memiliki kualitas rendah.

Kelemahan Jenis Kain Crepe Terbaik

sumber : https://konveksihasan.com/

Meskipun memiliki kualitas terbaik, kain ini pasti memiliki kelemahnya juga. Kelemahan tersebut berasal dari bahan dari jenis crepe tersebut. Apa saja kelemahan jenis kain crepe terbaik ini ? Ayo kita cek di bawah ini.

Gampang Pudar Warnanya

Kelemahan kain crepe terbaik ini adalah jenis kain crepe yang berbahan sutra. Karena sutra sendiri meskipun memiliki kualitas kain terbaik, namun juga memiliki kelemahan yaitu warna kain gampang pudar jika tidak mampu merawatnya dengan baik. Perawatan ekstra agar kain tidak gampang pudar warnanya, caranya dengan mencuci manual menggunakan tangan dan tidak menjemur langsung dibawah terik matahari.

Kain Berat

Jenis kain crepe terbaik yang memiliki massa yang sedikit berat adalah jenis kain crepe berbahan wol. Wol yang berasal dari bulu domba ini ketika di cuci akan membutuhkan waktu yang sedikit lama keringnya, apalagi di musim hujan. Sehingga hal ini menjadi salah satu kelemahan dari jenis crepe terbaik.

Jenis Kain Crepe Terbaik

Dari banyaknya jenis kain crepe, jenis kain crepe apa saja yang termasuk dalam jenis kain crepe terbaik ? Untuk jawaban selengkapnya bisa kamu baca semua di bawah ini.

Wool Crepe

sumber : https://jumi.store/

Wool crepe adalah salah satu jenis kain crepe terbaik yang dibuat dari serat wool bulu domba dengan menggunakan teknik tenun polos. Kain yang memiliki ketebalan bagus ini sangat cocok digunakan dalam suhu yang dingin. Jika di Indonesia yang beriklim tropis, woool crepe tepat digunakan ketika di pegunungan. Kelebihan wool crepe salah satunya tahan air, kain tidak cepat basah jika terkena air. Selain tahan air, wool crepe juga tahan api sehingga kain ini menjadi salah satu jenis terbaik kain crepe.

Crepe de Chine

sumber : https://beckfordsilk.co.uk/

Jenis kain crepe terbaik berikutnya adalah Crepe de Chine. Kain Crepe de Chine memiliki kualitas kain terbaik yang berasal dari bahan sutra namun tidak memiliki sifat berkilau pada permukaan kain. Jenis kain crepe satu ini banyak digunakan sebagai bahan busana untuk acara formal di dalam gedung. Jenis kain ini memiliki harga yang cukup mahal sehingga banyak digunakan oleh masyarakat kelas menegah atas.

Kain dari bahan berkualitas ini ternyata memiliki kelemahan, yaitu kain cepat rusak jika sering terkena langsung terik matahari. Crepe de Chine tidak cocok sebagai busana out door sehingga perawatan kain ini juga lebih ekstra supaya kain bisa awet.

Crepe Marocain

sumber : https://www.barth-seiden.de/

Jenis Crepe Marocain aslinya berasal dari bahan sutra juga. Seiring perkembangan dunia garment, Crepe Marocain saat ini ada yang berasal dari bahan campuran antara sutra dan rayon, atau antara sutra dan wol. Jenis kain Crepe Marocain memiliki tekstur khas yaitu kain bergelombang dengan tekstur memiliki pola garis-garis. Dulu Crepe Marocain menjadi bahan untuk busana yang digunakan oleh seorang janda yang sedang berkabung dan digunakan sebagai kerudung para biarawati.

Namun, hari ini Crepe Marocain menjadi salah satu bahan populer yang banyak disukai oleh para fashion desainer dalam membuat busana muslim dan hijab muslim.

Bubble Crepe

sumber : https://jumi.store/

Kain yang dikenal memiliki bobot ringan ini menjadi salah satu jenis kain crepe terbaik. Popularitas kain bubble crepe tidak diragukan lagi karena memiliki karakteristik kain dengan tekstur seperti gelembung-gelembng kecil pada permukaan kain. Kualitas terbaik kain ini juga dibuktikan kain tidak menerawang jika terkena sinar matahari langsung. Kemudian kain tidak gampang kusut dan mudah sekali ketika disetrika.

Bubble crepe pada umumnya terbuat dari serat polyester, namun untuk mendapatkan karakteristik yang baru dari bubble crepe, maka kain ini dibuat dengan bahan campuran antara polyester dengan serat spandex untuk menciptakan kelenturan yang lebih baik.

Barbie Crepe

sumber : https://www.facebook.com/

Barbie Crepe memiliki kualitas kain mirip dengan kain wool crepe. Tetapi barbie crepe memiliki kualitas kain yang lebih bagus karena kain lebih lembut sehingga kain barbie crepe memiliki harga lebih mahal daripada wool crepe. Semua karakteristik kain yang dimiliki barbie crepe di atas kualitas kain wool crepe.

Arabian Crepe

sumber : https://jumi.store/

Jika jenis moss crepe memiliki karakteristik kain dengan serat halus, kain tebal karena memiliki serat kain yang rapat sehingga tidak menerawang saat digunakan. Justru kain Arabian crepe memiliki kualitas karakteristik di atas kain moss crepe. Arabian crepe memiliki karakteristik kain lebih lembut daripada kain moss crepe, ketebalan kainpun juga lebih tebal dari moss crepe. Sehingga jenis kain ini masuk daftar jenis kain crepe terbaik.

Leave a response

nineteen − 5 =