0 items in your shopping cart

No products in the cart.

3 Cara Memilih Baju Koko Lebaran 2021

Baju koko asal mulanya adalah baju dengan bahan sutra putih yang memiliki nama shi jui. Dulu baju ini adalah pakaian laki-laki tua China dengan panggilan engkoh-engkoh. Maka kata ‘Koko’ berasal dari serapan kata engkoh-engkoh. Dahulu, orang-orang China ini datang ke Indonesia di bawa oleh VOC Belanda sebagai kuli untuk membangun kota Batavia. Karena, lamanya tinggal di Indonesia, maka budaya baju China ini diserap oleh masyarakat Indonesia menjadi baju koko atau baju taqwa.

Baju koko bagi masyarakat Indonesia saat ini merupakan baju yang identik dengan Islam. Sehingga baju ini sering di pakai dalam aktivitas keagamaan Islam, mulai untuk sholat, pengajian, dan aktivitas lainnya yang berkaitan dengan ibadah agama Islam. Hingga hari ini, baju koko berkembang sebagai pakaian yang di pakai sehari-hari dalam aktivitas segala hal, seperti kondangan, pergi ke kantor, acara reuni, dan lain sebagainya.

Perkembangan desain model baju koko membuat permintaan menjadi semakin tinggi. Sehingga industri busana muslim khususnya baju koko juga semakin besar. Permintaan tinggi baju koko ketika di bulan Ramadan, karena di bulan ini banyak laki-laki muslim membeli baju koko untuk di pakai di hari lebaran. Seorang laki-laki tentunya memiliki mobilitas yang tinggi karena sering berada di luar rumah. Di hari lebaran, agar nyaman dengan baju koko yang dipakainya, maka ada beberapa cara memilih baju koko yang tepat.

Pilih Kualitas Bahan Terbaik

sumber : https://www.brilio.net/

Perkembangan teknologi pemintalan juga berimbas pada perkembangan beragam jenis kain. Sehingga dalam membeli baju koko lebaran harus jeli dalam memilih yang berbahan terbaik. Ada baju koko dengan bahan mudah menyerap keringat, namun bahan ini tidak bisa menghilangkan bau apek karena keringat. Sebaliknya, ada juga baju koko yang bahannya sulit untuk menyerap keringat, tetapi bahan ini tidak cepat berbau apek.

Maka, pilih baju koko lebaran yang berbahan terbaik dari sisi kualitas. Seperti baju koko berbahan katun yang dengan mudah menyerap keringat dan tidak mudah berbau apek. Katun yang berasal dari serat alami tentu akan lebih nyaman jika di gunakan sebagai baju koko lebaran. Bisa juga memilih baju koko lebaran berbahan kaos terbaik, karena bahan kaos biasanya memang di fungsikan sebagai baju untuk melakukan aktivitas tinggi.

Pilih Model Yang Nyaman

sumber : https://www.brilio.net/

Baju koko lebaran jika di pakai untuk anak-anak, maka pilihlah baju koko model simpel, seperti variasi kancing sedikit dengan bentuk kancing yang besar agar memudahkan anak ketika memakai dan melepas baju. Sedangkan, baju koko lebaran untuk dewasa bisa memilih baju koko dengan model simpel juga dengan sedikit variasi di sekitar bagian leher seperti bordir atau motif yang macho.

Agar nyaman ketika di pakai silahturahmi, maka pilihlah baju koko lebaran dengan model lengan pendek. Bagi yang tinggal di perkotaan, baju koko lebaran model lengan pendek sangat direkomendasikan karena pada umumnya di kota suhu panas pada siang hari.

Pilih Warna Terbaik

sumber : https://www.blibli.com/

Warna terbaik untuk baju koko lebaran adalah sesuaikan dengan kulit yang dimiliki. Bisa juga pilihlah warna yang sesuai dengan karakter yang dimiliki. Pada umumnya di hari lebaran, banyak laki-laki dewasa memakai koko berwarna putih. Koko warna putih memiliki kesan yang sangat formal sekali. Jadi, untuk koko warna putih bisa di pakai saat melaksanakan sholat ied saja. Kemudian di saat acara silahturahim ke kerabat atau sodara, bisa memilih warna baju koko lebaran yang keren seperti warna navy, abu-abu, hitam, dan nude.

Warna selain hitam dan putih saat ini menjadi digemari banyak kalangan. Dengan memdukan warna celana yang tepat maka penampilan akan berkesan macho dan religius. Kesan modispun juga tidak ketinggal dengan menambahkan aksesoris yang tepat dalam aplikasi baju koko lebaran, seperti peci, jamtangan dan sepatu atau sandal yang keren.

Nah, ketiga cara di atas bisa menjadi inspirasi nanti sebentar lagi menjelang lebaran dalam memilih baju koko lebaran di 2021 tahun ini. Meskipun di masa pandemi covid 19, penampilan modis dan keren dengan baju koko lebaran 2021 harus tetap meriah selama tetap menjaga protokol kesehatan.

Leave a response

five + 20 =