0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Busana Katun Twill

Busana katun twill semakin disukai dari banyak kalangan pria dan wanita. Sehingga inovasi desain busana berbahan kain katun twill terus mengalami perkembangan yang membanggakan. Proses pembuatan kain katun twill sendiri merupakan salah satu metode tenun kain yang menghasilkan pola garis-garis miring seperti bentuk diagonal, sehingga menjadi ciri khas kain ini. Dari beberapa kelebihan yang ada pada bahan katun twill, maka banyak kalangan fashion desainer memanfaatkan kain ini menjadi beberapa model busana pria dan wanita.

Sebelum membahas tentang pemanfaatan menjadi busana katun twill, ada beberapa yang harus kamu ketahui tentang bahan twill ini, mulai dari ciri-ciri kain, kelebihan dan kekurangannya agar ketika memilih busana katun twill merupakan sebuah keputusan yang tepat.

Ciri-Ciri Busana Katun Twill

Busana Katun Twill

sumber : https://www.blibli.com/

Pada busana katun twill, ketika memperhatikan dengan seksama akan tampak beberapa ciri-ciri dari bahan katun twill. Kemudian ciri-ciri tersebut juga akan diketahui ketika busana katun twill ini dipakai. Ada beberapa ciri dari bahan busana katun twill yang bisa menjadi pengetahuan kamu. Selengkapnya bisa disimak penjelasan di bawah ini.

Tekstur Bergaris Diagonal

Pada permukaan kain tampak terlihat tekstur dengan pola garis-garis diagonal. Pola semacam ini tidak hanya dimiliki oleh kain katun twill saja, tetapi juga dimiliki oleh tekstur kain drill. Namun, tekstur yang dimiliki katun twill lebih halus daripada kain drill.

Adem Saat Dipakai

Selain tekstur diagonal yang dimiliki kain, busana katun twill akan memberikan rasa adem pada kulit. Hal ini disebabkan oleh bahan busana ini yang berasal dari serat kapas murni. Sehingga busana katun twill banyak dipakai di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.

Kain Tipis

Kain yang tipis pada busana katun twill merupakan bukan menjadi kelemahan bahan twill. Meskipun kain tipis, kain tidak menerawang karena memiliki pola tenun yang berkualitas baik

Warna Kalem

Warna kalem pada busana katun twill merupakan salah satu kelemahan dari bahan twill. Namun, kelemahan warna yang dimiliki justru menghasilkan warna khas modern yang kalem sehingga penampilan mampu memberikan kesan modis dan elegan.

Kain Kuat

Kekuatan kain ini berasal dari hasil teknik tenun twill sehingga serat benang pada kain sangat rapat. Sehingga bahan ini sering dijadikan sebagai bahan busana out door.

Daya Serap Air Tinggi

Kain yang memiliki daya serap air tinggi akan mempermudah penyerapan keringat ketika bahan ini menjadi busana katun twill. Sehingga beraktivitas di luar ruanagn menjadi nyaman.

Penggunaan Busana Katun Twill

sumber : https://www.bukalapak.com/

Penggunaan busana katun twill bisa untuk kaum pria dan wanita. Berbagai macam model busana katun twill dewasa ini mewarnai dunia fashion di tanah air. Apa saja jenis dan model penggunaan katun twill pada busana katun twill pria dan wanita ? Selengkapnya bisa di cek di bawah ini.

Busana Katun Twill Pria

sumber : https://ikhwanclothing.com/

  • Sirwal

Celana sirwal saat ini banyak disukai oleh banyak kalangan. Celana dengan panjang di atas mata kaki membuat pria muslim ini sangat menyukainya. Selain sesuai kaidah syar’i, celana panjang diatas mata kaki memberikan kemudahan dalam bergerak. Kemudian pemakaian celana sirwal juga lebih terjaga dari najis sehingga nyaman digunakan untuk sholat. Agar celana bisa awet, maka produsen banyak menggunakan bahan sirwal dari katun twill. Selain itu warna yang tidak mencolok sangat cocok sebagai bahan celana pria.

  • Kemeja Koko

Warna bahan twill yang redup mampu memberikan kemeja koko pria bernuansa modern dan macho. Sehingga busana katun twill ini sangat diminati kaum pria sebagai busana untuk ibadah sehari-hari di masjid. Variasi pada kemeja koko pria menambah tampilan penggunannya semakin segar.

  • Kurta Koko

Busana katun twill untuk pria berikutnya adlah kurta koko. Busana ini memiliki ukuran lengan baju 3/4 dengan panjang baju sedikit panjang daripada baju koko pada umumnya. Pilihan warna juga beraneka ragam. Busana ini sangat cocok untuk dipakai di hari lebaran atau dipakai untuk silahturahim ke tempat sodara atau kerabat.

  • Koko Sanghai

Baju koko sanghai juga banyak yang bersal dari bahan katun twill. Busana katun twill ini mirip sekali dengan baju koko pada umumnya. Koko sanghai juga ada pilihan baju lengan panjang dan pendek. Untuk koko sanghai lebih cenderung polos tanpa motif atau bordiran.

  • Koko Pakistan

Busana katun twill bernama koko pakistan mirip dengan busana kurta yang memiliki panjang di atas lutut dan kancing baju di sisi atas pada dada saja. Koko pakistan juga memiliki desain yang menarik, mulai dari warna, aksen, dan kombinasi sehingga kaum pria menyukainya.

  • Kemeja Taqwa

Kemeja taqwa mirip juga dengan koko, busana ini cenderung banyak mengaplikasikan motif dan bordir meskipun ada juga yang model polos. Bahan katun twill juga cocok sekali sebagai kemeja taqwa.

  • Celana Cargo

Celana cargo adalah celana lapangan yang cukup populer dewasa ini. Kekuatan dan kenyamanan dibutuhkan pada karakter celana cargo sehingga bahan celana cargo juga banyak menggunakan katun twill karena bahani ini memiliki kain yang kuat.

  • Gamis Kurta Hoodie

Gamis kurta hoodie sangat disukai oleh kalangan pria. Busana katun twill inimampu memberikan kehangatan jika di pakai pada suhu yang rendah atau dingin. Beberapa model bisa menjadi pilihan tepat untuk kalangan pria.

  • Celana Jogger

Celana jogger untuk pria ini mirip dengan celana jumpsuit wanita. Celana jogger pria ini juga banyak dipakai dilapangan. Cealan model ini juga cukup tenar akhir-akhir ini. Celana jogger berbahan katun twill bisa menjadi pilihan yang tepat penampilanmu.

  • Celana Sirwal Jogger

Busana katun twiil ini mirp seperti celana jogger pada umumnya. Namu, celana sirwal jogger lebih pendek seperti panjang sirwal. Sealain itu celana ini tidak terlalu banyak variasi seperti celana joggor biasanya.

Busana Katun Twill Wanita

sumber : https://www.blibli.com/

  • Gamis

Busana twill untuk wanita dan yang paling banyak digunakan adalah gamis. Karena gamis pada umumnya sudah menjadi busana wajib untuk wanita muslim. Bentuk yang menutup aurat dengan sempurna akan memberikan kenyamanan penggunanya. Apalagi didukung oleh bahan kualitas baik seperti katun twill, maka akan memberikan rasa adem ketika dipakai.

  • Dress Wanita Muslim

Dress wanita muslim ini memiliki sedikit perbedaan dengan ganis. Kalau dress pada bagian bawah cenderung melebar, sedangkan gamis ukuran sisi atas dan bawah hampir sama. Penggunaan dress memang lebih memberikan tampilan feminin dan elegan. Bahan dress wanita muslim, para produsen banyak menggunakan katun twill karena memiliki karakteristik kain yang cocok untuk busana ini.

  • Kemeja Denim

Untuk tampil lebih modis dan stylis, maka penggunaan kemeja denim katun twill sangat rekomended. Kombinasi tepat dengan celana dan balutan hijab, maka dipastikan memberikan penampilan yang kekinian.

  • Blouse dan Rok

Setelan busana blouse dan rok juga banyak menggunakan bahan katun twill. Tekstur warna kain yang kalem serta kelebihan kain adem dan mudah menyerap keringat menjadi pilihan sebagai busana blouse dan rok.

Leave a response

3 × three =