0 items in your shopping cart

No products in the cart.

9 Bahan Baju Tunik Terbaik

Bahan baju tunik merupakan salah satu yang bisa mempengaruhi kenyamanan saat digunakan. Selain itu bahan baju tunik juga berpengaruh pada tampilannya, karena setiap jenis bahan kain yang digunakan memiliki karakteristik yang berbeda beda. Sehingga model busana tunik modern tidak serta merta nyaman saat digunakan.

Baju tunik yang merupakan salah satu item busana multifungsi ini bisa digunakan dalam berbagai kondisi atau acara, seperti acara formal dan non formal. Pakaian longgar ini sekarang menjadi pakaian yang populer dengan berbagai model modern, selain itu juga populer dengan berbagai jenis bahan kain sebagai bahan pembuatannya. Apa sih bahan baju tunik terbaik yang biasa digunakan oleh produsen pakaian modern saat ini ? Ingin tahu jenis-jenis bahan kain yang digunakan sebagai busana tunik modern silahkan cek selengkapnya di bawah ini.

Bahan Katun

Bahan Baju Tunik

sumber : https://shopee.co.id/

Kain katun yang sudah sangat populer ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam pakaian karena bahan katun ini memiliki karakteristik yang sangat cocok di wilayah dengan iklim tropis. Kain yang cukup adem saat digunakan dicuaca panas ini juga nyaman digunakan saat cuaca dingin karena memberikan rasa hangat dikulit. Bahan katun yang terbuat dari serat kapas ini juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian tunik. Bahan baju tunik dari katun ini sngat disukai karena selain memiliki kelebihan-kelebihan kain, bahan katun juga memiliki berbagai jenis yang bisa menjadi pilihan.

Apa saja jenis bahan katun yang cocok dijadikan sebagai bahan baju tunik ? Di bawah berikut ini beebrapa jenis bahan katun yang bisa menjadi pilihan terbaik sebagai bahan pembuatan baju tunik.

Bahan Katun Jepang

Bahan katun Jepang ini merupakan bahan import dari jepang dengan ciri bahannya memiliki motif floral. Katun Jepang bahannya murni 100% dari bahan serat kapas alami.

Bahan Katun Rayon

Jenis katun ini terbuat dari bahan campran serat kapas dan rayon. Bahan rayon sendiri merupakan bahan semi sintetis dengan karakteristik mirip dengan bahan katun sehingga sangat nyaman digunakan saat cuaca panas. Sehingga bahan katun ini juga sering menjadi bahan baju tunik.

Bahan Katun Ima

Kain import ini memiliki serat yang rapat sehingga tidak menerawang. Jenis katun ini sangat mudah untuk menyerap keringat sehingga saat digunakan sebagai bahan baju tunik pengguna tidak mudah gerah dan aktivitas bisa nyaman.

Bahan Katun Toyobo

Jenis katun ini juga mirip dengan katun ima namun memiliki tekstur sedikit licin saat diraba sehingga jenis katun ini juga cocok digunakan sebagai bahan baju tunik modern.

Bahan Katun Supernova

Kain katun ini memiliki ciri pada permukaan kainnya dengan serat-serat halus yang terburai. Namun jenis katun ini masih adem dan nyaman saat digunakan sebagai bahan baju tunik modern.

Bahan Katun Kenzo

Jenis katun ini sering digunakan sebagai bahan baju tunik untuk dipakai dalam acara santai dan acara formal karena jenis katun ini memiliki ciri khas kain dengan serat slub yang elegan.

Bahan Linen

sumber : https://www.lazada.co.id/

Bahan linen juga merupakan kain yang berasal dari serat alami yaitu dari serat rami. Bahan linen ini selain memliki tekstur yang bagus maka bahan ini juga disukai sebagai bahan pembuatan bahan baju tunik. Bahan linen ini memiliki kelebihan bahannya yang bisa bertahan lama meskipun sering mengalami proses pencucian.

Bahan Sifon

sumber : https://www.tokopedia.com/

Bahan sifon ini berasal dari bahan campuran yaitu serat katun, sutra, nilon, polyester, dan rayon. Bahan sifon memiliki karakteristik salah satunya kaian yang fleksibel sehingga bahan ini dimanfaatkan sebagai bahan baju tunik modern. Sayangnya bahan ini memiliki sifat menerawang, sehingga dalam penggunaannya harus ditambahkan furing supaya baju tunik bahan sifon tidak menerawang.

Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh bahan sifon seperti kain yang licin dan halus, kemudian kain yang tipis tetapi memiliki sifat jatuh. Maka bahan sifon ini biasanya digunakan sebagai bahan baju tuni sifon dengan model simpel, asimetris dan ruflle. Kesan jatuh ini mampu memberikan kesan anggun saat digunakan.

Bahan Brokat

Bahan brokat ini cenderung menerawang, dan bahan ini sering digunakan sebagai bahan baju pesta karena jenis kain ini kaya dengan dekorasi. Dalam penggunaannya bahan brokat harus ditambahkan furing supaya tidak menerawang. Selain sebagai bahan baju pesta, bahan brokat juga cocok digunakan sebagai bahan baju tunik modern yang digunakan dalam acara formal.

Bahan Wolfis

sumber : https://shopee.co.id/

Kain wolfis ini termasuk kategori kain premium karena memiliki serat halus dan rapat. Kain wolfis juga memiliki beberapa jenis yaitu bahan yang berasal dari serat alami ataupun serat sintetis, serta ada juga yang campuran dari keduanya. Kain wolfis ini memiliki karakteristik kain yang halus dan lentur. Kemudian tidak gampang kusut dan tidak menerawang. Sehingga karakteristik ini sangatlah cocok dijadikan bahan baju tunik modern.

Bahan Monalisa

Kain monalisa pada umumnya menjadi bahan dasar pembuatan tunik dan busana muslim . Karena kain monalisa merupakan salah satu kain dengan kualitas terbaik. Diantara karakteristik yang dimiliki oleh kain monalisa adalah halus, lembut, tidak mudah kusut, ringan, dingin, warnanya variatif dan tidak gampang luntur. Beberapa kelebihan yang dimiliki kain ini menjadikan kain ini sangat cocok sebagai bahan baju tunik.

Bahan Maxmara

Kain maxmara ini kembaran dari kain satin dengan karakteristik seperti kain sutra. Kain yang masuk kategori premium dengan kualitas tinggi ini juga biasa digunakan sebagai bahan baju tunik modern. Kain maxmara sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa menjadi pilihan bahan untuk pembuatan tunik. Jenis maxmara terdiri dari maxmara lux, maxmara galaxy, maxmara midi, maxmara pure italy, dan maxmara lokal.

Bahan Batik

Batik merupakan kain khas tradisional Indonesia yang memiliki motif yang syarat dengan nilai filosofis. Namun di hari ini motif batik berkembang pesat dengan banyak varian. Bahan batik yang dulunya hanya digunakan sebagai bahan pembuatan busana tradisional, sekarang berkembang pesat menjadi bahan pembuatan beragam pakaian salah satunya adalah menjadi bahan baju tunik modern.

Bahan Lurik

Kain lurik juga hampir sama dengan kain batik, yaitu merupakan kain tradisional yang sering digunkan sebagai bahan pembuatan pakaian tradisional. Namun kain lurik saat ini berkembang dengan pesat menjadi bahan dasar pembuatan beragam pakaian. Pada baju tunik modern, bahan lurik juga menjadi salah satu bahan yang cocok dan sering digunakan karena mampu memberikan kesan modis dan stylish.

Beberapa jenis bahan di atas bisa menjadi informasi sebagai bahan pilihan kita dalam membeli baju tunik modern. Untuk memilih baju tunik yang bagus jangan hanya sekedar melihat modelnya saja, tetapi lihatlah bahan yang digunakannya. Pilihlah bahan baju tunik yang halus, lembut dan sifat dingin dan mudah menyerap keringat karena kita tinggal di wilayah iklim tropis. Sehingga bahan yang bagus tidak memicu alergi kulit.

Leave a response

18 − 14 =