0 items in your shopping cart

No products in the cart.

BUSANA TUNIK : Sejarah, Ciri-cirinya, Model, Jenis Bahan, Dan Tips Memilih

Busana Tunik merupakan salah satu item busana dengan model longgar yang menutupi dada, bahu, dan punggung. Busana tunik pada umumnya ada dua model yaitu berlengan panjang dan lengan pendek, serta panjang ke bawah sampai di pinggul dan ada yang hingga di atas lutut.

Di zaman modern ini busana tunik yang memiliki panjang sampai pinggul merupakan model busana tunik yang sering digunakan oleh kaum wanita sebagai pakaian saat santai. Namun di barat, busana tunik yang memiliki panjang sampai di pergelangan kaki hanya digunakan oleh rohaniwan.

Sejarah Busana Tunik

busana tunik

sumber : https://m.tribunnews.com/

Busana tunik dahulu disebut tunica, yaitu busana yang biasa dikenakan oleh orang Yunani Kuno atau Romawi Kuno. Busana tunik dimasa itu merupakan pakaian untuk kaum laki-laki. Untuk pemuda dan prajurit Romawi dahulu menggunakan busana tunik dengan warna putih yang memiliki panjang sampai di atas lutut.

Sementara untuk laki-laki dewasa, para bangsawan, dan hakim menggunakan pakaian tunik dengan panjang sampai di pergelangan kaki. Kemudian di atas tunik dikenakan toga. Sedangkan untuk rakyat biasa juga mengenakan pakaian tunik dengan bahan dari kain wol yang berwarna putih. Di masa itu ada peraturan tentang busana tunik warna ungu yang hanya boleh digunakan oleh kaisar.

Dahulu busana tunik hanya memiliki model tanpa lengan yang biasa disebut colobium. Tunik dengan berlengan panjang yang dipakai laki-laki dan memiliki panjang hingga pergelangan kaki akan berkesan feminin. Tetapi Julius Caesar biasa mengenakan pakain tersebut dengan hiasan yang berada di sekitar pinggang. Saat ini tunik bisa digunakan pada beberapa acara dengan menambahkan sabuk pada pinggang sehingga menampilkan kesan feminin.

Perbedaan Busana Tunik Dengan Busana Lainnya

Tunik merupakan salah satu busana longgar, sedangkan busana longgar banyak macamnya seperti halnya gamis kaftan, dan jenis busana lain-lainnya. Selain itu tunik juga memiliki fungsi penggunaannya yang berbeda dengan busana lainnya. Sehingga tunik memiliki ciri khas dengan busana lainnya. Nah, apa saja perbedaan busana tunik dengan busana lainnya ? Mari kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ciri-ciri Busana Tunik

sumber : https://womantalk.com/

Tidak Menerawang

Busana tunik pada dasarnya adalah busana yang tidak menerawang, karena dahulu pakaian tunik ini berasal dari bahan kain wol yang memiliki ketebalan kain sehingga kain tidak menerawang. Dahulu tunik yang biasa digunkaan oleh kaum laki-laki di zaman modern justru berkebalikan, yaitu busana tunik sekarang sering dipakai oleh kaum wanita. Hal inisangat cocok karena pakaian tunik tidak menerawang sehingga menjaga bentuk tubuh sehingga nyaman digunakan oleh kaum wanita terutama para muslimah.

Longgar

Selain tidak menerawang, busana tunik memiliki ciri khas longgar. Dengan model busana yang longgar maka gerakan untuk melakukan aktivitas menjadi lancara dan nyaman. Pakain tunik di zaman modern ini tidak hanya sekedar digunakan untuk pakaian sehari-hari saja, tetapi ada juga model baju tunik yang digunakan untuk menghadiri pesta, untuk jalan-jalan, dan untu acara wisuda. Ukuran dan warnanya pun juga sangat beragam sehingga bisa menyesuaikan dengan ukuran tubuh dan warna kulit yang dimiliki.

Ada Aksesoris Di Bagian Dada Dan Pergelangan Tangan

Modern ini pakaian tunik yang ada dipasaran banyak yang memiliki hiasan ruffle di bagian tangan dan dada. Pada umumnya hiasan ruffle terletak di bagian dada, dan biasanya hiasan pada busana tunik ada di atas dua sisi memanjang hingga ke bawah. Tunik modern juga memiliki desain dengan menambahkan kancing di bagian dada. Untuk jumlah kancing yang ditambahakan juga bervariasi sesuai model yang digunakannya. Pada tunik yang digunakan oleh wanita biasanya ada aksen kerutan pada bagian pergelangan tangan yang mampu memberikan kesan girly.

Tunik Bisa Berkerah Dengan Berbagai Motif

Jika dahulu tunik merupakan pakain dengan warna polos, di modern ini, busana tunik hadir dengan berbagai model salah satunya dengan tambahan kerah yang dipadukan dengan berbagai motif. Motif yang banyak digunakan salah stunya adalah motif floral. Tidak hanya dipadukan dengan kain yang bermotif, tetapi tunik juga bisa berasal dari berbagai macam bahan seperti brokat yang sangat cocok digunkan sebagai pakaian formal dan penting.

Potongan Menutup Pantat

Potongan menutup pantat maksudnya adalah baju tunik pada umumnya memiliki panjang minimal menutupi pantat. Meskipun tunik bisa memiliki panjang hingga sampai pada pergelangan kaki. Potongan pakaian yang sampai menutupi pantat ini membuat busana jenis ini masuk kategori pakaian yang sopan sehingga tunik ini sering dan banyak digunakan dalam berbagai acara-acara formal, seperti hadir di pesta, pergi ke kantor, dan lain sebagainya.

Kelebihan Dan Kekurangan Busana Tunik

sumber : https://www.beautynesia.id/

Tunik yang sudah sangat populer ini sudah menjadi salah satu item pakaian modern yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Pakaian tunik yang memiliki banyak kelebihan ini masih juga memiliki beberapa kelemahan. Sehingga kelebihan dan kelemahan ini bisa menjadi referensi bagi kita semua sebelum membeli jenis baju tunik ini. Apa saja kelebihan dan kekurangan baju Tunik modern yang perlu kita ketahui ? Selengkapnya bisa di baca uraian kelebihan dan kelemahan tunik di bawah ini.

Kelebihan

Bahan Variatif

Awalnya busana tunik yang terbuat dari bahan wol, saat ini baju tunik berubah menjadi baju modern dengan bahan yang sangat variaatif sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Di pasaran busana tunik sering di buat menggunakan bahan supernova, wolfis dan lain sebagainya

Desain Beragam

Perkembangan dunia fashion yang sangat cepat, membuat busana populer ini juga mengalami perubahan-perubahan sehingga menciptakan desain desain baru yang lebih modern dan kesan modern. Desain busana tunik yang beragam juga melayani banyak selera yang beragam.

Ukuran Sesuai Ukuran Tubuh

Bagi pemilik badan gemuk, langsing sudah tidak perlu kuatir memilih baju tunik. Karena busana tunik tersedia dalam berbagai ukuran sehingga sangat mudah dicari di pasaran dan ukurannyapun pas seperti yang kita inginkan.

Nyaman

Kenyamanan busana tunik saat digunakan disebabkan oleh potongan pakaian yang longgar sehingga aktivitas tidak terganggu. Selain potongan baju yang longgar juga didukung dengan jahitan baju yang rapi maka kenyamanan memakai busana tunik bisa dirasakan sepanjang hari.

Banyak Pilihan Busana Tunik

Pilihan tunik ini bisa disesuaiakan dengan selera kita, bisa tunik dengan full aksesoris, atau bisa juga tunik polos. kedua model ini juga bisa untuk acara formal dan informal.

Kekurangan

Aadapun kelemahan tunik yang perlu diperhatikan sebagai referensi dalam memilih busana tunik diantaranya berikut ini.

Bahan Yang Variatif Sangat Membingungkan

Bahan tunik yang variatif juga menjadi kelebihan tetapi juga menjadi kelemahan karena jika kita tidak memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis kain, maka membuat kita menjadi bingung dalam menentukan pilihan. Sehingga menambah wawasan tentang jenis-bahan yang digunakan sebagai bahan tunik sangat penting kita lakukan supaya pilihan busana tunik bisa tepat sesuai dengan keinginan kita.

Perawatan Ekstra

Beberapa model tunik memiliki perawatan khusus, sehingga harus hati-hati dalammencuci menjemur dan menyimpan busana tunik ini agar bisa bertahan lama dengan kualitas yang tetap bertahan juga. Salah satu contoh tunik yang butuh perawatan khusus adalah tunik dengan bahan brokat.

Harus Pintar Padupadan

Tidak semua orang memiliki kemampuanuntuk memadupadankan pakaian. Sedangkan busana tunik supaya mampu memberikan penampilan menarik dan berkesan modis dan kekinian harus memiliki kemampuan untuk memadupadankan pakaian yang dimilikinya. Jangan sampai kombinasi yang kita guanakan menjadikan penampilan kita menjadi aneh.

Model BusanaTunik Populer di Indonesia

sumber : https://www.beautynesia.id/

Indonesia yang berpenduduk mayoritas muslim ini juga berkembang cepat dunia fashionnya. Salah satu trend fashion yang berkembang pesat adalah busana tunik. Di Indonesia ada beberapa model tunik yang sangat populer di pasaran. Di antara model busana tunik populer itu akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Model Tunik Polos

Model tunik polos sudah umum digunakan di Indonesia karena model ini sangat cocok digunakan dalam segala suasana. Model tunik polos ini mampu memberikan kesan anggun sehingga banyak yang menyukainya untuk digunakan dalam acara formal. Selain itu model tunik polos juga cocok digunakan dalam acara santai dengan padupadan jilbab instan warna senada dan bawahan yang simpel.

Model Tunik Peplum

Ciri khas model tunik jenis ini adalah terdapat lipatan-lipatan di bagian bawah, sehingga penampilan semakin tampak girly dan feminim.

Model Tunik Motif

Yang suka dengan tampilan ramai bisa mencoba model tunik motif. Tampilan tunik motif akan memberikan kesan ceria dan lebih feminin.

Model Tunik Vest

Bagi kamu cewek yang tomboy bisa mencoba menggunakan tunik model vest. Model tunik ini mampu memberikan kesan boyish pada penampilan dan terlihat lebih berkarakter.

Model Tunik Asimetris

Model tunik jenis ini memiliki ciri pada desainnya yaitu ada sudut yang menyamping atau mengerucut di bagian bawah. Tunik model ini mampu memberikan kesan trendy dan kekinian yang membuat penampila lebih percaya diri.

Jenis Kain Sebagai Bahan Tunik

Tunik memang menggunakan beberapa bahan jenis kain. Tetapi, tidak semua jenis kain cocok dijadikan sebagai bahan tunik. Jadi tunik yang nyaman saat digunakan biasanya menggunakan beberapa jenis kain yang sudah umum digunakan di pasaran. Jenis kain apa saja yang cocok digunakan sebagaia bahan tunik ? Ada 6 jenis kain yang biasa digunakan sebgai bahan tunik pada umumnya, selengkapnya akan kami uraikan di bawah ini.

Kain Wolfis

Jenis kain ini memang sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan busana tunik. Karena jenis kain wolfis memiliki karakteristik kain yang tebal sehingga tidak menerawang. Jenis kain ini cocok dijadikan bahan tunik karena kain ini memiliki sifat adem dengan pilihan warna-warna yang netral.

Kain Katun

Kain katun yang sudah populer di wilayah tropis ini memang sudah menjadi bahan segala macam pakaian salah satunya untuk bahan busana tunik. Kelebihan kain katun membuat sangat nyaman saat digunakan. Kain katun juga memiliki pilihan warna, selain itu juga memiliki banyak pilihan jenis sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera pengguna.

Kain Supernova

Kain yang dibuat dari campuran serat katun dengan serat polyester ini juga sering dijadikan sebagai bahan pembuatan busana tunik. Kelebihan jenis kain ini tidak berbulu pada permukaan kainnya sehingga memiliki tampilan yang bagus saat digunakan sebagai tunik.

Kain Sifon Dan Kain Ceruti

Kedua kain ini memang memiliki kemiripan, kain yang sama-sama tipis ini memiliki tekstur yang lembut saat disentuh. Selain itu jenis kain ini juga mudah dibentuk. Jika kain sifon memiliki tekstur sedikit licin tetapi kain ceruti kainnya tidak licin. Namun pada penggunaan untuk bahan tunik, maka harus ditambahkan furing supaya tidak menerawang.

Kain Maxmara

Kain maxmara memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga nyaman digunakan sebagai bahan pembuatan busana tunik. Selain lembut, kain maxmara memiliki banyak pilihan motif yang menarik dan unik sehingga mampu memberikan kesan ceria dan segar. Jenis kain sangat disukai oleh banyak kalangan wanita mulai dari yang muda hingga yang tua. Kelebihan jenis kain ini memiliki sifat jatuh dan sedikit mengkilat pada permukaannya sehingga sangat cocok digunakan acara formal dan semi formal.

Kain Kaos

Bahan kaos juga sangat populer digunakan sebagai berbagai macam pakaian. Terutama bahan kaos yang memiliki sifat adem sehingga sangat nyaman ketika digunakan. Busana tunik juga sering menggunakan kain kaos sebagai bahan pembuatannya.

Tips Memilih Busana Tunik

Jika ingin memiliki tunik sebagai busana untuk dipakai dalam berbagai macam kondisi, baik itu dalam suasana formal maupun santai, maka sebaiknya memilih busana tunik yang tepat sesuai dengan penggunaannya. Untuk memilih tunik yang tepat, kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih busana tunik terbaik.

Pilih Bahan Tunik Yang Tepat

Bahan yang tepat akan sangat berpengaruh dalam penampilan, pertama penampilan akan terasa nyaman, kemudian bahan tunik juga bisa memberikan penampilan yang sesuai dengan yang kita inginkan. Bahan berkualitas memang penting, tetapi harus disesuaikan dengan fungsi penggunaannya. Jangan sampai bahan berkualitas memiliki bahan yang tebal digunakan dalam kondisi panas. Tetapi pilih bahan yang tipis tidak menerawang untuk digunakan dalam cuaca yang panas sehingga saat digunakan nyaman.

Pilih Motif Tunik Menarik

Jika menyukai tunik dengan motif, maka pilihlah motif yang menarik. Motif bisa disesuaikan dengan tema acara yang dihadiri supaya penampilan bisa keren. Pilihan motif diantaranya adalah floral, polkadot, batik, dan stripe.

Pilih Warna Tunik Yang Tepat

Pilihan warna biasanya disesuaikan dengan warna kulit yang kita miliki. Jika pilihan warna tunik tepat, maka penampilan akan tampak fresh dan modis. Sebaliknya jika pilihan warna tidak sesuai dengan warna kulit yang kita miliki maka penampilan akan kurang menarik. Pilihan warna yang bisa menjadi referensi diantaranya adalah ungu, merah, merah, kuning dan orange. Pilihan warna ini sangat cocok untuk yang memiliki kulit dengan warna terang.

Untuk pemilik kulit warna kuning langsat warna tunik yang tepat adalah jingga, biru, hijau, putih gading, dan warna-warna tropis lainnya. Selanjutnya pemilik kulit warna sawo matang warna tunik yang tepat adalah warna orange, coklat, abu-abu dan navy. Dan yang terakhir bagi pemilik kulit gelap warna tunik yang cocok adalah warna baby blue, abu-abu, pink dan putih.

Pilih Model Terbaru

Model tunik terbaru ataupun kekinian bisa dalam bentuk model yang simpel dengan potongan busana yang sederhana dan aksesoris sederhana pula.

Perhatikan Lengan Tunik Dalam Memilih

Pilihlah tunik dengan lengan panjang supaya tubuh bagian atas bisa tertutupi dengan sempurna. Jika memilih tunik dengan lengan sepertiga maka gunakan outwear seperti jaket supaya tubuh bisa tertutup dengan baik.

Leave a response

3 × five =