0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kebaya Muslim Modern

Kebaya muslim modern menjadi salah satu item busana yang populer di kalangan wanita muslim saat ini. Kebaya muslim modern merupakan hasil dari perkembangan dunia fashion muslim yang terus mengalami inovasi. Sehingga busana kebaya yang awalnya hanyalah pakaian khas Jawa sekarang sudah bermetamorfosis menjadi item busana baru dengan fungsi yang lebih luas.

Busana khas Jawa ini pada mulanya bisa dipakai dalam berbagai macam aktivitas harian seperti saat santai sampai aktivitas formal sekalipun. Kebaya muslim modern digunakan oleh banyak kalangan wanita muslim, tidak hanya yang bersuku Jawa saja, tetapi siapapun bisa menggunakannya. Trend fashion muslim ini disukai oleh kalangan wanita muda hingga wanita tua. Kesan kuno sudah hilang seiring dengan inovasi kebaya ini.

Justru kesan modern bernuansa etnik akan tampak pada penampilan kamu jika menggunakan kebaya muslim modern. Model kebaya muslim modern dipasaran sangat beragam, mulai dari bahan yang digunakan, warna,motif, dan lain-lainnya. Jika kamu masih bingung dengan model-model kebaya muslim modern yang beredar dipasaran, maka di bawah ini akan kami ulas selengkapnya tentang model kebaya muslimmodern yang bisa menjadi inspirasi buat kamu.

Namun sebelumnya ada beberapa tips yang bisa menjadi perhatian kamu supaya dalam pemilihan kebaya muslim modern nantinya tepat dan sesuai dengan postur tubuh yang kamu miliki. Tidak hanya mengenal bentuk postur tubuh kamu saja, tetapi juga disesuaikan dengan pakain seorang muslimah yang harus menutup auratnya dengan baik. Nah, tips apa saja yang harus dan perlu kamu ketahui ? Silahkan di cek poin-poinnya di bawah ini.

Tips Sebelum Memilih Kebaya Muslim Modern

Kebaya Muslim Modern

sumber : https://lifestyle.okezone.com/

Mengenal Bentuk Tubuh

Mengenal bentuk tubuh kamu sendirihal yang sangat penting sebelum memilih busana apapun, khususnya kebaya muslim modern. Tubuh ramping, berisi dan sedang akan berpengaruh dalam memilih busana kebaya. Jadi kamu bisa tentukan di kategori mana tubuh yang kamu miliki. Mengenal kategori tubuh kamu penting dilakukan supaya dalam pemilihan model kebaya muslim modern tepat dan penampilan bisaberkesan anggun dan elegan.

Misalnya jika kamu memiliki tubuh yang berisi, maka model kebaya muslim modern yang harus dihindari adalah model peplum. Karena model ini justru akan membuat tubuh kamu tampak semakin besar. Sedangkan jika kamu memiliki tubuh ramping, sebaiknya menghindari model kebaya yang terlalu ketat karena justru membuat tubuh kamu tampak kurus.

Pilih Warna Tepat

Setelah mengenal postur tubuh sendiri, langkah selanjutnya adalah memilih warna kebaya muslim modern yang tepat. Warna yang tidak sesuai dengan postur tubuh yang kamu miliki akan menurunkan kualitas penampilan kamu. Warna kebaya yang perlu dihindari untuk dipakai oleh wanita muslim adalah warna-warna yang mencolok.

Pilihan warna yang tepat salah satunya adalah disesuaikan dengan warna kulit yang kamu miliki. Jika kamu memiliki kulit terang maka warna kebaya yang tepat dan sesuai adalah warna pastel, coklat, hitam dan marun. Sedangkan jika kamu memiliki kulit berwarna sawo matang, maka warna kebaya yang tepat adalah warna biru pastel, warna kuning, atau warna putih gading yang cocok untuk segala jenis kulit.

Pilih Model Yang Sesuai

Setelah mengenal bentuk tubuh dan tahu warna yang sesuai dengan warna kulit kamu, untuk selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah memilih model kebaya muslim modern yang sesuai. Model kebaya yang sesuai akan memberikan penampilan yang sempurna sehingga kamu akan lebih percaya diri saat beraktivitas menggunakan kebaya muslim modern model yang tepat pilihan kamu.

Hindari Kebaya Yang Ketat

Pada umumnya kebaya digunakan dengan cara yang ketat. Tetapi sebagai wanita muslim sebaiknya menghindari menggunakan atau memilih kebaya modern ini yang terlalu ketat. Kebaya yang ketat akan menampakkan tonjolan pada tubuh kamu sehingga akan menjadi pusat perhatian dan aktivitas kamu tidak akan nyaman. Model beberapa kebaya muslim modern ada yang longgar sehingga aurat kamu lebih terjaga dengan penampilan tetap sempurna dan berkesan anggun dan cantik.

Hindari Kebaya Tipis

Pada umumnya busana kebaya adalah dari bahan yang tipis sehingga memiliki sifat menerawang. Tetapi untuk digunakan oleh wanita muslim maka pilih kebaya yang tipis supaya tidak menerawang sehingga aurat kamu bisa terjaga dengan sempurna. Jika modelnya tetap menggunakan bahan ang tipis sebaiknya kamu bisamenggunakan manset sebelum aplikasi kebaya muslim modern. Biasanya juga ada manset atau dalaman khusu untuk kebaya, jadi tidak perlu kuatir lagi jika harus menggunakan kebaya modern.

Model Kebaya Muslim Modern

Ada beberapa model kebaya muslim modern yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam menggunakan kebaya. Dan untuk menggunakan model kebaya modern ini kamu sudah pastikan mengetahui beberapa tips yang sudah kami bahas di atas sehingga pilihan model kebaya muslimmodern akan tepat dan mampu menghasikan penampilan yang modis dan modern.

Kebaya Model Top Organza

sumber : https://review.bukalapak.com/

Kebaya muslim modern dengan model atasan yang berbahan kain organza mampu menarik perhatian kalangan wanita muslim. Bahan organza ini memiliki sifat agak kaku dan licin sehingga modelkebaya modern ini tampak sangat elegan saat digunakan dengan kombinasi bawahan batik.

Hiasan sederhana di bagian dada juga menambah model kebaya organza ini tampak semakin indah yang mampu memberikan kesan pemakainya semakin cantik. Sehingga jika sudah menggunakan kebaya organza ini tidak perlu menggunakan aksesoris lagi justru jika ditambah aksesoris akan tampak berlebihan yang akan mengurangi kualitas penampilan kamu. Kemudian kombinasikan kebaya kamu dengan jilbab segitiga atau aplikasikan pashmina polos yang lebih mudah untuk dikreasikan.

Kebaya Model Kutubaru

Kebaya model kutubaru merupakan salah satu model kebaya muslim modern. Model kebaya ini dulu juga pernah menjadi populer, namun saat ini model kebaya kutubaru menjadi trend kembali. Model kebaya ini pasti sudah dikenal oleh parapecinta kebaya karena model kebaya ini tidak lekang dengan waktu yang telah digunakan oleh nenek-nenek kamu saat masih muda dan mungkin model ini juga masih dipakai saat ini.

Perkembangan dunia fashion mengubah model kebaya ini menjadi trend busana yang sering dipakai saat mendampingi para mempelai wanita saat dalam pernikahan. Model kebaya modern ini tidak hanya dipakai dalam acara pernikahan saja, tetapi bisa juga dipakai dalam acara lainnya seperti pada peringatan hari Kartini.

Kebaya Model Dress Tile Brokat

sumber : https://www.kepogaul.com/

Kombinasi kain brokat, kain satin dan tile akan menghasilkan kebaya modern yang indah yang cocok dikenakan untuk menghadiri acara wisuda atau pesta. Kebaya model dress tile brokat ini sangat cocok digunakan oleh wanita muslimyang ingin berpenampilan sederhana namun mampu memberikan kesan elegan.

Jangan lupa cerdas dalam memilih warna yang tepat. Karena pilihan warna yang tepat akan membantu dalam penampilan kamu. Jika menghadiri acara di malam hari, sebaiknya kamu menggunakan model kebaya muslim modern dengan warna seperti hitam, marun, navy, atau abu-abu. Sementara ketika menghadiri acara di siang hari sebaiknya gunakan warna yang soft seperti warna-warna pastel, pink muda, cream ivory, ungu muda, biru muda, atau putih.

Agar penampilan kamu semakin sempurna dan cantik, kamu bisa menambahkan aksesoris yang sederhana seperti kalung atau gelang. Aksesoris lainnya juga bisa kamu tambahkan handbag dan sepatu high heels dengan warna senada supaya terlihat harmonis.

Kebaya Model Dress Peplum

Model peplum pada umumnya digunakan oleh kalangan wanita untuk menghadiri acara-acara formaltanpa menggunakan jilbab. Namun model kebaya modern ini bermetamorfosis menjadi kebaya muslim modern yang nyaman digunakan oleh wanita muslim dalam menghadiri acara-acara formal. Modek kebaya ini mampu menambah penampilan semakin cantik dan berkesan modis.

Kini model kebaya muslim modern ini menjadi salah satu item busana muslim favorit bagi wanita muslim. Busana pesta dan untuk acara formal ini bisa dipadupadankan dengan bawahan batik, dress dan kain songket. Untuk jilbab bisa dengan balutan jilbab segi tiga atau pashmina sederhana sehingga penampilan akan tampaka elegan dan modern.

Kebaya Model Lace Cape Dress

sumber : https://www.kepogaul.com/

Kebaya model lace cape dress sangat cocok sekali dipakai bagi para wanita muslim karena model kebaya ini tidak akan menampakkan bentuk tubuh. Penggunaan modelkebaya modern ini tidak hanya bisa menutupi bentuk tubuh dengan baik tapi juga mampu memberikan penampilan dengan kesan elegan.

Sehingga kebaya model ini menjadi sangat populer di kalangan para wanita muslim. Hingga menjadi salah satu referensi terbaik bagi wanita muslim dalam penggunaan baju pesta. Dalam pemilihan warna yang tepat modelkeu memilih warnbaya ini adalah warna soft seperti dusty pink, cream, cokelat susu, atau putih gading. Warna-warna itu akan menjadikan penampilan kamu terlihat semakin cantik dan elegan saat pergi ke pesta.

Kebaya Model Setelan Simple

Kebaya modern simple ini meskipun tidak ditambahkan dengan kasesoris sudah cukup bagus dan penampilan sudah terlihat cukup cantik dan anggun saat digunakan. Model kebaya modern ini sangat cocok sekali bagi wanita muslim yang tidak menyukai hal-hal yang rumit. Untuk menyempurnakan penampilan tinggal memilih warna yang tepat saja.

Pemilihan bawahan sebagai kombinasi kebaya model ini adalah kain batik atau kain satin polos dengan warna senada supaya penampilan bisa lebih elegan. Aplikasi jilbab yang simple tanpa perlu aksesoris sangat cocok sehingga membuat penampilan kamu semakin cantik dan anggun. Kebaya model ini cukup fleksibel sekali sehingga bisa digunakan dalam aktivitas formal atau nonformal.

Kebaya Model Gamis

Kebaya model gamismerupakan inovasi dalam dunia fashion muslim. Asimilasi kedua pakaian khas Timur Tengah dengan Jawa menjadi salah satu item busana yang populer di era modern ini. Gamis yang memiliki model simpel dikombinasikan dengan kebaya yang sedikit rumit ini akan menghasilkan model baru yang bisa dinikmati oleh kalangan wanita muslim dimanapun.

Penggunaan jilbab untuk penampilan kebaya model gamis ini yang tepat adalah khimar yang menutupi dada. Sehingga penampilan model ini akan menutup aurat kamu dengan sempurna. Penggunaan jilbab khimar mampu memberikan kesan penampilan kamu lebih elegan dan cantik.

Kebaya Model Mermaid

Kebaya muslim modern satu ini juga disebut kebaya model duyung. Busana kebaya model ini juga menjadi pakaian favorit kalangan wanita muslim karena mampu memberikan kesan anggun saat digunakan. Namun modelkebaya modern ini masih menonjolkan bentuk tubuh sehingga tidak nyaman saat digunakan.

Untuk pemakaian jilbab model kebaya ini, bisa mengenakan jilbab yang simple agar tidak terlalu menarik perhatian untuk menetralisir model kebaya ini yang sudah cukup menarikperhatian.

Tips Merawat Kebaya

Cuci Secara Manual

Mencuci manual adalah mencuci dengan menggunakan tangan. Sebaiknya menghindari mencuci kebaya dengan menggunakan mesin cuci karena akan merusak kebaya muslim modern kamu. Kebaya modern kamu bisa dicuci menggunakan mesin cuci tetapi menggunakan mode dry cleaning. Mode pencucian ini akan aman untuk bahan kebaya dari lace, silk, sifon, dan tule.JIka pengin aman dan tidak berisiko ya pakai cara manual saja.

Rendam Beberapa Saat

Sebelum mencuci sebaiknya merendamnya menggunakan deterjen. Untuk merendam kebaya maksimal selama 15 menit saja supaya bahan tidak rusakoleh deterjen. Fungsi merendam ini supaya kotoran pada kebaya mudah terangkat saaat mencuci menggunakan tangan/

Jangan Menyikat

Hindari menyikat kebaya saat mencucinya karena kan merusak tekstur bahan kebaya sehingga akan menurunkan kualitas kebaya yang berimbas pada menurunya penampilan kamu. Jika ada noda sebaiknya kebaya diberikan perasan sedikit jeruk nipis sebelum menguceknya. Perasan jeruk nipisakan aman untuk noda di kebaya muslim modern kamu.

Bilas Dengan Air Bersih

Setelah mencucinya, usahakan dibilas dengan air bersih dan pastikan dibilas hingga bersih tidak ada busa sabunnya supaya tekstur bahan kebaya bisa tahan lama dan awet.

Hindari Menggunakan Softener

Softener atau pelembut pakaian mengandung zat kimia yang bisa merusak serat bahan kebaya. Jadi ketika mencuci kebaya sebaiknya hindari menggunakan pelembut pakaian.

Jemur Di Tempat Teduh

Setelah mencuci kemudian peras dengan perlahan, selanjutnya jemur busana kebaya modern kamu. Jangan menjemur kebaya kamu ditempat yang terkena sinar matahari langsung, sebaiknya dijemur ditempat yang teduh. Biarkan kebaya modern kamu kering tertiup angin supaya bahan kebaya tidak rusak.

Gunakan Bak Besar Saat Mencuci

Bak besar atau emberbesar digunakan untuk mencuci khusus kebaya yang berpayet. Cara mencucinya masih sama harus secara manual menggunakan tangan. Penggunaan bak besar tujuannya supaya kebaya berpayet bisa direndam secara terbentang agar payet kebaya tidak menyangkut. Kemudian khusus kebaya berpayet dalam menjemur juga tidak boleh digantung karena berat payet akan mempengaruhi bentuk kebaya.

Boleh Disetrika

Ternyata kebaya boleh disetrika supaya tetap rapi. Namun dalam menyetrika kebaya harus melapisinya menggunakan kain supaya tidak merusak tekstur kebaya modern kamu. Khusus kebaya bahan tulle sebaiknya jangan disetrika karena akan merusak tekstur kebaya menjadi lemas sehingga merusak penampilan kebaya.

Jangan Simpan Kebaya Secara Sembarangan

Setelah disetrika selanjutnya kebaya sebaiknya disimpan. Namun dalam menyimpan kebaya tidak boleh secara sembarangan karena akan merusak tekstur kebaya. Cara menyimpan kebaya yang benar adalah dengan cara melipatnya dengan benar, kemudian simpan dalam kotak supaya bahan kebaya tetap terjaga. Kotak yang digunakan menyimpan kebaya bisa dari bahan mika atau kardus.

Hindari Penggunaan Kamper atau Kapur Barus

Kamper atau kapur barus memang bisa membuat kondisi lemari bebas dari ngengat. Namun kamper dan kapur barus bisa merusak bahan kebaya kamu. Nah sebaiknya menggunakan silica gel agar lemari dan kebaya kamu nggak lembab yang menyebabkan jamur.

Jangan Menggunakan Parfum

Sebaiknya pakai deodoran supaya kamu tetep berbau harum. Jangan menggunakan parfum karena bahan parfum bisa merusak tekstur bahan kebaya kamu.

Leave a response

17 − eleven =