0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Mengenal Bahan Jersey

Bahan jersey merupakan kain yang sering digunakan sebagai pakaian di wilayah tropis seperti di Indonesia. Bahan jersey yang mudah menyerap keringat dan memiliki sifat kain adem dapat memberikan kenyamanan ketika beraktivitas di cuaca panas. Sehingga bahan ini banyak digunakan sebagai bahan pakaian olahraga, gamis maupun jilbab.

Tidak salahnya mengenal bahan satu ini sebagai pengetahuan dalam memilih bahan pakaian untuk dipakai aktivitas sehari-hari. Penjelasan tentang bahan jersey akan kami paparkan selengkapnya di bawah ini.

Asal-Usul Kain Jersey

bahan jersey

sumber : https://aminama.com/

Nama ‘Jersey’ pada bahan jersey diambil dari nama sebuah pulau di wilayah antara Inggris dan Perancis yang bernama Pulau Jersey. Kain rajutan ini mulanya berbagahn wol karena berasal dari benua Eropa yang memiliki musim dingin. Namun dengan perkembangan dunia tekstil, maka bahan jersey tidak lagi berbahan dari wol, tetapi berbahan dari katun dan kombinasi bahan sintetis. Karena karakteristik kain elastis, maka kain ini juga disebut katun lentur.

Kelebihan kain jersey membuat menarik para produsen pakaian menggunakan kain ini sebagai bahan berbagai macam pakaian. Berbagai macam kesan yang bisa didapatkan jika menggunakan pakaian berbhan jersey salah satunya kesan elegan. Agar menambah banyak pilihan, kain jersey juga dibuat dengan berbagai jenis jersey.

Karakteristik Bahan Jersey

sumber : https://gamisjilbabsyari.com/

Karakteristik setiap kain sangat terpengaruh oleh bahan pembuatan kain tersebut. Sehingga setiap jenis kain, masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, meskipun ada yang mirip. Begitu juga bahan jersey yang memiliki beberapa karakteristik berbeda dengan bahan lainnya. Berikut ini beberapa karakteristik yang dimiliki bahan jersey.

  • Elastis

Karakteristik elastis pada kain bisa membuat pengguna lebih leluasa dalam melakukan pergerakan sehingga bahan jersey banyak dimanfaatkan sebagai pakaian olahraga.

  • Lembut dan Adem

Kain yang lembut tidak mudah menyebabkan alergi kulit, sehingga nyaman digunakan pada cuaca yang sedang panas karena sifat kain yang adem dan lembut.

  • Jatuh Mengikuti Lekuk Tubuh

Kain yang memiliki karakteristik jatuh dan mengikuti lekuk tubuh namun tidak ketat sehingga menonjolkan bentuk tubuh. Sifat ini akan nyaman saat digunakan sebagai bahan pakaian olahraga.

  • Kaya Warna

Dari warna gelap hingga warna cerah semua dimiliki oleh bahan jersey. Sehingga banyak kalangan produsen pakaian menyukainya sebagai bahan pembuatan pakaian.

  • Tidak Gampang Kusut

Dalam penggunaan pakaian jarang sekali diperlukan setrika supaya kain rapi. Karena bahan jersey memiliki karakteristik tidak gampang kusut menkipun setelah di cuci.

  • Ketebalan Kain Variatif

Kebutuhan untuk bahan pakaian bisa disesuaikan dengan tingkat ketebalan kain. Pada bahan jersey ini ada beberapa macam pilihan untuk ketebalan kain sehingga bahan jersey mendukung penampilan dari pakaian.

Jenis Bahan Jersey

sumber : http://www.tokokaintextileonline.com/

Bahan jersey memiliki beberapa pilihan kualitas kain. Kualitas kain juga menyebabkan mahal dan murahnya harga kain. Kualitas yang berbeda-beda kain jersey ini ada pada jenis bahan jersey. JEnis bahan jersey apa saja yang beredar dipasaran dan bagaimana karakteristik dan kualitasnya bisa kita cek selengkapnya diuraian di bawah ini.

Jersey Stella

Bahan jersey stella merupakan kain jersey super. Karena bahan ini memiliki kualitas yang cukup bagus dengan karakteristik lembut dan kelebihan kain yang banyak. Sehingga kain ini diperuntukkan dipasaran kelas menengah ke atas dan harga kain jersey stella tergolong cukup mahal.

Karakteristik Bahan Jersey Stella

  • Bahan Adem

Sifat adem dimiliki bahan jersey pada umumnya. Namun jersey stella memiliki kualitas lebih baik dari jersey pada umumnya.

  • Tidak Mengkilap

Tekstur kain tidak mengkilap membuat kain tidak berkesan murahan. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan berbagai jenis pakaian.

  • Bahan Lembut dan Jatuh

Ciri kain yang lembut dan jatuh sama dimiliki dengan bahn jersey pada umumnya. Nmaun kelembutan jenis ini memiliki kualitas diatasnya.

  • Cenderung Keset

Kain jersey pada umumnya sedikit licin. Namun jenis jersey stella ini lebih cenderung keset.

  • Tampak Serat Katun Pada Permukaan Kain

Jika diamati dengan teliti jenis jersey stellla, akan tampak serat kain katun seperti pada bahan kaos.

Spandek Jersey atau Spandek ITY

Kain jersey jenis spandek jersey atau spandek ITY populer dengan julukan jenis spandek jersey korea. Dari beberapa jenis kain jersey, spandek jersey atau spandek ITY memiliki kualitas kain yang paling bagus. Kualitas kain yang bagus karena jenis kain jersey ini memiliki permukaan kain yang keset dan serat yang halus.

Karakteristik Jenis Kain Spandek Jersey atau Spandek ITY

  • Permukaan Kain Keset

Jenis kain jersey yang berkualitas bagus rata-rata memiliki permukaan kain yang keset.

  • Serat Kain Sangat Halus

Kelebihan jenis kain spandek jersey atau spandek ITY adalah memiliki serat kain yang sangat halus sehingga kain ini memeiliki kualitas tinggi.

  • Tekstur Kain Lembut

Untuk mendapatkan kenyamanan pada kulit, diperlukan kain denga tekstur yang lembut, dan ini ada di tekstur yang dimiliki jenis kain spandek jersey atau spandek ITY.

  • Tidak Mengkilap

Tekstur kain tidak mengkilap membuat kain tidak berkesan murahan. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan berbagai jenis pakaian.

  • Warna Soft

Jenis bahan spandek jersey atau spandek ITY memiliki warna pilihan kain yang soft sehingga jika dijadikan sebagai bahan pakaian akan memberikan kesan elegan dan modis.

  • Adem

Kualitas bagus jenis ini pastinya memiliki sifat kain yang adem saat digunakan, dan sifat ini ada pada jenis kain spandek jersey atau spandek ITY.

Jersey Etiway

Bahan Jersey Etiway dikategorikan dalam jenis jersey hight twist. Namun bahan jersey satu ini memiliki bobot bobot berbeda, maka jersey ini menjadi jenis sendiri dari bahan jersey. Ciri utama bahan jersey etiway adalah rajutan kainnya tidak rapi.

Karakteristik Jenis Kain Jersey Etiway

  • Sedikit Mengkilap

Sedikit mengkilap merupakan karakteristik yang biasa dimiliki oleh bahan jersey pada umumnya. Sehingga kain bisa memberikan kesan formal pada pakaian.

  • Kain Jatuh

Sifat kain ini cocok digunakan sebagai gamis, agar jika terkena tiupan angin kembali dengan cepat pada posisi semula.

  • Serat Rajutan Tidak Rapi

Karakteristik khas jenis jersey ini memiliki serat rajutan kain yang tidak rapi, namun masih memberikan penampilan yang baik.

  • Adem

Adem merupakan sifat umum yang dimiliki bahan jersey sehingga kualitas adem tergantung dari kualitas jenis jersey masing-masing.

Jersey Hight Twist

Jenis bahan jersey yang sangat populer adalah Hight Twist. Jenis jersey ini menjadi terkenal karena memiliki pilihan warna yang banyak. Pilihan warna hingga berjumlah 30 an macam berbeda. Selain itu kain jenis ini memiliki rajutan yang rapi dan mengkilap. siifat mengkilap pada jenis kain disebabkan oleh bahan campuran dari sintetis polyester, sehingga jenis kain ini sedikit panas jika digunakan. Jersey Hight Twist juga memiliki dua jenis turunan, yaitu tenun dan kaos.

  • Tenun

Karakteristik bahan jersey high twist tenun tidak melar, dan umum digunakan sebagai bahan pakaian jas atau blazer.

  • Kaos

Karakteristik bahan jersey high twist kaos cenderung melar dan cocok digunakan sebagai bahan jilbab, gamis, dll.

Jersey Serena

Jenis jersey serena memiliki tekstur pada permukaan kain yang lembut. Kualitas bahan jersey serena memiliki kualitas seperti jersey yang diproduksi oleh Adidas dan Nike.

Karakteristik Jenis Kain Jersey Serena

  • Bahan Adem, Lembut dan Jatuh

Ketiga karakteristik diatas sangat cocok sekali digunakan sebagai bahan pakaian untuk olahraga.

  • Tingkat Elastisitas (stretch) Tinggi

Elastisitas (stretch) tinggi membuat kain tidak akan mudah sobek jika digunakan untuk pergerakan dalam aktivitas.

  • Cepat Kering

Kelebihan kain yang cepat kering akan memberikan kenyamanan dan tidak menimbulkan jamur pada kain dan kulit.

Jersey Scarlet dan Jersey Sherly

Jenis bahan Jersey Scarlet dan Jersey Sherly merupakan jersey dengan kategori kualitas yang rendah, sehingga harganya murah

Karakteristik Jenis Kain Jersey Scarlet dan Jersey Sherly

  • Tekstur Kasar

Bahan dan prosen pembuatan kaian mempengaruhi hasil kain yang diciptakan.

  • Serat Kain Renggang

Serat kain yang renggang berakibat kain cenderung menerawang.

  • Agak Panas

Karena kualitas bahan rendah berakibat kain sedikit panas.

  • Warna Redup

Bahan yang rendah membuat kualitas warna kain menjadi redup

Jersey Crepe

Jenis Jersey Crepe sangat populer dengan nama spandek crepe. Jenis Jersey Crepe memiliki ciri khas unik dengan tekstur yang mirip seperti kulit jeruk. Sehingga bahan jersey ini disukai sebagai bahan untuk membuat gamis, jilbab, dan sebagainya.

Jersey Rayon

Jenis bahan jersey ini juga disebut spandek rayon. Daya menyerap keringat tinggi, lentur dan lembut, sehingga bahan Jersey Rayon digunakan oleh para produsen pakaian.

Jersey Drifit

Jenis Jersey ini dihasilkan dari kombinasi serat polyester, nilon, dan campuran katun (cotton). Keunggulan dari Jersey Drifit adalah memiliki sifat yang ringan dan adem. Jersey Drifit juga sering digunakan sebgai bahan pakaian olahraga seperti sepakbola, tenis, dan badminton.

Pilihan warna kain juga cukup banyak, mulai dari warna yang gelap seperti hitam, abu tua, dongker, dan coklat, sampai warna yang cerah.

Dua Jenis Kain Jersey Drifit

  • Grade Ori

Grade ini yang sangat disukai oleh banyak kalangan. Karena memiliki karakter bahan yang halus, elastis, sedikit mengkilat, dan adem.

  • Grade Lokal

Grade Lokal memiliki harga yang sangat terjangkau dengan kualitas dibawah grade ori. Pada jenis Drifit lokal ada lubang pori-pori untuk mempermudah sirkulasi udara, sehingga keringat akan cepat menguap.

Jersey Paragon

Jenis jersey paragon sering menjadi bahan yang digunakan dalam pembuatan jersey basket. Karakteristik kain tidak melar dan sedikit lebih hangat.

Kelebihan Bahan Jersey

Kelebihan bahan jersey bisa menjadi pertimbangan untuk dijadikan bahan pakaian yang akan kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Kelebihan bahan jersey ini bisa juga menjadi membuat pakaian menjadi menarik dengan memberikan kesan sesuai dengan yang diinginkan pengguna. Apa saja kelebihan bahan jersey, mari kita simak poin-poin selengkapnya di bawah ini.

  • Kaya Varian Warna

Varian warna yang banyak dari jersey mulai dari warna gelap dengan berbagai jenisnya hingga warna yang terang juga dengan varian jenisnya. Varian warna yang banyak ini memudahkan produsen atau konsumen memilih waran yang cocok yang meeka sukai.

  • Banyak Varian Tingkat Ketebalan

Selain varian warna, jersey juga memiliki varian tingkat ketebalan kain. Sehingga memudahkan dijadikan bahan pakaian sesuai dengan kegunaannya.

  • Daya Serap Air Baik

Daya serap air yang sudah tidak diragukan lagi membuat bahan jersey ini kerap kali menjadi bahan pakaian untuk olahraga.

  • Bahan Cepat Kering

Bahan yang mudah kering sangat membuat nyaman digunakan dalam aktifitas fisik yang tinggi seperti olahraga, bekerja di lapangan, dll. Karena kain jersey jika basah mudah kering sehingga tidak menimbulkan permasalahan dikulit seperti jamur, atau juga tidak menimbulkan masalah di pakaian.

  • Kain Tidak Gampang Kusut

Kain uyang tidak gampang kusut memberikan manfaat yang banyak, pertama jika setelah dicuci tidak perlu disetrika, pakaian bahan jersey bisa langsung digunakan. Selain itu, untuk aktivitas bisa mempertahankan penampilan sehingga aktivitas tetap percaya diri.

  • Kain Awet

Kain jersey memiliki daya tahan yang kuat, ini disebabkan kualitas serat dan proses tenun kain yang bagus. Meskipun kain ini sudah digunakan da di cuci berkali-kali, warna kain tetap kuat bertahan sehingga saat digunakan tetap bisa memberikan kesan yang kekinian.

  • Kain Elastis, Fleksibel, dan Jatuh

Tiga ciri umum yang dimiliki kain jersey adalah elastis, fleksibel, dan jatuh. Meskipun kain jatuh namun tidak melekat langsung pada tubuh sehingga penampilan tetap nyaman dan percaya diri.

  • Harga Terjangkau

Kualitas dan kelebihan yang dimiliki bahan jersey sepadan dengan harganya. Harga yang variatif, namun masih terjangkau banyak kalangan.

Kekurangan Bahan Jersey

  • Gampang Rusak Jika Sering Disetrika

Karena kain ini tidak gampang kusut, sebaiknya jangan terlalu sering menyetrikanya. Cukup disetrika jika kain benar-benar kusut dan saat menyetrika pastikan level panas sudah sesuai.

  • Membentuk Lekuk Tubuh

Membentuk lekuk tubuh dari sisi lain ini merupakan kelemahan jersey karena sangat membuat risih bagi muslimah. Namun disisi lain ada juga yang suka memperlihatkan lekukan tubuhnya. Bagi yang tidak suka pakaian ketat, jersey tidak bisa menjadi rekomendasi bahan untuk digunakan.

  • Kain Cukup Berat

Kain ini memiliki bobot cukup berat karena jersey memiliki ketebalan kain yang lumayan.

Penggunaan Bahan Jersey

Bahan jersey sudah digunakan sebagai bermacam bahan pakaian sehari-hari. Di antara pakaian yang banyak menggunakan bahan jersey adalah pakaian olahraga, gamis jilbab, Kaos, Celana, dll.

Perbedaan Bahan Jersey dan Spandek

Ketebalan kain, jersey lebih unggul dari kain spandek selain itu kain jersey lebih adem jika digunakan. Untuk tekstur kain, jersey memiliki tekstur halus dan sedikit licin. Namun spandek bertekstur lebih licin. Kemudian kain jersey lebih jatuh daripada kain spandek. Dari mengenal perbedaan dua kain ini maka kain jersey memiliki kualitas kain yang lebih baik dari kain spandek. Dalam penggunaan kedua kain ini hampir memiliki kesamaan terutama sebagai bahan pakaian olahraga.

Cara Merawat Pakaian Jersey

sumber : http://bajujersey.info/

  • Mencuci Pakaian Jersey

Cara mencuci pakaian jersey cukup mudah. Agar serat kain tidak menjadi kaku gunakan deterjen cair. Dan supaya pakaian tetap awet sebaiknya mencuci pakaian jersey dengan manual dikucek dengan tangan. Karena jika dicuci menggunakan mesin cuci, pakaian jersey elastisitasnya menjadi berkurang. Agar mempertahankan kelembuatan kain, maka ketika mencuci pakaian ini gunakan pelembut pakaian.

  • Menjemur Pakaian Jersey

Pakaian jersey cukup diperas dengan kadar kekuatan sedang saja. Karena bahan ini mudah kering jadi jangan terlalu kuat ketika memeras setelah dicuci. Kemudian jemur pakaian jersey ditempat yang tidak terkena langsung dari sinar matahari supaya serat kain tidak gampang rusak.

  • Menyetrika Pakaian Jersey

Pakaian Jersey sebaiknya jangan terlalu sering disetrika, karena akan merusak tekstur kain dan pakaian menjadi cepat rusak. Jika menyetrika setel pada suhu yang cukup agar pakaian tetap awet. Efek menyetrika terlalu panas biasanya akan membekas pada permukaan kain menjadi mengkilap.

Leave a response

17 − sixteen =