0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kain Rajut Jersey

Kain rajut jersey awalnya terbuat dari bahan wol. Bahan rajut jersey memiliki ciri umum melar dan ringan. Perkembangan teknologi industri tekstil dan perkembangan kebutuhan pengguanaan, maka diciptakanlah beberapa jenis kain rajut jersey baru yang terbuat dari beberapa bahan seperti katun, sutra, dan serat sintetis.

Sejak tahun 1916, kain rajut jersey menjadi kain yang sangat disukai oleh banyak kalangan karena kain rajut jersey memiliki varian jenis kain dari berbagai macam bahan jersey. Tidak hanya digunakan untuk bahan pakaian dalam saja, sekarang kain rajut jersey bisa tampil elegan sebagai bahan dari bermacam-macam pakaian.

Sejarah Kain Rajut Jersey

Kain Rajut Jersey

sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Nama kain jersey berasal dari nama sebuah pulau di selat antara negara Inggris dan negara Prancis. Di pulau jeersey inilah terdapat peternakan domba Jersey untuk diambil bulunya atau wol sebagai bahan untuk membuat kain rajutan jersey wol. Dahulu para laki-laki menyukai pakaian sweater yang terbuat dari kain rajut jersey dengan karakteristik kain lembut, kain berat dan hangat jika digunakan. Karena cuaca di Eropa sangat dingin sehingga mereka menggunakan kain rajut berasal dari bahan wol.

Untuk menciptakan varian jenis baru, maka pakar tekstil menciptakan bahan rajut jersey dari bahan di luar wol. Sehingga kegunaan kain rajut jersey juga semakin luas, tidak hanya digunakan di cuaca yang dingin saja, tetapi bisa juga nyaman digunakan di cuaca yang panas.

Karakteristik Kain Rajut Jersey

sumber : http://id.phkchina.com/

Karakteristik bahan rajut jersey sangat tergantung dari bahan yang digunakan untuk pembuatan kain rajut ini. Serat yang berkualitas juga akan menghasilkan kain rajut jersey yang berkualitas juga. Saat ini jenis bahan rajut jersey sudah banyak variannya dan bermacam jenis bahan rajut jersey bisa dipilih sebagai bahan pakaian yang diinginkan. Meskipun bahan jersey sekarang sudah ada banyak jenisnya, tetapi ada karakteristik umum yang melekat pada kain rajut jersey.

Lentur

Pada umumnya bahan rajut jersey adalah lentur. Tingkat kelenturan kain ini tergantung dari komposisi bahan yang digunakan. Sehingga kelenturan ini bisa memberikan kenyamanan ketika melakukan banyak pergerakan.

Daya Tahan Bagus

Bahan rajut jersey memiliki daya tahan kain yang kuat sehingga kain ini bisa awet. Selain itu kain jersey tidak mudah sobek karena kain memiliki sifat lentur. Mesin cuci dan menyetrika buakan menjadi hal yang harus dihindari selama penggunaannya tepat.

Mudah Dibentuk

Bahan rajut jersey memiliki serat yang memungkinkan kain ini mudah dibentuk, sehingga kain rajut jersey banyak digunakan sebagai bahan macam-macam jenis pakaian seperti kardigan, kaos oblong, turtle neck, mantel, gaun, dll.

Jenis Kain Rajut Jersey

sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Hadirnya bermacam-macam jenis kain rajutan jersey menambah kekayaan varian kain. Selain itu pilihan semakin variatif sehingga pemanfaatan sebagai pakaian juga semakin banyak juga sesuai dengan kegunaannya. Ada beberapa jenis kain rajut jersey sebagai informasi pengetahuan kita. Untuk lebih tahu selengkapnya tentang jenis-jenis kain rajut jersey bisa kita cek penjelasan di bawah ini.

Kain Rajut Katun Jersey

Kain jenis ini terbuat dari campuran bahan serat kapas sehingga menghasilkan kain yang sangat lembut ketika diraba dan bobot kain agak berat. Kain jenis katun jersey ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pakaian anak-anak karena memiliki sifat adem, dan mudah menyerap keringat yang sesuai dengan aktivitas anak-anak yang suka bermain. Namun, kain ini juga banyak digunakan sebagai bahan pakaian celana, gaun, rok, dll.

Kain Rajut Jersey Sutra

Kain jersey yang berasal dari serat sutra akan menciptakan kain rajutan jersey yang berkualitas. Kain memiliki tekstur sangat lembut dan berkilau sehingga tampak kesan elegan dan mewah. Kain jersey sutra memiliki karakteristik sedikit menerawang jika intens terkena cahaya, beda dengan kain rajut katun jersey yang memiliki kain tebal sehingga tidak menerawang. Kain ini sangat cocok digunakan sebagai tirai, gaun, blus, dan lain-lain.

Bahan rajut jersey sutra memiliki kelebihan kain adem jika digunakan dicuaca yang panas dan kain akan hangat jika digunakan di cuaca yang dingin. Karena kain jenis ini memiliki kualitas kain yang bagus, maka harga kain ini juga cukup lumayan mahal.

Kain Rajut Rayon Jersey atau Viscose Jersey

Kain Rajut Rayon Jersey memiliki kain yang sangat halus saat disentuh. Kain ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan gaun yang cukup menarik. Kain ini sangat cocok untuk pakaian musim panas, seperti atasan, blus, rok, dan kaos.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kain Rajut Jersey

sumber : https://ingatallah.com/

Kelebihan Kain Rajut Jersey

  • Memilik Varian Warna

Bahan rajut jersey memiliki varian warna yang beragam dari warna terang atau cerah hingga warna yang gelap. Warna yang beragam memberikan kemudahan produsen pakaian dalam menetkan warna yang tepat untuk desainnya. Sealain itu para konsumen juga senang karena bisa memilih sesuai dengan warna yang mereka sukai.

  • Daya Serap Keringat Bagus

Bahan rajut jersey yang terbuat dari kombinasi bahan polyester dan katun akan menghasilkan kain yang gampang meneyrap keringat dengan bagus. Sehingga bahan ini banyak digunakan sebagai bhan pakaian olahraga.

  • Kain Mudah Kering

Kain yang mudah kering ini memang sangat cocok untuk pakaian yang digunakan aktivitas fisik yang tinggi seperti olahraga, bekerja berat di luar ruangan, dll. Selain itu kain ini memudahkan dalam pencuciannya karena mudah kering.

  • Tidak Mudah Kusut

Kain yang tidak mudah kusut bisa diguanakan untuk aktivitas sepanjang hari karena kain tidak akan kusut yang bisa mengurangi penampilan.

  • Kain Kuat

Selain kain kuat, kain ini memiliki warna kain yang juga kuat atau tidak gampang luntur. Kain rajut jersey disukai karena tidak gampang sobek juga karena kain lentur.

  • Melar, Fleksibel, dan Jatuh

Bahan rajut jersey nyaman digunakan karena memiliki sifat melar dan jatuh. Sifatnya yang melar membuat pakaian dari kain rajut jersey tidak melekat di tubuh. Sehingga badan juga tidak akan terlihat gemuk saat mengguanakan pakaian berbahan kain rajut jersey.

  • Harga Terjangkau

Dengan kualitas bahan yang bagus, namun harga kain rajut jersey dipasarkan cukup terjangkau. Sehingga bahan ini sering digunakan sebagai bahan gamis dengan harga yang murah rata-rata.

Kekurangan Kain Rajut Jersey

  • Mudah Rusak Jika Sering Disetrika

Pakaian dari bahan rajut jersey tidak mudah kusut, jadi tidak perlu sering di setrika. Jika terlalu sering disetrika maka kain ini akan mudah rusak. Jikapun menyetrika ketika kain ini ada lipatan dan sulit diluruskan kecuali dengan menyetrika.

  • Membentuk Lekuk Tubuh

Sifat adem pada kain ini cukup bagus, namun kain ini juaga memiliki kekurangan yamh bisa membentuk lekuk tubuh saat digunakan. Hal ini sangat kurang nyaman jika digunakan oleh kaum hawa.

  • Kain Jersey Cukup Berat

Sebenarnya tidak semua jenis kain rajut jersey berat. Namun, pada umumnya kain ini memilki bobot kain yang cukup berat. Apalagi jika kain ini terkena air saat di cuci akan bertambaha lebih berat lagi.

  • Serat Kain Tipis dan Menerawang

Kain rajut jersey kualitas rendah memiliki serat kain tipis sehingga menerawang. Jadi, agar kain tidak menerawang sebaiknya membeli kain rajut jersey dengan kualitas bagus.

Leave a response

eleven + 16 =