0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Jenis Kain Katun Combed

Jenis kain katun combed merupakan salah satu dari jenis kain katun. Namun jenis kain katun combed banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kaos. Jenis kain katun combed sangat mudah di temukan dipasaran karena bahan katun combed ini sudah sangat populer terutama bagi produsen pakaian kaos. Jenis kain katun combed ini merupakan bahan untuk kaos yang berkualitas karena memiliki kelebihan yang cocok sebagai bahan kaos.

Bahan yang berkualitas membuat jenis kain katun combed memiliki harga yang lebih mahal daripada jenis kain untuk bahan kaos. Tidak hanya untuk bahan pembuatan kaos saja, tetapi jenis kain katun combed juga sering digunakan sebagai bahan piyama, sprei, jilbab, gendongan anak, dll.

Bahan kain katun combed yang berasal dari 100 % serat kapas ini menghasilkan lembaran kain yang memiliki beberapa karakteristik kain yang cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Arti Angka Dan Huruf Pada Jenis Kain Katun Combed

Jenis Kain Katun Combed

sumber : https://medium.com/

Jenis kain katun combed memiliki beberapa perbedaan dari ketebalan kain dan rajutan yang dimilikinya. Sehingga setiap jenis kain katun combed ini memiliki kode untuk menunjukkan ketebalan kain dan rajutannya. Jenis kain katun combed ada 4 jenis yang beredar dipasaran yaitu, 20s, 24s, 30s, dan 40s.

Jenis kain ini dirupakan dalam bentuk kode memiliki maksud untuk menunjukkkan tipe kerapatan benang di saat proses pembuatan kain combed. Angka yang ditunjukkan semakin kecil berarti ketebalan kain semakin tebal dan sebaliknya, jika angka yang ditunjukkan besar, maka kain semakin tipis.

Sedangkan ada huruf ‘s’ dibelakang angka memiliki arti jenis jahitan yang digunakan. Jika ‘s’ maka menggunakan jahitan single knitt atau jarum tunggal. Sedangkan jika dibelakang angka ada kode hruf ‘d’ memiliki arti jahitan kain menggunakan double knitt atau jarum ganda.

Pada umumnya yang digunakan sebagai bahan kaos adalah yang berkode ‘s’ yang memiliki karakteristik kain elastis, agak renggang jahitannya. Dan unuk kode ‘d’ jarang digunakan sebagai bahan kaos karena memiliki jahitan yang rapat, lentur dan kain tebal, kelebihannya lagi kain bisa digunakan bolak balik.

Jenis Kain Katun Combed Dan Karakteristiknya

sumber : https://kaoskubagus.com/

Jenis Kain Katun Combed 20s

Jenis katun combed 20s memiliki arti gramasi kain antara 180-220 gr/m2 dengan tipe rajutan single knitt. Katun combed 20s adalah katun combed yang paling baik kualitasnya dibandingkan jenis lainnya. Jnis katun ini memiliki kain yang paling tebal diantara jenisnya, mudah menyerap keringat, tekstur halus dan lembut. Sehingga bahan ini sering dijadikan sebagai bahan kaos bagi para produsen kaos. Bahan ini juga banyak digunakan bahan kaos distro dengan salonann menarik.

Jenis Kain Katun Combed 24s

Jenis katun kombed ini memiliki ketebalan yang sedang, sehingga paling sering digunakan oleh produsen kaos dari Bandung. Jenis kain katun combed ini memiliki gramasi antara 170-210 gr/m2. Karakteristik kain ini lebih adem dari jenis combed 20s, namun kain lebih tipis dari 20s. Anehnya bahan ini sulit ditemukan diluar kota Bandung.

Jenis Kain Katun Combed 30s

Gramasi jenis kain katun combed 30s sekitar 140-160 gr/m2 sehingga kain ini lebih adem dengan kain yang tipis. Kain jenis ini yang palin sering digunakan sebagai bahan kaos oleh produsen ternama.

Jenis Kain Katun Combed 40s

Jenis kain katun combed 40s adalah jenis yang paling tipis dan memiliki karakeristik yang paling adem. Kain yang memiliki gramasi antara 110-120 gr/m2 juga sangat disukai sebagai bahan kaos oleh produsen kaos ternama di Bandung.

Ternyata, jenis kain katun combed tidak hanya terdiri dari 4 jenis saja. Tetapi kain katun combed juga memiliki jenis lainnya. Jika poin di atas merupakan jenis dari rajutan kain yang berpengaruh dari ketebalan kain. Namun kali ini kami akan memaparkan jenis kain katun combed dilihat dari jenis pencelupan warna kain.

Tipe Celupan Kain Katun Combed

sumber : http://www.kaosyes.com/

Jenis kain katun combed dibedakan lagi dari tipe pencelupan kain ini, yaitu tipe kain katun combed sulfur dan kain katun combed reaktif. Kedua tipe ini sangat berpengaruh pada kualitas kain dan sisi harga dipasaran. Selengkapnya perbedaan dri kedua tipe kain katun combed bisa di cek di bawah ini.

Kain Katun Combed Sulfur

Jenis kain ini memiliki proses pembuatannya menggunakan pewarna sulfur. Pewarna ini merupakan bahan sintetis sehingga lebih murah. Tipe kain katun combed sulfur biasanya memiliki kualitas kain yang kurang bagus karena penggunaan pewarna sulfur tidak mampu bertahan lama. Sehingga dalam waktu yang singkat akan mengalami penipisan warna dan bahan katun ini akan mudah rusak setelah mengalami beberapa kali pencucian.

Penggunaan kain katun combed sulfur juga sebagai bahan kaos. Dan yang sering dan cepat mengalami kerusakan pada sisi lipatan kaos, ujung atau pinggir kaos, dan pada sisi jahitan yang tebal. Katun Combed sulfur memiliki karakter kain tipis sehingga menerawang, gampang rapuh, dan mengalami lubang jika sudah dicuci berkali-kali.

Untuk yang memiliki masalah dengan kulit, sebaiknya jangan memakai bahan combed sulfur. Karena bahan ini rentan menimbulkan iritasi pada kulit yang sensitif. Bahan ini bisa di ketahui berbahan dari pewarna sulfur tercium dari bau kainnya, yaitu baunya asam seperti cuka. Pewarna sulfur biasanya digunakan untuk warna gelap dan tua, seperti warna hitam. Kualitas kain katun combed sulfur yang kurang baik mempengaruhi harga dipasaran. Harganya cenderung murah karena zat warna yang digunakan murah. Selain itu jenis katun ini tidak melalui sebuah proses tahap pencucian dari sisi rajutan dan tidak melalui proses pemutihan kain.

Kain Katun Combed Reaktif

sumber : https://www.blibli.com/

Kain katun combed reaktif memiliki kualitas kain yang bagus daripada katun combed sulfur. Karena katun combed reaktif ini memiliki tekstur kain yang lembut. Selain memiliki karakteristik kain yang bagus, kain ini jyga memiliki warna yang tajam dengan kepekatan tinggi karena kualitas zat warnanya lebih bagus dari sulfur. Kain katun combed reaktif memiliki harga cukup mahal dipasaran daripada combed sulfur.

Jika mencari bahan katun jangan sampai terjebak dengan harga kain yang murah. Karena harga murah biasanya sepadan dengan kualitas kain yang dimilikinya. Carilah kain katun yang berkualitas bagus meskipun harga sedikit mahal, namun bahan ini akan lebih tahan lama untuk digunakan. Agar tidak salah pilih bahan, sebelum membeli maka harus mengenal bahan katun dengan baik dan jeli, seperti halnya bisa membedakan antara katun combed reaktif dengan katun combed sulfur.

Tentunya, memakai kaos berbahan katun combed berkualitas akan lebih memberikan kenyamanan karena kelebihan kelebihan kain yang dimilikinya. Selain itu perawatan yang mudah cenderung disukai banyak kalangan. Jadi, kain katun combed ini salah satu idola bahan kain untuk kaos dengan varian kualitas yang sesuai dengan harganya. Namun, kualitas semua jenis katun combed bisa memberikan kenyamanan di cuaca yang panas.

Leave a response

five × 5 =