0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Bahan Katun Combed Untuk Bahan Kaos Terbaik

Bahan Katun Combed merupakan salah satu jenis dari kain katun. Bahan katun combed banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan berbagai macam kaos. Pada tulisan kali ini kami akan mengupas tuntas tentang bahan katun combed supaya kamu benar-benar mengenal bahan katun combed ini dengan baik. Mengenal bahan combed bisa dilakukan dengan mengetahui beberapa karakteristik yang dimiliki oleh bahan tersebut.

Bisa mengenal bahan katun combed dengan baik merupakan modal pengetahuan kamu ketika membeli pakaian berbahan combed agar tidak keliru dalam memilih kualitas yang terbaik. Kualitas bahan terbaik akan memberikan kenyamanan ketika pakaian digunakan, salah satunya bahan adem dan tidak menimbulkan alergi di kulit. Dan bahan yang cocok sebagai pakaian salah satunya adalah dari bahan katun combed.

Pengertian Bahan Katun Combed

Bahan Katun Combed

sumber : https://blog.porinto.com/

Combed adalah sebuah teknik pembuatan kain dengan cara di sisir. Sedangkan bahan yang digunakan dalam pembuatan kain ini adalah serat kapas. Sehingga hasil dari proses pembuatan kain dengan teknik combed bernama kain katun combed.

Proses Pembuatan Bahan Katun Combed

Proses pembuatan bahan katun combed hampir mirip dengan pembuatan kain katun pada umumnya. Namus di dalam tengah proses pembuatan bahan katun combed ini ada sedikit perbedaan yaitu pada proses combing. Proses pertama yang dilakukan adalah membuat benag katun dari serat kapas. Kapas yang sudah dipanen di bersihkan dari kotoran dan bijinya. Kemudian dilakukan proses carding dengan mensejajarkan serat dalam posisi searah.

Kemudian dilakukan proses combed yaitu menyisir dengan menggunakan alat spesial berupa sikat untuk memisahkan kotoran dan serat kapas yang pendek-pendek. Pemisahan kotoran dan serat pendek bisa mengurangi volume katun hingga 15 % sampai tersisa serat panjang yang sejajar. Setelah ini katun combed dipintal menjadi benang.

Karena tidak ada serat pendek pada benang yang dihasilkan, maka hasil dari lembaran kain katun combed memiliki tekstur kain yang lembut dan kain menjadi lebih kuat. Proses pembuatan bahan katun combed ini membutuhkan sedikit waktu yang cukup panjang, sehingga mempengaruhi dari sisi harga kain menjadi lebih mahal dari harga katun pada umumnya.

Keunggulan Bahan Katun Combed Dari Bahan Katun Biasa

  • Keunggulan pertama bahan katun combed dari bahan katun biasa adalah pada proses combing untuk membersihkan benang dari serat kapas yang pendek sampai tersisa serat kapas yang panjang-panjang saja. Sehingga proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama daripada pembuatan benak katun biasanya.
  • Keunggulan yang kedua, bahan katun combed murni dari bahan serat kapas 100 % tanpa ada bahan campuran serat lainnya. Beda dengan bahan katun biasa yang sering menggunakan bahan campuran serat lainnya seperti rayon, polyester, dll. Sehingga bahan katun combed memiliki kualitas kain yang terbaik.
  • Keunggulan ketiga bahan katun combed adalah memiliki tekstur kain yang lebih halus daripada bahan katun biasanya. Karena proses penyisiran ini menghilangkan serat pendek dan membuat tekstur kain lebih halus.

Keunggulan Dan Kelemahan Bahan Katun Combed Untuk Bahan Pembuatan Kaos

sumber : https://berkaos.com/

Bahan katun combed ini salah satu kain yang banyak digunakan oleh produsen pakaian sebagai bahan untuk pakaian kaos. Meskipun bahan pakaian kaos bisa berasal dari bahan lainnya, namun bahan katun combed menjadi pilihan karena memiliki banyak keunggulannya daripada kelemahannya. Apa saja keunggulan dan kelemahan bahan katun combed ? Mari selengkapnya kita cek di bawah ini.

Keunggulan

  • Katun combed sebagai bahan kaos memiliki permukaan kain yang halus sehingga jika bersentuhan dengan kulit bisa memberikan kenyamanan penggunannya.
  • Katun combed sangat mudah menyerap air. Pada aplikasi pakaian kaos biasanya digunakan untuk aktivitas yang memerlukan banyak pergerakan sehingga tubuh mudah berkeringat. Kaos bahan katun combed bisa memberikan kenyamanan dengan daya serap keringat yang tinggi.
  • Katun combed berasal dari serat kapas 100 % sehingga memberikan rasa adem di kulit dan sangat cocok bagi yang memiliki kulit sensitif atau alergi.

Kelemahan

  • Katun combed yang memiliki daya serap air yang tinggi ini juga menjadi kelemahan daripada kain. Jika perawatan tidak benar, maka kaos bahan katun combed bisa cepat menjamur karena suhu lembab.
  • Serat yang kuat pada kaos katun combed juga menjadi kelemahan bahan ini jika perawatan dalam mencucinya tidak sesuai aturan perawatan, seperti tindakan merendam kaos ini terlalu lama sebelum mencuci bisa berakibat kaos bisa cepat rusak

Jenis Bahan Kaos Katun Combed

sumber : https://knitto.co.id/

Kaos katun combed sangat populer dipasaran. Tetapi, bahan kaos katun combed ini memiliki beberapa jenis varian yang berdasarkan tingkat kerapatan jahitan dan tingkat ketebalan kain. Beberapa viarian tersebut juga menentukan kualitas bahan kain katun combed sebagai kaos. Berikut ini beberapa jenis varian dari kaos bahan katun combed.

Kaos Bahan Katun Combed 20s

Kaos yang berbahan katun combed 20s memiliki ketebalan kain yang paling tinggi daripada varian bahan lainnya. Dan bahan ini merupakan katun combed dengan kualitas terbaik sehingga menjadi jenis kaos dengan kualitas bahan terbaik juga. Bahan ini memiliki ukuran gramasi mencapai 180-220 gr/m2, sehingga kekuatan kain ini tidak perlu diragukan lagi. Pada penggunaan pakaian, bahan ini sering untuk bahan kaos sablon tentunya dengan harga yang lebih mahal dari jenisnya.

Kaos Bahan Katun Combed 24s

Kain yang memeiliki gramasi antara 170-210 grm/m2, sangat jarang ditemui dipasaran. Bahan ini banyak digunakan oleh produsen kaos dari Bandung, Jaea Barat. Kualitas dan harga bahan ini dibawah persis combed 20s.

Kaos Bahan Katun Combed 30s

Ketebalan bahan katun combed ini tipis dengan ukuran gramasi kain sekitar 140-160gr/m2. Kelebihan bahan jenis ini lebih adem jika digunakan sebagai bahan kaos. Justru jenis combed 30s ini yang banyak digunakan oleh produsen pakaian kaos sablon, karena dari sisi harga lebih murah dan bahan ini mudah dicarai dipasaran.

Kaos Bahan Katun Combed 40s

Bahan katun combed paling tipis adalah jenis ini yang memiliki gramasi sekitar 140-160 gr/m2. Meskipun kain tipis namun tidak mengurangi kualitas kain ini. Bahan katun ini yang adem dan harga paling murah, sangat disukai oleh produsen kaos.

Sebagai pengetahuan kita semua, huruf ‘s’ pada ukuran bahan ini memiliki kepanjangan dari single knit yang berarti jenis jahitan tunggal sebagai teknik dalam penjahitan,. Selain itu sebenarnya ada juga teknik double knit atau jahitan ganda.

Kiat Memilih Kaos Bahan Katun Combed

sumber : https://tshirtbar.id/

  • Varian jenis katun combed yang sudah dijelaskan di atas tadi, masing masing memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Kaos bahan katun combed ini memiliki karakteristik yang sama dari setiap jenisnya. Namun yang membedakan adalah level sifat yang dimilikinya, seperti semakin tipis bahan kaos ini, akan memiliki sifat semakin adem saat digunakan. Jadi jika kamu ingin membeli kaos bahan katun combed yang bisa memberikan rasa paling adem, bisa dipilih bahan yang paling tipis engan ukuran 40s.
  • Kemudian dalam memilih kaos berbaghan katun combed yang baik adalah terletak pada jahitannya. Jika jahitan rapat dan lurus,serta rapi menandakan kualitas kaos semakin baik karena jahitan akan menambah kekuatan kaos supaya tahan lama.

Cara Merawat Kaos Bahan Katun Combed

Kekuatan kain sebagai bahan kaos salah satunya berasal dari cara merawatnya. Di antara cara merawat adalah mencuci, menyetrika, menyimpan, dan penggunaan. Jadi seperti apa cara-cara yang benar dalam merawat kaos bahan katun combed ini ? Cara merawat kaos bahan combed dengan benar akan kami bocorkan di bawah ini.

  • Rendam kaos katun combed dalam durasi yang singkat maksimal 15 menit sebelum kaos di cuci.
  • Jika kaos berwarna putih, sendirikan dalam mencucinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kelunturan warna dari pakaian kotor lainnya yang sedang di cuci.
  • Jika ada noda pada kaos jangan membersihkan dengan cara disikat karena akan merusak tekstur kain apalagi kaos tersebut memiliki sablon.
  • Agar warna kaos tidak pudar, saat menjemur sisi dalam kaos posisikan di sisi luar supaya sablon pada kaos juga awet.
  • Mencuci kaos katun combed dengan tangan lebih disarankan daripada mencuci menggunakan mesin cuci. Jikapun harus menggunakan mesin cuci karena alasan capek, maka mode mesin cuci di level soft supaya tekstur kain tidak rusak.
  • Kain katun yang mudah mengkerut setelah pencucian, sebaiknya selalu menyetrika sebelum penggunaan. Selain kaos menjadi rapi, bahan kaos juga bisa terawat dengan baik.
  • Langsung bersihkan noda yang mengenai kaos supaya noda tidak menempel di serat kaos terlalu kuat yang bisa mengurangi penampilan kaos.

Perbedaan Bahan Katun Combed dan Bahan Katun Carded

Supaya mengenal dengan baik katun combed, sebaiknya juga mengenal katun carded juga karena kedua bahan ini sering digunakan sebagai bahan kaos oleh produsen pakaian. Untuk katun combed sudah kami jelaskan panjang lebar di atas, sekarang saatnya menjelaskan sedikit tentang bahan katun carded dengan membandingkan langsung perbedaan kedua jenis bahan katun ini.

Perbedaan Kualitas

  • Kualitas Bahan Katun Combed

Kain katun combed tentunya berkualitas lebih baik dari jenis katun carded. Karena dalam proses pembuatan kedua kain ini memilki sedikit perbedaan yang membuat katun combed lebih bagus dari carded. Perbedaan proses pembuatan ini combed lebih lama karena ada proses penyisiran atau pemilihan serat kapas terbaik saja yang akan dijadikan gulungan benang. Sehingga proses ini menghasilkan lembaran kain yang memiliki tekstur halus dan lembut dan nyaman jika digunakan.

  • Kualitas Bahan Carded

Kain ini juga banyak digunakan sebagai kaos karena memiliki harga yang lebih terjangkau meskipun katun carded ini juga dari bahan 100 % katun. Kualitas masih dibawah combed karena proses yang berbeda dlam pembuatan kain sehingga kain ini lebih kasar karena masih bercampurnya serat katun yang panjang dan pendek. Selain itu tekstur katun carded sedikit berbulu sehingga agak kurang nyaman jika saat digunakan.

Perbedaan Kerataan Benang

Proses penyisiran bahan combed akan tampak kualitas benangnya yang rata saat diamati di bawah sinar matahari. Pada katun combed benagnya lebih jelas dan rapi. Beda dengan katun carded yang masih banyak serat yang menjuntai halus sehingga tekstur kain seperti berbulu.

Perbedaan Tekstur Kain

  • Tekstur Bahan Katun Combed

Tekstur bahan Combed sudah dipastikan lebih lembut sehingga bahan ini memiliki sifat lebih adem dan sangat nyaman dikulit saat digunakan. Para produsen dan konsumen kaos sangat menyukai bahan ini untuk pembuatan kaos karena memiliki kualitas baik meskipun harganya sedikit mahal. Kaos combed sering dijadikan kaos distro dan banyak juga bahan ini untuk bahan kaos anak yang ramah dengan aktivitas gerak yang tinggi.

  • Tektstur Bahan Katun Carded

Tekstur bahan Carded cenderung kasar, jadi sudah bisa ditebak bahwa tekstur bahan ini masih dibawah katun combed kualitasnya. Bintik-bintik putih pada permukaan kain ini berasal dari biji kapas yang belum terpisah dari seratnya sehingga inilah yang menyebabkan tekstur cenderung kasar.

Perbedaan Kemampuan Daya Serap Air

Tidak ada perbedaan kedua jenis bahan katun ini dalam kemampuan daya serap air. Karena kedua jenis katun ini juga berasal dari 100 % serat kapas. Jadi untuk kaos olahraga bisa memilih jenis kedua bahan katun tersebut, tetapi jika menginginkan yang lebih nyaman bisa dipilih bahan katun combed.

Perbedaan Harga

  • Harga Bahan Katun Combed

Harga katun combed lebih mahal daripada katun carded karena memiliki kualitas kain yang bagus. Selain itu varian warna katun combed lebih menarik daripada katun carded. Pilihan warna yang ada diantaranya warna tua, warna sedang, warna muda, warna putih, warna misty dan warna Jet black.

  • Harga Bahan Katun Carded

Pastinya harga katun carded lebih murah dan terjangkau. Untuk sekolahan, katun carded bisa menjadi rekomendasi sebagai bahan kaos olahraga dengan kualitas kain cukup bagus.

Jenis Bahan Katun Lainnya Sebagai Bahan Kaos

Selain katun combed dan katun carded, ternyata ada jenis bahan katun lainnya yang sering juga digunakan sebagai bahan kaos. Di antara jenis bahan kaos katun lainnya adalah katun bamboo dan katun supima

Katun Bamboo

Kain Katun Bamboo berasal dari kombinasi dua bahan, yaitu berasal dari serat kapas dan serat bambu. Serat bambu memiliki kelebihan sebagai anti bakteri, datya serap air juga bagus, anti bau karena efek dari anti bakteri, dan bahan ini bisa di daur ulang. Kain katun bamboo memiliki karakteristik umum seperti kain lembut, elastis, kuat, adem di cuaca panas karena cahaya UV bisa di serap bahan ini. Dalam penggunaan biasanya untuk dijadikan sebagai kaos untuk luar ruangan. Kombinasi serat kapas yang mudah dihinggapi bakteri akan dinetralkan dengan serat bambu yang anti bakteri.

Katun Supima

Kain Katun Supima juga sering digunakan sebagai bahan kaos juga. Bahan ini sangat populer dengan sebutan Pima. Bahan kaos in masuk kategori bahan premium dengan harga yang cukup mahal dipasaran. Karena bahan katun ini memiliki kualitas kain terbaik. Nma Supima sendiri memiliki kepnjangan Superior Pima yang artinya kain katun yang berasal dari benang katun super dari katun Pima.

Kapas Pima ini berasal dari sebuah perkebunan yang berada di negara Amerika. Dan jenis kaps Pima ini hanya dibudidayakan di California, Texas Arizona, dan New Mexico saja. Sehingga membuat bahan katun ini cukup langka dipasaran. Selain bahan yang langka, katun Pima dibudidayakan menggunakan teknologi yang canggih. Dari proses yang budidaya yang mahal ini, maka wajar saja jika harga kain katun ini sangat mahal. Katun supima juga sudah memiliki hak paten sehingga terjamin keasliannya dan tidak gampang ditiru.

Demikian, ulasan tentang jenis bahan katun yang sering dijadikan sebagai bahan kaos. Semoga penjelasan diatas menjadi infomasi bagi kita semua sebagai pertimbangan dalam memutuskan pilihan dalam penggunaan bahan kaos yang akan kita beli dan kita pakai.

Leave a response

2 × 5 =