0 items in your shopping cart

No products in the cart.

4 Jenis Baju Muslim Populer Di Indonesia

Jenis baju muslim sangat beragam dan setiap negara memiliki khas baju muslim yang populer digunakan. Di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim juga memiliki baju muslim populer yang banyak digunakan setiap harinya. Baju muslim populer tersebut ada beberapa jenis baik itu baju untuk pria maupun wanita. Untuk mengetahui lebih detail nama nama jenis baju muslim di Indonesia akan kami jelaskan di bawah ini selengkapnya.

Kaftan

jenis baju muslim

sumber : https://shopee.co.id/

Kaftan merupakan salah satu jenis baju muslim yang populer di Indonesia dan sering digunakan dalam ritual ibadah agama Islam. Kaftan sendiri merupakan salah satu baju khas orang Timur Tengah. Namun dalam perkembangan fashion muslim, kaftan sudah menjadi populer dan digunakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Model kaftan di Indonesiapun sudah berubah menjadi desain modern sesuai dengan trend baju muslim saat ini.

Jenis baju muslim ini memiliki ciri khas pada sisi lengannya cukup lebar mirip sayap kelelawar memanjang hingga menutup lengan tanpa ada jahitan. Pada umumnya jenis baju muslim kaftan biasa digunakan untuk menghadiri acara formal maupun non formal seperti pengajian dan acara pernikahan.

Awalnya, baju kaftan ini dipakai untuk kaum laki-laki yang bertujuan untuk melindungi tubuh saat beraktifitas sehari-hari. Namun perkembangan fashion muslim, kaftan banyak digunakan oleh kaum wanita. Kaftan yang digunakan untuk pria memang desainnya sederhana, akan tetapi sekarang digunakan banyak kaum wanita dengan menggunakan desain yang tidak monoton, seperti menerapkan hiasan renda dan bunga-bunga dan desain-desain lainnya yang menarik.

Cara Memilih Kaftan

Memilih jenis baju muslim kaftan ada beberapa cara supaya nyaman saat digunakan. Dalam pemilihan kaftan tersebut ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan supaya penampilan bisa tampak elegan dan mewah.

  • Pilih Bahan Yang Tepat

Jenis baju muslim kaftan memang dibuat dari beberapa bahan kain. Jadi pilihlah sesuai dengan tema acara yang dihadiri, misalnya acara yang berada diluar ruangan, maka pilih jenis baju muslim kaftan yang berbahan mudah menyerap keringat dan memiliki sifat adem seperti bahan katun.

  • Pilih Warna Kaftan Sesuai Dengan Warna Kulit

Jika memiliki kulit yang cenderung warnanya gelap maka sebaiknya memilih jenis baju muslim kaftan yang berwarna hangat seperti kuning dan merah muda. Sedangkan, jika memiliki kulit berwarna cerah, maka sebaiknya memilih kaftan dengan warna-warna dingin seperti biru, hijau dan warna kulit.

  • Gunakan Manset

Penggunaan manset sebagai pelengkap gaya hijab supaya penampilan tidak monoton. Kemudian pilih warna manset yang berbeda dengan warna kaftan.

Abaya

sumber : https://my-best.id/

Jenis baju muslim populer di Indonesia berikutnya adalah abaya. Abaya sendiri salah satu baju muslim yang dipakai untuk kaum wanita dan biasanya digunakan dalam menghadiri acara-acara pengajian, digunakan saat bulan puasa dan hari lebaran. Desain jenis baju muslim abaya cenderung lebih ramping dibandingkan dengan kaftan. Fashion muslim modern saat ini terdapat dua model abaya yaitu A-Line dan Umbrella Line. Pada umumnya warna khas abaya adalah hitam, namun saat ini warnanya cukup beragam.

Jenis baju muslim abaya ini awalnya juga dalam bentuk yang sangat sederhana. Namun, perkembangan dunia fashion muslim saat ini abaya hadir dalam bentuk beragam dengan menambahkan aksen renda, motif dan payet. Sehingga model abaya saat ini banyak disukai oleh kalangan wanita muda.

Cara Memilih Abaya

  • Pilih Bahan Kain Bagus

Bahan kain yang bagus untuk jenis baju muslim abaya adalah yang memiliki tekstur lembut dan sifat jatuh kebawah, Agar penampilan mampu memberikan kesan rapi dan tampak ramping saat digunakan. Jangan memilih bahan abaya yang bertekstur mengkilap karena akan memberikan kesan tubuh tampak besar.

  • Pilih Motif Sesuai Ukuran Tubuh

Jika memiliki tubuh ramping sebaiknya memilih motif abaya yang besar supaya penampilan bisa tampak seimbang. Dan sebaliknya, jika memiliki tubuh yang besar pilih motif abaya yang kecil-kecil saja.

Gamis

sumber : https://shopee.co.id/

Jenis baju muslim populer di Indonesia lainnya adalah gamis. Gamis sendiri merupakan busana dari Timur Tengah yang sudah populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Gamis merupakan baju yang dipakai oleh wanita maupun pria dengan model sederhana. Namun perkembangan fashion muslim membuat jenis baju muslim gamis ini mengalami perkembangan menjadi Baju Gamis Modern dengan desain yang menarik.

Dan bahan gamis moderpun beragam seperti katun, sifon, balotelli, wollycrepe dan lain-lain. Jenis baju muslim gamis awalnya bernama Qhamis yang berasal dari bahasa Arab yang berarti pakaian. Di Indonesia populer dengan nama Gamis, sedangkan di Negara Timur Tengah biasa disebut Thobe yang berarti pakaian sederhana.

Cara Memilih Gamis

  • Pilih Gamis Sesuai Ukuran Tubuh

Dalam memilih gamis yang tepat salah satunya adalah dengan melihat postur tubuh, jika memiliki tubuh yang ramping maka sebaiknya memilih jenis baju muslim gamis dengan model potongan lebar dibagian bawah.

  • Pilih Warna Gamis Sesuai Ukuran Tubuh

Jika memiliki tubuh berisi, sebaiknya memilih gamis-gamis dengan warna dan motif sesuai dengan ukuran tubuh yaitu pilih motif bunga-bunga kecil dan warna yang sedikit gelap.

Tunik

sumber : https://www.blibli.com/

Jenis baju muslim tunik merupakan baju muslim yang biasa dikenakan oleh wanita. Jenis baju muslim tunik ini memiliki model longgar yang panjangnya sampai pinggul atau sampai diatas lutut. Tunik sendiri dari bahasa Inggris yaitu tunic yang berarti pakaian longgar. Pertama kali jenis baju muslim ini digunakan oleh masyarakat Yunani Kuno. Zaman dulu tunik hanya memiliki satu warna dengan aksesoris ikat pinggang khas bangsa Romawi Kuno.

Perkembangan dunia fashion maka jenis baju muslim ini bermetamorfosis menjadi banyak model sehingga banyak diminati oleh kaum hawa. Saat ini terdapat beragam jenis model tunik mulai dari model polos, tunik peplum (model tunik dengan lipatan dibagian bawah), tunik motif, tunik vest (model tunik panjang hingga lutut), tunik asimetris (model tunik yang memiliki sudut yang menyimpang atau mengerucut dibagian bawah)

Cara Memilih Tunik

  • Pilih Tunik Dengan Bahan Terbaik

Bahan terbaik untuk jenis baju muslim tunik bisa disesuaikan dengan fungsi penggunaannya. JIka digunakan untuk menghadiri acara ditempat terbuka maka pilihan yang tepat adalah berbahan katun, karena bahan katun memiliki daya serapkeringat yang bagus dan memiliki sifat adem sehingga nyaman digunakan di cuaca panas.

  • Pilihlah Motif dan Warna Tunik Sesuai Warna Kulit

Supaya tampak elegan maka dalam memilih jenis baju muslim harus disesuaikan dengan warna kulit yang dimiliki. Selain itu pastikan bahannya tebal dan tidak menerawang supaya penampilan nyaman sepanjang hari.

  • Pilih Tunik Modern

Tunik modern adalah tunik dengan model kekinian baik itu desain, warna, bahannya. Tunik modern akan mampu memberikan kesan modis dan elegan saat digunakan sehingga mampu menambah percaya diri saat beraktivitas.

Nah, keempat jenis baju muslim yang populer di Indonesia di atas sebenarnya hanyalah sebagiannya saja.Masih ada banyak lagi jenis-jenis lainnya yang nanti akan kami bahas sendiri di lain waktu. Semoga beberapa jenis baju muslim di atas bisa menjadi manfaat pengetahuan kita saat ini.

Leave a response

2 × 5 =