0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Berbagai Jenis Kain Sifon

Jenis Kain Sifon (chiffon) merupakan kain yang tipis dan sangat ringan. Meskipun jenis kain sifon ini transparan, namun kain ini lembut saat tersentuh kulit. Jenis kain sifon berasal berasala dari Perancis, karena sifon sendiri merupakan bahasa Perancis yang memiliki arti kain atau pakaian. Sifon dalam dunia garmen merupakan salah satu teknik penenunan dalam pembuatan kain yang ditemukan sejak tahun 1938. Dengan perkembangan teknologi tekstil, jenis kain sifon dibuat dengan serat kain yang kuat. Selain itu, jenis kain sifon juga terbuat dari berbagai macam bahan dasar kain sehingga terbagi menjadi tiga tipe kain sifon.

Tiga Tipe Jenis Kain Sifon

Jenis Kain Sifon

sumber : https://www.yabatex.com/

Kain Sifon Berbahan Serat Alami

Jenis kain sifon yang berbahan dari serat alami pada umumnya memiliki permukaan kain yang lebih halus dan berkualitas. Namun dalam perawatannya, jenis ini membutuhkan perawatan lebih intensif. Karena jenis kain ini memiliki kualitas bagus maka cenderung berharga lebih mahal. Contoh jenis kain sifon berserat alami adalah sifon katun (cotton chiffon) dan sifon sutra (silk chiffon). Sifon jenis ini memiliki keunggulan daya serap air tinggi, sehingga akan nyaman digunakan di cuaca tropis.

Kain Sifon Berbahan Serat Sintetis

Jenis sifon berbahan serat sintetis ini banyak beredar dipasaran. Karena harga sifon berbahan sintetis cukup murah, maka jenis kain sifon satu ini sangat disukai oleh produsen pakaian. Salah satunya bahan ini untuk digunakan sebagai bahan jilbab. Ada beberapa jenis kain sifon berbahan sintetis yang bisa sebagai pilihan sebagai bahan pakaian.

Kain Sifon Berbahan Serat Semi Sintetis

Jenis kain sifon berbahan dasar serat campuran antara serat alami dengan serat sintetis akan menghasilkan kain kualitas sedang dalam jenis kain sifon. Jenis sifon ini ada yang memiliki karakteristik kain lebih elastis, mengkilap dan lebih kuat. Karena kain ini memiliki kualitas sedang, maka harga jenis kain ini juga cukup murah dan masih terjangkau.

Bahan campuran ini biasanya berasal dari serat sutera dan serat poliester. Kombinasi dua bahan ini menghasilkan kain yang cukup menjadi idola para produsen pakaian. Kelebihan sutera yang lembut dan adem dengan dipadukan kelebihan poliester maka akan menghasilkan kain yang mudah di bentuk dan kain sedikit tebal.

Kualitas jenis kain sifon berdasarkan dari serat bahan yang digunakan. Sifon dari serat alami akan menghasilkan kain yang berkualitas, sehingga harga kain sifon ini lebih mahal dari kain sifon yang berbahan sintetis maupun semi sintetis.

Karakteristik Kain Sifon

sumber : https://shopee.co.id/

  • Pola ‘Balanced Plain Weave’

Kain sifon merupakan kain yang ditenun dengan teknik pola ‘balanced plain weave’. Model teknik tenunan ini merupakan teknik paling sederhana bahkan teknik ini juga paling tua. Pada teknik tenunan ini benang tipe S-twist dan Z-twist digunakan dengan fiber yang halus.

  • Tipis

Ciri khas jenis kain sifon adalah kain tipis namun kain. Kain sifon yang tipis ini memiliki kelebihan kain dingin jika dipakai. Kain ini juga bisa diwarnai dengan mudah, kecuali kain sifon yang terbuat dari fiber polyester akan lebih sulit untuk diwarnai.

  • Floating

Kain ini sering digunakan untuk pakaian seperti blouse, gaun malam, rok, syal, dress, lingerie dan piyama. Selain itu kain ini sering dimanfaatkan sebagai lapisan luar pada pakaian sehingga memberikan kesan ‘floating’ (ngambang) pada pakaian tersebut.

  • Mengkilap

Kain sifon juga memiliki karektristik mengkilap pada permukaannya, karena sifon ini berbahan serat sutra. Selain itu juga memiliki kain yang lembut.

  • Lentur

Kain sifon yang memiliki sifat lentur adalah kain sifon yang berbahan serat sintesis dari fiber poliester. Sehingga kain ini mudah untuk ditarik atau diregang

Jenis Kain Sifon

sumber : https://www.bukalapak.com/

Berdasarkan bahan serat yang bermacam-macam dalam membuat kain sifon, sehingga kain ini memiliki beberapa jenis kain sifon dengan karakteristik berbeda pada masing-masing jenis sifon.

Sifon Katun

Kain sifon katun berasal dari serat kapas yang ditenun dengan teknik sifon. Jenis kain sifon ini banyak digunakan sebagai pakaian muslimah. Karena kain tipis maka dalam penggunaan perlu menambahkan furing agar tidak menerawang. Jenis kain ini memiliki daya serap air yang cukup bagus dan adem.

Sifon Sutra

Kain sifon sutra merupakan kain yang terbuat dari serat sutera. Kain sifon jenis ini lebih disukai oleh para kaum hawa karena jenis kain ini memiliki kelebihan ringan, lembut, dan jatuh sehingga mudah mengikuti gerakan tubuh. Jenis kain ini memberikan kesan elegan. Namun kain ini gampang sobek sehingga cukup berhati-hati dalam penggunaannya.

Sifon Polyester

Jenis kain sifon polyester memiliki kelebihan, yaitu kain lebih kuat daripada sifon sutra sehingga berpengaruh dalam perawatannya yang lebih mudah. Selain itu, kain sifon polyester juga memiliki harga yang lebih murah karena berbahan serat sintetis. Sayangnya, kain jenis ini susah diwarnai dan permukaan jenis kain sifon ini cenderung licin dan berkilau terang.

Sifon Nilon

Sifon Nilon memiliki karakteristik hampir sama dengan jenis kain sifon polyester tetapi ada sedikit perbedaan dalam proses pembuatannya. Jika jenis sifon polyester menggunakan teknik plain weave sedangkan jenis sifon nilon dalam pembuatannya menggunakan teknik knit weave. Sifon nilon memiliki kain yang lembut dan jatuh.

Sifon Rayon

Jenis kain sifon rayon merupakan jenis kain sifon yang berasal dari serat semi sintetis. Serat rayon sendiri adalah terbuat dari hasil regenerasi selulosa tumbuh-tumbuhan yang dicampur dengan bahan kimia. Sehingga sifon rayon ini tergolong dari serat semi sintetis.

Sifon Campuran

Sifon campuran terbuat dari bahan serat alami dan sintetis. Seperti serat sutra dengan serat polyester yang menghasilkan kain dengan sifat elastis, lebih kuat, dan berkilau meskipun masih di bawah kilau sifon sutra. Kain sifon campuran juga memilki jenisnya diantaranya cerruti sifon, hycon sifon, dan crepe sifon.

  • Hycon

Hycon adalah salah satu jenis sifon campuran dengan memiliki kain sedikit tebal sehingga dalam pemakaiannya sebagai pakaian tidak perlu dilapisi furing. Kain hycon juga memiliki sifat adem ketika digunakan, sehingga memberikan kenyamanan.

  • Cerruti

Kain cerruti merupakan salah satu jenis dari kain sifon campuran. Jenis kain sifon ini termasuk kain yang paling mahal di antara kain sifon dan hycon. Kain cerruti memiliki tekstur yang sangat lembut dan sedikit tebal. Pada permukaan jenis kain ini terdapat serat dan berpori pada permukaannya.

  • Crepe Sifon

Crepe Sifon juga merupakan salah satu jenis sifon campuran dengan beberapa karakter kain yang bersifat lentur, tidak kaku, dan teksturnya tampak kasar seperti berpasir atau berkerut.

Tips Merawat Pakaian Berbahan Kain Sifon

sumber : https://harga.web.id/

  • Jangan Dicuci Di Mesin Cuci

Kain sifon yang memiliki khas kain tipis cenderung gampang rusak jika terkena gesekan benda tajam. Maka untuk merawat supaya kain sifon bisa awat, ketika mencuci pakaian berbahan sifon jangan menggunakan mesin cuci. Sebaiknya lakukan pencucian menggunakan tangan.

  • Gunakan Sabun Deterjen Cair

Deterjen cair cenderung memiliki bahan yang tidak terlalu kuat sehingga tidak menimbulkan panas yang kuat pada kain. Deterjen cair ini cocok digunakan untuk mencuci pakaian berbahan sifon.

  • Keringkan Secara Alami

Pengeringan kain jangan menggunakan mesin cuci karena jika putaran yang kuat akan menyebabkan kain sifon menjadi sobek. Maka cukup dijemur dibawah terik matahari.

  • Setrika Suhu Panas Sedang

Jangan menyetrika pakaian bahan sifon dengan setrika suhu yang sangat panas, karena bisa membakar kain sifon yang tipis.

Leave a response

five × four =