0 items in your shopping cart

No products in the cart.

4 Manfaat Kain Sutra Untuk Kecantikan Wanita

Manfaat kain sutra yang paling banyak diketahui adalah sebagai bahan pakaian. Namun, kain yang mahal ini ternyata juga memiliki manfaat kecantikan. Kain sutra mampu menjaga kondisi kulit dan rambut tetap tetap normal dan stabil. Sehingga kain sutra juga menjadi salah satu bahan produk kecantikan.

Untuk menjaga kulit wajah agar tetap baik dan segar, maka kain sutra di buat sebagai sarung bantal. Sedangkan, untuk menjaga kelembaban rambut, maka kain sutra di buat sebagai jilbab. Manfaat kain sutra untuk kecantikan akan lebih aman karena berasal dari bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping yang buruk. Bagi kaum hawa, sebaiknya mengetahui manfaat kain sutra untuk kecantikan kulit dan rambut. Meskipun lebih mahal, tetapi mampu memberikan beberapa manfaat berikut ini.

Mempertahankan Kelembaban Rambut

sumber : https://pusathijabterbaru.com/

Rambut menjadi mahkota bagi kaum hawa. Memiliki rambut panjang jika tidak dirawat akan menimbulkan masalah pada rambut yang dimiliki. Khususnya para hijaber akan sedikit banyak mengalami masalah dengan rambutnya ketika selesai melakukan aktivitas yang tinggi. Rambut menjadi kusut dan mungkin berbau tidak sedap karena keringat tidak bisa terserap dengan baik oleh hijab yang digunakan. Jika hal ini dilakukan berkali-kali, maka rambut bisa menjadi rapuh sehingga mudah rontok. Rambut juga bisa menjadi kering dan bercabang.

Masalah tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan hijab yang berbahan sutra. Sifat sutra yang adem bisa membuat nyaman jika dipakai dan kelembaban rambut akan stabil. Tekstur kain sutra yang lembut juga mampu mengurangi gesekan kain dengan rambut, sehingga rambut tidak mudah patah atau rontok.

Mengurangi Peradangan Kulit

sumber : https://www.merdeka.com/

Laki-laki dalam Islam dilarang menggunakan sutra, namun, jika sebagai terapi pengobatan laki-laki dibolehkan memakai sutra. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu beliau berkata:

رَخَّصَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلزُّبَيْرِ وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ فِي لُبْسِ الْحَرِيرِ لِحِكَّةٍ بِهِمَا

“Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam memberikan kelonggaran untuk Zubair dan Abdurrahman untuk memakai sutra karena penyakit gatal yang mereka derita” (HR. Bukhari no. 5839, Muslim no. 2076).

Ibnu Hajar mengatakan:

قَالَ الطَّبَرِيُّ : فِيهِ دَلَالَة عَلَى أَنَّ النَّهْي عَنْ لُبْس الْحَرِير لَا يَدْخُل فِيهِ مَنْ كَانَتْ بِهِ عِلَّة يُخَفِّفهَا لُبْس الْحَرِير

“Ath Thabari menjelaskan: dalam hadits ini terdapat dalil bahwa larangan menggunakan sutra tidak termasuk di dalamnya orang yang memiliki penyakit yang bisa diringankan dengan memakai sutra” (Fathul Baari, 16/400).

Jadi kain sutra bisa menjadi terapi bagi yang memiliki masalah dengan kulit. Kain sutra yang memiliki sifat lembut dan adem saat di pakai akan memberikan kondisi kulit tidak semakin meradang sehingga kesembuhan kulit akan lebih cepat.

Cocok Untuk Kulit Sensitif

sumber : https://hijab.dream.co.id/

Sebagian orang memiliki kulit sensitif (Hypoallergenic), sehingga tidak bisa memakai pakaian dari bahan sembarangan, terutama pakaian yang berbahan sintetis. Maka, kain sutra dapat menjadi solusi sebagai pakaian karena bahan kain berasal dari serat alami yang memiliki tekstur lembut sebagai anti alergi. Bagi pemilik kulit sensitif, pakaian dari bahan sutra sangat cocok untuk digunakan agar terhindar dari alergi kulit.

Mencegah Kerutan Wajah

sumber : https://cantik.tempo.co/

Proses penuaan tidak saja disebkan oleh faktor usia saja. Memang faktor usia adalah faktor utam penyebab penuaan seperti kerutan pada wajah. Tetapi, faktor lainnya yang membuat kerutan wajah adalah gaya hidup. Seperti perokok akan memilki penuaan lebih cebat daripada orang yang tidak merokok, karena kandungan rokok akan mempengaruhi kulit wajah. Kemudian pola tidur juga berpengruh dengan kerutan wajah. Jika tidur menggunakan sarung bantal dari bahan kasar, akan berpengaruh pada kulit dengan menciptakan kerutan wajah.

Solusi agar tidak terjadi kerutan wajah, maka menggunakan sarung bantal dari bahan yang lembut seperti kain sutra. Kain sutra akan membantu mengurangi gesekan pada kulit wajah sehingga tidak terjadi kerutan pada wajah ketika bangun tidur. Selain itu, kulit wajah akan terjaga kelembabannya sehingga akan memperlambat proses penuaan pada kulit wajah.

Jadi, 4 manfaat kain sutra untuk kecantikan sangat berguna sekali. Untuk mempertahankan kecantikan rambut dan kulit wajah, maka para hijaber bisa merubah gaya hidup yang baik dan sehat dengan salah satunya memilih hijab dengan bahan sutra atau memilih peralatan rumah seperti sarung bantal dari kain sutra.

Leave a response

three × 1 =