0 items in your shopping cart

No products in the cart.

2 Penggunaan Kain Katun

Penggunaan kain katun bisa untuk berbagai keperluan rumah tangga, selain kain katun sebagai bahan berbagai macam pakaian. Di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia, kain ini merupakan kain yang sangat populer karena memiliki kelebihan kain yang cocok untuk dipakai di daerah bersuhu hangat.

Tidak hanya karekteristik kain yang fleksibel digunakan di Indonesia. Tetapi, penggunaan kain katun juga disebabkan kain ini memiliki tampilan menarik pada permukaan kain, mulai dari warna polos hingga kain yang memiliki motif beragam. Kain yang berasal dari serat alami kapas ini juga memiliki banyak jenis turunannya sehingga kain ini variatif dari sisi kualis dan harganya. Pengen tau penggunaan kain katun ? Ayo kita simak bersama-sama beberapa penggunaan kain katun di bawah ini.

Penggunaan Kain Katun Untuk Pakaian

Penggunaan kain katun utamanya sebagai bahan untuk pembuatan pakaian. Karena sandang merupakan kebutuhan pokok bagi manusia yang harus dipenuhi. Jika menurut agama Islam pakaian ini berguna untuk menutup aurat agar tidak menimbulkan fitnah. Di bawah ini akan kami ulas beberapa penggunaan kain katun untuk pakaian.

Kemeja Katun

penggunaan kain katun

sumber : https://www.tokopedia.com/

Penggunaan kain katun untuk pakaian, pertama sebagai bahan kemeja. Kemeja sendiri adalah model pakaian untuk menutupi tubuh bagian atas / disebut pakaian atasan. Pada pakaian ini terdapat kancing di bagian depan, ada juga saku di sisi dada, dan juga berkerah. Pakaian kemeja ini merupakan model pakaian yang sangat identik sebagai pakaian pria. Meskipun saat ini ada model kemeja untuk wanita. Penggunaan kain katun sebagai kemeja ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas formal.

Kelebihan Kemeja Katun

  • Bahan katun halus dan lembut digunakan sebagai kemeja katun. Karena penggunaannya banyak digunakan diaktivitas formal seperti untuk pakaian kantor, maka aktivitas bekerja menjadi nyaman.
  • Kemeja katun juga bisa awet, karena memiliki serat yang kuat. Untuk bisa memiliki daya tahan lama, kemeja katun harus dirawat dengan benar.
  • Penggunaan kain katun ini juga adem sehingga aktivitas di suhu yang hangat menjadi nyaman dan tidak gampang gerah.
  • Apalagi kemeja katun cukup baik dalam menyerap keringat, sehingga ketika dipakai tidak panas.
  • Pemilihan kemeja katun dari bahan yang memiliki ketebalan bagus, sehingga tidak menerawang.
  • Pilihan warna yang variatif, mudah dilipat dan tentunya tidak membuat kulit menjadi alergi sehingga banyak disukai banyak kalangan.

Celana Katun

sumber : https://www.tokopedia.com/

Penggunaan kain katun sebagai celana juga banyak dilakukan oleh produsen pakaian. Kain yang kuat dan memiliki kelebihan adem jika digunakan sangat disukai oleh banyak pengguna. Seperti kain katun denim ini juga sangat cocok digunakan sebagai celana terutama untuk pakaian lapangan, karena bahan yang kuat dan memiliki kesan macho.

Blus Katun

Penggunaan kain katun berikutnya sebagai pakaian blus. Pakaian blus ini mirip dengan model kemeja. Namun blus ini banyak digunakan untuk pakaian wanita. Kelebihan blus katun juga mirip dengan kemeja blus katun, yaitu nyaman dipakai dan mudah ditata.

Dress

Penggunaan kain katun juga banyak digunakan sebagai pakaian dress. Dress sendiri salah satu jenis pakaian yang dibuat dari bahan katun. Karena dress katun memiliki sifat adem dan mudah menyerap keringat sehingga banyak disukai kaum hawa.

Rok

Kain katun juga sering sekali sebagai bahan penggunaan pakaian jenis rok. Rok dengan berbagai model dari yang bentuk pendek hingga rok panjang. Penggunaan kain katun sebagai rok ini memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas yang bagus. Sehingga banyak disukai banyak kalangan wanita.

Jilbab

Pada penggunaan kain katun sebagai jilbab ini memiliki berbagai macam jenis katun yang digunakannya. Dari yang berbahan tipis hingga yang berbahan tebal. Selain itu dari yang berbentuk polos hingga yang memilik motif. Semuanya ini bisa menjadi pilihan bagi muslimah dalam penggunaan jilbab.

Kaos

Penggunaan kain katun sebagai kaos juga sering dilakukan oleh produsen pakaian. Seperti jenis katun combed sangat memberikan kenyamanan saat digunakan, dan bahan ini sering digunakan sebagai bahan kaos.

Penggunaan Kain Katun Untuk Rumah Tangga

Penggunaan kain katun tidak hanya sebatas untuk pakaian saja. Kain katun juga sering digunakan untuk perabot rumah tangga. Apa saja penggunaan kain katun untuk rumaha tangga ? Selengkapnya kita cek sama-sama di bawah ini.

Kain Lap

sumber : https://www.dekoruma.com/

Kain lap sangat dibutuhkan dalam perabot rumah tangga yang berguna untuk membersihkan segala kotoran. Kain lap bahan katun sangat cocok dalam membersihkan kotoran, karena kotoran bisa bersih secara sempurna. Sifat kain yang mudah menyerap air ini yang menjadi alasan penggunaan kain katun sebagai kain lap. Selain itu kain katun juga mudah dicuci dan mudah dikeringkan.

Sarung Bantal dan Sprei

sumber : https://www.tokopedia.com/

Penggunaan kain katun untuk perabot rumah tangga berikutnya adalah sprei dan sarung bantal. Saat tidur tentunya ingin dalam kondisi nyaman. Kenyamanan saat tidur salah satu faktornya adalah tempat tidur yang memiliki sarung bantal dan sprei berbahan katun. Karena bahan ini akan memberikan rasa adem, dan mudah meyerap keringat. Di saat tidur, biasanya keringat yang keluar dari tubuh juga banyak, sehingga sangat tepat jika menggunakan sprei berbahan katun. Namun, penggunaan sprei dan sarung bantal bahan katun harus di cuci maksimal 1 minggu supaya tidak bau dan jamuran.

Pelapis Sofa

Supaya duduk disofa bisa bertahan lama dan bisa memberikan kesejukan. Biasanya produsen meuble membuat sofa dengan lapis kain katun. Sifat katun yang mudah menyerap keringat dan adem membuat sofa denagn pelapis kain katun banyak diminati. Berbagai motif menarik juga memberikan sofa ini memiliki tampilan berkelas.

Selimut Katun

Di cuaca dingin biasanya banyak orang tidur dengan menggunakan selimut. Penggunaan kain katun sebagai selimut juga sangat baik di cuaca yang dingin. Karena kain katun memiliki sifat menghangatkan jika berada di cuaca yang dingin. Bahn katun yang ringan juga sangat memudahkan dalam mencuci.

Tirai Katun

Desain interior modern biasanya banyak menggunakan warna-warna cerah. Penempatan tirai katun yang senada dengan warna interior rumah akan memberikan kesan arsitektur modern. Tirai untuk interior rumah ini tidak harus yang berwarna polos saja, tetapi bisa juga yang memiliki motif namun motif yang tidak terlalu ramai.

Celemek dan Sarung Tangan Dapur

Di dapur biasanya tangan sering basah karena mencuci piring dan sayuran. Penggunaan kain katun sebagai celemek dan sarung tangan dapur sangat cocok karena bahan mudah menyerap air. Selain itu bahan katun lembut dan bahan tidak mudah panas sehingga tepat untuk bahan sarung tangan yang berfungsi mengangkat perabot yang panas saat memasak.

Tas Belanja

Memiliki tas belanja sendiri bisa menambah penampilan bertambah kece saat belanja. Tidak usah mengandalkan kresek atau plastik untuk menciptakan lingkungan tetap hijau. Penggunaan kain katun sebagai tas belanja sangat cocok sekali, karena bahan mudah dicuci dan berbagai motif kain yang apik bisa menambah percaya diri saat berbelanja.

Leave a response

eleven + nine =