0 items in your shopping cart

No products in the cart.

MENGENAL BAHAN RAYON

Apa itu bahan RAYON?

Mungkin kita sering mendengarkan bahan katun rayon, atau mungkin kita pernah mengenakan pakaian dengan bahan katun rayon. Namun, apakah kita pernah tahu dari bahan apakah katun rayon itu? Nah, bagi anda semua yang ingin tahu lebih jelas tentang bahan katun rayon, simak artikel berikut ini.

Dalam dunia industri, bahan rayon sering dikombinasikan dengan bahan fiber yang lainnya agar menghasilkan kain yang lebih bagus, lebih lembut dan memiliki daya serap yang tinggi. Bahan campuran rayon menghasilkan beberapa jenis kain, yaitu kain katun rayon, polyster rayon, linen rayon dan beberapa jenis lainnya.

Rayon terbuat dari bahan apa?

Bahan rayon terbuat dari serat rayon, yaitu serat buatan yang diproduksi dari bahan sintetis. Ini merupakan hasil penelitian untuk mendapatkan serat sutra dengan harga yang murah dan pastinya mudah. Perlu anda ketahui, jika rayon merupakan serat buatan manusia yang memiliki umur paling lama. Ide ini berawal dari peneliti yang mengamati ulat sutera mengubah diri menjadi kepompong dan juga laba-laba yang membuat jaringnya. Dari sinilah peneliti mencoba membuat dan akhirnya berhasil.

Kelebihan dan kekurangan rayon

Rayon disebut sebagai serat serbaguna dan memiliki tingkat kenyamanan sebagaimana serat alam seperti serat catton. Meski karakteristik rayon yang licin dan mudah jatuh yang sering dianggap seperti nilon, namun serat rayon dapat digunakan sebagai serat yang bagus menyerupai katun, linen dan wol.

Selain kelebihan yang sudah disebutkan tadi, kain rayon juga terkenal halus, lembut, dingin, nyaman dan memiliki daya serap yang sangat bagus. Namun, bahan rayon sendiri sangat mudah kusut dan tidak dapat di cuci di mesin cuci karna kekuatan bahan rayon sangat lemah ketika basah dibandingkan bahan katun.

Rayon juga tahan terhadap panas, namun jika saat menyetrika dalam suhu tinggi maka rayon akan berubah warna menjadi kuning.

Tidak hanya kelebihan tadi, rayon yang merupakan bahan sintetis buatan ini memiliki harga yang murah sehingga kainnya di pasaran juga dijual dengan harga yang murah.

Cara merawat dan mencuci bahan rayon

Anda perlu memeperhtikan bahan yang satu ini saat mencucinya. Bahan rayon kekuatannya akan menurun saat dia sedang dalam kondisi basah. Kain rayon akan mudah rusak dan mengkerut saat mereka sedang dalam kondisi basah. Oleh sebab itu anda perlu melakukan perawatan khusus saat mencucinya agar tidak mudah rusak.

  • Kain rayon sebaiknya di cuci menggunakan tangan, karna jika dicuci dengan menggunakan mesin cuci dikhawatirkan akan merusaknya.
  • Cuci pakaian dengan air dingin atau air hangat, jangan menggunakan detergen dengan bahan yang keras, lalu kucek dengan lembut dan perlahan agar detergen meresap kedalam kain dan bilas dengan air dingin.
  • Pada saat penjemuran anda bisa menjemurnya di gantungan yang terbuat dari bahan plastik, jika menggunakan kawat ditakutkan akan menimbulkan karatan.
  • Saat penyetrikaan gunakan panas yang sedang dan jangan terlalu tinggi. Usahakan saat menyetrika pakaian dibalik ( yang dalam di luar) untuk menghindari pakaian mengkilap jika terjadi kesalahan penyetrikaan.

Nah, sekian dulu artikel dari kami tentang bahan rayon. Semoga artikel ini bermanfaat untuk ada semua. Terimakasih ^_^

Leave a response

ten − 8 =