0 items in your shopping cart

No products in the cart.

APA ITU KATUN IMA?

Pengertian

Katun ima merupakan salah satu kain katun yang memiliki sifat halus, rapi dan ketika dijadikan bahan pakaian, akan memberikan efek dingin dan menyejukan ketika dikenakan. Jika dilihat secara cermat, jenis katun ini memiliki serat garis kecil yang memiliki warna senada dengan warna dasar kain. Kain katun ima sendiri, terbuat dari bahan serat kapas. Sehingga terasa halus dan dingin.
Kelebihan Katun Ima
Katun ima sendiri memiliki kelebihan, kelebihan katun ima yaitu :

1. Daya serap keringat yang tinggi, membuatnya terasa dingin dan tidak mudah terasa gerah ketika dikenakan.
2. Memiliki permukaan kain yang lebih halus dibandingkan jenis katun lainnya.
3. Tidak berbulu
4. Warnanya lebih awet dan bisa bertahan lebih lama.
5. Tidak membuat alergi karena terbuat dari serat alami.
6. Tidak mudah kusut saat dicuci.

Jenis-jenis Katun Ima
Katun ima yang sudah diketahui ada tiga Jenis, yakni katun ima slub (Japan), katun ima non slub (Japan), dan katun Ima lokal.

Ciri-ciri Katun Ima

Banyak jenis katun ima yang banyak beredar di pasar di Indonesia. Untuk membedakan katun ima biasa dan katun ima yang bagus, kamu harus tahu apa saja ciri-cirinya. Nah, ciri-ciri katun ima yang bagus yaitu :

  • Asli memakai serat katun 100% tanpa ada campuran serat sintetis yang terlihat di bagian paling ujung katun import dari Jepang.
  • Memiliki tekstur yang tidak berbulu, lebih ringan, dan relative lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis katun lainnya.
  • Serat katun alami yang dijadikan bahan utama dapat menyerap keringat dengan sangat baik
  • Dilihat dari sisi harga, memiliki harga yang terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan katun biasa.

Banyak yang mengatakan jika katun ima memiliki tampilan fisik yang mengkilap, tetapi ternyata katun yang yang mengkilap tersebut lebih disebut dengan katun sateen. Sateen dan satin adalah jenis kain yang berbeda. Sateen menggunakan struktur tenun, sedangkan satin menggunakan jenis benang yang berbeda yakni benang pintal bukan benang filament.

Contoh busana muslim dari katun ima


Kegunaan Katun Ima

Corak garis-garis pada katun ima berasal dari benang slub dan menampilkan kesan elegan dan rapi, maka dari itu kain ini sangat cocok digunakan untuk busana muslim dari Ethica.

Katun ima memiliki ketabalan yang sedang, tidak terlalu tipis dan tidak tebal. Dengan ketebalan tersebut di kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki penduduk muslim terbanyak, para kaum muslimah memanfaatkan kain tersebut sebagai bahan utama busana muslim atau ada juga yang menggunakannya sebagai hijab.

Corak Katun Ima

Katun ima sendiri memiliki motif dan corak yang beraneka ragam. Pada umumnya, corak katun ima adalah full colour, cerah, dan ada juga yang memiliki motif lucu, ceria, bunga-bunga, kotak-kotak dan masih banyak motif lainnya yang terprint rapi di katun ima.

Katun ima yang sebagian besar adalah kain import dari jepang mungkin terinspirasi dari kain yang dikenakan sebagai pakaian khas negeri matahari terbit tersebut yakni kimono. Sebagian besar kimono memiliki warna-warna cerah dan memiliki banyak corak yang sama dengan katun ima.

Nah, mungkin dengan penjelasan diatas kamu sudah tau bukan apa itu katun ima?
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih ^_^

Leave a response

2 × two =