0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Jenis Kain Populer Untuk Busana Muslim

Kain Populer Untuk Busana Muslim memiliki kualitas sedang dan terbaik, karena harga busana muslim juga cukup beragam dari harga yang bisa terjangkau sampai harganya yang mahal. Harga disesuaikan dengan bahan yang digunakannya, semakin berkualitas jenis kain populer untuk busana muslim maka semakin mahal harganya. Kain populer untuk busana muslim dengan kualitas terbaik biasanya akan sangat nyaman saat digunakan. Selain nyaman digunakan, kain populer untuk busana muslim ini juga mampu memberikan kesan yang elegan dan modis.

Hari ini busana muslim tidak hanya sebagai pakaian yang hanya digunakan untuk beribadah dan menghadiri pengajian saja. Tetapi fungsi busana muslim sekarang lebih luas dan bisa digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Desain busana muslim yang semakin beragam mengikuti zaman ini juga diikuti dengan bahan dasar pembuatan busana muslim supaya mampu memberikan kenyamanan saat digunakan. Nah, berbicara bahan dasar pembuatan busana muslim, saat ini sudah banyak jenis kain yang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan busana muslim. Tetapi ada beberapa jenis kain populer untuk busana muslim yang perlu kita semua ketahui. Selengkapnya akan kami bahas di bawah ini.

Woolpeach

kain populer untuk busana muslim

sumber : https://gamisjilbabsyari.com/

Jenis busana muslim yang sering digunakan sebagai pakaian adalah gamis. Gamis yang memiliki bentuk terusan dari atas sampai batas mata kaki ini mampu menutupi aurat dengan sangat baik. Namun jika salah memilih bahan kainnya maka gamis juga bisa menerawang. Jadi pemilihan bahan kainnya juga harus tepat supaya aurat tertutup dengan baik dan bahan mampu memberikan kesan yang menarik. Kain populer untuk busana muslim ini berasal dari bahan campuran antara serat katun, sutra, dan serat sintetis.

Kain populer untuk busana muslim woolpeach memiliki beberapa karakter yang cocok digunakan untuk bahan pembuatan busana muslim, diantara karakteristiknya adalah bahannya ringan, tipis tetapi tidak menerawang. Selain itu kain woolpeach memiliki sifat adem, halus, dan lembut sehingga nyaman dikulit saat digunakan terutama pada wilayah tropis. Untuk lebih lengkapnya tentang kain populer untuk busana muslim ini bisa diketahui dari kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Kain Populer Woolpeach

Kainnya Halus

Wajar jika kain populer ini cukup halus karena berasal dari serat alami seperti katun dan sutra yang dicampur dengan serat sintetis. Kehalusan kain populer untuk busana muslim ini mampu memberikan kenyamanan kulit sehingga tidak terpicu alergi. Gesekan permukaan kain dengan kulit dapat menimbulkan iritasi jika permuakaan kainnya kasar, namun pada kain woolpeach permukaannya cukup halus.

Tidak Mudah Kusut

Kain yang tidak mudah kusut memberikan keuntungan dalam perawatannya, yaitu bisa langsung dipakai setelah baju sudah dicuci dan tidak harus disetrika dahulu. Bagi yang memiliki aktivitas banyak, maka bahan woolpeach bisa menjadi pilihan sebagai bahan busana muslim yang kita gunakan.

Tidak Menerawang

Kain yang tidak menerawang menjadi syarat yang sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan busana muslim. Kain populer untuk busana muslim ini sangat baik dalam menutup aurat sehingga para muslimah khususnya tidak perlu kuatir lagi jika menggunakan bahan kain woolpeach sebagai busana muslim.

Cukup Ringan

Kain yang ringan mempermudah pergerakan saat digunakan beraktivitas sehingga kain ini sangat digemari para produsen dan pengguna sebagai bahan pembuatan busana muslim.

Harga Terjangkau

Kelebihan kain ini harganya terjangkau sehingga kain ini cukup populer dipasaran karena banyak yang membutuhkannya. Pembeliannya pun bisa secara meteran dan glondongan sesuai dengan kebutuhan.

Beragam Pilihan Warna

Banyaknya pilihan warna maka pengguna dengan mudah memilih warna sesuai dengan kesukaannya. Warna yang digunakan sebagai busana muslim bisa kombinasi, jadi tidak harus satu warna saja.

Kekurangan Kain Populer Woolpeach

Setiap kelebihan pasti ada kekurangannya, namun pada kain populer untuk busana muslim ini memiliki kekurangan yang sedikit sehingga kelebihan dari kain ini yang masih dominan. Nah apa saja kekurangan yang ada kain woolpeach, mari kita simak sama-sama penjelasan di bawah ini.

Banyak Tingkatan Kualitas Dipasaran

Banyaknya jenis woolpeach maka juga memunculkan kualitas yang berbeda-beda. Sehingga cukup membingungkan jika tidak memahami betul jenis kain woolpeach saat ingin membeli dipasaran. Pasalnya ada juga Woolpeach yang memiliki sifat transparan pada kainnya, padahal kain Woolpeach yang asli tidak transparan.

Supernova

sumber : https://sumbernesia.com/

Kain populer untuk busana muslim berikutnya adalah kain supernova. Jenis kain ini memiliki ciri khas sendiri meskipun kain ini merupakan kategori dari salah satu jenis katun. Kain supernova secara umum memiliki karakteristik sama dengan kain katun diantara karakteristik yang dimilikinya kainnya adem dan mudah menyerap keringat. Namun disisi lainnya kain ini juga memiliki kelemahan yang mengurangi penampilan saat digunakan sebagai pakaian karena kain supernova mudah kusut. Selengkapnya tentang kain supernova bisa dilihat dari kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Kain Supernova Untuk Busana Muslim

Kain populer untuk busana muslim ini memiliki banyak kelebihan saat digunakan sebagai bahan pembuatan busana muslim. Beberapa kelebihannya bisa di cek di bawah ini.

Cocok Di Daerah Tropis

Kain yang memiliki rongga yang besar membuat jenis kain ini mampu menyerap keringat dengan baik, selain itu kain ini juga memberikan rasa adem karena sirkulasi udara yang baik pada serat kainnya. Sehingga kain supernova sangat cocok digunakan di daerah tropis yang bersuhu hangat.

Kain Tidak Menerawang

Kain tidak menerawang merupakan syarat yang baik untuk dipenuhi sebagai bahan pembuatan busana muslim terutama busana muslim untuk wanita. Agar aurat bisa tertutup dengan sempurna dan penggunaan tidak perlu menambah furing. Ketebalan kain supernova cukup baik dan beberapa jenis kain supernova memiliki ketebalan yang beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga Terjangkau

Kain dengan kualitas sedang atau bagus yang terpenting memiliki harga yang terjangkau. Dengan harga yang terjangkau maka kain tersebut bisa menjadi kain yang populer di pasaran. Jadi kain populer untuk busana muslim ini digunakan karena memiliki harga yang murah.

Kekurangan Kain Supernova Untuk Busana Muslim

Gampang Jamuran

Kain supernova yang berasal dari bahan alami yaitu katun maka dalam perawatannya harus sedikit lebih ekstra karena penyimpanannya harus ditempat yang kering dan tidak lembab. Jika kain tidak benar-benar kering maka sangat mudah jamuran sehingga mengurangi kualitas kain dan penampilan.

Gampang Kusut

Selain gampang jamuran kain supernova juga gampang kusut. Sehingga dalam perawatannya untuk menjaga kain bisa tetap rapi harus disetrika dahulu sebelum menggunakannya.

Serat Gampang Rusak

Serat alami dalam perawatannya harus ekstra, mulai dari cara mencucinya, sabun yang digunakannya, dan cara menjemur serta menyimpannya. Jika beberapa perwatan di atas tidak tepat maka serat kain akan cepat rusak dan kain menjadi lapuk.

Penggunaan Kain Supernova Untuk Busana Muslim

Pada umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan gamis dan jilbab. Pilihan kain supernova sebagai bahan gamis dan jilbab karena kainnya memiliki kelebihan yang mampu membuat nyaman saat digunakan di cuaca yang panas.

Satin Silk

sumber : https://shopee.co.id/

Kain satin tidak hanya populer di dunia fashion pada umumnya, tetapi kain populer untuk busana muslim ini juga sangat populer di dunia fashion muslim. Ciri khas dari kain ini yang mudah diketahui adalah salah satu sisi kainnya memiliki permuakaan yang mengkilap dan sisi lainnya tidak. Kain yang unik ini sebenarnya dihasilkan dari teknik pembuatannya sehingga mampu menghasilkan sisi kain yang berbeda.

Dalam perkembangannya, kain satin memiliki banyak jenis dengan bahan dasar yang bermacam-macam sehingga menghasilkan kain dengan kualitas yang bermacam-macam juga. Kualitas kain didasarkan dari bahan pembuatannya. Jika bahannya bagus seperti sutra maka kualitas kain satun juga semakin bagus juga.

Jenis Kain Satin

Dalam penggunaan kain satin tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian saja, tetapi kain satin juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan perabot rumah tangga, dll.

  • Satin Bridal

Satin bridal (duchesse) ini pemanfaatannya sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian pengantin atau bahan pakaian yang digunakan untuk acara formal. Dalam busana muslim kain satin jenis ini juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan gamis. Namun jenis kain satin ini memiliki sifat kaku da tebal dari jenis satin lainnya.

  • Satin Velvet

Satin velvet merupakan jenis kain populer untuk busana muslim seperti gamis, rok panjang, jilbab. Penggunaan satin velvet ini disebabkan dari jenis kainnya yang tidak terlalu tebal sehingga nyaman saat digunakan. Selain tidak terlalu tebal kain satin velvet juga sangat lembut sehingga banyak yang menyukainya. Warna jenis satin ini juga tidak mencolok sehingga sering digunakan sebagai busana sehari-hari.

  • Satin Silk

Satin silk memiliki tampilan dan karakteristik tidak jauh dari kain sutra. Namun bahan satin sutra ini berbahan campuran dengan polyester sehingga kualitas dari satin silk masih jauh dari kain sutra. Penggunaan kain satin silk biasanya sebagai bahan pembuatan baju tidur karena memiliki sifat adem sehingga tidur bisa menjadi nyenyak. Namun dalam fashion muslim kain satin silk ini juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan gamis.

  • Satin Roberto Cavalli

Jenis satin ini memiliki kualitas diatas satin velvet dengan karakteristik kainnya yang lebih halus. Pada penggunaan busana muslim, jenis satin ini banyak digunakan sebagai bahan gamis dan jilbab.

  • Satin Damask

Jenis satin ini memiliki permukaan yang unik tidak seperti satin pada umumnya, satin damask permukaanya memiliki tekstur tidak rata yang mampu menambah nilai artistik kainnya. Sehingga jenis ini banyak digunakan sebagai brand pada produk busana, terutama produk busana muslim.

  • Satin Faconne

Satin Faconne cukup populer dengan nama kain satin embos. Kain ini memiliki ciri khas dengan motif bordir dari mesin jackquard sehingga satin ini juga disebut kain satin jackquard. Bordir yang menyebabkan permukaan kain timbul tidak berpengaruh pada kehalusan kainnya sehingga tetap nyaman saat digunakan. Jenis kain satin ini yang digunakan sebagai bahan pakaian adalah satin yang dari bahan bagus. Tetapi jika digunakan sebagai bahan perabot rumah tangga biasanya dari bahan PE.

Spandex

sumber : https://notepam.com/

Kain spandex dalam berbagai produk pakaian menjadi salah satu kain yang sering dijadikan sebagai bahan dasarnya. Kain yang memiliki karakteristik elastis, empuk dan tidak kaku seperti karet. Kain spandek juga merupakan jenis kain populer untuk busana muslim seperti jilbab gamis. Namun pada penggunaan pakaian jenis kain ini lebih banyak digunakan sebagai bahan pakaian olahraga seperti baju renang, celana bersepeda, dan jenis baju olahraga lainnya.

Kain spandex asli kainnya bisa diuji dengan menariknya menjadi 5 hingg 8 kali ukuran aslinya. Jika tidak bisa mencapai batas itu maka perlu dipertanyakan keasliannya. Kain spandex berasal dari bahan Polyurethane yaitu bahan campuran karet sehingga sangat wajar jika kain ini memiliki elastisitas yang sangat baik. Kelebihan kain ini salah satunya tidak rusak meskipun tepi kainnya tidak dijahit.

Karakteristik Umum Kain Spandex

Elastis

Kain spandex sangat disukai banyak orang karena sangat nyaman dikulit saat digunakan. Kain spandex juga sangat disukai para hijaber karena kain populer untuk busana muslim ini selain memberikan kenyamanan juga mampu memberikan tampilan yang menarik.

Licin

Permukaan kain yang licin ini membuat kain juga lembut saat disentuh sehingga serat kainnya tidak tampak kasat mata.

Tidak Menerawang

Kain populer satu ini memiliki kain yang tipis, meskipun tipis kain tidak menerawang sehingga sangat cocok dijadikan sebagai bahan pakaian muslim.

Kuat

Karena sifat kain yang elastis, maka ketahanan kain semakin kuat dan tidak mudah sobek dengan tarikan tangan.

Daya Serap Air Buruk

Meskipun jenis kain ini sering dijadikan sebagai bahan pakaian olahraga, sayangnya kain ini memiliki daya serap keringat yang buruk.

Membentuk Lekuk Tubuh

Kain jenis ini jika digunakan akan menempel sesuai dengan lekuk tubuh penggunanya, sehingga karakteristik satu ini menjadi salah satu kelemahannya.

Nah, kelemahan pada kain spandex ini supaya lebih nyaman digunakan pada umumnya akan di campur dengan bahan lainnya seperti katun, rayon, dan lain-lainnya. Sehingga percampuran dua bahan tersebut menghasilkan jenis spandex baru.

Di bawah ini beberapa jenis spandex yang banyak beredar dipasaran.

Spandex Katun

Jenis kain ini berasal dari campuran serat spandex dan serat katun. Jenis kain ini menciptakan jenis kain spandex yang adem dengan daya serap keringat yang lebih bagus dan tetap memiliki elastisitas.

Spandek Denim

Pada dasarnya jenis spandex denim dengan spandex katun adalah sama karena berasal dari bahan yang sama. Namun perbedaannya ada pada proses pembuatannya. Selain itu perbedaan berikutnya spandex denim kainnya lebih tebal.

Spandex Sutera

Jenis spandex satu ini berasal dari bahan campuran polyurethane dan sutera. Kedua bahan tersebut akan menghasilkan jenis kain yang memiliki sifat halus , lentur dan ringan.

Spandex Rayon

Jenis kain ini dibuat dari dua bahan yaitu polyurethane dan rayon. Sehingga jenis kain ini memiliki karakteristik yang dimiliki kedua jenis bahan ini.

Spandex Jersey

Spandex jersey pada umumnya banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kaos, jilbab, dan gamis. Jadi jenis kain ini juga merupakan kain populer untuk busana muslim. Selain itu kain ini juga sering digunakan sebagai bahan baju olahraga.

Di pasaran spandex jersey ada beberapa jenis, yaitu:

  • Jersey Scarlet

Karakter khas kainnya memiliki tekstur bergaris, agak kasar, kain tebal.

  • Micro Jersey

Jenis ini kainnya halus karena pori kainnya sangat kecil.

  • Jersey super

Dari namanya saja super, jadi jenis ini adalah jenis jersey yang terbaik kualitasnya diantara jenis lainnya.

Demikian ulasan tentang kain populer untuk busana muslim di atas bisa menjadi informasi yang penting dalam mimilih jenis kain yang tepat untuk digunakan sebagai bahan pembuatan busana muslim.

Leave a response

9 + 1 =