0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Kain Denim

Kini, banyak orang yang tidak bisa membedakan denim dan jeans. Bahkan, kebanyakan orang mengira bahwa denim itu jeans. Tahukah Anda bahwa antara jeans dan denim adalah berbeda. Perbedaannya yaitu jeans merupakan denim yang sudah di proses menjadi celana, sedangkan denim adalah bahan yang digunakan untuk membuat celana Jeans.

Dari dulu hingga sekarang, banyak jenis kain yang populer. Salah satunya yaitu kain Denim. Denim sudah menjadi bagian dari fashion anak muda tahun 80-an hingga sekarang yang sudah populer bagi para penggemar fashion.

Jenis kain yang satu ini merupakan bagian dari fashion anak muda yang sangat dikenal. Kain Denim memang berbeda dengan Jeans. Yang menjadi perbedaan adalah karakteristik, bahan dan cirinya. Nah, selengkapnya mengenai kain denim akan dibahas secara lengkap pada artikel kali ini.

Pengertian Kain Denim

sumber : https://laristahijab.com/

Tahukah Anda apa itu kain Denim? Denim merupakan jenis kain yang dibuat dengan cara di tenun dengan menggunakan serat katun yang berwarna biru pada pakan. Sedangkan, untuk serat katun warna putih pada lungsi. Dengan proses yang seperti inilah yang menyebabkan mengapa warna kain denim terlihat putih pada bagian dalamnya dan biru pada bagian luarnya. Jenis tenun silang kepar atau Twill Weave yang digunakan untuk membuat kain Denim. Dengan menggunakan jenis tenun ini, maka bisa menghasilkan karakteristik kain tersebut yaitu garis diagonal.

Namun, sebagian orang yang tidak menyukai kain Denim ini. Mengapa? Karena, jika dipakai terus lama-lama warnanya akan luntur. Selain itu, ada juga orang yang malah menyukai hal ini. Dimana malah ada orang yang sengaja menyikatnya agar warna kain Denim di bagian tertentu lebih pudar. Untuk celana jean, biasanya pelunturan terjadi di bagian paha atas, pergelangan kaki dan di daerah belakang lutut. Pada masa perang dunia kedua, umumnya jeans yang digunakan oleh lelaki memiliki resleting yang terdapat di bagian depan. Sedangkan, untuk wanita resletingnya berada dibagian samping.

Perbedaan Kain Denim dan Jeans

sumber : https://olympics30.com/

Mungkin hingga sekarang kita masih terlalu sulit membedakan antara kain Denim dan Jeans. Tahukah Anda, bahwa Jeans merupakan celana yang terbuat dari bahan Denim. Ketika sebuah perusahaan bernama LEVIS membuat jenis celana berbahan denim yang kemudian dinamakan Jeans, sehingga kini Jeans semakin di kenal di masyarakat. Awalnya, celana Jeans dibuat dengan untuk para pekerja kasar di tambang. Sedangkan, pada waktu itu, kantung kecil di sebelah kanan atas celana digunakan untuk menyimpan bahan hasil tambang

Sedangkan, Denim merupakan bahan yang digunakan untuk membuat celana Jeans. Awalnya, Denim tercipta di sebuah kota bernama Nimes di Perancis. Denim terbuat dari kain katun twill, sehingga tidak heran jika kain ini sangat kokoh. Bahkan, ada juga yang menyebutkan kain denim terbuat dari wool dan bahan dasar sutra yang dicampur dengan wool. Dengan bahan-bahan inilah yang membuat kain Denim sangat tahan lama.

Macam-macam Kain Denim

Setelah mengetahui pengertian kain Denim, rasanya sangat kurang jika kita tidak mengetahui macam-macam kain Denim. Nah, berikut ini macam kain Denim yang perlu Anda ketahui:

  • Dry Denim atau Raw Denim

Kain Denim dengan jenis ini merupakan jenis kain yang setelah pewarnaan atau pencelupan, tidak mengalami proses pencucian. Karakter kain yang sedikit kasar dengan bentuk warna yang sangat kuat menjadi karakter khusus dari kain Denim jenis ini. Adapun warna yang dimiliki kain dengan jenis ini adalah warna biru yang masih sangat biru.

  • Prewash Denim

Prewash Denim merupakan jenis kain Denim selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan. Kain jenis ini dalam proses pembuatannya sudah mengalami pencucian. Sehingga, akibat dari pencucian tersebut jenis kain ini terasa lembut dengan tampilan yang sedikit memudar layaknya warna yang ada pada celana jeans yang ada pada umumnya. Jika dibandingkan dengan jenis yang sebelumnya, kain ini tentu lebih terang.

  • Selvage Denim

Jenis kain Denim yang satu ini sebenarnya merupakan jenis kain Denim yang bagian pinggirannya sudah teranyam dengan sangat rapi.

  • Colored Denim

Colored Denim merupakan jenis kain Denim yang memiliki dua teknik pewarnaan yaitu memakai pewarnaan tradisional yang memberikan warna biru untuk jenis kain jeans. Dan yang kedua yaitu dengan cara membuat pewarnaan sulphur untuk membuat warna kain selain berwarna biru.

  • Ramie Denim

Ramie Denim merupakan jenis kain Denim yang mana pada proses pembuatannya dicampur dengan menggunakan serat tanaman rami. Berkat adanya campuran tersebut, membuat kain Denim jenis ini semakin halus. Jika dibandingkan dengan jenis kain Denim lainnya, kain Denim ini bisa mengurangi kerutan di kainnya. Tak hanya itu, kain dengan jenis Denim ini juga tidak mudah menjadi kotor dan semakin mempermudah penyerapan airnya.

  • Stretch Denim

Stretch Denim merupakan jenis kain Denim yang dicampur dengan jenis bahan elastis. Pencampuran bahan tersebut membuat kain Denim dengan jenis ini sering digunakan untuk membuat celana jeans, khususnya jenis jeans untuk wanita.

  • Poly Denim

Poly Denim, sesuai dengan namanya jenis kain Denim yang satu ini dalam pembuatannya dicampur dengan Polyester. Campuran bahan ini membuat hasil kain Denim menjadi lebih ringan dan sangat pas untuk digunakan dalam berbagai acara yang bersifat formal ataupun semi formal. Kain jenis ini juga memiliki keunggulan yaitu relatif mudah kering ketika dijemur.

  • Black Coated Denim

Jenis kain Denim yang terakhir ini merupakan salah satu jenis kain Denim yang dilapisi dengan bahan akrilik dengan warna hitam. Pencampuran yang dilakukan ini bertujuan agar kain lebih awet serta tahan lama. Selain itu, tujuan dari pencampuran ini yaitu agar kain Denim bisa berubah warna menjadi hitam dan mengkilap. Namun, warna tersebut juga akan luntur seiring dengan pemakaian yang lama.

Kain Denim Cocok Digunakan Untuk Apa?

Bahannya yang kuat serta warnanya yang sangat menarik, kain Denim sering digunakan untuk berbagai jenis busana dan aksesoris yang lainnya. Banyak orang yang menyukai jenis kain satu ini karena memang kualitasnya sangat terjamin. lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa kegunaan kain Denim.

1.Celana Jeans

sumber : https://www.frozenshop.com/

Kain Denim bisa Anda gunakan untuk membuat celana Jeans. Dengan begitu, antara celana Denim dengan Jeans memang sudah berbeda. Denim merupakan kain khusus yang bisa dibuat untuk menjadi produk tertentu. Sedangkan, celana Jeans merupakan hasil dari kain Denim.

2.Rompi

sumber : https://www.lazada.co.id/

Selain bisa digunakan untuk celana Jeans, kain Denim juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan rompi yang sangat menarik dan paling trend saat ini. Kini, rompi yang terbuat dari bahan Denim memiliki beragam jenis model dan nuansa yang sangat menarik. Biasanya, untuk membuat rompi warna kain yang dipilih adalah warna gelap seperti biru muda, biru tua, hitam kecoklatan dan beberapa warna netral yang lainnya.

3.Jas

sumber : https://id.aliexpress.com/

Bahan Denim juga banyak digunakan untuk pembuatan jas. Jas yang dibuat dengan bahan ini memiliki desain yang menarik dan elegan. Jas yang terbuat dari bahan Denim ini biasanya bisa dibuat dengan tujuan agenda formal. Di sisi lain, kain Denim ini juga bisa dibuat untuk jas dalam agenda semi formal atau santai. Jas yang terbuat dari bahan Denim sudah mulai terkenal dan banyak diminati.

4.Topi

sumber : https://shopee.co.id/

Selain beberapa kegunaan kain Denim yang telah disebutkan di atas, bahan Denim juga bisa digunakan untuk membuat sejenis topi dan sebagainya. Topi dengan bahan dasar kain Denim memang mulai banyak diminati. Topi yang terbuat dari bahan kain denim ini memberikan kesan yang elegan dan keren pada siapa saja yang menggunakannya.

5.Tas

sumber : https://shopee.co.id/

Kain Denim yang berkualitas ini juga bisa Anda jadikan sebagai bahan pembuatan tas. Dewasa ini, tas yang terbuat dari jenis kain Denim ini sangat terkenal trendy dan kekinian. Ada beragam model tas yang terbuat dari bahan Denim yang bisa Anda jadikan pilihan. Bahkan, tas yang terbuat dari kain Denim ini bisa digunakan untuk kalangan perempuan dan bisa juga untuk kalangan laki-laki.

6.Jaket

sumber : https://shopee.co.id/

Selanjutnya, kain Denim yang kuat dan berkualitas ini juga sangat cocok dijadikan sebagai jaket yang tebal dan nyaman untuk digunakan. Seseorang akan semakin percaya diri karena memiliki kesan yang kekinian dengan menggunakan jaket yang berbahan kain Denim. Selain keren, jaket yang terbuat dari bahan ini termasuk nyaman digunakan karena tidak memberikan kesan yang panas.

7.Dress

Selain bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket, ternyata kain Denim juga bisa digunakan sebagai bahan dasar dress atau yang biasa disebut dengan gamis. Bahkan dewasa ini model dan jenis dress yang terbuat dari bahan dasar kain Denim mulai banyak bermunculan. Mulai dari jenis dress yang syar’i hingga jenis dress yang casual ala-ala anak muda zaman sekarang. Jenis Dress yang terbuat dari bahan dasar kain Denim ini tidak berat ketika digunakan, meskipun dress yang terbuat dari bahan ini terasa sangat casual.

8.Kemeja

sumber : https://www.bukalapak.com/

Kegunaan kain Denim yang selanjutnya yaitu digunakan untuk membuat kemeja resmi ataupun jenis kemeja yang semi formal. Kain Denim ini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan, karena memang kain Denim ini bisa dibuat untuk berbagai jenis kemeja yang unik.

9.Rok

sumber : https://www.bukalapak.com/

Bahan Denim ini juga bisa Anda jadikan sebagai bahan pembuatan rok. Rok yang terbuat dari bahan dasar kain Denim ini membuat tampilan muslimah menjadi lebih casual dan santai.

10.Karpet

Kain Denim tidak hanya digunakan untuk pembuatan berbagai jenis pakaian. Namun, kain Denim ini juga bisa digunakan sebagai bahan karpet. Namun, kain Denim yang digunakan untuk membuat karpet ini harus memiliki tekstur yang tebal dan cenderung kaku.

11.Sepatu

Kegunaan kain Denim yang terakhir yaitu untuk membuat sepatu. Tentunya jenis sepatu yang dibuat dari bahan Denim ini memiliki kesan yang santai dan untuk sehari-hari. Bukan seperti sepatu kulit yang formal dan resmi pada umumnya. Bahan dasar kain Denim ini bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis sepatu.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Denim

Meskipun kain Denim memiliki banyak kegunaan, kain Denim tetap memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Adapun berikut ini kelebihan dan kekurangan kain Denim:

  • Kelebihan Kain Denim
  • Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Kain Denim merupakan salah satu jenis kain dengan bahan yang kuat. Jika pada ulasan sebelumnya telah dibahas bahwa kain Denim ini awalnya digunakan untuk para pegawai tambang, sehingga bahannya tentu saja kuat. Sehingga tidak mungkin jika pegawai tambang akan diberikan pakaian yang mudah rusak. Dengan memiliki bahan yang kuat, sehingga kain ini menjadi tahan lama alias awet.

  • Nyaman Saat Dikenakan

Tak hanya menjadi bahan yang kuat dan tahan lama. Namun, kain Denim ini juga sangat nyaman ketika digunakan. Bahkan, ada juga kain Denim yang memiliki tekstur sedikit lentur kenyamanannya ketika digunakan sangat tak perlu diragukan. Jenis kain Denim yang asli juga sangat cocok untuk digunakan pada kegiatan yang dilakukan di musim dingin. Karena, kain Denim memang memiliki bahan yang tebal.

  • Tampak Elegan Saat Dipakai

kain Denim memiliki kelebihan lain yaitu memiliki tampilan yang terlihat elegan dan indah. Ketika tampilan Nampak elegan, secara otomatis akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Selain itu, jenis kain Denim ini juga bisa dipasangkan dengan berbagai jenis baju dan aksesoris yang menarik dan menjadikan penggunanya tampil lebih anggun.

  • Tidak Mudah Sobek

Jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya, kain Denim merupakan jenis kain yang terkenal tidak mudah sobek saat digunakan. Karena model dan tekstur kain ini cukup tebal. Ketika seseorang menggunakan kain ini ketika terjatuh dari motor dan terkena aspal, tingkat keamanan pada kulit bisa diatasi.

  • Kekurangan Kain Denim

Selain memiliki kelebihan, kain Denim ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Namun, kekurangan pada kain Denim ini tidak sebanyak kelebihannya. Adapun berikut ini kekurangannya:

  • Banyak Terjadi Pemalsuan

Kain Denim ini memiliki kekurangan yaitu banyak orang yang kerap mengalami pemalsuan. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang tertarik untuk menggunakan jenis kain Denim. Maka dari itu, alangkah baiknya jika masyarakat semakin cerdas dalam membedakan mana yang asli dan mana yang palsu dari kain Denim ini.

  • Modelnya Monoton

Selain itu, kekurangan lain yang dimiliki kain Denim yaitu terlihat dari segi modelnya yang cenderung monoton. Pastinya Anda sudah sering melihat bagaimana model celana, kemeja dan lain sebagainya yang terbuat dari bahan Denim hanya itu-itu saja. Hal ini tentunya akan menjadi hal yang cukup membosankan. Meskipun begitu, kain ini tetap menarik dan banyak dicari.

Harga Kain Denim Per Meter

 Banyaknya kelebihan dan kegunaan yang dimiliki kain Denim, harga kain Denim saat ini sangat beragam. Beragam disini dalam artian, harga kain Denim ini tergantung dari kualitas dan juga jenis kainnya. Semakin berkualitas, maka harga kainnya akan semakin tinggi. Mengingat kain Denim merupakan kain yang memang sangat kuat, sehingga sangat awet dan tahan lama. Dari masa ke masa, kain Denim ini akan selalu menjadi bahan favorit dengan segala keunggulannya. Disisi lain, Anda bisa mudah menemukan kain ini. Karena, pada dasarnya kain ini mudah di dapatkan di pasaran.

Itulah ulasan mengenai kain Denim beserta penjelasan lainnya secara lengkap. jika diambil kesimpulan dari artikel ini, bahwa Denim merupakan bahan yang digunakan untuk pembuatan Jeans. Tak hanya itu kain Denim juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a response

16 − 5 =