0 items in your shopping cart

No products in the cart.

9 Bahan Baju Koko Terbaik

Bahan baju koko terbaik adalah baju koko yang tidak hanya menampilkan model kekinian saja. Tetapi, baju koko yang berasal dari bahan kain terbaik sehingga mampu memberikan kenyamanan saat dipakai. Banyaknya para selebritis yang hijrah, mulai dari yang menjadi mualaf hingga para artis yang rajin melaksanakan perintah-perintah dalam ajaran Islam, maka industri busana muslim semakin berkembang pesat.

Baju koko yang sering dipakai oleh beberapa artis hijrah ini semakin menjadi trend untuk ditiru. Baju koko dengan model sederhana yang digunakan oleh para artis hijrah tersebut pastinya memiliki bahan baju koko terbaik. Sebenarnya bahan baju koko terbaik itu bisa berasal dari beberapa jenis kain. Namun, sebelum mengupas tentang bahan baju koko terbaik sebaiknya kita mengetahui sejarah tentang baju koko hingga sampai populer di Indonesia sebagai baju yang identik dengan Islam dan digunakan sebagai baju dalam ritual ibadah.

Sejarah Baju Koko

Baju koko sudah menjadi salah satu busana identitas umat Islam di Indonesia. Baju koko di Indonesia digunakan sebagai pakaian untuk melaksanakan ibadah, mulai dari sholat hingga dipakai dalam forum pengajian-pengajian Islam. Bahkan, saat ini penggunaan baju koko semakin meluas, seperti sebagai pakaian sehari-hari, sebagai seragam khas sekolah, dan lain sebagainya. Baju koko banyak di cari pada saat di bulan Ramadan, karena untuk digunakan dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadan dan dipakai saat hari raya Idul Fitri. Setiap tahunnya pasti ada inovasi model baju koko, baik mulai dari bahan baju koko terbaik hingga desain baju koko terbaik.

Baju koko sendiri bukan berasal dari ragam pakaian khas suku-suku di Indonesia. Dalam sejarah mencatat bahwa baju koko berasal dari pakaian sehari-hari orang Cina (baju tui khim) yang diadopsi oleh orang-orang Betawi. Pakaian sehari-hari orang-orang Cina ini mulanya dipakai oleh kaum laki-laki dengan sebutan engkoh-engkoh, sehingga baju ini disebut baju koko. Namun, pendapat ini ada yang menolaknya, karena munculnya baju koko berasal dari proses asimilasi budaya antara pakaian Cina dengan Betawi yang memiliki kemiripan. Dan baju koko mulai populer di Indonesia pada tahun 1980’an sejak pemerintah Orde Baru memberikan kelonggaran pada umat Islam dalam berekspresi.

Bahan Baju Koko Terbaik

Bahan baju koko terbaik menjadi kriteria utama dalam pemilihan saat membeli baju koko. Karena bahan baju koko terbaik mampu memberikan kenyamanan saat digunakan beraktivitas ibadah. Sehingga ibadah yang dilakukan bisa khusyuk. Coba kamu bayangkan jika bahan baju koko dari bahan yang membuat penggunanya gampang gerah, maka dipastikan aktivitas ibadah menjadi tidak tenang dan sulit mendapatkan khusuk.

Jadi bahan baju koko terbaik adalah wajib dipilih dahulu sebelum memilih model baju koko saat membeli baju. Berbagai macam jenis dan varian kain membuat bingung dan sedikit sulit menentukan pilihan bahan baju koko terbaik. Karena dipasaran juga banyak dijual baju koko yang berbahan dengan kualitas KW. Supaya tidak bingung dan tepat dalam memilih, maka di bawah ini akan kami jelaskan beberapa jenis bahan baju koko terbaik.

Bahan Linen

sumber : https://shopee.co.id/

Bahan baju koko terbaik pertama adalah berasal dari kain linen. Kain ini memang sedikit mahal harganya dipasaran. Namun, bahan baju koko terbaik ini memiliki kualitas kain yang sangat bagus. Kualitas bahan ini bisa dilihat dari ciri-ciri kain linen ini, diantaranya kain memiliki tekstur yang lembut karena berasal dari serat alami sehingga membuat nyaman sebagai bahan baju koko terbaik. Keunggulan baju koko bahan linen lainnya adalah adem ketika digunakan, sehingga baju koko ini cocok dipakai dalam cuaca panas. Keunggulan lainnya bahan linen memiliki serat yang tebal sehingga kain kuat dan bisa bertahan lama

Bahan Katun Combed

sumber : https://www.tokopedia.com/

Bahan katun combed pada umumnya dijadikan sebagai bahan pembuatan kaos karena memiliki beberapa kelebihan kain yang sesuai dengan fungsi penggunaan kaos. Bahan baju koko terbaik juga berasal dari bahan ini. Selain memiliki kualitas kain terbaik, bahan combed ini juga memiliki varian jenisnya, diantaranya combed 20s, 24s, 30s, dan 40s. Bahan combed memiliki tekstur yang halus dan lembut. Sehingga baju koko bahan combed ini adem dan sangat nyaman saat digunakan. Bahan koko terbaik ini terbuat dari 100% serat katun sehingga nyaman saat digunakan karena bahan mudah menyerap keringat.

Bahan Toyobo Original

Baju koko terbaik juga biasa menggunakan kain toyobo original. Jenis kain ini memiliki beberapa kelebihan sehingga cocok digunakan sebagai bahan baju koko terbaik. Diantara kelebihan bahan toyobo original adalah tekstur halus dan tidak licin, nyaman dikulit karena terbuat dari serat alami. Kemudian bahan ini memiliki serat yang rapat, memiliki ketebalan kain yang cukup sehingga tidak menerawang. Varian warna kain cukup banyak dan menarik. Kemudian kain cukup ringan dan tidak mudah kusut sehingga baju koko bisa tampak rapi sepanjang hari.

Bahan Wolfis

Baju koko bahan wolfis merupakan salah satu bahan baju koko terbaik karena bahan ini memiliki banyak kelebihan yang cocok dijadikan sebagai bahan baju koko salah satunya tidak menerawang. Namun, bahan ini masih memiliki beberapa kelebihan jika dijadikan sebagai pakaian, diantaranya kain ringan, tidak gampang kusut, permukaan kain tidak licin, serat kain yang rapat dan halus, dan mudah disetrika. Kelebihan utamanya adalah bahan ini tidak panas ketika digunakan sehingga cocok di suasana tropis.

Bahan Balotelly Original

Bahan terbaik selanjutnya sebagai bahan pembuatan baju koko adalah kain balotelly original. Jenis kain ini merupakan kain dengan harga terjangkau. Namun, bahan ini sangat cocok dijadikan bahan koko terbaik. Bahan balotelli tebal sehingga aurat bisa lebih terjaga. Bahn ini juga sering digunakan sebagai bahan pembutan jilbab dan gamis syar’i. Bahan balotelly juga mudah diatur sehingga banyak kalangan menyukai jenis kain ini termasuk produsen baju koko. Bahn ini juga mudah ditemukan dipasaran karena bahan ini sudah populer.

Bahan Poplin

bahan baju koko terbaik

sumber : https://review.bukalapak.com/

Kain poplin merupakan salah satu jenis dari kain katun. Kain katun sendiri memiliki kualitas kain yang sudah tidak diragukan lagi dengan banyak kelebihan kain. Bahan baju koko terbaik ini memiliki beberapa kelebihan kain, diantaranya kain yang halus sehingga memberikan kenyamanan kulit. Kemudian bahan satu ini adem saat digunakan karena berasal dari serat kapas yang merupakan serat alami. Kelebihan berikutnya, kain ini warnanya tidak gampang luntur atau pudar sehingga penampilan baju koko tetap menarik. Dan yang terpenting adalah bahan ini memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik yang tidak mudah membuat gerah ketika beraktivitas.

Bahan Katun Jaguar

Kain katun Jaguar sangat cocok menjadi bahan baju koko, karena kain ini merupakan salah satu kain berkualitas bagus dan nyaman dipakai. Jenis katun ini memiliki kelebihan bahan seperti kelebihan katun pada umumnya. Perbedaan bahan ini dengan katun lainnya adalah pada motif atau pola permukaan kain yang berbentuk geometris hingga abstrak ini berasal dari teknik tenun khusus.

Bahan Rayon

sumber : https://www.blibli.com/

Bahan terbaik untuk baju koko selanjutnya adalah dari bahan rayon premium. Bahan semi sintetis ini juga sering dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian salah satunya baju koko. Bahan ini memiliki karakteristik kain jatuh dan licin. Selain itu baju koko berbahan rayon akan terasa adem saat digunakan dan bahan halus jika tersentuh kulit. Bahan ini juga tidak gampang membuat gerah karena bahan ini juga mudah meyerap keringat dengan baik. Supaya baju koko ini awet, maka harus dilakukan perawatan dengan baik.

Bahan Katun Polyester

Bahan polyester berasal dari serat sintetis ini memang tidak cocok digunakan sebagai pakaian di cuaca panas. Supaya bahan polyester bisa digunakan di suasana tropis, maka bahan ini harus dicampur dengan bahan alami yaitu serat katun. Kombinasi bahan ini akan menghasilkan jenis kain baru dengan karakteristik kain yang kuat dan bisa menyerap keringa cukup baik. Selain itu, bahan ini tidak mudah kusut dan memiliki daya tahan yang lama.

Leave a response

six − 5 =