0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Amalan Sunnah Saat Puasa Ramadhan Peroleh Keberkahan-nya

Apa aja sih amalan sunnah saat puasa Ramadhan? Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang paling istimewa dalam agama Islam. Selain menahan diri dari makan, minum, dan perilaku buruk, terdapat pula sejumlah amalan sunnah yang dapat dikerjakan untuk memperdalam ketaatan dan meraih keberkahan selama bulan suci ini.

Pada dasarnya, puasa tidak hanya bersifat lahiriah, tetapi juga memperhatikan dimensi batiniah. Dengan menahan diri dari kebutuhan-kebutuhan dasar, umat Islam diundang untuk memperkuat ketahanan jiwa, mengendalikan hawa nafsu, dan memahami makna pengorbanan. Selain itu, bulan Ramadhan memberikan peluang emas untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui amalan-amalan sunnah saat puasa Ramadhan yang diwariskan oleh Rasulullah SAW.

Amalan Sunnah Saat Puasa Ramadhan

1. Sahur yang Berkah

amalan sunnah saat puasa

Menjalani sahur adalah tindakan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Sahur memberikan energi dan daya tahan tubuh selama puasa serta menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Anas bin Malik RA berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Artinya: “Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” (HR Bukhari).

2. Doa Berbuka dan Berbuka dengan Tepat Waktu

amalan sunnah saat puasa

Berbuka dengan doa yang tulus dan sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW adalah amalan sunnah saat puasa Ramadhan yang sangat dianjurkan. Menyegerakan waktu berbuka, memperhatikan waktu berbuka secara tepat juga menjadi bagian dari kepatuhan terhadap ajaran Islam.

Dikutip dari buku Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki oleh KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri, berikut 2 bacaan doa buka puasa sesuai sunnah yang bisa dibaca.

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruqu wa tsabatal ajru insyaa-allah

Artinya: “Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap insya Allah”

Selain itu, ada pula pendapat mengenai bacaan doa buka puasa yang lain. Berikut bacaan doa puasa yang umum digunakan.

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya : “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.”

3. Shalat Tarawih

amalan sunnah saat puasa

Meskipun shalat Tarawih bukanlah wajib, melaksanakannya merupakan amalan sunnah saat puasa Ramadhan yang sangat dianjurkan. Shalat ini dapat meningkatkan kedekatan dengan Allah, membersihkan jiwa, dan memperoleh keberkahan di bulan Ramadhan.

4. Memperbanyak Ibadah Quran

amalan sunnah saat puasa

Ramadhan adalah bulan Al-Quran diturunkan, sehingga membaca, memahami, dan merenungkan ayat-ayat-Nya menjadi sangat penting. Memperbanyak ibadah Quran melalui tilawah, tadabbur, dan tafakur adalah amalan sunnah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

5. Berbuat Kebaikan dan Bersedekah

Menolong sesama, berbuat kebaikan, dan bersedekah selama bulan Ramadhan adalah amalan sunnah yang penuh keberkahan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

6. Memohon Ampunan dan Taubat

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah. Meneladani kesucian bulan ini dengan introspeksi diri, memperbaiki perilaku, dan memohon ampunan merupakan amalan sunnah yang memperdalam spiritualitas.

7. Memperbanyak Dzikir dan Doa

amalan sunnah saat puasa

Mengingat Allah melalui dzikir dan berdoa adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Dengan memperbanyak dzikir dan doa, hati menjadi lebih tenang, jiwa menjadi lebih khusyuk, dan hubungan dengan Allah semakin erat.

Kesimpulan

Mengamalkan amalan sunnah saat puasa Ramadhan tidak hanya sebagai rutinitas ibadah, tetapi sebagai wujud cinta dan taat kepada Allah. Dengan menjalankan amalan sunnah saat puasa Ramadhan, kita dapat meraih keberkahan dan mendapatkan ampunan-Nya. Sambut Ramadhan kamu dengan gamis dan sarimbit Ethica, dengan varian desain dan warna yang beragam. Pastinya dapat melengkapi Ramadhan kamu dengan penampilan terbaik, di Ethica Collection.

Leave a response

15 − twelve =