0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Berbagai Jenis Kain dan Polanya (1)

Umumnya, sejumlah benang digunakan untuk pembentukan kain. Juga, sejumlah teknik digunakan untuk memproduksi kain seperti tenun, rajutan, dan peleburan. Jenis kain bervariasi menurut serat, teknik pembentukan kain, mesin yang digunakan untuk memproduksi mereka, dan teknik finishing. Kain juga dapat dibuat berbeda berdasarkan penggunaan akhir.

Umumnya, kain mengambil nama serat yang digunakan untuk memproduksi itu, seperti kain yang terbuat dari 100% Kasmir Serat disebut sebagai Kain Kasmir.

Namun, kain tertentu meskipun menggunakan serat tertentu 100% atau menggunakan campuran serat yang berbeda dapat disebut sebaliknya dan diberi nama tergantung pada pola tenun, tekstur, dan proses, dll. Seperti kain Organza yang sering digunakan untuk memproduksi dengan Sutra, tetapi meskipun mereka mulai menggunakannya dengan serat alternatif, itu tetap disebut sebagai Organza Fabric.

Setiap kain membawa nama yang unik agar dapat diidentifikasi antara lain berdasarkan tekstur, desain, pola tenun, nilai estetika, sumber serat, tempat asal kain tersebut, dll.

Kain Aertex

sumber : https://www.textileschool.com

Nama dagang untuk kain yang dipatenkan di Inggris pada tahun 1886, yang pertama kali diproduksi pada tahun 1888. Kain itu memerangkap udara di antara strukturnya, menjaga tubuh tetap dingin di musim panas, dan hangat di musim dingin. Pakaian yang sangat mewah dan indah dapat diproduksi dengan menggabungkan tenun silang dengan struktur tenun lainnya

Kain Aida

sumber : https://www.textileschool.com

Kain aida adalah kain katun dengan pola mesh alami yang umumnya digunakan untuk bordir cross-stitch. Kekakuan alami kain Aida yang terbuka dan merata menenun memungkinkan kain menjadi pilihan para penyulam.

Kain Baize

sumber : https://www.textileschool.com

Baize adalah kain tekstil halus, padat, tahan lama yang terbuat dari wol dan campuran kapas yang umumnya digunakan pada meja permainan seperti meja snooker, meja biliar, dan meja blackjack. Daya tahan dan finishing yang halus dikombinasikan dengan sedikit gesekan membuat kain Baize kandidat yang sempurna untuk permukaan game meja biliar.

Kain Batiste

sumber : https://www.textileschool.com

Kain Batiste adalah salah satu yang paling lembut dari kain buram ringan yang terbuat dari katun, wol, linen, poliester, atau campuran. Kain ini sering dibuat dengan wajah lembut dan sedikit renyah, terutama digunakan untuk gaun pembaptisan, gaun tidur, dan garis bawah untuk gaun pengantin.

Kain Rajut Mata Burung

sumber : https://www.textileschool.com

Mata Burung adalah kain rajutan ganda dengan kombinasi jahitan selip dan jahitan rajut. Tusuk tuck menciptakan efek lubang atau lubang yang menarik pada permukaan kain menyerupai mata burung. Kain biasanya terbuat dari benang multi-warna menciptakan efek pengacakan. Kain dapat dibuat dengan desain yang memiliki lubang tali. Mereka adalah kain pakaian yang populer, terutama yang dipakai wanita.

Kain Bombazine

sumber : https://www.textileschool.com

Kata ini berasal dari kata Prancis kuno Bombazine yang diaplikasikan pada sutra tetapi kemudian ke sutra pohon atau kapas. Bombazine dianyam dengan benang sutra dan benang wol yang dijalin atau dijalin dgn tali dan digunakan untuk bahan pakaian.

Kain Brokat

sumber : https://www.textileschool.com

Brokat adalah kain tenunan yang memiliki desain bunga atau figur yang diangkat yang diperkenalkan selama proses menenun, biasanya dengan menggunakan attachment Jacquard. Desainnya, hanya muncul di permukaan kain, biasanya dibuat dari satin atau tenunan kepar. Kain yang indah diproduksi dengan menenun dengan lungsin dan benang pakan dengan warna yang berbeda dan seringkali dari bahan yang berbeda. Brokat merujuk pada tekstil-tekstil di mana pola-pola dibuat dalam menenun dengan cara mencampurkan atau menyodorkan benang pola antara warp. Dalam desain brokat dengan benang khusus terpaku di antara melompati lintasan pakan reguler di atas sejumlah benang lungsin dan dengan mengatur lompatan dengan cara heddle yang telah diatur sebelumnya untuk setiap jenis pola.

Leave a response

1 × five =