0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Pilihan Busana Untuk Lebaran, Kaftan, Abaya, dan Gamis

Busana khas negeri padang pasir ini menjadi sangat populer dengan semakin diterimanya dakwah Islam di penjuru dunia khususnya Indonesia. Hijab yang dimasa Orde baru sangat langka, sekarang sudah menjadi busana formal yang harus dipakai bagi muslimah didalam menghadiri acara-acara penting dalam aktifitas sehari-hari, seperti dalam acara pesta pernikahan, acara penting kantor, dan acara penting pertemuan RT, dan lain lainnya.

Ada tiga busana khas Timur Tengah yang dikenal oleh muslimah di Indonesia, yaitu Kaftan, Abaya. dan Gamis. Dari ketiga jenis busana tadi banyak muslimah yang tidak begitu paham mana yang abaya dan mana yang kaftan, serta mana yang gamis. Kali ini kami mencoba untuk mendifinisikan dari ketiga jenis busana tersebut agar mudah dipahami dan muslimah bisa dengan mudah mengenali tiga jenis busana khas negeri padang pasir tersebut.

Kaftan

Kaftan sendiri berasal dari bahasa Persia yaitu Gaftan, yaitu mantel yang biasa di gunakan oleh laki-laki. Namun seiring perkembangan dunia fashion maka beberapa di negara seperti Timur Tengah jenis pakain ini dipakai oleh para wanita, yaitu pakain dengan ukuran longgar memiliki lengan yang panjang. Awal populer jenis pakaian ini di Indonesia dikenalkan oleh selebriti dari Timur Tengah dan ternyata sangat cocok sekali dipakai dalam acaea formal seperti Lebaran, acara-acara keagamaan seperti pengajian dan lain-lainnya. Jenis busana ini mengalami inovasi tanpa merubah khas dari Kaftan sendiri sehingga jenis busana ini memiliki tren yang panjang.

Abaya

Abaya sudah ada pada peradaban kuno Mesopotamia, kemudian tradisi baik tersebut diserap oleh peradapan Islam menjadi sebuah pakain yang baik karena memenuhi kriteria syar’i dalam menutup aurat wanita. Warna khas Abaya adalah hitam, namun seiring perkembangan dunia fashion maka abaya mengalami inovasi dengan warna selain hitam seperti abaya warna putih yang sering dipakai oleh muslimah Timur Tengah.

Kekhasan abaya adalah lurus, namun sekarang muncul berbagai model abaya seperti A-Line. Kemudian juga ada abaya aksen pada bagian pinggang. Tetapi, bagaimana pun juga model abayanya, kekhasan abaya terdapat pada lengannnya sehingga muslimah dengan mudah mengetahiu bahwa busana tersebut abaya. Lengan abaya lebar dan bagian pergelangan tangan juga lebar dan tidak ada kancing pada bagian pergelangan tangan.

Gamis

Kata Gamis yang berasal dari bahasa Arab yaitu ” qomish” yang memiliki arti pakaian yang menutupi tubuh mulai bagian atas ke bawah hingga pada mata kaki, atau juga pakaian ini dibeberapa tempat dikenal dengan sebutan ‘Jubah’. Gamis sebenarnya tidak identik baju yang hanya dipakai oleh para wanita saja, namun gamis juga dipakai oleh kaum adam. Dengan berkembangnya tren busana muslim maka model gamis laki-laki dengan gamis yang dikenakan oleh kaum perempuan memiliki ciri khas yangberbeda agar penyerupaan laki-laki pada perempuan atau sebaliknya terhindari.

Leave a response

12 − 3 =