0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Pakaian Bahan Rayon

Pakaian bahan rayon juga menjadi trend fashion saat ini. Perkembangan dunia garmen saat ini memberikan manfaat kepada dunia fashion. Perkembangan yang bisa dirasakan salah satunya adalah hadirnya pakaian bahan rayon. Kain rayon yang semula dibuat sebagai alternatif pengganti kain sutra yang saat itu sedang terjadi wabah sehingga ulat sutra banyak yang mati dan harga kain sutra sangat mahal. Maka dibuatlah tiruannya yang bernama kain rayon.

Pakaian bahan rayon tidak semahal pakaian sutra, karena kain rayon berasal dari serat semi sintetis. Meskipun ada campuran bahan kimia pakaian bahan rayon juga banyak memiliki kelebihan sehingga disukai oleh banyak kalangan. Kain rayon juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan keperluan lainnya selain menjadi bahan untuk pakaian. Pakaian bahan rayon sendiri memiliki beberapa tingkatan kualitas berdasarkan jenis bahan rayon yang digunakan.

Apa saja jenis bahan rayon yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian ? Jawaban selengkapnya akan kami uraikan di bawah ini.

Spandek Rayon

pakaian bahan rayon

sumber : https://aminama.com/

Jenis kain spandek rayon berasal dari campuran dua serat, yaitu serat rayon dan serat spandek sehingga menghasilkan kain dengan beberapa karakteristik seperti lembut fleksibel, memiliki warna cerah, dan gampang diregangkan. Kelemahan pakaian bahan rayon dari jenis ini yaitu mudah membentuk bentuk tubuh sehingga tidak akan nyaman untuk digunakan oleh kalangan wanita.

Pakaian bahan rayon jenis ini yang ada dipasaran diantaranya pakaian olahraga dan kaos. Menjadi bahan untuk pembuatan pakaian olahraga karena kain rayon spandek memiliki kelebihan bahan yang lentur sehingga memudahkan pergerakan saat berolahraga. Selain itu rayon spandek mampu menjaga kelembaban tubuh sehingga aktivitas olahraga menjadi nyaman.

Selanjutnya pakaian bahan rayon jenis ini juga dijadikan sebagai bahan kaos pada umumnya yaitu kaos dalam karena sifat kain yang menerawang maka kaos bahan spandek cocok digunakan untuk kaos dalam saja.

Rayon Jersey

Rayon jersey merupakan salah satu jenis dari kain rayon dengan bahan dari serat rayon dan serat jersey. Pakaian bahan rayon ini pada umumnya memiliki sifat paling lentur daripada jenis rayon lainnya. Selain lentur pakaian bahan rayon jenis jersey ini juga memiliki harga paling murah. Dalam sehari-hari bahan rayon jersey banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian seperti gamis wanita, rok , dan jilbab.

Penggunaan sebagai bahan gamis wanita, kain jersey dipilih karena memiliki serat yang rapat dan padat sehingga pakaian bahan rayon jenis jersey ini tidak menerawang. Gamis wanita berbahan rayon jersey bisa dengan berbagai model diantaranya yaitu gamis lurus dan gamis wanita model berpinggang.

Penggunaan rayon jersey berikutnya adalah sebagai rok. Pakaian bahan rayon jenis ini bisa dilakukan dengan berbagai model. Bahan rayon jersey dimanfaatkan sebagai bahan rok karena memiliki permukaan kain yang lembut sehingga nyaman dikulit saat digunakan. Kemudian alasan berikutnya jenis kain ini digunakan sebagai bahan rok karena memiliki daya serap keringat yang tinggi sehingga aktivitas tidak terganggu meskipun dalam cuaca panas.

Penggunaan berikutnya kain rayon jersey adalah sebagai bahan jilbab pashmina. Para produsen hijab menggunakan jenis rayon ini karena bahan adem dan ringan sehingga nyaman saat digunakan. Rayon jersey memiliki banyak varian warna sehingga pengguna bisa memilih sesuai dengan yang mereka senangi.

Rayon Crinkle

sumber : https://shopee.co.id/

Jenis kain rayon ini cukup unik dengan tekstur berkerut dan tidak rata. Meskipun berkerut pakain bahan rayon crinkle ini jika dipegang cukup lembut. Selain itu jenis rayon ini juga memiliki sifat adem sehingga sangat memberikan kenyamanan saat digunakan di cuaca panas. Bahan rayon crinkle ini pada umumnya digunakan sebagai dress, baik dengan model maxi dress, midi dress, dan drop waist dress.

Rayon PE

sumber : https://shopee.co.id/

Jenis kain rayon ini berasal dari campuran dua serat yaitu serat rayon dan serat polyester. Campuran kadar polyester berpengaruh pada kualitas kain, jika semakin banyak kadar polyester maka kualitas kain semakin rendah dan sebaliknya. Pakaian rayon jenis ini memiliki beberapa ciri diantaranya adalah bahannya kasar, gampang robek, dan sedikit panas karena kandungan polyester.

Untuk pemanfaatan dari bahan rayon PE pada umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan mukena. Mukena sendiri merupakan pakaian untuk wanita muslim yang digunakan dalam melakukan ibadah sholat.

Rayon Janger

sumber : https://shopee.co.id/

Pakaian bahan rayon janger pada umumnya adalah mukena. Jenis rayon ini pada umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan mukena premium karena memiliki bahan tebal dan tidak panas sehingga nyaman saat digunakan melakukan ibadah. Adapun beberapa karakteristik spesifik lainnya adalah memiliki kerapatan benang yang tinggi, bahan tebal, lembut dan adem, daya serap air sangat bagus dengan varian warna yang banyak.

Cara Merawat Pakaian Bahan Rayon

Pakaian bahan rayon berupa baju, gamis, kaos, jilbab,mukena dan lain-lainnya sangat perlu dilakukan agar pakaian bisa bertahan lama atau awet. Adapun perawatan pakaian bahan rayon dengan cara yang tepat dan benar maka kualitas pakaian bahan rayon bisa tetap terjaga dengan baik. Berikut ini ada beberapa cara dalam merawat pakaian bahan rayon dengan benar.

Cara Mencuci Pakaian Bahan Rayon

Cara mencuci pakaian apapun dengan cara yang tepat dan benar pasti akan membawa kebaikan pada kualitas bahan dan pakaian. Nah begitu juga cara mencuci pakaian bahan rayon. Supaya bahan pakaian tetap memiliki kualitas yang bagus maka yang pertama harus dilakukan adalah merendam pakaian rayon dengan air hangat. Kemudian lakukan pencucian pakaian menggunakan tangan atau mengucek manual pake tangan.

Setelah dipastikan bersih langkah selanjutnya adalah membilas pakaian bahan rayon sampai bersih tanpa ada busa sabun yang melekat di pakaian. Setelah itu lakukan pemerasan secara perlahan-lahan supaya serat kain tidak rusak. Selesai melakukan proses ini saatnya melakukan langkah berikutnya yaitu penjemuran.

Penjemuran Pakaian Bahan Rayon

Cara menjemurnya setelah dilakukan proses pencucian adalah dengan cara menggantung pakaian menggunakan hanger atau gantungan baju yang berbahan dari plastik atau lainnya yang empuk. Pada penjemuran cukup dilakukan di tempat yang tedung yang dilewati angin. Sehingga pakaian rayon akan kering karena angin yang ada ditempat tersebut.

Penyetrikaan

Supaya pakaian tetap rapi maka setelah melalui proses pencucian langkah selanjutnya adalah menyetrika pakaian bahan rayon dengan cara menyetrika sisi dalam pakaian pada suhu panas yang sedang supaya tekstur kain tetap terjaga. Untuk menghilangkan kerutan bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan sedikit air kemudian baru disetrika pada bagian yang berkerut. Cara berikutnya supaya tekstur kain tetap baik maka lapisi pakaian dengan selembar kain saat menyetrika.

Penyimpanan Pakaian Bahan Rayon

Pada cara penyimpanan pakaian ini juga menentukan kualitas pakain bisa tetap bagus atau berkurang. Jadi cara yang tepat dalam menyimpan pakaian rayon adalah menyimpan di lemari dengan cara digantung supaya tidak menimbulkan bekas lipatan saat digunakan. Selain itu pastikan lemari kondisinya tidak lembab karena kondisi lembab bisa mendatangkan jamur pada pakaian bahan rayon.

Leave a response

5 × 5 =